Pilih Laman

Serunya PesonaRamadan2018 dalam Semarak Pasar Malam di Alun Alun Karanganyar Kebumen

Saat itu saya sedang berada di tempat jualan seorang teman. Dari kejauhan, terdengar teriakan anak anak remaja perempuan. Huaaaa huaaaaa……. Karena penasaran, saya pun mendatanginya. Saya kira apaaan, eh ternyata perahu kapal bajak laut yang sedang di ombang ambingkan kesana kemari yang penumpangnya para remaja perempuan. Mereka teriak teriak kegirangan karena saking ekstremnya. Mau coba ? Datang saja ke Alun alun Karanganyar Kebumen Jawa Tengah

Jadi, mereka itu antusias dan penasaran sekali dengan permainan ini. Karena yang mengantri banyak sekali. Ingin merasakan sensasi bagaimana di ombang ambingkan di atas kapal.

Sebenernya saya juga pengen sekali naik karena belum pernah. Tapi gak bawa temen, malu ah sendirian hehehehe. Naik kapal ini mungkin sama asiknya dengan naik jet coster di ancol hehehe, tapi bayarnya cuma 8 ribu, murah sekali pokonya. Lihat gambar

Wahana permainan kapal bajak laut. Dokpri

Ya, itulah keseruan pesona ramadan 2018 yang ada di tempat saya, alun alun Karanganyar Kota Kebumen. Acara pasar malam ini bukan hanya kali ini, tapi seringkali di adakan saat ada moment moment penting, seperti di bulan ramadhan dan tahun baru. Acaranya ramaaiiii sekali.

Karanganyar merupakan sebuah kecamatan, namun karena memiliki ruang publik yang cukup bagus dan tertata rapih seperti layaknya kota, banyak orang senang berkunjung kesini. Rumput tumputnya hijau dan terawat. Banyak pohon rindang untuk berteduh. Ada juga track jogging yang bisa di gunakan untuk olahraga. Di sekelilingnya banyak berdiri sekolah sekolah yang semakin menambah ramai alun alun ini. Tidak heran jika banyak berdiri tenda tenda pedagang disini.

Nah, di bulan ramadhan 2018 ini, di adakan wisata ramadhan berupa pasar malam yang buka selama ramadhan. Mulai sekitar jam 3 sore sampai selesai. Penasaran dengan wisata ini, yuk lanjut baca.

Selain perahu kapal bajak laut, ada juga ombak laut. Jadi di ombak laut ini, kita akan di ombang ambingkan dalam sebuah lingkaran berbentuk kerucut. Untuk menggerakan permainan ini, yaitu menggunakan tenaga manusia, bukan tenaga mesin. Karena kalau pakai tenaga mesin jadi tidak seru.

Soalnya nanti saat abang abangnya mulai memutar permainan ini, mereka akan melakukan gerakan meliuk liuk indah berlari dan berlompat, dan jadi hiburan terse bagi penontonnya. Di tambah musik dangdut dan lampu kelap kelipnya, permainan pun jadi semakin seru.

Wahana permainan ombak laut. Dokpri

Untuk permainan anak anak, jumlahnya paling banyak. Yang paling di minati yaitu memancing ikan Mas dalam sebuah kolam kecil. Ikan yang di pancing itu ikan beneran lho ! Karena warnanya kuning emas dan kecil kecil, anak anak pun pada suka. Ada hadiahnya juga kayaknya kalo kita dapat dalam jumlah tertentu.

Wahana permainan mancing ikan Emas. Dokpri

Wahana permainan anak lainya yaitu ada kandang burung atau gondola yang berputar putar seperti kincir angin. Selain itu ada odong odong juga.

Kemudian ada mobil mobilan listrik dengan sewa 5 ribu rupiah untuk beberapa menit. Lalu ada perosotan dalam sebuah istana balon.

Masih ada lagi. Yaitu kereta kereta-an, balon busa, mobil jeep mini, perahu perahuan atau otok otok, kelopang, dan banyak lagi yang lainya.

Wahana permainan kincir angin. Dokpri

Seorang anak sedanng naik mobil mobilan mini. Dokpri

Ada saatnya seorang Ayah berlaga seperti anak anak lagi :D. Dokpri

Anak anak sedang membeli balon busa. Dokpri

Perahu otok tok dari kaleng. Mengingatkan ku pada masa kecil dulu. Dokpri

Kepompong atau kelopang. Dokpri

Seorang anak sedang bermain mobil jeep kecil. Dokpri

Permainan lainya yaitu ada trampoline, yaitu permainan lompat lompat dalam sebuah matras lentur. Sepertinya seru banget. Tapi kayaknya cuma untuk anak anak saja yang tubuhnya kecil, buat orang dewasa gak boleh, takut jebol hehehe. Kemudian ada juga mancing ikan mainan, odong odong, dan mainan pasir.

Mobil mobilan dan pancingan. Dokpri

Anak anak sedang bermain lompat lompatan di trampolin. Dokpri

Untuk souvenirnya, ada aksesoris seperti kalung, gelang, kacamata, boneka barbie, dan lain sebagainya. Ah pokonya banyak banget dah, seru seru semua.

Gelang yang di jual di pasar malam. Dokpri

Boneka barbie. Dokpri

Oiya, sebenernya ada 1 permainan ekstrim. Yaitu tong stand. Jadi di dalam tongnya, ada seorang pemotor yang berputar putar dalam sebuah tong berbentuk kerucut. Nantinya jika ada penonton yang ngasih (nyawer) uang, pemotor tersebut akan mengambilnya sambil menaiki motor.

Dan ini jadi hiburan seru tersendiri buat para pengunjung. Dan kadang ada pemotor perempuanya pula. Namun sayang, karena pengunjungnya belum banyak di karenakan belum pada mudik, atraksi ini pun belum bisa dimulai. Mungkin besok pas acara puncaknya.

Tong Stand. Dokpri

Untuk kulinernya juga tak kalah seru. Kalo di tempat saya, umumnya yang banyak dijual itu martabak. Pasti selalu ada martabak. Baik martabak manis ataupun martabak asin ( martabak telor ). 

Martabak maknyuss tenan. Dokpri

Kue donat yang sepertinya sangat lezat. Dokpri

Kue bertabur wijen. Wah enak sekali. Dokpri

Pisang goreng crispy. Rasanya enak dan beda dari pisang goreng biasa. Dokpri

Lalu ada enggeng atau gembus yang merupakan makanan khas kota saya Kebumen. Makanan ini sudah khas sekali. Di ikat di tali dari bambu mirip kalung. Bentuk enggeng itu sendiri seperti angka 8. Nikmat sekali di makan saat masih panas. Di cocol saos sambal makin nikmat pokonya.

Enggeng atau gembus. Makanan khas kota Kebumen. Dokpri

Makanan lainya ada es doger, jagung bakar, mie ayam, seblak, cilok, batagor, harum manis, angkringan juga ada, cimol, siomay, dan yang tak ketinggalan yaitu kolak dan es buah yang merupakan jajanana khas buka puasa.

Jadi, setiap kali musim ramadhan, mendadak para warga sekitar berdagang makanan khas buka puasa, kayak kolak, goreng gorengan, sama es buah tadi. Baju baju atau kaos, perabotan rumah tangga, disini juga banyak sekali dijual. Ah pokonya pesona ramadan 2018 ditempatku sekarang benar benar seruuuuu sekali. Penasaran ? datang saja ke Karanganyar Kebumen Jawa Tengah.

Dan puncaknya besok pada malam lebaran sama libur lebaran. Karena semua orang sudah pada mudik. Pasti rame banget kayak dulu. Saya juga sudah berencana untuk berkunjung bareng teman teman. Di tambah serunya kembang api, makin mantap pokonya. Habis itu takbiran di masjid. Dan keesokan harinya sholat ied.

Pakaian pakaian pun banyak di jual disini. Dokpri

Untuk fasilitasnya, disini ada Masjid besar dan beberapa café. Ada puskesmas, swalayan, minimarket, ATM banyak disini, dan pasar Karanganyar. Parkiran motor pun di sediakan. Bayarnya 2 ribu untuk sepeda motor. Lokasi pasar malam ini juga dekat dari jalan raya, yaitu dari pasar Karanganyar jalan terus ke arah timur sekitar 500 meter.

Untuk penginapan, disini ada Hotel Aman yang lokasinya berada di sebelah barat pasar Karanganyar. Atau hotel Candisari yang lokasinya juga tak jauh dari sini, dan merupakan hotel ternama di Kabupaten Kebumen.

Hotel Aman sebagai tempat menginap. Dokpri

Hotel Candisari sebagai tempat menginap. Dokpri

Puskesmas. Dokpri

Minimarket. Dokpri

Masjid. Dokpri

ATM. Dokpri

Untuk akesnya, jalannya pun mudah di lalui karena sudah di aspal semua, asal tidak macet saja. Baik kendaraan roda 4 sampai bus pun bisa masuk ke sini dengan mudah. Intinya, akses menuju kesini sangat mudah.

Nah, itulah PesonaRamadan2018 di kota saya Kebumen. Acara berlangsung selama ramadhan. Bagi yang ingin datang, masih buka sampai libur lebaran. Oiya, Untuk tau selengkapnya seperti apa pasar malam ini, saya sudah membuatkan video khusus untuk Anda, silahkan di tonton.