Pilih Laman

Black

Bukan Hanya Baterai Tahan Sampai 2 Hari, Nokia 2 juga Kaya akan Fitur Fitur Keren Lho

Highlight

Nokia 2 baterainya tahan hingga 2 hari

Di cemplungkan ke air gak apa apa lho

Layarnya di pukul pukul pake kunci pas juga gak apa apa

Kameranya bisa menghasilkan foto bokeh seperti kamera digital

OS polos Nougatnya bikin kinerja smartphone enteng

Harganya cuma 1 jutaan

Berbicara soal baterai smartphone, saya punya pengalaman yang tak terlupakan nih, dengerin baik baik yah. Dulu, saya pernah mengalami kehabisan baterai smartphone yang teramat apes sekaligus mengkhawatirkan, karena menyangkut keselamatan diri saya. Jadi, awal mula kejadianya, saat itu saya akan mengikuti acara kopdar blogger di Pekalongan Jawa Tengah dalam rangka acara promosi wisata Kota tersebut. Disana saya menginap 3 hari 2 malam di sebuah hotel.

Saat berangkat menuju ke sana, saya melewati hutan yang jaraknya selebar hampir Pulau Jawa dari ujung selatan ke ujung utara dengan mengendarai sepeda motor. Waktu itu saya berangkat pagi dan sampai sana sekitar jam 1 siang. Dan Alhamdulillah perjalanan berjalan lancar tanpa ada kendala apapun.

Namun masalah terjadi saat saya akan pulang dari Pekalongan sore harinya. Saya ini baru sekali berkunjung ke kota tersebut, dan jalan pulang termudah yaitu lewat jalur tengah hutan tadi yang begitu sepi dan hawanya sangat dingin. Bahkan karena sangat dingin, saya sampai gemeteran.

Foto saat ke kamar mandi di tengah hutan Pekalongan yang sangat dingin. Dokpri

Dan karena saya pulangnya sore, saya tidak berani lewat jalur tersebut lagi, karena di siang hari saja sudah sepi dan jarang rumah penduduk, apalagi di malam hari.

Saya khawatir jika saya kenapa kenapa di jalan, takut ada orang jahat yang tiba tiba muncul di tengah hutan atau bertemu hewan buas. Takut sekali pokonya. Nah, karena saya takut, saya memutuskan untuk melewati jalur pantura yang jaraknya lebih jauh dari jalur tengah hutan tadi.

Namun saya bingung karena saya tidak tahu jalan menuju pulang jika lewat jalur pantura. Dan parahnya lagi, baterai smartphone saya mau habis, dan saya juga tidak membawa powerbank. “Duh, saya harus bagaimana ya ? mana uang tinggal sedikit pula. Bagaimana jika saya kesasar, saya tidak tahu jalan dan saya juga tidak bisa mengakses GPS untuk mencari rute jalan pulangnya karena baterai di smartphone saya mau habis”. Pikir saya dalam hati.

Beruntunglah karena ada 2 orang teman dari Pemalang yaitu Mas Eko dan Mas Hengky yang bersedia menuntun saya untuk pulang. Tapi kata Mas Eko, nantinya saya juga akan melewati jalur sepi dan jarang rumah penduduknya di daerah Purbalingga. Di situ ketakutan saya timbul lagi, takut bertemu orang jahat yang ingin mencelakai saya.

Saya menggunakan motor sendiri dan mereka berdua berboncengan. Tapi di tengah jalan kami terpisah, dan saya pun pasrah saja karena saya pikir saya akan benar benar melewati jalur pantura malam itu. “ya sudah lah, saya pulang sendiri saja, gak apa apa, berdo’a saja semoga selamat sampai tujuan” pikir saya dalam hati sambil terus merasa khawatir.

Rasanya menjadi tambah tidak karuan karena di malam sebelumnya, saya cuma istirahat 1 jam di karenakan ada deadline yang harus di kerjakan. Jadi pas perjalanan pulang, badan saya sudah sangat lelah selelaaaaaaah lelahnya. Selain khawatir ketemu orang jahat, saya juga takut ngantuk saat mengendarai motor gara gara kelelahan, bisa bisa saya keluar lintasan jalan atau nabrak sesuatu hiks hiks.

Namun beruntunglah saya, karena pas saya berhenti dijalan untuk mengakses GPS dengan smartphone saya yang baterainya mau habis, mereka berdua melihat saya dan menghampiri saya, lalu kemudian Mas Eko menawari saya untuk menginap di rumahnya.

Oh trimakasih sekali saya ucapkan kepada 2 teman saya, terutama Mas Eko, karena telah berbaik hati menolong saya untuk menginap di rumahnya sehingga saya bisa beristirahat.

Akhirnya saya dan Mas Eko berboncengan menuju rumahnya untuk beristirahat, dan Mas Hengky pulang sendiri. Dan keesokan harinya saya bisa pulang dengan tenang karena badan sudah fit gak capek lagi.

Yah walaupun akhirnya saya menginap di rumah Mas Eko, namun paling tidak jika baterai smartphone tidak habis, saya bisa lebih lega waktu itu. Atau jika misal saya benar benar pulang sendirian lewat jalur pantura waktu itu, dengan baterai yang cukup di smartphone, saya jadi bisa mencari rute jalan pulang lewat GPS.

Nah, itulah sedikit pengalaman saya saat kehabisan baterai smartphone di jalan. Tapi mulai sekarang saya tak perlu khawatir lagi, karena kan sekarang sudah hadir smartphone keren yang daya tahan baterainya kuat sampai 2 hari. Sehingga kemana mana lebih tenang. Nama smartphone tersebut yaitu Nokia 2.

Ngomong ngomong soal GPS, nyempil dikit boleh ya ? Kalian tau gak nomor imei hp kalian ? kalo aku tebak kayaknya enggak deh hehehe, soalnya selama pake smartphone, saya juga gak pernah cek imei atau cari tau cara cek imei bagaimana ?

Padahal imei bisa di pakai untuk melacak hp kita saat hilang lho, caranya tinggal datang ke galeri operator seluler kita, lalu kasihkan nomor imei kita, dan bisa ketemu tuh hp kita. Jadi bukan hanya lewat GPS saja. Oke deh, dan berikut adalah 5 keunggualan utama nokia 2.

NOKIA 2

BATERAI TAHAN HINGGA 2 HARI

TAHAN AIR

TAHAN DEBU

LAYAR KUAT

HARGA TERJANGKAU

Iya bener lho tahan 2 hari, dan hanya dengan sekali isi pula. Pengujian ini sudah di lakukan oleh pihak HMD Global selaku pemegang lisensi merk Nokia. Pengujian termasuk penggunaan secara aktif selama 5 jam sehari dengan menggunakan baterai baru.

Aktivitas yang di lakukan yaitu seperti bermain game, streaming video, menelpon, sms, browsing atau internetan, serta menggunakan berbagai macam aplikasi, seperti sosial media, membaca berita, dan bermain musiK. Dan selain baterainya yang tahan hingga 2 hari, nokia 2 juga memiliki banyak kelebihan kelebihan lainya lho, di antaranya seperti :

Desain menawan 

Nokia 2 ini di buat dengan bahan alumunium yang kuat, sehingga membuatnya lebih aman terhadap kecelakaan fisik. Dan pada bagian belakangnya di buat dengan bahan polikarbonat dan memiliki daya tahan tinggi. Sedangkan pada bagian sudutnya, smartphone ini memiliki sudut lengkung yang membawa kesan mewah dan modern.

Layarnya yang 5 inch juga begitu pas masuk dalam saku kemeja atau celana, tak terlalu besar dan tak terlalu kecil, sehingga lebih nyaman di bawa kemana mana. Tombol power dan volume ada di kanan atas. Sedangkan tombol speaker ada di belakang bawah. Dan untuk kamera 8 mp ada di bagian belakang yang berjejer dengan lampu flash. Sedangkan kamera 5 mp ada di bagian depan.

Layar tajam dan tahan banting

Pada bagian layar nokia 2 ini, sudah menyematkan tekhnologi corning gorilla glass, yaitu tekhnologi untuk melindungi layar dari benturan atau goresan benda tumpul. Jadi jika misal tak sengaja smartphone ini terjatuh dan kena bagianya layarnya, tetap aman dan anti gores. Dan pada percobaan di bawah, layarnya di pukul pukul pake kunci pas gak apa apa lho. Note : sumber foto mengambil pada videonya.

Dan pada percobaan di bawah ini, pas di masukan kedalam air kok normal normal aja ya ? di rendem air selama beberapa detik lalu di angkat dan di pake buat muter youtube tetep jalan dan gak apa apa. Duh keren nih nokia 2, jadi pengin banget punya nih, kalo gak percaya, dibawah ini buktinya. Klik gambar untuk memperbesar.

#1 Di cemplungkan ke air

#2 Kemudian diangkat dan di pakai buat online gak apa apa

#3 Di pakai buat muter youtube juga gak apa apa

Trus ada apa lagi tekhnolgi terbarunya ? Oke, tekhnologi lainya yaitu ada LTPS. Yaitu tekhnologi yang membuat layar nokia 2 ini terlihat begitu terang dan tajam. Tapiiii, ada tapinya, jika smartphone pada umumnya kontras layarnya di naikan, maka baterainya akan cepat habis. Dan ini tidak berlaku untuk nokia 2, karena walaupun layarnya terang dan tajam, konsumsi baterainya tetap awet huhuhuhu…keren kan ? Wah wah wah, wajib beli nih kalo kayak gini.

Kamera

Kamera nokia 2 ini keren abis. Pada bagian depanya ada resolusi 5 Mp dan bagian belakangnya 8 Mp. Dan bisa buat motret efek bokeh lho!

Efek bokeh yaitu efek blur seperti kamera digital semacam DSLR gitu. Jadi pinggir pinggirnya bisa blur gitu. Padahal ini kamera smartphone, tapi bisa kayak DSLR yang mahal gitu ya. Dan lumayan jelas pokonya.

Foto di bawah saya ambil dari testing nokia 2 di youtube pada video disamping kanan ini. Oiya, seperti yang diatas saya singgung, nokia 2 ada flasnya juga, jadi kalau motret pas malam bisa tetep jelas.

Video yotube tentang testing kamera nokia 2

Foto 1 dengan efek blur.

Foto 2 juga dengan efek blur. Keren kan ?

Prosesor canggih

Nokia 2 di lengkapi dengan salah satu chipset terpercaya yaitu Prosesor Quad-core Qualcom ® Snapdragon™ 212 yang membuat smartphone bisa bekerja dengan cepat namun baterainya tetep awet. Berbagai kelebihan dari quad core yaitu karena quad core mampu menampilkan kualitas grafis dengan lebih baik, seperti saat bermain game contohnya.

Quad core juga mampu bekerja secara mullitasking atau membuka aplikasi secara bersamaan dengan lebih stabil dan minim crash (menutup aplikasi dengan sendirinya). Ditambah dengan android polos nougatnya, menjalankan berbagai macam aplikasi jadi minim lag pokonya. Sedangkan untuk konektivitasnya, Nokia 2 ini sudah mendukung jaringan 4G yang kalau buat internetan super ngebut.

Android Nougat 7.1.1

Nokia 2 ini menggunakan system operasi android nougat 7.1.1. Berbagai kelebihan yang di miliki OS ini yaitu karena android nougat 7.1.1 minim fitur bug. Selain itu OS ini juga mampu berpindah aplikasi menjadi lebih cepat, mampu menjalankan aplikasi secara bersamaan, baterainya lebih awet, dan lebih hemat kuota, menarik sekali bukan ?

OS nougat nokia 2 sendiri yaitu juga merupakan system android pure atau android versi polos. Maksudnya nokia tidak memasukan UI custom ataupaun aplikasi aplikasi lain, sehingga tidak membebani kinerja smartphone.

Penyimpanan lega

Bagi yang suka menyimpan lagu lagu atau foto ataupun video, nokia 2 di bekali penyimpanan internal sebanyak 8 GB. Dan kalau kurang bisa di tambahkan dengan memori externalnya yang mencapai 128 GB, waow banyak sekali ya ? cukuplah untuk menyimpan file favorit.

Untuk RAM nya yaitu 1GB dan tersedia varian satu SIM dan dua SIM. Namun jika dirasa memori segitu masih kurang, nokia 2 juga menambahkan fitur google foto sebagai penyimpanan awan untuk menyimpan foto Anda secara otomatis dengan kapasitas super besar, keren kan ?

Di lengkapi sensor cahaya, accelerometer, dan e-compass

Nokia 2 di bekali ketiga sensor ini. Sensor cahaya berfungsi untuk mengatur kecerahan cahaya layar smartphone secara otomatis. Misal kita berada di ruang terang seperti di bawah sinar matahari, maka kontras layar akan naik agar layar bisa terlihat.

Sensor accelerometer berfungsi agar untuk menentukan getaran, percepatan dan gravitasi. Contohnya saat kita memutar smartphone secara vertical, maka tampilan UI juga akan vertical. Sebaliknya, jika kita meutar secara horizontal, tampilan UI juga akan ikut horizontal. Contoh lainya saat kita main game balap mobil. Saat kita memutar gadget kita sedikit demi sedikit, maka maka mobilnya juga akan ikut berputar mengikuti gerak tangan kita. Paham kan ?

Sedangkan sensor e-compas berfungsi untuk menentukan arah mata angin, seperti utara dan selatan.

Ilustrasi Kompas. Foto : bukalapak

Google Assistant

Google assistant ata bisa juga di sebut OK Google, adalah fitur untuk berbincang bincang dengan google. Misal saya bertanya, “apakah saya ganteng ?” maka google bisa menjawab “ya kamu ganteng” namun setahu saya dengan pengantar bahasa inggris. Wah keren banget yah ? bisa ngobrol ngobrol dengan google. Mungkin di ajak curhat bisa ngerti kali yah hihihihihi..

Kesimpulanya Dengan semua keunggulan yang ada, seperti baterai yang awet hingga 2 hari, tidak mempan kena air, kuat di pukul pake kunci pas, kita hanya akan mengeluarkan budget sebesar Rp 1.499.000,- rupiah.

Wah, terjangkau ya untuk smartphone sekeren itu. Kalau begini, saya bisa lakukan lebih banyak hal dengan nokia 2 deh tanpa khawatir kehabisan baterai. Untuk informasi selengkapnya mengenai smartphone ini, kunjungi alamat website resmi nokia 2 di https://www.nokia.com/id_id/phones/nokia-2. Dan berikut di bawah adalah spesifikasi lengkapnya.

Spesifikasi Nokia 2

Kinerja

Sistem operasi Android™ 7.1.1 Nougat | CPU Qualcomm™ Snapdragon® 212, Quad-core hingga 1,3Ghz | RAM 1 GB LPPDDR 3

Layar

Ukuran dan tipe 5.0” HD LTPS | Resolusi 1280 x 720 | Rasio kontras 1:1300 | Bahan : Corning® Gorilla® Glass 3

Warna : Pewter / Black, Pewter / White, Copper / Black | Ukuran 143,5 x 71,3 x 9,30 mm

Warna : Pewter / Black, Pewter / White, Copper / Black | Ukuran 143,5 x 71,3 x 9,30 mm

Tipe kabel MicroUSB (USB 2.0) | SIM Slot kartu 2 Nano-SIM + 1 MicroSD (DualSIM) / Slot kartu Nano-SIM + 1 MicroSD (SingleSIM) | Sensor : Sensor cahaya sekitar, Sensor jarak, Accelerometer (G-sensor), E-compass

Baterai

Tipe baterai Integrated 4100 mAh

Penyimpanan

Kamera

Jaringan dan konektivitas

Lainnya

Tersedia dalam kotak

Desain

Audio

Konektor dan sensor

Penyimpanan internal 8 GB Slot MicroSD Hingga 128 GB

Kamera utama 8MP AF, LED flash Kamera depan 5MP FF

Kecepatan jaringan Kategori LTE 4, 150Mbps DL/50Mbps UL | Konektivitas 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.1, GPS/AGPS/GLONASS/Beidou, FM/(RDS)

Perlindungan anti air (IP52)

Smartphone | Pengisi daya | Kabel data/pengisi daya | Panduan cepat | Headset