Pilih Laman

Berbagai Keuntungan yang Saya Dapat dari Belajar Edit Video

Karena konten video, saya bisa menang kuis dengan mudah

Karena konten video, jualan onlineku jadi laris (yang ini sumpah keren banget)

Karena konten video, saya jadi bisa dapet juara 1 lomba blog

Karena konten video, saya bisa ngevlog mengabadikan moment istimewa di kampung halamanku

Memiliki kemampuan editing video merupakan dambaan banyak orang. Karena edit video itu lebih sulit ketimbang edit gambar. Dan pastinya membutuhkan lebih banyak pengorbanan, seperti harus meliput, memiliki spek komputer yang lumayan, dll. Tapi ya itu, konten video lebih menarik ketimbang konten gambar atau konten tulisan. Karena pesan yang di sampaikan lewat video lebih jelas dan lebih mudah di pahami, iya enggak ?

Misalnya saja nih ya saat orang sedang belajar membuat seblak, mereka pasti lebih terbantu dengan konten dalam bentuk video ketimbang konten dalam bentuk tulisan. Karena itu tadi, konten atau tutorial lewat video lebih jelas dan lebih mudah di pahami langkah demi langkahnya. Nah, karena konten video pula, saya pun bisa meraup berbagai keuntungan, di antaranya sebagai berikut.

Konten video tutorial lebih mudah di pahami ketimbang tulisan atau gambar 

1] Bisa menang kuis dengan mudah

Waktu itu saya iseng pengin ikut kuis di twitter dari sebuah brand kopi. Biasanya kalau kuis di twitter itu pesertanya ada banyak sekali sampe 300 an lebih, kadang sampe 600 an. Namun karena pertanyaan dan cara jawabnya cukup mudah, kebanyakan dari mereka cara menjawabnya sederhana saja, rata rata hanya dengan tulisan saja. Paling kreatif biasanya pake edit gambar atau animasi sederhana. Dan yang menjawab dengan video jarang, makanya ada nilai lebihnya.

Pada kuis yang di adakan brand kopi tersebut, jenis pertanyaannya yaitu melengkapi puzzle. Dan saya pun punya ide “bagaimana jika saya jawabnya pake video, pasti kesempatan menangnya besar” pikir saya dalam hati. Tanpa pikir panjang, saya pun mengikutinya. Software edit video yang saya pakai yaitu Adobe After Effects CS6.

Karena saya bisa menggunakan software ini, sayapun menjawabnya dengan animasi video. Dan tanpa saya sangka, saya menang kuis dengan urutan nomor 1 huhuhu. Dan kalo saya lihat, ternyata jawaban paling kreatif itu miliki saya karena pake video.

Ilustrasi menang kuis. Amir Mahmud

Setelah tau begini, saya pun jadi senang ikut kuis. Selang beberapa waktu, saya pun mengikuti kuis lagi. Saya paling suka kuis puzzle karena cocok banget di jawab dengan video. Pada kesempatan berikutnya saya ikut kuis dari sebuah ecommerce dan mesin pompa air. Pertanyaan mudah, yang ikut pun banyak banget.

Dan lagi lagi yang jawab pake video itu jarang. “Wah kesempatan besar nih”. Kemudian saya pun membuat video animasinya lalu saya ikutkan kuis. Dan emang benar, saya masuk jadi salah satu juara di urutan pertama pada 2 kuis tersebut huhuhu. Waktu itu saya dapat voucher 100 ribu dan kaos, lumayan banget pokonya.

Karena masih penasaran, saya pun ikut kuis lagi, kali ini dari dumet school, dan pertanyaanya merangkai puzzle juga. Kemudian saya jawab pake video yang saya buat di after effects. Dan setelah pengumuman, lagi lagi saya menang di urutan pertama dan dapat voucher pulsa 50 ribu huhuhu. Dalam waktu sebentar saja, saya bisa menang kuis 4 kali. Dan ternyata Belajar Edit Video itu penting, penting pake banget.

Saya menang lomba blog dumetschool

2] Menang lomba blog karena ada content videonya

Nah, kali ini dalam sebuah event lomba blog. Waktu itu ada lomba blog dari sebuah fintech atau financial tekhnologi. Biasanya sebelum mengikuti lomba, saya riset dulu. Ada peserta yang pake video gak ? kalo gak ada berarti punyaku harus ada. Dan saya pun bikin artikel nya dan juga videonya di after effects. Dan setelah pengumuman, saya keluar jadi juara 1 nya dapat hp keren huhuhu.

Walaupun artikel saya di menangkan karena mungkin kualitasnya lebih di banding peserta lain, tapi dengan adanya konten video didalamnya, saya berasumsi jika konten video bisa menambah poin penilaian. Senang sekali pokonya bisa juara 1. Dan saya pun jadi makin semangat belajar video editing.

Konten video yang membuat saya jadi juara 1

3] Jualan online jadi larisss

Ya, ini nih yang paling membuat saya senang. Karena apa ? karena jualan online saya laris manis tanjung kimpul, dagangan laris duit kumpul hehehe. Jadi, saya ini punya produk fisik yang cara pakainya agak njrimet. Sebenarnya cara pakainya sudah saya paparkan dalam sebuah artikel, namun ternyata masih banyak yang bingung mempraktekanya. Akhirnya saya membuatnya dalam sebuah video.

Videonya masih sederhana karena saya belum terlalu mahir menggunakan softwarenya. Saya bikinya sudah lama, kalo gak salah tahun 2015 kemaren. Saya bikin pake windows movie maker karena waktu itu belum kenal after effects. Dan setelah saya membuatnya kemudian saya upload di youtube, yang liat banyaaakkk banget karena produk saya unik dan jarang pesaingnya.

Resi jualan onlineku

Calon pembeli yang ingin beli barang dagangan saya

Dari video tersebut, orderan pun berdatangan, bahkan saya sampai kehabisan. Banyak dari para customer saya menanyakanya lewat chat di facebook dan WA karena ingin beli. Saat barang sedang ready, saya pun mengirimkanya, tapi kalo lagi kosong ya saya pending dulu sampe barang ada.

Hingga saat ini, saya saya sudah menjual banyak produk kreatif buatan saya sendiri. Rencana kedepan, saya akan membuatnya dengan software edit video after effects agar bisa mendapatkan video yang lebih bagus.

Di video after effects nanti, saya bisa mengedit video dengan cara yang lebih baik. Saya bisa menambahkan opening video dengan konten grafis. Membuat efek terbang, efek pembesaran dengan magnify, membuat efek menghilang, dan efek efek lainya seperti yang kalian liat di tv tv itu lho, keren banget kan ?

4] Bisa mendokumentasikan acara desa

Beberapa waktu yang lalu, di tempat saya ada pawai ta’aruf dalam rangkan ulang tahun masjid. Moment tersebut adalah moment yang sangat istimewa dan sayang jika tidak di dokumentasikan. Banyak juga yang mengabadikanya dalam bentuk foto atau video, namun kebanyakan mereka hanya menyimpanya di smartphone masing masing. Sedangkan teman teman saya ingin melihat dokumentasinya dalam bentuk video sebagai kenang kenangan di masa depan nanti.

Nah, karena saya bisa ngedit video, saya pun membuatnya dan saya upload di youtube. Saya ngeditnya di after effects. Karena masih amatiran dan belum banyak belajar, hasilnya editanya masih ala kadarnya. Tapi untung saja saja saya bisa edit video, kalau enggak kan saya gak bisa upload ke youtube memenuhi keinginan teman teman saya.

Software Adobe After Effetcs CS6 yang saya pakai untuk edit video acara desa

Btw dari tadi ko ngomonging after effets ya ? memangnya seperti apa sih belajar after effets itu ? sulit nggak ? ceritain dong !

Jadi, saya sudah belajar after effets sejak januari 2017 sampai sekitar april 2018. Saya belajarnya otodidak atau belajar sendiri dari tutorial di youtube. Awalnya saya menggunakan after effects CS3. Namun karena tutorial youtube yang saya pelajari menggunakan seri CS6, akhirnya saya pakai yang CS6.

Yang namanya belajar mandiri atau otodidak itu banyak sekali melakukan kesalahan karena harus berpikir sendiri. Awalnya saya bingung seperti apa sih konsep dari after effets ini. Dan setelah saya pelajari, ternyata main di after effets itu modelnya ada layernya seperti di photoshop. Di setiap layer, kita bisa kasih animasi seperti berputar, membesar, menghilang, dan banyak lagi yang lainya. Bingung sekali bagi yang baru pertama kali belajar otodidak.

GESER >>> Foto saat saya sedang belajar Adobe After Effetcs CS3 2017 lalu

Kalo boleh saya sarankan, mendingan kursus saja. Karena kalau ada pengajarnya, kita bisa lebih mudah memahami. Percaya deh sama saya. Kita akan di beritahu seperti apa konsep atau dasar dasar penggunaan software ini, sehingga bisa lebih paham dengan cepat.

Saya yang belajar otodidak, baru paham konsep atau cara kerjanya setelah agak lama. Dan pusiiing banget, tapi kalau ada pengajarnya seperti di dumet school, belajar edit video ini pasti jadi lebih mudah.

Kalau kita belajar di temani seorang guru, kita akan di arahkan mulai dari yang termudah dulu. Mana yang musti di pelajari dulu, dan mana yang belakangan. Dan pastinya dumet school sudah menyiapkan konsep pembelajaran yang sudah tertata dengan apik dan rapi. Sedikit konsep atau cara kerja after effects akan saya jelaskan pada video berikut ini :

GESER >>> Foto sedang belajar di dumetschool 

Bagaimana, paham gak ? kalau belum paham bisa langsung ke dumetschool saja biar belajar motion graphic jadi lebih mudah. Selain motion graphic, after effects juga bisa di gunakan untuk membuat efek menghilang seperti diatas saya katakan, berikut video efek menghilang buatan saya  ——————————————–>

Motivasi saya belajar after effets yaitu agar saya bukan hanya bisa menulis saja, tapi edit video juga. Karena sekarang ngeblog itu bukan hanya tentang menulis, tapi kemampuan grafis, membuat komik, dan juga level yang lebih tinggi yaitu edit video.

Saya belajar edit video ini di buat konsisten dari Januari 2017 sampai April 2018 dengan jadwal 1 jam sehari, atau paling enggak kalau lagi malas 1 jam seminggu. Yang penting terus belajar dan jangan putus putus. Karena kalau putus jadi tidak maksimal. Dan di bawaah ini adalah karya motion grafis yang saya buat dengan sofware yang sama.

Gambar efek bola menghilang yang saya buat dengan After Effetcs CS6

Dan kenapa saya sarankan untuk belajar edit video after effects di dumetschool ?

Karena DUMET School adalah tempat Kursus Video Editing, Website, Digital Marketing, dan Desain Grafis, yang berlokasi di Jakarta dan Depok, yang hingga saat ini telah meluluskan lebih dari 8000 + siswa dari berbagai latar belakang, mulai dari pelajar sekolah, mahasiswa, karyawan, guru, dosen, pebisnis, freelancer, professional, dll. Dengan jumlah murid yang semakin bertambah, membuktikan bahwa apa yang di berikan DUMET School benar benar bermanfaat bagi masyarakat.

Mereka yang kursus bukan hanya dari daerah sekitar lokasi saja, tapi dari berbagai daerah lain di Indonesia, misalnya seperti dari Papua. Ada juga yang sengaja jauh jauh dari Malaysia hanya untuk belajar di DUMET School, dan murid tersebut puas setelah belajar di DUMET School.

Bukan hanya itu, banyak juga mahasiswa yang kuliah di luar negeri, memilih DUMET School sebagai tempat menimba ilmu. Seperti dari HAN University Belanda, INTI College Malaysia, Oklahoma State University USA, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, ada anak SD yang puas kursus di sini, mereka yaitu Peter Gospel Ho – murid SD Springfield International School dan Carissa Athaillah – Siswi SD Azhari Islamic School. Dan berikut testimoninya.

Hari pertama saya, saya jadi mengerti materi HTML+CSS dan sudah memiliki hasil karya. Saya jadi bisa mengerti membuat website sendiri. Among Jingga

Warga Negara Malaysia

I talked with the Instructor, asked questions to the Instructor. After that I agree to learn in DUMET School. My first impression when I first step in DUMET School was very nervous. But, when the days gone I’m happy and also that I already know that the Instructor is very kind. Peter Gospel Ho

Murid SD Springfield International School

Saya masih kelas 5 SD sekolah SD Azhari Islamic School. Saya sangat tertarik untuk bisa desain grafis dan saya memilih DUMET School sebagai tempat kursus saya. Carissa Athaillah

Siswi SD Azhari Islamic School

Sedangkan testimoni lainya ada pada video di bawah ini :

Dan kenapa mereka memilih DUMET School ?

1] karena waktunya fleksibel, sehingga bebas memilih jam kursus, entah itu pagi, siang, sore, ataupun malam hari
2] Bisa langsung belajar walau hanya 1 murid
3] Periode kursus sampai bisa
4] Setelah lulus pun tetap di support seumur hidup
5] Metode pelajarannya mudah dipahami, dan ruangan yang nyaman
6] Di mentori oleh tenaga ahli yang berpengalaman di bidangnya, ramah pula

Oiya, DUMET School juga sering banget ngadain promo, misalnya seperti di moment hari kemerdekaan ini nih, DUMET School memberikan diskon menarik sampai dengan 25% dan masih di tambah 730 ribu huhuhu. Lihat banner di bawah.

Dan yang tak kalah keren adalah, ada coba kelas gratisnya, dan bayarnya bisa di cicil hehehehe, kurang baik apa coba ? Kesimpulanya, belajar edit video itu sangat penting, karena konten video lebih di sukai ketimbang konten non video.

Gak heran deh jika profesi youtuber semakin bertambah saja. Karena ada banyak sekali peluang yang bisa kita dapat dari keahlian edit video. Di antaranya seperti yang saya lakukan di atas.

Dan karena belajar edit video secara otodidak itu lebih sulit, saya merekomendasikan DUMET School saja karena Anda bisa belajar edit video dengan lebih mudah dari pengajar pengajar yang terlatih dan berpengalaman di bidangnya. Terimakasih 😀

Ikuti juga media sosial Dumet School untuk update info terbaru darinya pada tombol icon di bawah ini