Beberapa waktu yang lalu saya di kagetkan oleh vonis Dokter yang menyatakan bahwa saya terkena hipertensi atau gejala darah tinggi. Tekanan darah saya berada di rentang 150-140 mm/hg setelah di cek berulang dengan selang waktu 1 minggu. Rasanya kaget dan juga sedih. Soalnya dulu saya pernah mengalami hal serupa, namun untuk vonis penyakit yang berbeda. 

Di usia saya yang masih muda, saya sudah harus menerima kenyataan pahit seperti ini. Hipertensi umumnya di alami usia 40an tahun keatas. Namun kenyataan tidaklah demikian, dan saya ini buktinya. Oiya, tetangga saya yang baru 30 an tahun pun mengalaminya. Saya kasian sekali melihatnya karena sebagian wajahnya turun, dan untuk jalan pun kesulitan. Sehingga selama bertahun tahun aktifitasnya hanya ada didalam rumah. Karena hipertensi, Dokter pun menyarankan agar saya lebih menjaga kesehatan. 

 

Saya saat tensi darah

Karena gejala ini, saya jadi sering makan mentimun untuk menurunkan tekanan darah. Dan saya juga jadi tidak bisa bebas menikmati makanan favorit. Saya ini sangat hobi sekali makan seblak, terkadang saat tidak tahan, saya memaksa untuk memakanya. Namun setelah makan, kepala bagian belakang jadi sakit, dimana gejala seperti ini adalah gejala hipertensi. Tapi sekarang saya jadi menghindari makanan ini dan lebih hati hati makan makanan cepat saji, karena penyakit berbahaya selalu mengintai saya jika saya kurang menjaga kesehatan.

Oiya, saya juga jadi takut makan jero jeroan seperti ati ampela atau sate usus. Karena kedua makanan tersebut merupakan makanan pemicu dan sangat berbahaya bagi penderita hipertensi. Bahkan saat kemaren saya makan daging ayam pun, kepala bagian belakang terasa sakit. Masa daging ayam saja bisa menimbulkan hipertensi ? Oh Tuhan, berikanlah selalu kesehatan untuku. 

Dan beruntunglah karena saya gak doyan daging kambing. Tetangga saya yang lainya juga ada yang terkena stroke gara gara makan daging kambing. Dan aktifitasnya pun hanya bisa duduk dan menjadi beban keluarga, karena untuk jalan saja kesulitan. Dan saya tidak mau seperti itu.

Makanan makanan pemicu hipertensi

Penyakit stroke itu bisa terjadi kapan saja. Dan mereka yang memiliki gejala hipertensi sangat rentan terkena stroke. Stroke bisa terjadi saat penderita hipertensi memaksakan diri untuk melanggar pantangan seperti memakan makanan pemicu hipertensi, contohnya daging kambing, seperti tetangga saya tersebut.

Penyakit stroke membuat kita lemah dan wajah menurun

Bahkan, 2 tetangga saya yang lainya lagi ada yang sudah meninggal karena penyakit stroke ini. Oh tidaaaak, saya masih muda men, saya tidak mau seperti itu, saya masih ingin berkarya menggapai cita cita. Dan saya sangat takut sekali dengan yang namanya sakit. Saya ingin sehattttt…..

Dulu saya pernah sakit selama setahun. Bayangkan, sakit ko setahun lamanya, rasanya itu tersiksa sekali. Di saat yang lain sedang asik asiknya bekerja dan berkumpul bersama teman teman, saya sedang menggigil kedinginan di siang bolong. Iya bener lho. Di cuaca yang sedang terik, justru saya malah menggigil kedinginan.

Karena sakitku waktu itu, kecerdasan saya jadi berkurang. Mengingat sesuatu jadi terasa sulit. Dan hal itu membuat saya jadi minder. Namun beruntunglah karena sekarang sudah pulih kembali.

Itu karena saya terlalu banyak minum obat. Sehingga timbul efek negative ke tubuh saya. Saya juga seperti trauma sekali saat berkunjung ke klinik. Dan pokonya, sehat adalah harga mati buat saya. Dengan sehat, saya bisa melakukan banyak hal, terutama menyantap makanan favorit, seperti seblak contohnya.

Sebagai solusinya, saya jadi rajin berolahraga. Dan benda yang begitu saya butuhkan dalam kehidupan sehari hari adalah sepeda. Mengapa saya butuh sepeda ? karena dengan sepeda, saya bisa kemana mana sambil naik sepeda sekalian berolahraga.  Di rumah saya tidak punya sepeda, karena yang ada hanya sepeda motor. 

Naik sepeda motor itu tegang. Otot pundak jadi terasa kaku. Tangan juga pegal. Setiap hari, kemana mana selalu naik motor. Di tambah lagi karena aktivitas harian saya hanya duduk berjam jam di depan layar monitor, membuat tubuh saya jadi jarang bergerak. Alhasil, berat badan saya yang tadinya hanya 58 kg naik jadi 61 kg.

Walaupun tergolong ideal karena tinggi badan saya sekitar 165 cm, tapi 61 kg itu berat. Di bawa kemana mana jadi berat. Celana pun yang tadinya muat di angka 30, sekarang naik jadi 32. Ah pokonya gak enak banget punya tubuh gendut.

Setelah saya terkena hipertensi, saya jadi rajin olahraga

Dengan sepeda, saya jadi bisa mengayuhkan kaki dan menggerakan otot kaki. Aliasnya saya jadi bisa olahraga tanpa di niatkan. Seperti ke warung pakai sepeda, beli pulsa pakai sepeda, kerumah teman pakai sepeda, dan lain sebagainya. Entah itu pagi, siang, sore, ataupun malam hari. Sehingga badan pun menjadi lebih sehat. Untuk sepeda ontel ini, salah satu ecommerce yang menjualnya yaitu bukalapak. Harganya Rp 1.200.000,- Sepeda impian saya ini warnanya merah, batanganya kuat karena menggunakan bahan besi yang berkualitas. Sehingga lebih awet di pakai.

Sepeda gunung impianku ada di bukalapak

Oiya, dengan sepeda gunung ini, saya juga jadi bisa travelling dengan mengendarai sepeda, wah asik sekali, jadi tambah sehat pokonya. Travelling naik sepeda itu sehat sekali karena banyak mengeluarkan keringat.

Dan keringat merupakan racun dalam tubuh yang harus di keluarkan agar tidak menjadi penyakit. Dengan memiliki sepeda, saya yakin jika tensi darah saya bisa terkontrol di angka normal dan menghindarkan saya dari penyakit mematikan akibat hipertensi, seperti stroke dan jantung.

Nah, itulah alasan saya mengapa sangat menginginkan sepeda. Dan selain sepeda, benda yang juga begitu saya butuhkan yaitu kamera pocket merk cannon. Alasanya ada 2.

Pertama : Saya ini sering sekali kebingungan saat akan memfoto sebuah aplikasi yang ada di handphone saya. Seperti beberapa waktu yang lalu, saya meminjam smartphone seorang teman untuk memfotokan sebuah aplikasi yang ada di smartphone saya. Dan foto ini wajib hukumnya sebagai syarat dan ketentuan yang di berikan oleh penyelenggara karena waktu itu saya menang lomba.

Saya sedang berselfie dengan bantuan hp teman.

Dulu, saya juga pernah meminjam kamera milik teman untuk saya bawa pergi saat travelling. Dan ada rasa gak enak saat meminjam, karena saya ini memang kurang hobi meminjam minjam barang milik orang, apalagi untuk di bawa pergi. Dan, masih banyak kejadian lainya dimana saya harus berfoto dengan smartphone saya dan meminjam kamera atau smartphone teman.

Kamera Canon impianku di blibli

Kedua : smartphone saya kurang bagus dalam menjepret sebuah gambar. Fokusnya begitu sulit di dapat, sehingga gambar yang di hasilkan pun keseringan blur. Selain itu, smartphone saya pun seringkali ngelag karena RAM nya hanya 1GB. Membuka kamera jadi lamaaaa, keburu moment penting lewat.

Kalau sudah begini, saya jadi menggerutu sendiri. Oh seandainya saya punya kamera, kamera pocket saja lah karena praktis bisa dimasukan saku baju, pasti moment penting gak akan kelewat. Jadi, saya ini seperti di wajibkan untuk memiliki dua buah kamera. Satu kamera sudah saya miliki pada smartphone saya, sedangkan satunya lagi saya belum punya.

 

Dan jika ada rejeki, saya menginginkan kamera khusus saja yaitu kamera pocket karena praktis. Dengan memiliki dua kamera, saya tak perlu pinjam hp teman. Kualitas foto yang di hasilkan pun lebih bagus. Dengan kamera khusus pula, moment penting pun bisa dengan cepat di abadikan.

Kamera pocket idaman saya ini banyak yang jual, salah satunya ada di blibli. Harganya Rp 1.120.000,-. Dengan CCD beresolusi 20 MP dan powerful digic processing 4+ nya, gambar yang di hasilkan oleh kamera canon ini pun menjadi lebih jelas dan lebih berkualitas. Oiya, kamera ini juga di mampu menzoom sebanyak 8 kali, sehingga objek jauh pun menjadi lebih jelas.

Nah, itulah list barang yang begitu saya inginkan saat ini. Namun prioritas saya lebih ke sepeda gunungnya karena kesehatan adalah segala galanya. Dan agar belanja online lebih hemat, saya selalu menggunakan shopback. Karena dengan belanja melewati shopback, kita akan dapat cashback atau uang kembali yang bisa ditarik setelah mencapai minimum Rp 50.000,-. Oiya, saya juga punya tips lho agar belanja barang impian menjadi lebih cermat dan hemat lewat shopback.

1] Sudah tau belum kalau shopback itu punya asisten belanja berupa tombol notifikasi di pojok kanan atas browser dan akan berkedip saat toko yang kita telusuri memberikan cashback. Seperti beberapa waktu lalu saat saya sedang browsing kamera impian di blibli dan kebetulan toko tersebut memberikan diskon, maka tombol shopback buddy tersebut akan berkedip.

Tombol buddy akan berkedip jika ada cashback pada toko yang sedang kita buka

Sedangkan saat tombol berwarna hijau, maka cashback sudah tersedia, tugas Anda hanya belanja dan cashback pun akan Anda dapatkan.

Dan jika tombol tidak berkedip, itu tandanya sedang tidak ada cashback, namun pihak shopback akan mengupayakan agar Anda bisa dapat cashback. Menarik sekali bukan ? 

Dalam keteranganya, shopback buddy hanya untuk browser google chrome, tapi enggak ko, saya yang pakai spark browser juga bisa, dan kayaknya Mozilla juga bisa.  

2] Update info terbaru lewat social media shopback seperti facebook, twitter dan instagram untuk mendapatkan promo promo menariknya.

Seperti beberapa waktu lalu di instagram, pihak shopback mengabarkan bahwa ada cashback besar sampai dengan Rp 50.000,- menggunakan bank UOB, serta ada tambahan cashback 30% lagi. Menarik sekali kan ?

 

Promo lewat instagram shopback

3] Cek promo gajian serba Rp 5.000,-. Yang ini penting nih, karena di shopback, ada barang dengan harga Rp 5.000,- dan bisa jadi salah satunya adalah barang favoritmu. Wah murah banget ya, 5 ribu gitu loh. Oh seandainya ada sepeda atau kamera harga 5 ribu, pasti ku borong dah. Dan karena cermat, belanja lewat shopback pun jadi lebih hemat. 

Barang impian serba Rp 5.000,-

Btw sebentar lagi harbolnas nih tanggal 12-14 Desember besok. Akan ada banyak sekali barang barang dengan diskon besaarrrr. Dan bersama ini saya akan berbagi tips belanja hemat barang impian saya saat harbolnas lewat shopback.

1] Yang saya lakukan agar belanja online lebih hemat saat harbolnas lewat shopback yaitu dengan terus mantengin website shopback di https://www.shopback.co.id/ agar selalu terupdate dengan dengan info info dan promo menarik dari shopback. Seperti yang saat ini sedang berlangsung, yaitu super cashback produk unilever sampai 50%. Produk LG sampai dengan Rp 45.000,-. Produk zalora dengan cashback sampai 4%. Pasang iklan di olx bisa dapat cashback sampai Rp 70.000,- dan masih banyak lagi yang lainya. Dan saya sedang menantikan kalau kalau ada cashback besar untuk barang impian saya, yaitu kamera dan sepeda. Semoga sebentar lagi ada, udah gak sabar nih hehehe.

Promo shopback saat harbolnas, lihat tanda kuning

2] Download aplikasi shopback di playstore atau appstore. Dengan begitu saya bisa tahu saat ada promo terbaru, kupon, voucher dan ekstra cashback. Sehingga barang impian saya berupa sepeda dan kamera. Lewat smartphone pula, saya bisa mengetahui promo menarik diatas kapan saja dan dimana saja asal terhubung dengan internet. Oiya, shopback juga menyediakan promo khusus app lho agar belanja online jadi lebih hemat, menarik kan ?

 

Promo lewat shopback apps. 

Nah, itulah list barang impian saya beserta tips cermat dah hemat belanja lewat shopback saat harbolnas. Apa list impianmu ? jangan lewatkan moment harbolnas yah ? dan jangan lupa, pakai shopback dulu juga agar belanja bisa dapat cashback. Terakhir, follow juga sosmed shopback melalui ikon disamping kanan untuk update info terbarunya. Sampai jumpa.