Pilih Laman

8 Bahaya Jika Kamu Selalu Mengabaikan Sarapan Pagi – Nomor 7 Bikin Kamu Terkejut

Note : cara baca artikel yang 2 kolom yaitu dari kiri atas ke bawah, lalu ke kanan atas kemudian ke bawah, sama seperti membaca koran atau majalah

Ada pepatah mengatakan “karena nila setitik, rusak susu sebelanga”, yang artinya, hanya karena kesalahan kecil yang begitu sepele, seluruh persoalan menjadi kacau dan berantakan. Ungkapan ini kiranya pas di sematkan pada keponakan saya yang bernama Nisa yang saat ini masih duduk di kelas 5 SD. Beberapa waktu yang lalu ia pulang cepat dari sekolah di antarkan gurunya karena mengeluh lemas dan sakit didalam kelas. Sebelum berangkat, Nisa sempat di “cerewetin” oleh Ibunya karena malas sarapan.

Bukan hanya itu, karena malas makan terutama sarapan pagi, ia juga hampir saja tidak bisa mengikuti kegiatan study tour di sekolahnya. Dramatis sekali waktu itu. Jadi, di hari sabtu ia sakit, sementara di hari rabunya ia harus mengikuti study tour. Dan jika ia tidak mengikutinya, maka uang yang sudah di bayarkan hilang cuma cuma, padahal jumlahnya lumayan banyak. Sangat di sayangkan sekali memang. Namun beruntunglah karena akhirnya ia sembuh dihari keberangkatanya dan bisa mengikuti study tour sekolahnya. Dan semua itu berawal hanya gara gara hal sepele, yaitu malas makan terutama sarapan pagi.

Nah, selain bahaya seperti yang Nisa alami, bahaya lain yang bisa di timbulkan jika seseorang malas sarapan pagi itu ternyata ada banyak sekali. Berikut adalah 8 bahaya jika kita sering melupakan sarapan pagi :

[1] Kegemukan

Kegemukan memang bukan penyakit, tapi ternyata kegemukan cukup membuat risih hidup seseorang dan bahkan bisa menyebabkan penyakit. Mau kemana mana terasa berat. Ini bisa saya rasakan saat beberapa waktu lalu berat badan saya naik beberapa kilogram. Perut bergelambir penuh dengan lemak. Nah, bagi Anda yang sedang diet, melupakan sarapan tidak akan menjadi solusi menurunkan berat badan, tapi justru malah akan menaikan berat badan.

Menurut sebuah studi dari American Journal of Epidemology pada 2003 lalu menyebutkan, bahwa jika seseorang melupakan sarapan pagi, maka cenderung lebih cepat gemuk 4,5 kali dibandingkan orang yang rutin sarapan setiap paginya.

Studi lain yang di terbitkan dalam diabetes care juga menemukan, bahwa lebih dari 3000 pria dan wanita yang rutin sarapan pagi, ternyata menurunkan resiko obesitas atau kegemukan dan juga tekanan darah tinggi.

Salah satu resiko malas sarapan adalah kegemukan

[2] Penyakit maag

Orang yang memiliki riwayat penyakit maag atau lambung, sebaiknya jangan menunda atau meninggalkan sarapan pagi. Karena seperti yang kita tahu, penyakit maag justru bisa menjadi lebih serius jika sering membiarkan perut kosong, terutama sarapan pagi. Bisa bisa lambung bocor karena terlalu sering mengosongkan perut.

Malas sarapan beresiko sakit maag atau lambung

[3] Diabetes

Sering melewatkan sarapan pagi ternyata beresiko terkena diabetes. Menurut sebuah studi yang di publikasikan dalam American Journal of Cinical Nutrition menyatakan, bahwa ketika seseorang melewatkan sarapan, maka resiko terkena diabetes tipe 2 meningkat sebesar 20% karena kadar kolesterol dan tingkat sensitive insulin yang buruk.

Malas sarapan juga bisa beresiko diabetes

[4] Konsentrasi menurun atau susah berpfikir, aliasnya berpotensi mengalami kebodohan

Menurut penelitian yang di laporkan dalam Journal of Adolescent Health, para peniliti yang melakukan penelitian terhadap remaja usia 13-20 tahun, mendapatkan hasil bahwa mereka yang rutin sarapan pagi, memiliki ingatan jangka pendek yang lebih baik.

Malas sarapan bisa membuat Anda sulit konsentrasi

Juga berdasarkan laporan Centers for Disease Control diketahui, anak anak sekolah yang tidak sarapan pagi, kemampuan mereka dalam memecahkan masalah mengalami penurunan. Sementara mereka yang rutin sarapan pagi, memiliki nilai tinggi dalam skor tes standar, lebih tepat waktu masuk sekolah, dan juga jarang absen. Sampai di poin ini, berarti memang benar jika sarapan pagi itu sangat penting, kawan.

 [5] Untuk para cewek, menstruasi jadi gak lancar

Menurut hasil survey yang di laporkan dalam jurnal Appetite pada bulan Agustus 2010 mendapatkan, mahasiswi yang rutin tidak sarapan, memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur di banding mereka yang sarapan secara teratur. Selain itu, terdapat pula gangguan menstruasi lainya, yaitu seperti rasa sakit yang berlebihan, serta darah yang keluar saat menstruasi jadi tidak lancar. Jadi buat para cewek, nggak usah heran jika hal ini terjadi, bisa jadi salah satu penyebabnya adalah karena hal sepele, yaitu mengabaikan sarapan.

Menstruasi juga bisa tidak lancar karena mengabaikan sarapan

[6] Suasana hati sedang kacau bisa menjadi kacau balau dan galau jika mengabaikan sarapan

Hai teman, galau itu gak enak, mau makan gak enak, tidur pun gak enak, ngapain aja gak enak. Perasaan gak karuan dan ruwet pokonya. Dan pastinya kalian pernah merasakanya. Saya gak percaya jika hidup kalian mulus seperti aspal hotmix tanpa ada hambatan, iya kan ? hehehe

Nah, jika kalian gak mau galau, jangan lupakan sarapan pagi ya ? Dan mungkin bagi kalian yang sedang galau (semoga tidak ya?), tapi malah melupakan sarapan, maka suasana hati bisa tambah galau. Makanya, sarapan pagi jangan di lupakan ya ? karena sarapan pagi itu pembangkit semangat.

Yang lagi galau tambah galau kalau malas sarapan

Karena seperti dilansir dari doktersehat.com, berdasarkan sebuah survey, sebanyak 26 persen orang memiliki suasana hati yang lebih baik karena rutin sarapan pagi. Perubahan suasana hati yang melibatkan iritabilitas sering terjadi karena gula darah rendah, yang merupakan efek samping dari mengabaikan makan berkepanjangan.

[7] Resiko terkena penyakit jantung

Loh, masa sampe segitunya sih ? bisa dong, namanya juga pola hidup gak sehat. Oiya, untuk diketahui, sebuah studi yang di lakukan oleh Harvard School of Public Health menemukan, bahwa melewatkan sarapan bisa berpotensi besar mengalami gangguan jantung. Karena pola makan yang tidak teratur dapat menyebabkan gangguan fungsi orang tubuh.

Rasa lapar yang berlebihan menjelang siang hari, dapat membuat seseorang kalap mata dan kemudian memakan makanan berlemak tinggi dalam jumlah banyak. Pola makan seperti ini dapat menyebabkan lemak menumpuk di sekitar perut dan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dan hal itu merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit jantung. Wah, padahal cuma gara gara gak sarapan bisa jadi begini yah.

Penyakit jantung juga merupakan salah satu resiko malas sarapan

[8] Cepat lelah dan kurang bersemangat melakukan aktifitas harian

Untuk resiko yang satu ini sepertinya semua orang sudah tahu, bahwa jika seseorang sering melupakan sarapan, maka tubuh akan lemas karena kekurangan energi, terutama untuk para pekerja berat yang membutuhkan tenaga lebih. Konsentrasi juga bisa menjadi kurang fokus karena tidak sarapan.

Menurut penelitian yang di lakukan oleh National Institute of Health membuktikan, melewatkan sarapan dapat beresiko menderita hypoglycemia atau gula darah rendah. Kondisi ini dapat menyebabkan gejala pusing, lemas, sakit kepala, dan juga detak jantung jadi lebih cepat dan berdebar debar.

Sudah jadi hal umum, karena malas sarapan jadi cepat lelah

Nah, itulah 8 bahaya yang mengancam kita semua jika kita sering mengabaikan sarapan. Dan beberapa waktu lalu, saya juga sempat berkonsultasi dengan dokter dalam sebuah website kesehatan.

Sang Dokter menjawab bahwa jika seseorang melupakan atau sering mengabaikan sarapan pagi, maka kinerja tubuh menjadi kurang baik. Berbagai gangguan seperti tubuh lemas, susah konsentrasi, resiko terkena sakit maag, dan bahkan diet pun jadi kurang lancar karena sering melupakan sarapan pagi.

Dari pembahasan diatas, kita jadi tahu bahwa sarapan pagi itu sangat penting. Kelihatanya sih memang sepele, namun bisa berakibat fatal jika sering di lupakan, seperti yang diatas saya tuliskan.

Dulu saya juga sering mengabaikan sarapan. Itu saya lakukan karena sarapan di anggap membuang waktu. Namun setelah saya paham bahwa sering mengabaikan sarapan bisa mengurangi produktivitas, maka gaya hidup yang tidak baik tersebut mulai saya perbaiki dengan rutin sarapan pagi setiap harinya. Dan tentunya tidak sampai terlalu kenyang agar lebih enak dibawa aktivitas.

Oiya, bagi Anda yang suka terburu buru berangkat kerja dan mungkin tidak ada waktu untuk sarapan, atau mungkin bagi Anda yang anti makan nasi, berikut ini saya punya tips sarapan sehat berbahan dasar sereal dan susu. Namun sebelumnya, saya ingin menjelaskan mengapa sereal dan susu penting untuk sarapan pagi. Berikut penjelasanya.

Semangkuk Sereal

[1] Sumber energy. Sereal itu mengenyangkan dan merupakan sumber kalori, dimana kalori itu sendiri merupakan sumber energi. Makanya banyak di manfaatkan untuk sarapan pagi. Sarapan dengan sereal di pagi hari bisa membuatmu terjaga hingga makan siang tiba.

[2] Menyehatkan pencenaan. Pencernaan yang sehat adalah impian semua orang. Untuk mendapatkanya, cobalah dengan rutin mengkonsumsi sereal saat sarapan.

[3] Sarapan tidak akan membuat Anda menjadi gemuk, malah sebaliknya, sarapan bisa menjaga berat badan Anda. Dan dengan menkonsumsi sereal saat sarapan, maka program diet yang mungkin sedang Anda lakukan bisa berjalan dengan lancar. Tuh, kan ? sereal bisa jadi solusi sehat diet Anda.

[4] Menurunkan kolesterol. Tingginya kolesterol dalam tubuh bisa mendatangkan berbagai macam penyakit. Dan kabar baiknya yaitu karena sereal itu sendiri bisa berfungsi sebagai penurun kolesterol. Selain itu, ternyata sereal juga bermanfaat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh Anda lho.

Sedangkan manfaat susu, susu membuat kita terutama anak anak jadi lebih pintar dan cerdas. Susu juga membuat tubuh kita jadi lebih bertenaga, sehingga lebih siap dalam menjalani hari. Dan berikut adalah menu sarapan sehat berbahan dasar sereal dan susu di ambil dari sumbernya di www.hipwee.com 

[1] Sereal dengan campuran buah dan susu

Selain menambah rasa, buah buahan dalam menu ini juga mengandung gizi yang baik untuk tubuh. Menu ini baik Anda yang sedang menjalani program diet karena sereal cukup mengenyangkan dan kalorinya pun tidak terlalu banyak.

Bahan-bahannya yaitu :
1/4 buah melon, potong dadu
2 buah pisang, potong tipis melintang
1 buah apel, potong dadu
3 sendok makan kismis buah
Sereal jagung secukupnya
Biji wijen secukupnya (untuk taburan)
Susu kedelai cair atau susu sapi, sesuai selera
Tambahkan madu secukupnya

Cara membuatnya :
Siapkan semua potongan buah dan letakkan di dalam mangkuk.

Taburkan kismis di dalam mangkuk, lalu beri taburan wijen dan sereal jagung sesuai selera. Langkah terakhir yaitu tuangkan susu cair ke dalam mangkuk dan sajikan.

Sereal dengan campuran buah dan susu

Granola desert Perancis

[2] Granola desert Perancis

Untuk menu ini cara buatnya sangat mudah, karena bahan bahanya hanya granola, potongan buah dan yogurt yang di tata berlapis. Cara menatanya pun cukup mudah, yaitu cukup berikan yogurt diatas secangkir sereal granola, kemudian tambahkan aneka buah untuk menambahkan citarasanya, mudah bukan ?

[3] Smoothie bowl dengan buah naga

Bahan-bahannya:

1 buah pisang sunpride atau cavendish (pisang raja juga boleh)
1 buah pitaya atau buah naga
1 gelas susu cair
1 sdm madu murni
1 sdt kacang almond panggang
1 sdt chia seeds
1/2 buah strawberry
1/2 buah kiwi
1/2 buah pisang
1/2 buah manga

Cara membuatnya:

Kupas semua buah-buahanya kemudian masukkan dalam alumunium foil. Setelah itu masukan kulkas hingga beku.

Masukkan buah pisang, buah naga, susu cair dan madu ke dalam blender untuk haluskan. Lalu tuang ke dalam mangkuk.

Potong kiwi dan mangga untuk toppingnya. Susun topping rata bersama kacang almond dan chia seeds. Hidangkan selagi masih dingin. Hasilnya seperti gambar diatas.

smoothie bowl dengan buah naga

Salad sayuran plus granola

[4] Salad sayuran plus granola
Bahan-bahannya:

Kol tau kubis, bayam, wortel rebus, tomat, bawang bombay, minyak zaitun, dan granola secukupnya.

Cara membuatnya:

Potong-potong semua bahan diatas sesuai selera, kemudian aduk semua bahan dalam mangkuk atau wadah, dan tuangkan minyak zaitun secukupnya. Terakhir, taburkan sereal granola dan mayones jika suka mayonais.

Dan untuk resep yang tidak ada tambahan susunya, bisa buat segelas susu sendiri sebagai teman sarapan sehat Anda.

[5] Energen

Nah, untuk yang ini paling gampang banget. Tinggal buka bungkus energen dan masukan kedalam gelas yang sudah di isi air hangat. Aduk aduk dan jadi deh. Huhuhuyy gampang banget kan ? gak pake masak masak segala. Dan energen ini adalah minuman makanan bergizi yang mengenyangkan, karena terbuat dari sereal dan susu yang kaya akan manfaat untuk tubuh kita, dan cocok sekali untuk mengawali hari kita.

Untuk saya sendiri, saya suka semua varian energen, tapi saya lebih suka yang rasa kacang hijau karena menurut saya lebih gurih. Dari dulu saya sudah suka energen. Sampai sekarang pun saya masih suka energen. Saya suka mengkonsumsi Energen saat pagi sebelum sarapan.

Energen kacang hijau menemaniku menggapai prestasi

Lho, kenapa tidak pake mi instan saja, kan juga mengenyangkan dan enak ?

Iya sih boleh saja, tapi mi instan itu mengandung banyak bahan pengawet,  dan pastinya tidak baik untuk kesehatan jika di konsumsi untuk sarapan pagi, karena tidak termasuk sarapan sehat. Pernah waktu itu ada tetangga saya yang masih bayi meninggal gara gara keseringan makan mi instan, kasian sekali pokonya. Namun kalo energen beda lagi, karena kaya akan manfaat dan baik untuk sarapan pagi karena termasuk menu sarapan sehat. 

Kesimpulanya, dengan sarapan sehat setiap hari, tubuh jadi lebih bertenaga, dan otak pun jadi lancar dalam berpikir, sehingga menggapai prestasi pun jadi lebih mudah. Untuk saya sendiri, karena selalu membiasakan sarapan sehat sebelum jam 9, hingga saat ini saya sudah menggapai banyak prestasi, yaitu dengan memenangkan lomba menulis blog sebanyak 41 kali. Lihat laman prestasi saya http://amir-silangit.blogspot.co.id/2015/12/my-award.html

Sumber referensi artikel

1] www.hipwee.com/tips/7-kreasi-sereal-untuk-sarapan-sehat-kenyang-praktis-dan-nggak-bikin-badan-bengkak/
2] www.hipwee.com/tips/suka-merapel-sarapan-sama-makan-siang-hati-hati-8-bahaya-ini-mengintaimu/
3] www.mymilk.com/milkeveryday/manfaat-susu/manfaat-minum-susu-di-pagi-hari
4] www.dokterbabe.com/konsultasi/bahaya-tidak-sarapan-pagi-secara-terus-menerus/