Pilih Laman

Dari A – Z untuk Alasan Kenapa Harus Ganti ke Laptop ASUS Vivo Book Flip 14 TP410UR

Sejak pertengahan 2014 lalu, adalah  pertama kalinya saya memiliki laptop Asus. Laptop tersebut saya dapat dari tabungan hasil kerja. Laptopnya kecil berwarna biru dengan layar 11 inch. Saya sangat suka laptop tersebut karena merknya asus dan mesinya bandel.

Akan tetapi di pertengahan tahun 2016, laptop tersebut saya jual karena saya mendapatkan gantinya dari menang lomba, warnanya hitam, yang tak lain adalah yang saya pakai ini. Kemudian saya juga mendapatkannya 1 lagi dengan warna merah, juga dari menang lomba blog.

Laptopku yang sekarang ini sudah banyak sekali menghasilkan tulisan dan juga sudah menghidupiku selama 3 tahun berjalan ini. Ada banyak suka dan duka bersamanya. Merknya ASUS X302 LA.

Di laptop ini, terdapat beberapa software seperti adobe photoshop, after effects, office sudah pasti, dan beberapa software lanya yang saya gunakan untuk membuat konten kreatif. Saya sangat sayang sekali dengan laptopku ini, tapi di balik itu, saya juga ingin ganti laptop, dengan alasan sebagai berikut.

Asus X302LA miliku. Dokpri

Jadi ceritanya nih ya, beberapa bulan yang lalu saya mendokumentasikan sebuah acara pawai di desa saya. Karena sangat sayang sekali jika tidak di dokumentasikan (dalam bentuk video), saya yang bisa edit video biarpun masih amatiran, pun melakukanya, agar acara tersebut bisa di abadikan.

Kemudian setelah peliputan selesai, saya pun mengeditnya di laptop saya. Tapi yang jadi masalah adalah karena laptop saya sering ngelag vrooh. Karena pasti, pasti, kalau lagi mempreview video, butuh waktu yang lumayan lama. Dan buat ngerender juga lamaaa banget. Kemaren saya merender video 8 menit saja sampe 2 jam an. Bahkan saya pernah ngerender video berdurasi 20 menit, saya tinggal tidur sampe pagi dari sekitar jam 9 malam.

Untuk video pawai tadi, mempreviewnya juga lama dan bikin bosan menunggu. Karena saking keselnya, saya tak bisa melihat previewnya secara keseluruhan dengan baik. Dan akhirnya, secara terpaksa, video tersebut pun saya render walaupun entah hasilnya seperti apa.

Karena tak melihat previewnya dengan baik, hasilnya pun kayak gitu deh. Banyak adegan kurang penting yang masuk dalam video. Alhasil, videonya jadi kurang bagus. Jadi malu karena warga saya banyak yang nonton huhuhu.

Bukan hanya itu, saat sedang mempreview, seringkali software yang saya gunakan berkedip kedip, kursor pun kadang macet dan berubah jadi lingkaran, serta muncul peringatan not responding. Parahnya lagi, laptop saya kalau di pake buat buka 2 software sekaligus (adobe photoshop dan after effects) not respondingnya tambah kebangetan. Terus jika di tambah browsing, kadang malah macet hiks hiks.

Seringkali saya berangan angan “seandainyaaaaa saja punya laptop yang performanya bagus, pasti ngedit video jadi lebih lancar, ngedit gambar pun jadi lebih lancar pula, dan ngeblog pun juga lancar”.

Ya iya lah, lha wong kalo sudah not responding begini, browser kadang kadang ikut ikutan ngelag dan kadang macet macet, bikin keseellll banget pokonya. Dan ini di karenakan performa laptop saya yang kurang bagus, terutama buat mengedit video dan mendesain.

 

Laptopku saat ngelag dan kursor berubah jadi lingkaran. Dokpri

Video pawaiku yang banyak adegan gak pentingya. Video pribadi

Pertengahan 2017 yang lalu, saya melakukan perjalanan jauh selama 1 hari 2 malam sebuah acara. Dan saya juga membawa laptop saya yang berat dan tebal itu. Ada banyak barang bawaan yang saya bawa selain laptop. Seperti baju ganti, makanan, alat mandi, hp, dan banyak lagi yang lainya.

Membawa barang bawaan dalam jumlah banyak dan berat tentunya repot sekali. Bukan hanya itu, akhir akhir ini saya sering banget kerja di luar karena internet di tempat saya sering lelet. Dan otomatis saya harus membawa laptop saya keluar. Dan berat Men. Oh seandainya laptop ku ini ringan dan tipis, pasti gak gini gini amat jadinya.

Saya ini bukan agen rahasia, tapi saya punya data data yang sangatlah berharga. Karena disitu saya banyak menyimpan foto foto kenangan, file file hasil kerja keras saya bertahun tahun, video video tutorial pembelajaran yang jumlahnya banyak, dan banyak sekali data rahasia lainya.

Namun permasalahanya adalah, karena laptop saya tidak memiliki fitur keamanan super kuat seperti sensor fingerprint yang bisa melindungi laptop dengan sidik jari. Kalo cuma password mungkin bisa kedetect. Tapi jika dengan fitur keamanan seperti ini, data dalam sebuah laptop akan sangat aman, karena yang bisa buka hanya yang punya laptop saja, secara sidik jari setiap orang kan beda beda.

Yang saya khawatirkan adalah jika ada orang (missal keponakan yang meminjam karena lagi belajar main laptop), kemudian data data di lihat, di pindah pindah, dan lebih parahnya jika di hapus, hiks hiks nangis deh se ember.

Backlight adalah fitur cahaya yang terdapat pada keyboard. Saat mati lampu, saya pasti menyalakan senter biar bisa liat huruf keyboardnya. Untung saja saya punya tripod untuk memasang senter, kalo enggak, pasti pekerjaan jadi terganggu. Dan selain itu, masih banyak lagi permasalahan lainya yang membuat saya harus ganti laptop di tahun 2018 ini.

Kondisi saat mati lampu, keyboard gelap. Dokpri

Nah, berkaitan dengan hal ini, ternyata ASUS mengelurakan produk terbarunya bernama ASUS VivoBook Flip 14 TP410UR yang bisa menjawab permasalahan saya diatas selama ini. Ada banyak alasan kenapa saya harus memiliki laptop yang satu ini, dari mulai A –Z. Untuk fitur unggulanya ada pada poin D, F, L, dan R. Dan berikut penjelasanya.

A : ASUS rajanya laptop
Siapa sih yang kenal ASUS. Saya yakin semua orang tau kalo laptop ya ASUS. Karena asus itu merk ternama yang sudah tidak di ragukan lagi kualitasnya. Untuk type Asus VivoBook Flip 14 TP410 ini saja, selama tahun 2018 telah mendapat 4 penghargaan sekaligus. Sementara penghargaan secara keseluruhan di tahun 2018 ada 28 penghargaan. Dan yang pasti, ASUS itu laptop yang bandel karena telah melewati uji tahan banting secara fisik, makanya nilai jualnya juga tinggi. Tidak heran jika banyak temen temen saya pake ASUS juga.

C : Cukup terjangkau harganya

Laptop dengan spesifikasi mumpuni yang akan saya jelaskan lebih rinci di bawah, hanya perlu merogoh kocek mulai Rp 6.899.000,-.

B : Baterai kuat
Berdasarkan pengujian yang di lakukan oleh Hendrik Gunawan di chanel youtube Trending Tek miliknya, Asus VivoBook 14 TP410UR ini memilik daya tahan sekitar 5 jam jika di pakai untuk browsing, mengetik, dan juga nonton video.

Oiya, laptop ini juga memiliki tekhnologi fast charging, dimana dalam 49 menit saja bisa mengisi 60%. Berarti gak sampe 2 jam bisa full dong yah.

D : Desain menawan dan bisa jadi 4 mode
Nah, ini nih yang paling unik dari laptop konvertibel ini. Laptop ini terbuat dari bahan alumunium yang kuat dan bisa di putar 360 derajat, serta bisa di jadikan 4 mode. Yaitu mode stand, powerfull laptop, mode tablet, and shared viewer. Lihat penampakanya di bawah ini 

Dengan mode ini, kalian bisa menunjukan hasil presentasi atau hasil kerja kalian. Dengan laptop yang bisa diputar kayak gini, Anda pun bisa terkesan lebih keren dan berwibawa.

Dengan mode seperti ini, kalian bisa main sosial media layaknya dengan tablet. Saat ada orang melihatnya, pasti mereka akan terkesima dengan Anda hehehe.

Dengan mode tablet seperti ini, Anda bisa memegang laptop layaknya sebuah tablet. Anda bisa main isntagram atau facebook, dan blogwalking dengan lebih seru.

Dan akhirnya, laptop Anda bisa di putar putar hingga kembali seperti ini

E : Engselnya telah teruji kuat
Gak usah kuatir walaupun laptop ini bisa di puter puter, karena engselnya yang terbuat dari logam presisi, telah teruji sebanyak 20 ribu kali putaran, kuat banget pokonya.

Engselnya teruji 20 ribu kali tekukan. Dok teknoreview.net

F : Fingerprint sensornya bikin aman
Walaupun bukan agen rahasia, tapi data data dalam laptop saya sangat lah berharga. Akan merasa sangat beruntung sekali jika saya punya laptop Asus Vivobook Flip 14 TP410 ini, karena pada touchpadnya terdapat finger print yang bisa di gunakan untuk login menggunakan sidik jari. Jadi akan sangat aman data data di laptop kita karena yang bisa login cuma kita seorang, udah gitu tinggel tempel pula, gak pake lama layaknye mengetikan password.

G : Grafis keren
Maksudnya yaitu laptop ini di bekali kartu grafis keren, yaitu NVIDIA® GeForce® 930MX yang memungkinkan untuk mengerjakan pekerjaan sehari hari dengan mudah. Menurut info yang saya baca di

http://www.magerbanget.com/2018/02/daftar-laptop-gaming-nvidia-gt930mx.html

kartu grafis type ini sangat mendukung untuk bermain game seperti PES dan GTA V, karena mampu menampilkan gambar berkualitas.
Selain itu juga sangat mendukung untuk editing video, seperti software Autodesk 3Ds Max dan juga adobe premiere. Bahkan menurut pengujian di https://www.youtube.com/watch?v=8W0YqGmwqJI grafis ini bagus untuk bermain game.

Untuk edit foto dengan photoshop CS6. Dok trending Tek Hendrik Gunawan

H : Hardisk besar
Asus VivoBook Flip 14 TP410UR memiliki hardisk mulai dari 500GB untuk seri terendah, dan ITB untuk versi tertinggi, sangat luas sekali untuk menyimpan berbagai macam file.

I : IPS Tekhnologinya sangat keren
Jadi, laptop ini di bekali tekhnologi bernama in-plane switching, dimana tekhnologi ini bisa membuat layar bisa di lihat dengan jelas dari sudut sampai 178 derajat, serta dapat menghemat daya pada perangkat terkait. Menurut Hendrik Gunawan yang sudah pernah memakainya, view angle nya juga bagus.

J : Jaminan garansi 2 tahun
Ya, kalo Anda beli laptop ini, jaminan garansinya 2 tahun, lama banget kan ? udah gitu service centernya tersebar di seluruh Indonesia.

K : Konektivitas nirkabel terbaru yang super cepat
Laptop ini memiliki Bluetooth 4.1 yang super cepat untuk mentransfer file, dan juga WiFi berdaya rendah terbaru, yaitu WiFi 802.11ac, dimana kecepatanya 6 kali lipat di banding seri sebelumnya.

L : Layar lebar 14 inchi full HD namun dalam balutan 13 inchi
Nah, ini penting banget nih ya, jadi laptop ini dibalut dalam bingkat 13 inchi, namun setelah di buka, ternyata layarnya 14 inchi. Wah gimana tuh, ko bisa gitu ? Ini di karenakan fitur nano edge bezel yang membuat laptop ini begitu minimalis, tapi memiliki layar yang besar.

M : Memiliki fitur asus splendid
Asus splendid adalah fitur dimana kita dapat mengubah tampilan warna di layar monitor sesuai keinginan kita. Misal untuk gambar matahari terbenam, langit biru, warna kulit, maka gambar akan terlihat begitu nyata dan hidup. Untuk game dan film juga demikian.

Tampilan nano edge pada Asus VivoBook Flip 14 TP410UR. Dok. teknoreview.net

N : Ngetik jadi semakin nyaman berkat keyboard lebar bertekhnologi backlight

Oiya, keyboard laptop ini, menurut Hendrik Gunawan nyaman dipakai, dan juga ada fitur backlightnya lho. Jadi keyboardnya itu bisa nyala dalam kegelapan, dan ada 3 level cahaya, sehingga tetep bisa ngeliat huruf di keyboardnya dalam kondisi gelap. Gak ada cerita “yah mati lampu”. Saya sering banget mengalami kejadiah kayak gitu, karena mati lampu, nulis pun kudu di senterin pake hp.

O : Oke banget buat ngedit video dan juga ngedit gambar

Menurut pengujian yang di lakukan Hendrik Gunawan, Asus VivoBook Flip 14 TP410UR ini kuat untuk menjalankan aplikasi photoshop atau illustrator, dan juga software edit video adobe premiere. Jadi yang mau beli laptop buat desain atau vlog, bisa pilih model ini.

Keyboard backlight yang bisa nyala dalam gelap. Dok. Teknoreview.net

P : Prosesor bertenaga
Laptop ini di bekali prosesor bertenaga, yaitu intel core i3 untuk seri terendahnya, dan intel core i7 untuk seri tertingginya. Sedangkan RAM nya yaitu 4GB untuk seri terendahnya, dan 8GB untuk seri tertingginya.

Untuk kartu grafisnya sudah saya jelaskan diatas yah. Kalo untuk di pake buat ngegame, sudah ada yang membuktikanya, yaitu cukup banter dan mampu menghasilkan kualitas grafis yang bagus. Sementara untuk menjalankan software juga oke, seperti di atas saya jelaskan.

Q : Quality is very good
Kualitas laptop Asus sudah tak perlu di ragukan lagi ya sob. Seperti yang saya lihat di web Asus, bahwa Asus berhasil mendapatkan rangking 1 untuk laptop gaming dengan market share sebesar 40%. Berarti laptop ini yang termasuk laptop gaming juga nomor 1 yah hehehe.

R : Ringan dan tipis
Beratnya cuma 1.6 kg, sementara tipisnya cuma 19.2 mm, dibawa bawa pergi pasti gak berat dong, tapi layarnya besar. Wah keren banget kan ? kecil tapi powerfull

Bobotnya ringan cuma 1.6 kg dan tipis cuma 1.92 mm. Dok. Trending Tek Hendrik Gunawan

S : Sonic masternya keren

Fitur sonic masternya akan membuat suara jadi lebih hidup dan jernih. Kalau untuk suara music yang ngebas juga akan lebih ngebas.

T : Touchscreen enak dan responsive, ukuranya pun cukup besar, ada pen nya juga

Iya, jadi laptop ini layar sentuh, dan menurut Hendrik Gunawan, layar sentuhnya cukup responsive dan enak di pakai, dan ada pen nya juga, tapi dijual terpisah. Wah berarti bisa bua ngegambar dong yah. Secara kan saya juga lagi belajar gambar karakter pake pen tablet.

Ada pen nya juga yang dijual terpisah.

Asus VivoBook Flip 14 TP410UR sudah Layar sentuh. Dok. Trending Tek Hendrik Gunawan

U : USB port yang cukup lengkap
Di bagian sisi kanan, ada port HDMI, USB 3.0, USB type C 3.1, dan audio jack. Sementara di sisi kiri ada 2 port USB 2.0, dan SD Card Reader. Dan tombol power serta volumenya ada di pinggir kiri. Lengkap bukan, ada USB C juga yang super cepat buat transfer file. FYI : USB type C adalah USB untuk transfer file kecepatan tinggi.

Port kiri. Dok. Trending Tek Hendrik Gunawan

Port kanan. Dok. Trending Tek Hendrik Gunawan

V : VivoBook Flip 14 TP410UR dari Asus ini ada kipasnya
Oiya, yang membuatnya makin keren adalah karena laptop ini ada kipas mirip radiator di bawah layarnya yang berfungsi sebagai pendinginan. Udah gitu kipasnya gede dan memanjang. Wah pasti adem terus tuh kalaupun dipakai seharian.

W : Web camera juga ada
Ada web cameranya di depan, jadi bisa buat video call

Ada kipasnya yang membuatnya dingin. Dok. teknoreview.net

X : X Men aja pake asus, masa kamu enggak hehehehe

Dok. dirga.net

Y : Yakin gak mau pake ASUS, tar nyesel loh
Dari semua keunggulan diatas, masih ragu sama Asus. Asus itu udah banyaaaak banget yang make, dan kamu mau beli merk lain, tar nyesel loh hehehe.

Z : Zamanya laptop flip
Pastinya, ngeblog atau aktifitas apapun yang menggunakan sebuah laptop, jika laptopnya keren, maka orangnya pun akan ikutan keren hehehe bisa jadi tuh. Karena laptop model biasa itu ya udah biasa liat. Coba missal kalian ke wifi corner atau ke coworking space, terus kalian pake laptop konvertibel yang bisa di puter puter kayak gini, pasti yang liat jadi terkesima deh hehehe.

Nah, dengan semua keunggulan diatas, hilang deh masalah saya dengan hadirnya Asus Vivobook Flip 14 TP410UR.

Terus, dari semua alasan diatas, apa yang bisa saya lakukan dengan laptop ini ?

1] Yang akan saya lakukan: Gak kuatir bawa laptop untuk kerja di luar ataupun riset lapangan

Paduan : Bobot 1.6kg dan baterai tahan sampai 5 jam + WiFi ultra cepat

Karena bobotnya yang ringan, saya tak kuatir membawa laptop ini. Misal kerja di WiFi corner, dibawa ke luar kota, ke kebun durian milik tetangga, dan kemanapun saya pergi, gak terlalu membebani pundak. Saat di masukan kedalam tas pun gak terlalu makan ruang. Udah gitu baterainya awet pula, dan ngecasnya pun gak pake lama. Di tambah WiFinya super kencang, browsing browsing, nonton youtube, pasti jadi lebih cepet.

2] Yang akan saya lakukan : Bikin konten kreatif sepuasnya

Paduan : Intel Core i3 + Nvidia GeForce 930MX + RAM 4GB HDD 500GB

Nah, saya ini seringkali mengedit video. Dan yang menjadi masalah adalah karena laptop saya suka not responding. Apalagi kalo dipake buat multitasking, semisal bikin video sambil bikin bikin infobgrafis, sambil browsing juga. Dengan laptop ASUS Vivobook Flip 14 TP 410UR ini, mengedit video pun jadi lebih lancar, multitasking pun jadi lancar, bikin infografis atau belajar bikin karakter komik pun jadi lebih lancar. Tak ada lagi kata not responding saat sedang bekerja dengan laptop ini.

3] Yang akan saya lakukan : Nonton film sepuasnya + main game

Paduan : Nvidia GeForce 930 MX + Layar 14 inci Full HD + Asus Sonic Master + Asus Splendid + 4 modenya

Saya ini sangat suka nonton film terutama film film super hero kayak marvel itu. Saya juga suka nonton film animasi lainya, misal alien vs predator, narnia, jumanji, dan lain sebagainya. Dengan Asus Vivobook Flip 14 TP410UR ini, menonton video pun jadi lebih mengasikan pastinya.

Oiya, saya juga pengin sekali main game biar gak bosen. Selain itu, dengan berbagai mode tampilanya, saya juga bisa nonton video dengan posisi laptop berdiri, udah gitu main game dengan layar sentuhnya, pasti lebih asik.

Untuk diketahui, kalo saya bakal tulis semuanya, pasti gak ada habis habisnya, karena ada banyak keunggulan dari laptop ini.

Kesimpulanya, satu kata untuk Asus Vivobook Flip 14 TP410UR, yaitu perfect abis. Dari tampilanya sangat keren karena bisa di puter puter. Dari segi performanya pun gahar karena bisa di pake buat ngedit video ataupun edit gambar berjalan mulus. Udah gitu harganya juga terjangkau di kelasnya, yaitu mulai Rp 6.899.000,-.

Udah keren, tangguh, terjangkau pulau. Dan yang membuat saya jatuh cinta dengan laptop ini yaitu tadi, perfect. Bagaimana kalau menurut kalian ?

ASUS Laptopku Blogging Competition by uniekkaswarganti.com.

Referensi video :

Video by Hendrik Gunawan

Video by teknoreview.net