Dulu sebelum saya tahu bahwa di internet banyak yang menjual kuota melimpah namun harganya murah, saya selalu menggunakan paket regular dari sebuah operator seluler bernama smartfren. Setiap bulan saya berlangganan 150 ribu untuk 9 GB dengan bonus 12 GB dimalah hari (jam 01-7pagi). Modem yang saya gunakan yaitu hape andromax R dengan jaringan evdo. Memang sih hape saya itu sudah mendukung 4G, namun karena kartunya belum 4G dan saya tidak mengetahuinya, maka kecepatanya pun masih lambat. Makanya, dalam 1 bulan kuota tersebut seringkali tidak habis.

Karena saya mengeluh internet saya lambat, akhirnya saya bertanya kepada teman melalui sebuah update status di facebook. Dan ternyata selama itu sudah ada kuota melimpah namun harganya murah. Seorang teman memberitahu saya bahwa ada kuota sebesar 65 GB namun harganya cuma 150 ribu. Tahu hal itu saya pun langsung membelinya.

Setelah perdana sampai dirumah, lalu saya pasang ke hp saya, dan ternyata kecepatanya luar biasa. Tapi karena hape saya kemudian eror eror terus karena setahun penuh dijadikan modem, akhirnya saya membeli modem smartfren denga type Andromax M3Z.

Modem smartfren beserta status fb yang saya tanyakan ke teman teman. Screenshoot pribadi

Sebelumnya saat masih menggunakan modem hape, kecepatannya memang tinggi, tapi tidak seperti saat menggunakan modem, menurut saya ini dikarenakan modem adalah alat khusus buat internetan, bukan hp yang fungsi utamanya untuk berkomunikasi.

Screenshoot paket internet smartfren 65GB 200 ribu. Screenshoot pribadi

Namun sayangnya, saya hanya bisa menikmati kuota melimpah tersebut sebentar saja, karena toko online yang menjualnya (bukalapak) sudah tidak menyediakanya lagi. Sebagai gantinya yaitu kuota yang juga murah namun dengan jumlah yang berbeda. Dan ternyata bukan hanya di bukalapak saja, di toko online lain pun banyak. Seperti mataharimall, blibli, lazada, tokopedia dan lain sebagainya.

Terakhir kali saya membelinya, saya pakai yang 13 GB seharga 54 ribu yang saya beli di mataharimall. Karena kebutuhan internet saya besar, saya beli 2 biji sekaligus. Namun terakhir kali saya lihat, kuota ini pun sudah tidak dijual lagi dan berganti dengan promo yang baru.

Kuota Smarfren murah sekarang 9 Juni 2017 sedang ada di blibli. Screenshoot pribadi

Intinya, sekarang gak usah khawatir lagi jika harus berlangganan kuota regular sebuah operator seluler, seperti smartfren contohnya. Tinggal ketikan saja di kolom pencarian toko online favorit, “smartfren murah”, “kuota indosat murah”, “kuota simpati murah”, dan lain sebagainya, maka kalian akan menemukan kuota melimpah dengan harga murah. Selesai.