Pilih Laman

Kabupaten Magelang – Semua Tentang Wisata Ada Disini

Foto : borobudurpark.com

Seorang siswa berjalan sejauh 4 meter ke timur selama 1 sekon. Kemudian belok ke utara sejauh 3 meter selama 1 sekon dan memiliki kecepatan rata rata 2.5m/s. Pertanyaanya adalah, KAPAN KAMU NIKAH ?

Wkwkwkwkwkwk….. kagak nyambung cuy….. Nah, teruntuk para pemudawan pemudawati nih, mungkin itu pertanyaan tersulit yang pernah kalian dengar dan menjadi momok menakutkan saat lebaran tiba. Karena disaat itu orang orang akan banyak mengeluarkan pertanyaan pertanyaan yang akan bikin kalian tak berkutik seperti “Eh, kamu kapan nikah?”, “ko kamu sendirian?”, “lho, mana gandengamu?” dan lain sebagainya….

Eh, tapi gak nyambung deh sama judulnya ? 

Ok deh, lanjut baca aja dulu ya….

Tahukah kawan kalau di pemandian air hangat Candi Umbul yang ada di Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kab. Magelang ini, banyak orang percaya bahwa jika seorang perempuan mandi atau membasuh wajah di tempat tersebut, wajahnya akan terlihat menjadi cantik. Hmmmm Sepertinya memang masuk akal juga sih karena konon katanya, dahulu pemandian ini sering di gunakan untuk mandi oleh para putri raja.

Pemandian air hangat candi umbul magelang. Cuma bayar 3 ribu bisa mandi sepuasnya

Bukan hanya itu, mandi disini juga dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti gatal gatal, reumatik, stroke, dll. Itu karena air panas yang di hasilkan memiliki kandungan belerang di dalamnya.

Dan ternyata bukan hanya di Candi Umbul saja, di sebuah air terjun bernama Curug Sekar Langit, jika seorang perempuan mandi atau sekedar cuci wajah disini juga dipercaya wajahnya akan terlihat menjadi cantik dan awet muda layaknya putri khayangan. Yang paling mengejutkan adalah jika seorang perempuan dan laki laki bertemu disini kemudian mandi, dipercaya suatu saat juga akan berjodoh.

Selain itu dengan mandi disini, juga dipercaya menyembuhkan berbagai macam penyakit, dari penyakit ringan sampai penyakit kronis.

Wah wah wah….benarkah itu ?????

Benar atau tidaknya manusia tidak bisa memastikan. Karena manusia hanya bisa berusaha, sedangkan Tuhan yang menentukan hasilnya. Dan bisa saja terjadi, karena dengan mandi dikedua tempat tersebut merupakan bentuk usaha seseorang untuk mewujudkan keinginanya, entah untuk berharap kesembuhan dari sakit atau soal perjodohan.

Sekarang sudah jelas ?

Jelasssss…….

Dan berbicara soal wisata, saya juga mengulas tempat tempat wisata menarik di Kabupaten Magelang, here we go……

Wisata Alam

Wisata alam yang ada di Kabupaten Magelang ini ada banyak, salah satu yang paling menarik yaitu Curug Sekar Langit karena di percaya bisa menyembuhkan penyakit, membuat awet muda, dan mempermudah jodoh, seperti diatas saya tuliskan.

Dan ternyata ada hal menarik selain itu tentang Curug Ini, yaitu tentang kaitanya dengan dunia erotisme. Maaf ya saya tidak bermaksud seronok, tapi menurut sumber nya di http://pariwisata.magelangkab.go.id/v2/home/detail/air-terjun-sekar-langit/83 ada anggapan bahwa khasiat dari air terjun sekar langit diyakini mampu menambah kekencangan dan kepadatan payudara perempuan.

Oleh warga sekitar, nama Sekar Langit di artikan sebagai bunga yang turun dari langit. Dan warga meyakini bahwa disini merupakan tempat dimana legenda Joko Tarub dan Dewi Nawang Wulan dulu berada.

Bahkan menurut kesaksian masyarakat sekitar, di saat hujan reda, di dekat tempat ini sering muncul pelangi yang jika di urutkan, maka bias pelangi akan mengarah ke Curug Sekar Langit. Kalau menurut kepercayaan orang jawa, pelangi merupakan jembatan penghubung antara khayangan dan bumi bagi para bidadari.

Hal ini di perkuat karena warga sering mendengar ramai suara perempuan dari air terjun tersebut di musim kemarau. Namun setelah di datangi ternyata tidak ada apa. Apalagi karena warga sering menjumpai angsa putih namun bukan angsa putih biasa, dimana menurut kepercayaan orang Jawa, angsa putih merupakan jelmaan dari bidadari khayangan.

Curug Sekar langit ini beda dengan yang lainya, karena bentuknya yang berundak undak sehingga jika di lihat dari bawah akan terlihat seperti anak tangga. Dengan ketinggian yang cukup lumayan yaitu sekitar 30 meter, membuatnya semakin eksotis untuk di nikmati keindahanya.

Karena keindahan dan keunikanya, Curug Sekar Langit patut untuk di kunjungi. Menarik sekali bukan ? Dan untuk wisata alam lainya di Kabupaten Magelang yaitu seperti Curug Sleker Asri, Curug Kedung Kayang, dan lain sebagainya.

Curug sekar langit

Curug kedung kayang

Curug silawe

Wisata selfie

Nah, yang lagi ngehits sekarang ini adalah wisata selfie. Biasanya wisata selfie ini ada di sebuah hutan dengan memanfaatkan rumah pohon atau gardu pandang. Dan di Magelang pun wisata ini juga ada, salah satunya yaitu Punthuk Setumbu Borobudur.

Tempat ini memiliki panorama selfie yang sangat menarik. Tak heran jika di buka-nya tempat ini juga gara gara foto dari seorang fotografer yang di publikasikan satu dekade silam. 

Moment paling menarik adalah saat matahari terbit, karena Anda akan menyaksikan betapa indahnya matahari terbit di antara 2 gunung, yaitu gunung merapi dan gunung merbabu. Dari tempat ini pula, kalian bisa melihat betapa indahnya Candi Borobudur dari ketinggian 400 mdpl. Sensasinya akan terasa berbeda saat kabut menyelimutinya di pagi hari. Buat para fotografer, tempat ini sangat cocok berburu sunrise.

Tempat hits lainya yaitu punthuk mongkrong. Dari tempat ini Anda juga bisa melihat indahnya Borobudur dan gereja ayam dari ketinggian. Tempat juga tak kalah menarik untuk mengabadikan matahari terbit. Cukup dengan merogoh kocek 5 ribu saja, Anda sudah bisa menikmati wisata selfie ini.

Punthuk Setumbu

Punthuk Mongkrong

Wisata candi

Sepertinya semua orang Indonesia sudah tahu jika Indonesia punya salah satu keajaiban dunia, yaitu Candi Borobudur. Dan ternyata lokasinya ada di Magelang Jawa Tengah. Disini Anda menjumpai betapa megahnya bangunan peninggalan Budha yang di bangun oleh dinasti Syailendra pada 780-840 Masehi. Candi Borobudur ini memiliki 504 patung. Anda bisa berkeliling menikmati betapa megahnya candi ini.

Pada bagian dinding dinding candinya terdapat banyak relief atau ukiran yang merupakan gambaran kehidupan di masa lalu. Dan katanya nih ya, kalau seseorang bisa menjangkau “barang pribadi” milik patung Budha dengan tanganya sendiri, maka orang tersebut bisa menjadi kaya. Wah apa iya sih ? Dulu kalo gak salah saya juga pernah mencobanya, tapi gak sampai karena waktu itu saya masih kecil, dan tangan saya masih pendek hehehe.

Oiya, disini sering juga mengadakan event event menarik, seperti yang sebentar lagi akan di adakan, yaitu Borobudur Cultural Feast 2017 pada 30-31 besok. Dan pastinya acaranya sangat ramai. Apalagi karena di meriahkan oleh penyanyi Andien juga, makanya jangan lupa datang ya ? sekalian meramaikan liburan tahun baru 2018, oke.

Dalam festival ini, ada banyak pementasan yang di sajikan, seperti pesta kuliner dan produk kreatif, panggung seni Borobudur, lomba kreasi masak beong, lomba kreasi busana Borobudur, pesta masak besar, dan balkondes nite. Oiya, jangan lupa bawa air minum ya. Karena kalau siang cuacanya panas.

Dan ternyata saya juga baru tau, jika di Magelang juga terdapat banyak candi candi lain, seperti Candi Umbul seperti diatas saya ceritakan. Kemudian ada Candi Pendem, Candi Asu Sengi, Candi Mendut, Candi Selogriyo, Candi Ngawen, Candi Pawon, yang kesemua memiliki banyak sekali nilai sejarah dan tak kalah untuk di kunjungi

Candi Pawon

Candi Mendut

Wisata air

Di Magelang juga ada wisata air lho, dan ini sangat memacu adrenalin karena sangat mengasikan. Nama wisatanya yaitu X-Gending Tubing Adventure. Di wisata air ini kita akan di ajak untuk menaiki ban menelusuri sungai sambil menikmati pemandangan sekitar. Jadi wisata ini hampir mirip dengan rafting. Jika rafting menggunakan perahu karet, maka yang ini menggunakan ban mobil dan bergandeng gandengan antara peserta satu dengan yang lainya.

Agar aman, setiap peserta pun di bekali jaket pelampung dan helm. Sehingga jika jatuh ke air atau kepala terbentur tidak apa apa. Untuk anak anak aman juga ko, tapi asal ada yang mengawal ya, jangan sendirian.

Permainan akan semakin seru jika yang ikut banyak. Mungkin sekitar 10 orang lebih. Dan di bagian belakang ada yang membawa dayung, agar jika laju barisan tubing belok, bisa di sesuaikan dengan arah air.

Selain itu wisata yang sama juga ada di tempat lainya, namanya X-Gono Tubing Adventure. Nantinya Anda akan di ajak menelusuri sungai sambil menikmati pemandangan seperti tebing, air terjun, sawah, dan pepohonan yang masih terjaga keasrianya.

Masih ada lagi lho, dan masih dalam jenis wisata yang sama, namanya Tuk Gong Adventure ( water tubing, mini rafting dan outbond) yang berada di Dusun Karang Ampel, Desa Tampir Wetan, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang. Dan tenang saja karena tarif per orangnya cukup terjangkau di kantong.

X-Gending Tubing Adventure

Wisata Wisata Off Road Merapi Jurang Jero

Nah, ini nih wisata yang akan membuatmu terasa capek namun bisa bikin ketagihan dan akan teringat sampai kapanpun. Yaitu off road. Wisata dengan menggunakan mobil jeep ini, Anda akan di ajak berkeliling melewati hutan, jalan menanjak bebatuan, dan Kali Putih yang pernah menjadi saksi lahar panas saat bencana Gunung Merapi melanda wilayah ini kala itu.

Perjalanan berakhir di Jurang Jero yang asri, sejuk dan hijau. Di tambah suguhan makan siang ala desa, menjadi sensasi tersendiri sekaligus pengganti energi yang terkuras saat terguncang guncang asik di dalam mobil.

Jika Anda kesini saat musim kemarau, jangan lupa sediakan masker karena banyak debu berterbangan. Usahakan agar badan fit karena sepanjang perjalanan Anda akan tergoncang goncang dalam bak mobil jeep. Dan tenang saja, karena jalurnya walupaun semi ektrim, tapi tetap aman ko. Menyusuri medan terjal dan menantang pastinya ada sensasi tersendiri. Petualangan akan terasa lebih menegangkan saat melintasi hutan dan jalan sempit yang berkelok kelok. Anda juga akan melewati kebun salak warga dan bisa membelinya langsung.

Off road jurang jero

Wisata buatan

Penasaran ingin melihat ayam raksasa sebesar rumah ? di Magelang ada lho. Yang paling keren adalah karena kita bisa naik dan melihat Indahnya Candi Borobudur dari kejauhan. Dari sini pula Anda bisa melihat Puntuk Setumbu. Jadi, mengabadikan matahari terbenam atau terbiDesa Wisata Desa Wisata Desa Wisata Desa Wisata t pun menjadi sangat menarik.

Selain rumah ayam, di Magelang juga ada rumah kamera. Rumah kamera ini bentuknya mirip kamera DSLR raksasa yang menghadap ke atas dengan posisi momotret langit. Dan lokasinya gak jauh dari Candi Borobudur, kira kira sekitar 1 km.

Pemiliknya bernama Bpk Tanggoel Angien yang berprofesi sebagai pelukis. Di dalamnya, terdapat beberapa galeri lukis milik Pak Tanggoel, seperti tokoh nasional, lukisan abstrak, dan lain sebagainya. Lukisanya keren keren abis.

Pak Tanggoel ini juga secara suka rela mengajarkan anak anak sekitar untuk melukis dan tak ada biaya lainya. Anda juga bisa berselfie di istana di balik lukisan lukisan 3D lho, dan hasilnya seperti pada gambar di bawah ini.

Bangunan ini berada di ketinggian dan memiliki 4 tingkat berbentuk silinder dan sangat kontras karena di sekelilingnya hanyalah pepohonan hijau. Bagi Anda yang penasaran, datang saja kesini.

Berselfie dari atas gereja ayam

Gereja ayam dilihat dari ketinggian

Berfoto keren di rumah kamera

Rumah kamera

Wisata desa

Wisata Desa adalah wisata untuk mengenal lebih dekat tentang keseharian yang ada di Desa di Kabupaten Magelang ini. Contohnya seperti belajar membuat kerajinan atau makanan seperti rengginang, eme, dan gula jawa.

Kegiatan lainya yaitu seperti melihat rumah joglo di tahun 1877, belajar pertanian, mengikuti permainan tradisional yang sering di mainkan anak anak, dan lain sebagainya. Beberapa Desa yang menyediakan wisata yaitu Desa Klatakan Wringin Putih dan Desa Tuksongo.

Selain itu ada juga kegiatan keliling desa dengan menggunakan andong atau sepeda onthel. Jadi, Anda bisa merasakan seperti apa kehidupan sehari hari dengan berwisata desa ini.

Seorang turis asing sedang berwisata desa dengan membuat gorengan

Rombongan turis asing sedang berwisata desa menaiki sepeda keliling desa

Wisata religi

Beberapa waktu yang lalu saya berkunjung ke salah satu wisata religi yang ada di Magelang, yaitu Makam Raden Santri Gunungpring di Muntilan. Untuk menuju makamnya, saya harus menaiki 222 anak tangga dan berada di ketinggian 400 mdpl. Di sepanjang jalan, ada banyak sekali pedagang berjualan. Mulai dari makanan seperti dodol, jarik, peci, dan banyak lagi yang lainya.

Sesampainya disana, saya beserta rombongan melakukan do’a. Saya juga meminum air yang ada di gentong yang sudah di sediakan. Saya kurang paham itu air apa, mungkin sejenis air zam zam dan sepertinya ada keberkahan bagi yang meminumnya. Dan sepertinya Anda juga boleh mengambilnya untuk di bawa pulang. Untuk itu bisa di sediakan botol dari rumah.

Makam ini merupakan salah satu petilasan dan merupakan bukti penyebaran islam ratusan tahun yang lalu. Di tempat inilah Pangeran Singasari atau yang lebih di kenal dengan Kyai Raden Santri, salah satu putra Ki Ageng Pemanahan dan juga merupakan keturunan Prabu Brawijaya V di makamkan.

Disana saya beserta rombongan melakukan doa tahlil mendoakan sang arwah agar selalu mendapat keberkahan di alam kubur sana.

Wisata religi lainya yang ada di Kabupaten Magelang yaitu Makam Sunan Geseng Giri tirto yang berlokasi di Dusun Tirto, Desa Tirto, Kecamatan Grabag. Untuk mencapai makam ini, Anda harus menaiki anak tangga setinggi 500 meter.

Makan Sunan Geseng ini ramai di kunjungi terutama saat malam likuran, yaitu malam ke 21 di bulan ramadhan, serta pada kamis malam jum’at.

Makam sunan geseng Magelang

Makam sunan Kyai Raden Santri Magelang

Wisata kerajinan

Pulang dari Magelang, jangan lupa membawa cangkingan (oleh oleh), entah untuk diri sendiri atau kerabat agar bisa di jadikan kenang kenangan. Di Magelang ada banyak sekali oleh oleh yang bisa di bawa pulang, yaitu batik.

Salah satu batik yang terkenal yaitu batik BorobuWah wah wah….benarkah itu ?????Wah wah wah….benarkah itu ?????dur. Batik Borobudur merupakan produk dan komoditas asli dari Magelang. Hingga saat ini, sudah ada 11 motif yang di patenkan sebagai corak khas Borobudur. Motif yang paling sering di buru pembeli yaitu motif Purnakalasa, Gelungan dan Medalion. Dan masing masing motif memiliki makna yang berbeda beda sesuai corak yang ada di relief Candi Borobudur.

Untuk kerajinan lainya yaitu ada kerajinan akar. Kerajinan ini bahan utamanya adalah kayu. Kayu yang tadinya merupakan kayu bakar di sulap menjadi kerajinan dengan nilai ekonomis tinggi, bahkan sudah di ekspor hingga ke luar negeri, seperti Eropa dan Timur Tengah.

Selain itu di Magelang juga ada kerajinan seperti patung, relief, cobek, ulekan, lampu taman dan lain sebagainya. Sedangkan yang dalam bentuk souvenir dan handicraft, di Magelang ada rik rok, yaitu pensil gaul yang pada bagian kepalanya di buat seperti boneka kecil, sehingga menarik minat wisatawan terutama anak anak untuk memilikinya.

Batik Borobudur yang di buat rok

Kerajinan dari Kabupaten Magelang

Wisata Kuliner

Nah, untuk wisata kuliner, Magelang punya banyak sekali makanan makanan khas yang rasanya bikin hmmmmm goyang lidah pokonya. Seperti Mangut Ndas Beong. Kalo dalam bahasa Jawa, Ndas itu kepala. Jadi Mangut Ndas Beong adalah makanan dari Ikan Beong yang memiliki tekstur empuk dan lembut. Ikan ini banyak hidup di Kali Progo. Kudu coba ya ? belum lengkap rasanya kalo ke Magelang tapi belum nyicipin kuliner lezat ini.

Selain Mangut Ndas Beong, ada juga nasi goreng magelangan. Rasa khasnya yaitu pedas manis. Nasi goreng ini beda karena ada campuran mie dan potongan ayamnya.

 Kuliner lezat yang lainya yaitu ada sop senerek. Dari namanya kok beda ya ? jadi, sop snerek itu bahan utamanya adalah daging sapi khususnya iga sapi. Sedangkan tambahan bahan lainya yaitu ada kacang merah, wortel, bayam dan bahan lainya. Rasanya gurih dan lezat.

Sedangkan minumanya ada es beras kencur dan es gula asam. Uh kayak apa rasanya, bikin penasaran banget dah pokonya. Es beras kencur berarti pakai kecur ? ah penasaran nih. Dan untuk kuliner lainya yaitu ada sego godog, slondok, pothil, jemunak, nasi lesah, gethuk trio, dan lain sebagainya.

Kuliner Ndas Beng, sumpah bikin ngiler tenan hehehe

Nasi goreng magelangan yang tak kalah lezat

Gethuk trio sebagai oleh oleh dari Kabupaten Magelang

Nah, itulah beberapa wisata yang ada di Kabupaten Magelang. Banyak sekali bukan ? Namun saya tidak bisa membahas semuanya karena kalo dibahas semua bisa sampe pagi hehehe…. Dan untuk akomodasinya, disini banyak banget hotel atau penginapan, dari yang murah sampe yang super pun ada. Seperti gambar di bawah ini :

Jaswan In Borobudur

Start from Rp 150.000,- / mlm

Ada Homestay

start from Rp 184.000,- / mlm

Penginapan Pawon Kopi Luwak

Start from Rp 350.000,- / mlm 

Homestay Anugrah Borobudur

Start from Rp 185.000,- / mlm

Sedangkan transportasi untuk kesini pun sangat gampang. Kalau kalian pake pesawat, turun saja di Bandara Adi Sucipto Jogjakarta atau Ahmad Yani Semarang, nanti cari bus jurusan Magelang, semua orang dah tahu ko.  Kalo pake bus, dari arah Jakarta bisa turun di Magelang, kalau dari Surabaya juga bisa turun di Magelang. Tapi kalo pake kereta palingan turun di Jogja atau Semarang, karena setau saya Magelang itu tidak di lewati jalur kereta. Ah gampang banget pokonya ke sini.

Kesimpulanya, wisata Kabupaten Magelang itu banyak dan keren keren. Terutama air terjun Sekar Langit dan Pemandian Air Panas Candi Umbulnya, karena di yakini bisa membuat Anda para wanita jadi lebih cantik, awet muda, dan di percaya bisa mempertemukan jodoh. Kalau belum percaya, datang saja ke Kabupaten Magelang untuk membuktikanya secara langsung.

Sumber referensi bacaan : pariwisata.magelangkab.go.id