Pilih Laman

Berbagai macam sepatu di qlapa.com. SS by dokpri

Kemampuan memeriksa kualitas (quality control) sepatu wajib dikuasai oleh para produsen. Tujuannya, produk benar-benar sesuai standar yang ditetapkan sebelum dipasarkan. Jangan mau kalah, pembeli juga perlu menguasai trik ini biar gak ketipu produk abal-abal. Setuju? Yuk kita pelajari satu per satu trik memeriksa kualitas sepatu sneakers berikut ini.

Pahami dulu masing-masing grade sepatu sneakers
Sebelum membahas triknya, kamu perlu tahu dulu cara membedakan sepatu grade A, B, dan C. Nih, penjelasannya:

Grade A. Shoe kategori ini bisa dibilang tercipta secara sempurna. Gak ada kecacatan sama sekali baik dari segi tampilan maupun fungsional. Kualitasnya benar-benar sesuai standar yang ditetapkan. Pembeli dipastikan gak bakal kecewa dengan kualitasnya.

Grade B. Item pada tingkat ini gak memiliki cacat fungsional utama dan gak akan menyebabkan cedera pada pemakainya. Biasanya minusnya ada di bagian tampilan atau kerapian pengerjaan. Umumnya grade B shoe akan dijual dengan diskon.

Grade C. Item pada kategori ini bisa dibilang sebagai produk gagal, punya kecacatan fungsional maupun tampilan. Cukup bahaya kalau dipakai karena bisa bikin cedera pemakainya. Grade C shoe biasanya gak akan dijual dan langsung dimusnahkan oleh produsennya.

Itu tadi ciri masing-masing grade shoe. Sekarang udah tahu kan sepatu sneakers kamu termasuk kategori yang mana. Oke, saatnya lanjut ke trik memeriksa kualitas sepatu. Here we go!

Persiapan sebelum menginspeksi sepatu
Sebelum “mengeksekusi” setiap triknya, kamu butuh modal awal nih. Coba perhatikan baik-baik beberapa pertanyaan ini:• Apakah itemnya udah cocok, pasangannya udah sesuai (kanan dan kiri) ?

  • Apakah itemnya bersih ?
  • Apakah itemnya sudah sesuai spesifikasi ?
  • Apakah pengerjaan itemnya berkualitas tinggi ?
  • Apakah itemnya lecet atau rusak ?

Nah, semua pertanyaan itu harus kamu ingat baik-baik. Itu adalah persiapan awal sebelum memeriksa kualitas sepatu sneakers yang akan kamu beli. Udah siap ?

Periksa kemasan sepatu
Kedengarannya sepele ya ? Tapi sepatu berkualitas tinggi selalu dikemas secara sempurna. Jadi, periksalah apakah item udah sesuai dengan model di kotaknya. Hati-hati dengan kotak yang rusak atau kotor. Bisa jadi ada sesuatu yang salah dalam proses produksinya, termasuk pabrik yang “kurang beres”.

Selanjutnya, periksa apakah ukuran kotak dan itemnya sesuai. Kalau kotak terlalu kecil, maka akan merusak produk. Ketidaksesuaian ukuran sepatu sneakers dengan kemasan mengindikasikan bahwa kualitasnya kurang bagus. Terakhir, lihat informasi pada label dan hang tag, sudah sesuaikah dengan warna, model, dan ukurannya ? Next.

Periksa bagian luarnya
Next step, kamu harus memastikan bahwa kedua item cukup identik. Mulai dari bagian luar, pastikan sebelah kanan dan kiri ukurannya benar-benar “identik”. Caranya, pegang masing-masing bagian dengan kedua tangan, lalu tempelkan kedua alasnya. Apakah ukurannya benar-benar identik?

Kemudian pastikan kedua bagian warnanya sama. Periksa juga masalah jahitan dan pengerjaannya. Sepatu sneakers berkualitas tinggi pasti tampilannya kelihatan rapi. Kalau ada tambahan lem, pastikan gak melebihi batas “over gluing” yaitu 2 mm. Kalau lebih dari itu, artinya kurang bagus.

Satu lagi, coba lihat bagian tumitnya. Sepatu yang bagus haruslah dibuat dengan outsole yang sama. Kalau kedua outsole bagian tumit udah lurus, itu artinya kualitasnya oke. Misal kedua outsole tingginya beda, kebayang dong gimana rasanya pas dipakai? Ayo coba periksa sneakersmu!

Lanjut ke bagian dalamnya
Setelah itu, masuk ke bagian dalam shoe. Periksa apakah ada kerutan atau benjolan di bagian dalam. Pastikan produk benar-benar nyaman pas dipakai nanti. Jangan cuma tampilannya, kenyamanannya juga diperiksa dong. Alas kaki juga harus rata dan gak menimbulkan rasa sakit waktu dipakai.

Tali sepatu pun perlu diperiksa. Ukurannya harus pas, gak terlalu panjang dan gak terlalu pendek. Terakhir, cek apakah masalah yang kamu lihat adalah kesalahan teknis atau masalah sistematis yang memang sengaja diaplikasikan di setiap item.

Bagi para pengrajin, masalah kualitas ini vital banget. Setiap produk perlu dijaga kualitasnya biar pelanggan gak pada kabur. Bagi para pembeli, menemukan sepatu yang pas akan bikin hati puas. Di mana ya tempat beli sepatu sneakers yang gak abal-abal ?

Online marketplace di Indonesia untuk sepatu sneakers yang dijamin asli
Banyak banget online marketplace saat ini. Barang yang dijual pun ada macam-macam jenis dan mereknya. Mulai dari lokal hingga Internasional. Buat kamu pecinta produk dalam negeri, ada satu online marketplace yang recommended banget buat dikunjungi. Apa itu? Qlapa.com!

Di sini, kamu bisa beli berbagai produk hasil kreasi para pengrajin tanah air. Di marketplace ini, kamu gak akan ketipu sama produk abal-abal. Semua produknya dijamin original buatan anak bangsa. Belanja jadi tenang, aman, dan nyaman.

Masalah harga, jelas sesuai dengan kantong. Karena, para produsennya adalah pengrajin lokal yang udah hafal kisaran harga dalam negeri. Mau baju, aksesori, hiasan rumah, atau tertarik beli sepatu sneakers alsi Indonesia? Gampang, tinggal klik aja Qlapa.com.