Pilih Laman

Berprofesi sebagai seorang blogger yang nyambi jualan online, disini saya ingin sekali share sedikit ilmu tentang bagaimana sih jualan online itu ? apa langkah langkah yang musti di lakukan sebelum jualan online. Susah gak ? Bagaimana caranya agar produk kita bisa dilihat banyak orang kemudian banyak yang beli.

Oke, saya ini gak jago jago amat jualan online. Tapi saya juga sedikit banyak tahu bagaimana berjualan online. Karena saat menulis artikel ini pun, banyak pelanggan saya yang menanyakan barang dagangan online saya. Tanpa panjang lebar, berikut tips memulai jualan online untuk pemula berdasarkan pengalaman pribadi.

1. Pilih produk yang unik dan buat blognya
Jadi awal mulanya, saya ini memiliki sebuah hobi handicraft yaitu mainan anak anak yang terbuat dari bambu. Dari kecil saya suka sekali dengan mainan yang satu ini, hingga dewasa pun saya masih menyukainya. Dan karena saya juga seorang blogger, saya pun membuat tulisan tentang cara membuat mainan ini, yang ternyata di internet belum ada. Aliasnya artikel saya ini sangatlah unik.

Saya pun sempet mencari cari info seputar mainan ini di google, apakah ada atau tidak artikel seperti punya saya. Dan ternyata yang ada kebanyakan hanya artikel sederhana dan kurang maksimal.

Fokus disini yaitu selain mempromosikanya lewat blog, yaitu produk yang di jual kalo bisa harus unik dan di cari banyak orang.

Dalam waktu sekejap, artikel saya yang baca ribuan, waow. Bukan hanya 1 artikel, tapi artikel artikel sejenis pun banyak saya buat, dan seketika blog saya sangat ramai pengunjung.

Dan pada akhirnya, saya pun membuat blog khsusus yang hanya focus pada 1 tema, yaitu mainan handicraft saya. Dari blog tersebut, saya memasang social media produknya, sehingga mereka yang baca pun bisa liat liat koleksi foto foto produk saya di sosmed.

2. Mulai berjualan lewat sosmed facebook
Jadi pas 2016 lalu, saya sudah banyak sekali menjual mainan saya. Kebanyakan mereka tahu infonya dari facebook. Secara, sosmed paling popular dan paling banyak di gunakan semua kalangan yaitu facebook. Facebook yang saya gunakan untuk berjualan yaitu facebook personal dan juga fanspage.

Untuk facebook personal, pada foto profilnya saya menggunakan foto produk saya, sementara backgroundnya pun berisi banner yang berisi pesan penjualan. Responya pun bagus, karena saya banyak menerima pertemanan dari orang orang yang sehobi dengan saya.

Untuk fanspagenya, saya pun melakukan hal yang sama. Pada foto profilnya, saya menggunakan foto yang sangat menarik, yaitu foto mainan saya yang paling unik dan paling bagus modelnya. Sehingga pas ada orang melihat foto tersebut, mereka akan mengklik dan membuka facebook saya. Sementara untuk background fanspagenya, saya juga menggunakan banner yang berisi pesan penjualan dan sama dengan banner yang ada di facebook personal saya.

Fungsi fanspage disini sangat penting untuk menangkap prospek potensial dari seluruh pengguna internet. Karena mereka yang like, adalah mereka yang suka dengan produk saya, sehingga jika saya update produk terbaru, mereka semua akan mengetahuinya. Untuk saat ini, fansapage saya sudah ada sekitar 1400 like, dan hamper semuanya itu suka dengan produk saya.

Selain facebook, saya juga menggunakan twitter, namun responya lebih terasa saat menggunakan facebook karena twitter kurang popular.

3.Promosi lewat youtube
Ya, selain ngeblog, saya juga punya akun youtube. Jika di artikel blog ada artikel cara membuat mainan saya dalam bentuk tulisan, maka di youtube ada dalam bentuk videonya. Dan tanpa saya sadari, ternyata yang nonton banyak sampe ribuan. Itu karena video tersebut di buat oleh ahlinya. Dan tentunya belajar lewat video lebih mudah ketimbang lewat artikel, iya enggak. Efeknya, mainan saya pun semakin banyak peminatnya.

4.Promosi lewat web landing page
Jadi gini, selain berjualan produk fisiknya, saya juga berjualan ebook produknya. Cara berjualanya yaitu lewat web landing page, yaitu website yang berisi sales letter atau kalimat penjualan yang memikat. Dan website landing page ini bisa bekerja otomatis melayani pembeli sampai melakukan penjualan.

Jika ada pembeli yang ingin membeli ebook saya, calon pembeli akan melakukan transaksi sampai muncul nomor rekening. Jika sudah transfer, munculah notifikasi di halaman admin website saya karena ebook saya ada yang beli, dan tugas saya hanya mengaktifkan keanggotanya agar pembeli bisa mendownload ebooknya.

Untuk poin nomor 4 ini, karena lewat website, selain menggunakan domain sendiri, juga harus meggunakan hosting sebagai tempat memajang produk. Dan untuk rekomendasi hosting, saya merekomendasikan niagahoster karena merupakan Layanan Web Hosting Indonesia IIX yang murah, cepat dan berkualitas

Untuk membuat website seperti ini, kalau menurut saya, menggunakan CMS wordpress lebih mudah ketimbang CMS lain, pluginya pun banyak. Blog ini pun menggunakan hosting pribadi yang saya sewa setiap tahunya.

Sementara untuk hostingnya, bisa menggunakan wordpress hosting dari niagahoster karena selain murah, cepat, dan berkualitas, wordpress hosting dari niagahoster juga memiliki bantuan teknis terbaik di Indonesia yang dipercaya oleh ribuan Developer dan dengan harga termurah di kelasnya.