TIPS MENANG LOMBA BLOG UNTUK PEMULA

 

Hai teman, mau tanya nih, kalian penasaran gak dengan blogger blogger yang sering banget menang lomba ? menangnya itu sering banget loh, jika di hitung, penghasilannya bisa sampai 10 juta perbulan, padahal nulisnya cuma dua sampai empat hari.

Dan ternyata salah satu jurus yang digunakan oleh mereka adalah sebuah template wordpres, dimana dengan template tersebut, seorang blogger bisa membuat tampilan blog seindah mungkin tanpa perlu keahlian web design.

Mau tau nggak ?

Mauuuuu….

Oke deh, karena disini saya akan berbagi tips menang lomba blog untuk pemula, berikut tipsnya :

 

Pahami tema

Dalam setiap lomba blog, kita itu harus memahami tema yang diberikan oleh penyelenggara. Baca baik baik tema-nya sampai benar benar mengerti. Biasanya saya membaca sampai 10 kali atau bahkan lebih. Karena jika hanya membaca sekali dua kali, makna yang terkandung dalam sebuah tema kurang bisa dipahami secara mendalam.

Mungkin kalimat ini bisa menjadi patokan saat menulis artikel, “Menulis lomba itu harus tersurat, bukan tersirat”. Tersurat itu maksudnya harus sesuai dengan tema, sedangkan tersirat itu hanya menyerambang atau hanya menyinggung tema.

Jadi temanya harus dapat dan ketara, gak boleh menyerambang atau hanya menyinggung saja. Mengapa ? Karena bisa saja terjadi, karena keasikan nulis, tanpa sadar ternyata tulisan kita keluar dari tema, itu yang sering saya lakukan.

Padahal di peraturanya sudah jelas tertulis bahwa artikel harus sesuai dengan tema. Tulisan sebagus apapun jika sudah keluar dari tema, maka kemungkinan besar akan gugur.

 

Taati semua syarat dan ketentuannya

Yang tidak boleh terlewatkan dari setiap lomba yaitu mentaati semua syarat dan ketentuan lomba. Seperti peletakan link, pasang banner, dan lain sebagainya.

Selain membaca dan memahami tema berulang ulang, saya juga membaca syarat dan ketentuan secara berulang ulang juga agar tak ada sayarat dan ketentuan yang tinggalkan. Karena poin ini juga seringkali menjadi penilaian oleh juri.

 

Tiga paragraf pertama harus nendang

Dulu saya pernah ngobrol ngobrol dengan seorang juri saat saya memenangkan sebuah lomba. Menurut penuturanya, juri itu suka dengan tulisan yang paragaraf utamanya begitu nendang, sehingga semakin penasaran bagi pembacanya. Minimal 3 paragraf utama. Dengan begitu juri jadi ingin terus membaca, seperti apa sih kelanjutan dari tulisan tersebut, karena di awal paragarafnya saja sudah menarik.

 

Gunakan page builder template

Seperti diatas saya singgung, fenomena dunia lomba semakin kesini semakin futuristik saja. Jika dulu sekitar tahun 2010an para blogger masih menggunakan template blog, maka sekarang beda lagi. Sekarang mulai banyak bermunculan blog dengan template page builder.

Template page builder adalah template dimana kita bisa mengcustom halaman artikel seindah dan sebagus mungkin hanya dengan drag and drop saja. Template page builder umumnya menambahkan banyak plugin yang berfungsi untuk mempercantik blog, sehingga menghasilkan tampilan yang begitu memukau.

Dan pastinya, penyelenggara mana yang tak senang jika produk atau jasanya dipajang dalam sebuah etalase (theme) yang keren dan mewah seperti itu. Makanya, seringkali banyak blog dengan template page builder selalu memenangkan lomba.

Harga theme seperti ini tergolong mahal, mulai dari 700 ribu sampai 3 jutaan. Namun sebenarnya kualitas tulisan adalah yang paling utama, desain blog hanya merupakan bentuk keatifitas untuk menambah poin penilaian. Karena banyak juga blog dengan tema biasa, tapi selalu mucul jadi pemenang utama.

Gunakan foto berkualitas

Saya pernah membaca sebuah artikel yang menjadi juara 2 dalam lomba bertema pariwisata yang ternyata memiliki nilai lebih karena adanya foto foto air terjun yang sangat bagus.

Mungkin jika kita menebak karena ini adalah lomba blog bertema pariwsata, foto foto indah yang ditampilkan begitu memikat pembaca untuk datang ke air terjun tersebut, sehingga juri memberikan predikat juara pada blog tersebut. Dan menurut saya hal itu masuk akal juga, secara kan pariwisata didatangi karena keindahanya walaupun lewat perantara dalam sebuah foto.

Berbicara soal foto, ternyata keberadaan kamera mumpuni juga begitu mendukung dalam dunia perbloggeran karena bisa mendapatkan gambar yang lebih menarik. Namun yang saya maksud bukan kamera DSLR, melainkan smartphone yang fitur kameranya juga tak kalah dengan kamera DSLR, yaitu Asus Zenfone Go ZB450KL 4G Pada kategori elekronik dan aksesories

 

Sebagai #PejuangIrit, bersama ini saya ingin berbagi tips mendapatkan smartphone tersebut dengan harga semurah mungkin. Yaitu dengan berbelanja di shopee. Karena shopee menawarkan harga termurah di banding e-commerce lainya. Gak percaya, ayo bandingkan.

Paling murah Rp 1.079.000,-

Lebih mahal 210 ribu dari shopee

Lebih mahal 106 ribu dari shopee

Lebih mahal 90 ribu ribu dari shopee

Kalau ada yang lebih murah dari shopee, uang Anda kembali 2 x lipat

Murah kan ? Oiya, saya juga punya tips untuk mendapatkan foto berkualitas dengan smartphone ini. Di dalam kameranya terdapat efek menarik, seperti depth of field untuk menjepret foto seperti kamera DSLR, efek panorama untuk foto lebar penuh, efek pengidahan untuk foto selfie yang lebih menarik, dan lain sebagainya. Gunakan efek efek tersebut untuk menghasilkan foto berkualitas hanya dari sebuah smartphone asus. Akhirnya, sekian tips dari saya, semoga bermanfaat. Jangan lupa, kalau mau cari barang dengan harga termurah, ya di shopee ajah