Pantai-Menganti-Kebumen. Foto : http://wisataindonesia77.blogspot.co.id

Salah satu tempat wisata yang favorit saat ini di Kota Kebumen yaitu Pantai Menganti. Pantai ini letaknya berdekatan dengan pantai Karang Bolong dan Pantai Logending.

Di pantai menganti ini, air lautnya sangat jernih seperti laut laut yang ada di luar Pulau Jawa. Pasirnya pun sangat bersih. Ikan ikanya masih banyak. Trumbu karangnya pun masih subur. Sampah sampah pun jarang ditemui.

Di pinggiran pantainya, kita bisa menemukan banyak ikan ikan kecil berwarna warni, gurita, dan trumbu karang yang masih tumbuh subur.

Mengapa dijadikan tempat wisata favorit ? Karena Pantai Menganti ini memiliki pemandangan yang sangat menarik, terutama jika dilihat dari atas bukit. Makanya banyak orang menyebutnya sebagai Raja Ampatnya Kebumen.

Dulu saat saya kesana bersama teman teman, di tengah perjalanan motor teman saya harus di dorong karena tidak kuat naik di tanjakan. Tanjakanya itu tidak seperti tanjakan pada umumnya karena naiknya sampai 45 derajat.

Untuk sampai kesana, kita harus melalui tracking naik turun yang lumayan tajam. Namun justru dari tracking tersebut, di sepanjang perjalanan kita akan di hadapkan dengan pemandangan yang menakjubkan dari atas bukit.

Hamparan perbukitannya begitu menarik untuk di nikmati. Tak heran jika kami dan para pengunjung lain sering berhenti untuk berfoto foto. Keren banget pokonya.

Pantai Menganti Kebumen. Foto : detik.com

Jika kita menoleh kearah selatan, kita akan melihat luasnya karya Sang Maha Pencipta yang sangat indah.

Waktu saya kesana, jalan yang dilalui sebagian masih berkerikil sebagian sudah di aspal halus. Namun mungkin sekarang sudah diperbaiki mengingat pengunjung yang datang semakin banyak.

Jika Anda berniat kesana menggunakan sepeda motor, baiknya pakai motor besar atau motor gede supaya kuat di tanjakan. Terlebih jika berboncengan. Usahakan agar motor sudah diservis terlebih dahulu dan bensin full agar tidak menghambat perjalanan.

Pantai-Menganti-Kebumen. Foto : http://bursatopik.blogspot.com

Sampai saat ini saya belum pernah kesana lagi. Namun katanya sekarang disana sudah berdiri banyak penginapan.

Tahun baru kemarin, di Pantai Menganti juga diadakan perayaan malam tahun baru. Penginapan yang di sewakan sangat murah, hanya 70 ribu per orang.

Untuk urusan makanan, disana banyak tersedia warung warung yang berjejer di sepanjang pantai. Yang paling saya suka dari kulinernya yaitu tempe mendoan yang masih panas yang dimakan dengan saos sambal, jan, maknyus tenan.

Tempe Mendoan Kebumen. Foto : http://mendoan-kebumen.blogspot.com

Nah, itulah sedikit cerita tentang indahnya pantai menganti Kebumen. Jika Anda belum sempat pergi ke Raja Ampat di Papua sana, Pantai Menganti Kebumen bisa jadi pilihan.