Sampai saat ini, saya sudah 7 tahun ngeblog. Karena ngeblog adalah hobi yang sangat saya cintai. Dari ngeblog, saya jadi bertambah pengalaman dan juga banyak teman, walau hanya teman dunia maya. Karena ngeblog pula, saya jadi bisa berpenghasilan setelah lelah mencari kerja.

Awal awal ngeblog, saya menggunakan paltform blogspot karena lebih mudah di gunakan. Tapi seiring berjalanya waktu, wordpress begitu menarik perhatian sehingga membuat saya untuk begitu tertarik menggunakanya. Dan berikut adalah sedikit perbedaan antara blogspot dan wordpress berdasarkan pengalaman saya.

BLOGSPOT

Di blogspot, tampilan antarmukanya sangat mudah di pahami. Untuk mengetikan sebuah artikel, yang kita lakukan hanyalah mengetik di papan editor kemudian publish. Untuk tools editornya pun layaknya miscrosoft word yang begitu mudah dipelajari. Untuk orang awam yang ingin mulai ngeblog, blogspot begitu di rekomendasikan karena mudah dalam penggunaanya. Yang di butuhkan hanyalah mendaftar melalui emal di gmail.com dan setelah berhasil, tinggal mendaftar di blogger.com.

Blogspot dengan tampilan sederhana. Sreenshoot : pribadi

Untuk tampilan tema atau templatenya, blogspot sudah menyediakan banyak templae bawaan. Namun jika Anda ingin template dari luar, Anda pun begitu mudah mendapatkannya. Ada banyak penyedia template gratis untuk blogspot, seperti gooyabitemplates, massugeng, mas kholis, arlinadzign, dan lain sebagainya.

Untuk yang premium, harganya pun mulai dari 50 ribu sampai ratusan ribu saja. Untuk blog saya di amir silangit, saya menggunakan template mas sugeng dengan harga waktu itu 135 ribu, namun mungkin sekarang sudah berubah. Cara mengganti themanya pun mudah. Hany ekstrak file thema yang sudah di download, kemudian buka di notepad dan copaskan ke halaman HTML thema blogspot.

Untuk Anda yang ingin mencari dollar lewat google adsense, setahu saya blogspot lebih mudah di terima karena memang google adesnse itu miliknya google. Ada banyak sekali pejuang adsenses yang sukses di Indonesia, seperti Eka Lesmana asal Semarang Jawa Tengah salah satunya.

Untuk keamanan, blogspot lebih kuat dibanding platform yang lain. Namun begitu tetap harus hati hati dalam menjaga kerahasiaan sebuah password, jangan sampai ada orang yang mengetahuinya yang membuat blog kita beresiko terancam dari serangan hacker. Buatlah password yang kuat dengan gabungan hurug dan angka serta karakter unik yang sulit di tebak namun mudah di ingat oleh Anda sendiri.

WORDPRESS

Sebenarnya saya sudah lama mengenal wordpress, dan saya pun sudah pernah membuat blog di wordpress. Namun baru kali ini saya menekuni wordpress. Tepatnya di wordpress.org. Di wordpress, kita bisa banyak berkreasi karena tool tool dan plugin yang di sediakan sangat banyak dan tidak ada di blogspot.

Dashboard wordpress dengan tool tolnya yang banyak. Screenshoot pribadi

Di wordpress, kita bisa menemukan thema thema canggih yang tidak ada di blogspot. Bahkan ada thema yang harganya sampai 250 dollar. Dan pastinya semakin mahal sebuah thema, semakin powerfull dan bagus pula tampilanya.

Penyedia thema yang menurut saya paling populer yaitu elegantthemes.com dan envitomarket. Di situ kita bisa menemukan banyak tema super canggih dengan plugin plugin yang tak kalah keren. Untuk urusan SEO, wordpress juga menyediakan tool tool canggih dan juga plugin seo agar posisi sebuah blog atau website menempati top google.

Dari segi keamanan, untuk wordpress.com memiliki keamanan kuat karena hosting yang digunakan dari wordpress itu sendiri. Namun bagi Anda pengguna wordpress.org, keamanan menjadi tanggung jawab masing masing karena hosting yang di gunakanya adalah hosting sendiri atau self hosted.

Menurut info yang saya baca dari sebuah artikel, pemilihan hosting juga berpengaruh pada keamanan sebuah website atau blog di wordpress. Hosting yang memiliki keamanan lemah juga beresiko pada kemanan blog atau website yang bersangkutan.

Nah, sekiranya itu saja yang bisa saya bagikan. Sebenarnya ada banyak sekali perbedaan dari blogspot dan wordpress. Namun untuk sementara hanya itu yang saya ketahui. Untuk penjelasan yang lebih lanjut silahkan cari di google. Selesai.