Pilih Laman
Awas Bahaya Hoax, Jelajahi Dokter Babe untuk Berita Kesehatan Tanpa Hoax
HIGHLIGHT

Setiap artikel yang ada di Dokter Babe sudah lolos verifikasi oleh Dokter

Dokter Babe menghadirkan artikel kesehatan yang akurat, terpercaya, dan anti Hoax

Bisa konsultasi dengan Dokter dan konsultan kesehatan terbaik dari Dokter Babe

Menyajikan informasi obat dan penyakit dari A-Z

Di tampilkan dalam website dengan desain yang menarik

Gara gara berita hoax, seorang pria yang menderita diabetes, akhirnya terkena komplikasi dan kemudian meninggal. Karena info yang di dapatkanya, ia mengkonsumsi berbagai macam makanan yang katanya bisa menyembuhkan penyakit diabetesnya. Namun bukan kesembuhan yang ia dapat, melainkan penyakitnya menjadi tambah parah hingga akhirnya ia meninggal. Setelah di telusuri, ternyata ia mendapatkan informasi tentang makanan makanan tersebut dari berita palsu alias hoax.

Contoh contoh berita kesehatan Hoax

Sebuah surat kabar juga menyebutkan, bahwa jika seseorang minum soda lalu kemudian makan buah durian, maka orang tersebut bisa terkena kematian jantung mendadak. Kematian jantung mendadak berarti jantung berhenti berdetak dong ? Wah masa iya sih. Dan ternyata informasi ini juga hoax. Mengetahui hal ini, seorang Dokter menjawabnya seperti ini :

“Secara ilmiah tidak ada hubungannya makan durian minum soda lalu meninggal. Hanya mungkin ada efek kembung yang dirasakan, karena soda kan mengandung gas dari bubble-nya itu. Durian juga salah satu makanan yang menimbulkan gas. Jadinya menimbulkan efek kembung,” kata dr Errawan R Wiradisuria Sp.B(KBD), M.Kes, spesialis bedah dari RS Premier Bintaro, Jakarta.

Berita kesehatan hoax lainya yaitu tentang kesehatan wanita hamil. Yaitu jika seorang wanita hamil meminum soda, maka bisa keguguran. Padahal itu tidak benar. Ungkap dr M. Nurhadi Rahman, SpOG dari RSUP Sardjito Sleman, Yogyakarta.

Kawan, mencari berita di internet kini semakin mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari anak anak hingga orang dewasa. Hal itu di karenakan saat ini hampir semua orang memiliki gadget yang bisa di gunakan koneksi internet kapan saja dan dimana saja. Namun kita perlu berhati hati dalam mencerna sebuah berita atau informasi. Perlu di perhatikan sumber berita tersebut, apakah di bisa di percaya atau tidak ?

Berkembangnya tekhnologi informasi memang memberikan banyak manfaat untuk kehidupan manusia, namun banyak juga oknum oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan berita hoax untuk keuntunganya sendiri tanpa memperdulikan orang lain. Seperti pada contoh diatas.

Coba bayangkan jika saudara kalian jadi korban hoax berita kesehatan ? Jika akibat yang di timbulkan sepele sih gak apa apa. Tapi bagaimana jika kejadiannya sampai seperti penederita diabetes diatas. Karena memakan makanan yang katanya bisa mengobati diabetes, malah yang ada jadi komplikasi dan harus tutup usia, huhuhuhu…..nangis deh se-ember hiks hiks hiks..

Nah, berkaca dari pengalaman diatas, disini saya ingin merekomendasikan situs berita kesehatan anti hoax yang bisa di percaya karena memberikan informasi bermanfaat dan benar adanya. Hal itu di karenakan artikel artikel yang ada di situs berita tersebut telah di verifikasi oleh para Dokter. Sehingga informasi yang di berikan memang berdasarkan ilmu kesehatan yang di dapatkan oleh para Dokter saat menimba ilmu di bangku kuliah.

Dan situs berita tersebut bernama DokterBabe.com atau sebutan lebih mudahnya yaitu Dokter Babe. Ada banyak informasi yang bisa kita dapatkan di situs berita terpercaya ini, seperti berita kategori hidup sehat, kecantikan, ibu dan bayi, keluarga, kesehatan, dan intim. Dan bersama ini, saya juga ingin mereview website kesehatan ini. Kita mulai dari halaman artikel karena artikel adalah konten paling penting dalam sebuah website.

Artikel

Inti utama dari sebuah website atau blog yaitu konten atau isinya, dan biasanya terangkum dalam sebuah artikel. Untuk artikel dari Dokter Babe, semua artikel yang ada sudah di verifikasi oleh Dokternya. Untuk contoh artikel pada gambar di samping, artikel tersebut sudah di verifikasi oleh Dokter Graciela. Sehingga lebih terpercaya karena berdasarkan ilmu kesehatan.

Dalam contoh artikel diatas yaitu 2 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat (Ampuh), bahan yang digunakan yaitu mentimun dan susu full cream. Untuk mentimun, caranya yaitu dengan memotong motong mentimun tipis tipis, kemudian tempelkan pada wajah selama 20 menit dan bilas setelahnya.

Untuk susu full cream, caranya yaitu dengan mengoleskan susu full cream itu sendiri ke wajah menggunakan kapas pada bagian wajah yang membutuhkanya. Kemudian pijat selama 3 sampai 5 menit dengan gerakan memutar agar kotoran terangkat dari pori pori. Setelah itu, bilas wajah dengan air dingin dan keringkan secara perlahan dengan kain yang berbahan lembut.

Asam laktat yang ada dalam susu tersebut mampu mengangkat sel sel kulit mati dan sekaligus meratakan warna kulit, dan efek yang timbulkan yaitu bekas jerawat ataupun noda kullit pada bekas jerawat akan memudar.

Dan cara ini bukan sembarang cara, melainkan berdasarkan ilmu kedokteran yang sudah di dapatkan oleh Dokternya selaku pemverifikasi artikel tersebut saat masih pendidikan.

Dalam artikel ini juga di sematkan artikel artikel yang masih ada kaitanya dengan jerawat. Seperti artikel berjudul Cerah bebas Jerawat dengan Manfaat Mentimun untuk Wajah, 5 Solusi Tepat Cara Mengatasi Kulit Berminyak dan Berjerawat, dan lain sebagainya. Lihat screenshootnya pada gambar di bawah ini.

Dan bukan hanya di tengah, di akhir artikelpun kita akan menemukan banyak artikel terkait, sehingga kita bisa mengetahui lebih luas informasi tentang sebuah masalah, dalam hal ini tentang perawatan wajah. Lihat gambar di samping kiri.

<=====.

Di dalam artikelnya juga di sematkan konsultasi yang masih ada kaitanya dengan artikel tersebut, sehingga pembaca bisa mengetahui lebih banyak informasi bukan hanya dari artikel yang di tampilkan, melainkan dari masyarakat yang mengalami keluhan serupa. Lihat gambar di samping kanan ini ===================>

Dan pada bagian sidebar sebelah kanan, juga di tampilkan artikel populer, artikel terbaru, konsultasi popular dan konsultasi terbaru, sehingga kita bisa mengetahui lebih banyak artikel apa saja sih yang ada di Dokter Babe. Screenshootnya bisa di lihat pada gambar di bawah ini. Klik tanda +/- untuk membuka dan menutup.

Artikel populer, artikel terbaru, konsultasi popular dan konsultasi terbaru
Dan selanjutnya, kita akan menuju halaman Home.
Home

Website Dokter Babe menggunakan user interface template yang menarik untuk di lihat. Pada bagian headernya, kita bisa melihat 5 artikel utama yang terpampang jelas dengan background 5 gambar, dengan 1 gambar memiliki ukuran paling besar di sebelah kiri. Sehingga pada saat pertama kali membuka websitenya, kita bisa membaca dengan mudah judul artikel yang ada di website ini. Menurut saya, header seperti ini cukup menarik karena begitu website di buka, maka pengunjung bisa melihat dengan jelas judul artikel yang akan mereka baca.

Pada bagian bawah headernya, kita akan melihat artikel terpopuler berdasarkan kategori dan juga artikel terbaru. Dengan di tampilkanya artikel terpopuler dan terbaru ini, pengunjung bisa mengetahui artikel paling popular dan paling baru di Dokter Babe untuk di baca.

Sekarang kita menuju menu atas yang terdiri dari 6 menu, yaitu Penyakit, Obat, Kategori, Konsultasi, Cari Rumah Sakit, dan Tentang Kami. Dan terakhir ada aplikasi androidnya. Kita mulai dari tab penyakit.

Penyakit

Pada tab ini, kita bisa menemukan berbagai macam jenis penyakit dari A sampai Z. Dari penyakit ablasi retina sampai wasir. Dari penyakit dengan nama nama aneh sampai penyakit yang kita kenal, semua di bahas di sini. Jadi istilahnya, Dokter Babe ini menyediakan kamus penyakit, hehehe….. keren kan ? Dalam setiap pembahasanya di jelaskan pula seperti apa penyakit tersebut, gejala gejalanya, cara pencegahanya, dan informasi pendukung lainya. Sehingga bagi Anda yang sedang mencari informasi tentang sebuah penyakit, bisa mencarinya disini.

Obat

Di Dokter Babe juga menginformasikan nama nama obat dari A sampai Z untuk kita pahami berasama. Contohnya seperti amoxilin. Yaitu obat yang di gunakan untuk pengobatan infeksi bakteri dalam tubuh. Setelah membaca informasi tentang obat amoxilin ini, saya jadi tahu bahwa jika kita sakit dan telat meminum obat ini, maka kita tidak boleh meminumnya secara double di waktu berikutnya. Obat ini juga dapat mengurangi efektivitas penggunaan pil KB bagi wanita yang sedang menunda kehamilan. Makanya sebelum menggunakanya, baiknya konsultasikan dulu dengan Dokter.

Kategori

Untuk tab ini berisi kategori seperti yang sudah saya sebutkan di atas, yaitu hidup sehat yang berisi artikel tentang gaya hidup sehat. Kategori kecantikan yang berisi tips kecantikan untuk para wanita. Kategori ibu dan bayi yang berisi informasi kesehatan bagi ibu dan bayinya. Kategori keluarga berisi informasi kesehatan keluarga. Kategori kesehatan yang berisi informasi tentang kesehatan sehari hari. Dan kategori intim yang berisi informasi seputar sexualitas atau sejenisnya. Sehingga bagi kita yang sedang mencari informasi informasi tertentu, bisa mendaptkanya sesuai dengan kategori yang ada.

Konsultasi

Nah, di bagian konsultasi ini, kita bisa bertanya kepada dokter terkait masalah kesehatan yang kita alami. Namun sebelumnya kita harus mendaftar dulu ya ? cukup pake email atau bisa juga masuk langsung dengan akun sosmed seperti twitter, facebook ataupun google +. Kalo saya sih kemaren daftar pake email. Setelah daftar, kita akan dapat konfirmasi pengaktifan member yang di kirim ke email tadi, klik saja buat ngaktifinya. Mudah ko.

Sudah banyak sekali para member yang bertanya soal kondisi kesehatanya disini dan di jawab oleh Dokternya atau konsultan kesehatan terbaik dari Dokter Babe. Hal ini juga semakin memperkuat bahwa informasi yang ada di Dokter Babe adalah murni dan asli tanpa hoax karena di tangani langsung oleh Dokternya.

Rumah sakit

Nah, untuk kategori rumah sakit ini, kita bisa menemukan banyak rumah sakit, klinik ataupun apotek serta Dokter Gigi terdekat dengan mudah. Menarik bukan ?

Tentang Kami

Untuk menu ini berisi informasi tentang profil dan layanan dari Dokter Babe. Yaitu berisi konsultasi, penyedian pencarian rumah sakit atau fasilitas kesehatan, glosarium obat, glosarium penyakit, yang pada pembahasan diatas sudah saya jelaskan.

Aplikasi DokterBabe

Nah, kalo yang ini bukan di website, melainkan di aplikasi smartphone. Karena berita DokterBabe juga tersedia dalam aplikasi yang bisa di download di Android lho, cuma 4 Mb, jadi ringan dan gak makan memori.

Oiya, selain lewat artikel, kita juga bisa mengetahui lebih jelas informasi dari Dokter Babe melalui channel youtubenya. Dan disini, Dokternya bicara langsung lho. Yang semakin membuktikan kalu informasi di Dokter Babe benar ASELI dan bukan hoax dan sangat layak untuk jadikan referensi informasi kesehatan kita semua. Gak percaya, coba liat video videonya di bawah ini.

Dr. Kevin Tandika

Dr. Bayu Adiputro

Dr. Audria Graciela

Kesimpulanya, mencari informasi kesehatan itu memang banyak sekali di internet. Tapi jika kita sembarang comot dan mempraktekanya tanpa melihat kejelasan sumbernya, apakah bisa di percaya atau tidak ? maka bisa jadi hal hal yang tidak di inginkan terjadi pada diri kita, seperti pada contoh penderita diabetes pada awal paragraf di atas.

Tapi sekarang kita tak perlu khawatir, karena dengan hadirnya situs berita kesehatan terpercaya dan anti hoax di https://www.dokterbabe.com, kita bisa mendapatkan informasi kesehatan yang sudah di verifikasi oleh para Dokter, sehingga tak perlu khawatir saat membaca atau mempraktekanya. Wah, ternyata Hidup Sehat itu Mudah ya ? dengan adanya Dokter Babe, mencari informasi kesehatan jadi semakin nyaman karena terpercaya dan anti hoax. Oiya, saya juga punya masukan loh untuk website DokterBabe.

[1] Tampilan mobile nya kurang friendly. Jadi pas kemarin saya membuka website dokter babe lewat smartphone, tampilanya kurang menarik. Judulnya menutupi gambar, sehingaga agak sulit terbaca. Dan jika di lihat pun jadi kurang menarik. Coba lihat screenshootnya pada gambar di samping kanan ini ============>

[2] Tambahkan channel yuotubenya pada footernya agar orang bisa tau informasi kesehatan dari Dokter Babe via youtube. Dan seperti kita tahu, informasi lewat video itu lebih menarik ketimbang tulisan, terlebih karena Dokternya langsung turun tangan di video tersebut.

[3] Kalo bisa kolom komentarnya jangan hanya menggunakan disqus. Tambah media lain seperti facebook atau google agar semakin banyak orang yang bisa berkomentar dari berbagai media.

Nah, itulah masukan dari saya untuk Dokter Babe yang semoga bermanfaat untuk perkembangan Dokter Babe kedepanya. Oiya, follow juga sosial media Dokter Babe dengan mengklik tombol dibawah ini, trimakasih.

Sumber referensi artikel :
health.detik.com