Pilih Laman

Kontribusi Galuh Mas dalam Pembangunan Karawang

Salah satu faktor yang begitu mempengaruhi perkembangan suatu kota atau kawasan dalam suatu Negara adalah karena tersedianya fasilitas dan infrastruktur yang memadai. Kota yang ramai dan tersedia banyak fasilitas serta infrastruktur, akan mempermudah masyarakatnya dalam menjalani kehidupan sehari. Sehingga pertumbuhan ekonominya pun semakin meningkat. Berbagai jenis fasilitas dan infrastruktur yang mendukung kemajuan suatu kota seperti :

[1] Letak geografisnya. Suatu kota atau kawasan yang letaknya di dataran rendah dan aksesnya mudah, akan mempermudah masyarakatnya dalam menjalani aktifitas sehari hari, terlebih jika infrasturktur transportasinya memadai. Mau ke pasar mudah, mau ke bank mudah, mau pergi kerja mudah, mau kemana saja mudah.

[2] Tersedianya fasilitas umum. Fasilitas umum sangat menunjang kehidupan sehari hari. Misalnya seperti sekolah, rumah sakit, masjid, gereja, ATM, mall, hotel, bank, pasar, jasa kurir, tempat fotocopy, warung makan, lapangan, dan lain sebagainya.

3] Tersedianya fasilitas hiburan. Hidup itu tak hanya sekedar bekerja. Ada kalanya kita yang sedang penat, membutuhkan tempat hiburan untuk merilekskan pikiran. Makanya keberadaan tempat hiburan begitu di butuhkan dalam suatu kota atau kawasan. Misalnya seperti kebun binatang, waterboom, tempat karaoke, dan lain sebagainya.

4] Mudahnya mendapatkan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. Dalam hal ini yang di maksud adalah pasar. Salah satu tempat umum yang begitu kita butuhkan dalam kehidupan sehari hari adalah pasar. Disini, kita bisa mendapatkan kebutuhan sehari hari dengan mudah. 

5] Potensi berbisnis atau investasi terbuka lebar. Yang di maksud prospek bisnis dalam hal ini yaitu investasi, contohnya seperti invesatsi tanah atau bangunan. Tanah atau bangunan yang memiliki lokasi yang strategis, sangat bagus untuk di manfaatkan sebagai lahan bisnis. Biasanya karena letaknya di pusat kota atau keramaian, dimana banyak sekali orang berlalu lalang.

Semakin kesini, harga tanah atau bangunan yang lokasinya strategis dan prospektif untuk bisnis, nilainya semakin tinggi. Dan biasanya lokasi yang seperti ini berada di kota yang identik dengan keramaian.

Untuk jenis bangunan, bisa berupa bangunan semisal gedung atau ruko. Ruko bisa kita gunakan sendiri untuk berdagang. Atau jika di jual ataupun di sewakan, nilainya semakin kesini juga semakin tinggi.

6] Infrastruktur lalu lintas yang memadai. Infrastruktur lalu lintas dalam hal ini yaitu jalan raya yang sangat mendukung dalam hal peningkatan ekonomi masyarakat. Distribusi barang atau jasa semakin lancar dengan adanya jalur tracking yang mendukung. Sehingga percepatan pembangunan suatu kota atau kawasan pun semakin meningkat.

7] Biasanya terdapat kota mandirinya. Perkembangan suatu kota juga bisa terlihat dengan berdirinya kota mandiri. Dalam sebuah kota mandiri, biasanya terintegrasi dengan banyak fasilitas, seperti mall, hotel, jalan tol, rumah sakit, sekolah sekolah, dan fasilitas pendukung lainya. Selain itu, salah satu ciri khas dari kota mandiri adalah arsitektur bangunan bangunanya yang modern dan futuristik, yang merupakan indikator bahwa suatu kota bisa dikatakan maju.

8] Keamanan terjaga. Untuk poin ini, yang di maksud adalah soal kawasan, semisal perumahan. Keamanan yang terjaga dalam 24 jam merupakan salah satu faktor pendukung kemajuan suatu kawasan. Dengan kawasan yang aman, maka kehidupan penghuni kawasan pun semakin aman dan tentram. Nah, kesemua poin di atas di miliki oleh oleh kawasan Galuh Mas di Karawang. Di sini, kita banyak mendapatkan semua fasilitas, seperti dalam hal :

[1] Letal Geografisnya bagus

Perumahan Galuh Mas Karawang memiliki lokasi yang sangat strategis yaitu berada di pusat kota Karawang, tepatnya di Jl. Galuh Mas Raya Karawang Barat. Lokasinya yang berada di pusat kota, membuat penghuninya lebih mudah kemana mana. Mau ke Jakarta mudah karena dekat jalan tol. Mau belanja mudah karena banyak pusat niaga seperti mall atau Pasar Bersih Karawang.

[2] Fasilitas umumnya banyak

Di Kawasan Galuh Mas, terdapat banyak sekali fasilitas umum, seperti rumah sakit, sekolah, masjid, gereja, bank, jasa pembiayaan, toko elektronik, tempat makan, ATM, dan SPBU, Toko Buku, dan lain sebagainya. Dengan banyaknya fasilitas umum ini, akan semakin mempermudah Anda dalam memenuhi kebutuhan sehar hari

[3] Fasilitas hiburanya banyak

Di Kawasan Galuh Mas Karawang terdapat banyak tempat hiburan. Untuk yang ingin jalan jalan di Mall, di sini adalah Festive Walk. Di Festive Walk, disini kita memanjakan diri untuk sekedar belanja belanja atau nonkrong di café atau resto. Bangunan seluas 3 hektar ini merupakan kawasan emas Galuh Mas.

Sejumlah tenant mal telah ada di Mal ini, seperti Matahari, Optik Melawai, Cool Kids, Eprise, Les Femmes, dan MG Sport & Music. Untuk kuliner, di Mall ini ada Eat and Eat, Ichiban Sushi, Tawan, Tea Garden, Mokko Café , Shiny Tea, dan masih banyak lagi yang lainya. Untuk yang mau hiburan lain juga banyak, karena disini ada CGV Blitz, Inul Vista, Festive Land, dan banyak lagi yang lainya.

Sedangkan untuk outdoor, disini ada Wonderland Adventure Waterpark. Yaitu wahana bermain air terbesar di Karawang. Konsep taman bermain air ini berupa adventure atau petualangan.

Luas wahana ini sangat besar, yaitu 3,4 hektar dengan kapasitas pengunjung sekitar 5000 orang. Disini terdapat seluncuran sepanjang 120 meter dengan tinggi 14 meter yang akan memacu adrenalin kita, wah seru banget pokonya. Bagi yang suka fitnes atau pijat refleksi, disini juga ada lho. Dan masih banyak fasilitas hiburan lainya

[4] Tersedianya pasar bersih Karawang

Di katakan pasar bersih karena memang pasar ini bersih dan tidak kumuh. Lantainya di keramik dan karena memang berkonsep pasar modern. Ada sekitar 200 pedagang di sini dan barang yang di jual pun harganya tidak jauh berbeda dengan pasar biasa. Lokasinya berada di kawasan Galuh Mas, sehingga bagi Anda penghuni kawasan Galuh Mas, bisa dengan mudah menuju ke pasar ini. Adanya pasar modern ini juga menjadi salah satu indikator bahwa suatu kota di katakan maju. 

[5] Banyaknya prospek bisnis yang menjanjikan

Bagi Anda yang ingin berbisnis atau berinvestasi, di Galuh Mas ada Ruko Street Festival. Lokasi ruko ini sangat strategis untuk berjualan, karena berada dekat dengan SPBU, Gramedia, dan area komersial lainya seperti KCP, Mall, dan Taman bermain air.

Ruko di desain dengan konspe modern, sehingga menarik untuk di miliki. Bagi Anda yang ingin berbisnis, ruko ini cocok untuk di jadikan tempat bisnis karena berada di lokasi keramaian.

Salah satu keunggulan ruko ini yaitu karena lokasinya berada bersebelahan langsung dengan pusat perbelanjaan dan gaya hidup modern, sehingga membuat ruko ini semakin hidup. Promosi kantor atau bisnis pun jadi lebih mudah dan tepat sasaran.

Oiya, parkir ruko yang luas dan 24 jam, merupakan nilai plus tersendiri untuk ruko ini. Misal mau di gunakan sendiri untuk berdagang atau juga di sewakan, nilainya juga lumayan.

Dan selain ruko ini, banyak juga ruko lainya, yaitu seperti Ruko Courtyard, Ruko Grand Plaza, Ruko Arcadia, Ruko Emporium, Ruko Terraz, Ruko Primrose, Ruko Emerald Hill, Ruko Broadway, Ruko Mediterania, dan Ruko City Walk.

[6] Infrastruktur lalu lintas yang memadai

Galuh Mas lokasinya berada di Karawang yang merupakan lempahan atau tanah landai. Kondisi jalan yang ada pun sudahpasti  beraspal sehingga mudah di lalui. Jalan, jembatan, dan berbagai fasilitas pendukung lalu lintas sudah ada disini, dengan begitu akan memudahkan masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya. 

[7] Merupakan konsep kota mandiri yang terintegrasi

Galuh Mas adalah kawasan dengan konsep kota mandiri yang terintegrasi dengan banyak fasilitas dan berdiri diatas lahan seluas 180 hektar. Lokasinya sangat strategis di pusat Kota Karawang. Karena hanya 8 menit menuju exit tol Karawang Barat dan 9 menit menuju kawasan industry. Hinga saat ini, Galuh Mas memiliki 11 cluster hunian, 11 ruko, dan 1 proyek housing yaitu rukost atau rumah kost. 

Banyak fasilitas yang terintegrasi dengan kawasan ini seperti diatas saya tuliskan. Selain itu keamanan pun sangat terjaga, sehingga penghuninya pun merasa aman dan nyaman tinggal di dalamnya.

[8] Keamanan terjaga 24 jam 

Seperti diatas saya tuliskan, penghuni kawasan Galuh Mas tidak perlu khawatir karena keamanan disini terjaga 24 jam. Petugas keamanan bisa di temukan di setiap posko cluster dan di setiap kawasan komersial. 

Oiya, yang tak kalah penting adalah, karena kawasan Galuh Mas ini sangat luas dan banyak sekali berdiri tempat tempat usaha atau jasa, seperti cafe, hotel, restoran, pertokoan, perkantoran, bank, petugas satpam, dan lain sebagainya, maka secara otomatis banyak masyarakat yang menggantungkan hidupnya disini.

Mereka memenuhi kebutuhan hidupnya dengan bekerja atau membukan usaha di Galuh Mas. Dan secara tidak langsung, hal tersebut merupakan kontribusi yang di berikan Galus Mas untuk masyarakat sekitar. Dan itu berarti, jumlah pengangguran semakin menurun karena Galuh Mas banyak menyerap tenaga kerja. Imbasnya, Kota Karawang menjadi semakin maju karena perekonomian meningkat. 

Banyaknya bangunan bangunan megah dan gedung bertingkat seperti mall, ruko, perumahan dan hotel, juga merupakan indikator bahwa suatu kota sudah terbilang maju. Dan sebagian besar bangunan bangunan tersebut berada di kawasan Galuh Mas Karawang.

Kesimpulanya, dengan berdirinya kawasan Galuh Mas dan segala macam fasilitas serta infrastrukturnya, maka bisa di katakan bahwa Galuh Mas begitu berperan dalam membangun Karawang. Dengan kontribusi yang di berikanya, maka peningkatan ekonomi warganya pun semakin mengalami peningkatan karena mudahnya akses dan fasilitas. Terakhir, follow juga sosial media Galuh Mas untuk informasi terbaru seputar Galuh Mas pada tombol di bawah ini, terimakasih 😀