Pilih Laman

Slide thumbnail

Produktif dengan Menulis

Bersama Huawei Nova 3i

Lewat Smartphone

PERCAYALAH JIKA KAMU PUN BISA !

Beberapa blogger yang pernah saya temui pernah bilang, kalau nulis lewat smartphone itu sulit karena ukuranya yang kecil. Iya sih emang sulit. Tapi tidak bagi saya, karena saya telah membuktikanya, bahwa menulis lewat smartphone itu mudah, dan sekaligus membuat saya jadi lebih produktif !

LANJUTKAN

Hai teman, apakabar ? semoga baik baik saja ya, amin. Sebelum mulai, saya ada pertanyaan nih. Kalian yang aktivitasnya padat dan sibuk, terutama untuk blogger yah, apakah hanya sekedar sibuk atau sudah produktif ? hayoooo ngakuuuu. Kalau iya, mungkin kalian sering main sosmed atau nonton youtube sambil ngetik kayak saya ya hehehe. Karena kebiasan tersebut, saya jadi jarang dapet tulisan.

Karena kebiasaan tersebut pula, akhirnya saya mengakalinya dengan menulis di smartphone. Dulu saya enggan sekali melakukanya, karena susah dan karena emang udah terbiasa nulis di keyboard laptop yang besar dan mudah. Tapi sekarang tidak lagi setelah saya mencobanya. Justru dengan menulis lewat smartphone, saya jadi bisa dapet banyak tulisan. Bulan juli kemaren, saya berhasil membuat 15 tulisan berkat menulis lewat smartphone. Waow, biasanya paling cuma 5 atau 6, paling banyak 8, itupun yang ori cuma beberapa wkwkwk.

Bisa tetap nulis biarpun sibuk

Sedikit cerita nih ya, jadi pas Juli kemaren, saya lagi sibuk sibuknya bangun rumah, dan waktu menulis pun cuma sedikit. Dan kalo sudah malam, badan sudah sangat capek. Bukan hanya itu, karena saya juga harus bantu bantu orang tua, jadi saya ini super sibuk. Kadang 24 jam rasanya gak cukup.

Kalo pagi pukul 06.00 saya harus nganter Ibu ke pasar. Pulang pukul 07.00 lalu siap siap karena pukul 07.30 sudah mulai bekerja. Dan pukul 09.30 pas tukangnya lagi istirahat, saya buka smartphone dan nulis. Dan inilah waktu yang saya tunggu tunggu. Sambil ngopi sambil nulis.

Abis itu pukul 12.00 siang pas istirahat, kadang saya juga menyempatkan diri untuk nulis. 5 menit lumayan lah buat tambah tambah. Dan kalau Selasa, Rabu, Jum’at dan Minggu, saya ada tugas menjemput Ibu pulang dari pasar. Sambil nunggu Ibu selesai, saya pun nulis. Biasanya saya nunggu sekitar 30 menit, lumayan banget buat nulis. Rasanya kalau waktu di anggurkan itu sayang sekali, jadi kebuang sia sia. Makanya, saya sering bawa smartphone kemana mana biar bisa sambil nulis.

Di tempat inilah saya selalu menunggu Ibuku, sambil nunggu sambil nulis.

Lalu pukul 15.00 pas tukang lagi pada istirahat, saya nulis lagi. Lumayan biarpun cuma 10 menit tapi bisa dapet tulisan. Dan itu saya lakukan sampai draft artikel selesai. Setelah selesai, saya tidak mempostingnya di smartphone karena smartphone saya gak cukup kuat melakukanya, tapi saya pindah ke laptop untuk di edit ulang biar hasinya maksimal. Dengan cara ini, saya bisa lebih produktif dan bisa dapet banyak tulisan.

Dan karena blog saya terupdate, penghasilan pun meningkat. Saya pun kaget karena sering ada email masuk berisi penawaran kerjasama. “Wah ini pasti karena blog saya update banget” pikir saya dalam hati.

Di banding bulan bulan sebelumnya dan sesudahnya, hanya bulan Juli lah saya bisa dapat penghasilan lebih. Gak banyak sih, cuma lebih dari biasanya. Saya pun takjub karena baru bisa merasakan bahwa menulis lewat smartphone membuat saya lebih produktif dan berpenghasilan lebih. Bahkan saat ngedraft artikel ini, saya lakukan saat sedang duduk duduk di taman kota sambil jalan jalan melepas penat. Secara kan di rumah terus bosen.

Screenshoot draft artikel di smartphone yang saya publish di blog saya yang lainya

Hingga sekarang pun, saya seringkali memanfaatkan waktu luang untuk menulis lewat smartphone biarpun hanya point pointya saja. Misal saat sedang keluar rumah cari makanan, sambil main ke rumah temen, sambil nulis juga. Paling sering sih pas lagi jalan jalan di taman kota, ditemani gorengan dan es teh, menulis pun jadi lebih asik. Apalagi suasana taman kota yang mendukung, menulis jadi lebih semangat.

Atau biasanya pas hari minggu pas lagi olahraga di taman kota, saya bawa smartphone juga biar bisa sambil nulis. Atau misal sehabis sholat maghriban di Masjid, duduk duduk sebentar sambil nulis. Lumayan lah biarpun cuma dapet 100 kata.

Intinya, saya seringkali memanfaatkan waktu luang dengan menulis di smartphone, biar gak hanya sekedar sibuk tapi produktif. Terlebih karena ide seringkali muncul saat kita sedang di jalan. Jadi dengan membuka aplikasi word di smartphone, kita bisa langsung mecatat dan menuliskan ide kita.

Karena kalo saya tebak, kebanyakan blogger masih enggan untuk nulis lewat smartphone, karena layar smartphone itu kecil dan layar sentuh pastinya, jadinya agak susah. Terlebih jika smartphone tersebut hanya smartphone biasa yang kinerjanya dirasa kurang mendukung seperti milik saya. Tapi sebenaranya itu bukanlah masalah sih, karena kalau ada niat pasti ada jalan.

Foto pas saya nulis di taman kota

Foto pas saya nulis sehabis dari Masjid

Nah, itulah rahasia saya untuk produktif ngeblog, yaitu menulis lewat smartphone kapan saja dan dimana saja

Bicara soal nulis lewat smartphone, saya ada cerita inspiratif nih dari seorang anak muda blogger asal Jember, namanya Faisol Abrori dengan blognya di faisol.id, yang saat in masih duduk di bangku SMA (MAN). Masih muda ya ? Jadi waktu itu saya pernah kopdaran dengan Faisol di 2017 lalu, saya kira ngeblognya pake laptop, eh ternyata cuma pake smartphone. Udah gitu pas saya tau kalau smartphone yang di pakenya bukanlah smartphone yang standar buat ngeblog, tapi smartphone biasa yang sepertinya harganya cuma ratusan ribu saja, dan layarnya pecah pula, saya pun takjub.

“Kamu ngeblognya lewat hp dan hpmu pecah gitu layarnya, emang gak susah apa, Sol ?” tanya saya

“Enggak ko, udah biasa” jawab Faisol

Bayangkan coba, cuma pake smartphone yang sepertinya RAM nya kecil dan layarnya pecah, dia bisa dapet banyak tulisan. Selain itu, dia juga sudah bisa bikin buku sendiri dan sudah terbit. Dan kalo saya tebak, kayaknya naskah bukunya pun di tulis lewat smartphone biarpun cuma sebagian. Weleh weleh, hebat bener.

Tau hal itu, saya sampai geleng geleng saking salutnya karena niatnya yang kuat untuk ngeblog walau hanya berbekal peralatan seadanya. Yang paling keren lagi adalah karena dia sudah banyak berpenghasilan. Meringankan beban orang tua banget kan ? Masih SMA gitu.

Oiya, ternyata dia juga banyak tau tentang seluk beluk blogging, dia tau hal hal jlimet seperti google analytics dan sebagainya, juga trik trik lain agar blognya makin ramai pengunjung. Dan setelah saya bandingkan, ternyata perform blogku yang udah lama, kalah dengan blog dia. Duh saya jadi malu sendiri nih. Udah lama ngeblog tapi masih gini gini aja kemampuanya.

Blog milik Mas Faisol

Selain itu, ada juga Mas Nurdin, blogger asal Serang Banten dengan blognya nurdinsikalem.com. Jadi, dia ini blogger yang sangat update sekali. Tulisanya pun cukup bagus, susunan katanya pun tertata dan mengalir. Saat saya tanya dia ngeblognya pake laptop merk apa, eh ternyata cuma pake smartphone.

Yang saya kagum dari Mas Nurdin ini adalah karena rajin sekali menulis. Gambar gambar pelengkapnya pun relevan dengan isinya Kalo saya liat, hampir setiap hari dia nulis, karena sosmednya di penuhi share artikel terbarunya. Padahal dia bekerja juga, tapi bisa produktif gitu ya biarpun cuma lewat smartphone.

Nah, pertanyaanya adalah, kalian yang punya peralatan memadai tapi hanya sekedar sibuk tapi kurang produktif, malu dong sama mereka berdua. Apalagi Mas Faisol, yang ngeblognya lewat smartphone dan layarnya udah pecah.

Tapi kalau kalian pengen juga produktif dengan menulis lewat smartphone, saya ada rekomendasi smartphone terbaik untuk ngeblog. Smartphone ini memiliki layar cukup lebar yaitu 6.3 inch, RAM 4GB, kameranya ada 4 dan di lengkapi fitur Artificial Intelegent atau kecerdasan buatan. Pokonya smartphone ini #ChooseTheBest banget dah buat ngeblog. Udah gitu, memori internalnya 128 GB.

128 GB ?

Iya, jadi gak perlu memori tambahan lagi dong. Dan inilah Smartphone Idaman 2018  saya, merknya Huawei Nova 3i.

Blog milik Mas Nurdin

Slide thumbnail

Huawei Nova 3i

DENGAN 4 FITUR UNGGULAN

Desainya Keren

Desain Iris Purplenya keren. Hadir dengan warna gradasi biru ke ungu unguan dan terlihat sangat menarik

4 Kamera AI

Di lengkapi 4 kamera, depan 24 +2 Mp. Belakang 16 +2 Mp, yang di lengkapi kecerdasan buatan (Artificial Intelegent)

Memori 128 GB

Di lengkapi 128 GB penyimpanan Internal untuk menampung file lebih banyak

Support GPU Turbo

Dengan GPU Turbo untuk performa game yang luar biasa

Dan berikut adalah kriteria smartphone saya, yang ternyata ada di Huawei Nova 3i.

1] Layarnya lebar

Karena tadi saya bahas soal mengetik, berarti bahas layar dong. Pas saya liat smartphone milik Mas Faisol, ternyata ukuranya kecil, layarnya juga sudah pasti kecil, tapi bisa dapet banyak tulisan gitu ya ?

Nah, untuk #HuaweiNova3i_ID atau Huawei Nova 3i Indonesia ini, layarnya besar dan lebar, yaitu 6.3 inch dengan resolusi Layar 2340 x 1080 piksel. Dan ada poninya pula yang bisa di hidden jika kurang suka. Lihat gambar diatas. Kepadatanya yaitu 409 ppi dimana jumlah tersebut sudah lebih tinggi di banding standar retina display.  Selain itu di bekali juga dengan tekhnologi IPS, jadi jika melihat konten dalam layar dari berbagai sudut pun masih jelas.

Udah lebar, jelas pula, buat ngetik pasti lebih nyaman karena keypadnya juga pasti lebih lebar, dengan begini jadi bisa meminimalisir typo deh. Soalnya smartphone saya kecil dan kalo di pake buat ngetik sering typo.

Apa yang bisa saya lakukan dengan Huawei Nova 3i ini sebagai blogger ?

Pastinya menulis blog jadi lebih mudah karena layarnya besar dan lebar, baik mode portrait ataupun landscape. Secara kan jarak hurufnya juga lebar. Jika sebelumnya sering typo, dengan Huawei Nova 3i, pasti lebih lancar lagi. Dengan begitu bisa dapat banyak tulisan deh, aseeekkk. Gak ada alasan untuk tidak produktif deh kalo emang ada niat, apalagi jika smartphonenya keren seperti Huawei Nova 3i ini.

Nah, untuk 4 fitur di bawah ini (2-5) adalah fitur fitur unggulan yang di milikinya. Ayo kita bahas satu persatu.

2] Desain Keren, terutama yang Iris Purple

Eh Bro, kayaknya smartphone ini keren banget dah, mengkilat kilat gitu ?

Iya, smartphone ini emang keren. Bagaimana tidak, tampilan warna gradasinya membuatnya jadi sangat unik, terutama yang varian iris purple. Dari atas terlihat warna biru, dan semakin kebawah ada keungu unguanya. Kehadiran warna gradasi sendiri menjadi trend terbaru yang di hadirkan Huawei di tahun 2018 ini.

Dengan frame berbahan metalnya, sudut lengkungnya, dan juga body secara menyeluruh yang berlapis kaca, menjadikan smartphone ini begitu berkilau dan bisa di gunakan untuk bercermin saat rambut berantakan hehehe.

Penampang bagian belakang dibuat landscape, untuk logo Huaweinya dibuat vertical di pojok kanan bawah, sedangkan dual kamera bersusun ada di pojok kanan atas. Jadi jika di lihat dari belakang akan terlihat sangat keren. Saat digunakan untuk memotret, juga bisa sekalian bercermin hehehe.

Smartphone ini pun cukup ramping, dimensinya yaitu hanya 157.6 x 75.2 mm dan tebal 7.6 mm. Bobotnya pun tidak terlalu besar, yaitu hanya sekitar 169 gram saja. Jadi kalau di genggam pun cukup nyaman dan ringan. Oiya, ada juga varian hitam selain yang Iris Purple.

Apa yang bisa saya lakukan dengan Huawei Nova 3i ini sebagai blogger ?

Hmm apa ya ? Oiya, desain yang keren pasti bisa menaikan level tersendiri dong karena ngeblognya pake smartphone keren, apalagi yang biru itu. Ya ! karena rencanaya, jika saya punya smartphone ini, akan saya pake buat ngeblog, karena memang saya lagi butuh banget smartphone buat bantu bantu motret sekaligus nulis artikel blog.

Atau bisa saja saya bisa menambahkan alamat blog saya di body belakangya, jadi pas orang terpana lihat smartphone saya, mereka akan bisa saja buka blog saya hehehe. Atau mungkin bisa juga saya tempel akun sosmed saya biar follower makin banyak.

Desain Huwei Nova 3i yang sangat menarik dengan warna gradasinya dan terdapat poni di layarnya

3] Memiliki 4 kamera dengan kecerdasan buatan

Udah pada tau belum kalo Huawei Nova 3i punya 4 kamera AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan. Iya 4 alias empat, jadi buat motret bisa full power abis.

Pada bagian depan ada kamera 24 + 2 Mp. Kamera depan ini sangat cocok sekali untuk berselfie atau atau ngevlog karena mega pikselnya besar, jadi sangat jelas untuk memotret atau merekam video. Dan mungkin ini merupkan strategi Huawei dimana jumlah youtuber semakin hari semakin banyak. Sedangkan di bagian belakang, ada kamera 16 + 2 Mp yang juga tak kalah jelas untuk memotret.

Fitur AI pada kamera smartphone ini sangat bermanfaat sekali. Misal kita mau memfoto objek di area yang kurang cahaya nih ya, fitur AI ini juga bisa mengatur apakah harus masuk ke efek night mode atau tidak ketika cahaya sekitar objek foto berkurang.

4 Kamera AI dari Huawei Nova 3i

Untuk efek bokeh, misal mau memfoto orang nih ya, bisa menggunakan mode portrait untuk memblurkan backgroundnya. Kadar bokehnya pun bisa di setting mau sebanyak apa ? yaitu dengan menggunakan slider yang sudah disediakan.

Ada juga mode wide aperture yang lebih luas penggunaanya, karena objek apapun bisa di buat efek bokeh. Oiya, pada mode wide aperture ini juga bisa setting mau seperti apa kadar bokehnya ?

Dan setelah foto di ambil, bisa di atur kembali fokus dan kadar bokehnya. Misal habis memotret bunga nih ya, titik fokusnya bisa di pindah ke background, atau di pindah ke bunganya, atau di hilangkan efek bokehnya pun bisa.

Ada juga mode AR Lens. Dengan mode ini, akan muncul emoji seperti karakter bunglon atau penguin yang akan menirukan gerakan mulut kita dalam foto atau video kita. Lalu ada mode efek untuk menambah efek saat berselfie, seperti di tambahkanya telinga kucing, telinga kelinci, dll.

Kemudian ada mode 3D yang berguna sekali untuk memfoto anak kecil. Dan sebenarnya, ada banyak sekali fitur kecerdasan buatan yang di sematkan di Huawei Nova 3i ini, namun jika di bahas semua bisa bisa panjang banget dan gak habis habis.

FYI : Fitur AI ini juga bisa di non aktifkan jika missal tidak ingin menggunakanya

Apa yang bisa saya lakukan dengan Huawei Nova 3i ini sebagai blogger ?

Tentunya sangat berguna dong, karena saya bisa menghasilkan foto dengan kualitas yang lebih bagus layaknya kamera DSLR. Fitur night modenya juga bisa menyesuaikan cahaya saat kondisi cahaya sekitar objek kurang terang. Dengan ditambahkanya foto berkualitas pada sebuah artikel, artikelpun jadi lebih mantap, karena foto itu mewakili seribu kata. Jika misal saya membutuhkan foto atau video dengan efek, pun akan sangat berguna dengan kamera AI Huawei Nova 3i ini.

Fitur HDR Pro (hanya untuk kamera depan), untuk hasil foto dan video yang lebih baik, bahkan di bawah sinar matahari

Q Moji, salah satu fitur dari kamera AI dengan memunculkan karakter yang dapat menirukan gerakan mulut kita

Efek efek kamera Depan (24+2 mp)

4] Penyimpanan besar

Huawei Nova 3i memiliki penyimpanan internal yang super besar, yaitu 128 GB dalam satu genggaman. Ini penyimpanan internal ya, bukan eksternal, jadi gak perlu memori eksternal lagi. 8 GB saja sudah banyak, apalagi 128 GB.

Apa yang bisa saya lakukan dengan Huawei Nova 3i ini sebagai blogger ?

Nah, sebagai pelengkap artikel, sekarang saya juga lagi mulai rajin memotret, tujuanya adalah sebagai stock foto agar bisa dijadikan bahan artikel di masa depan. Jadi jika suatu saat saya akan menulis sebuah artikel yang ada kaitanya dengan foto foto tersebut, gak usah bikin atau cari cari foto lagi deh.

Dan ini merupakan trik baru yang mulai saya lakukan agar semakin produktif jadi blogger. Hal ini juga sempat saya bicarakan sewaktu kopdaran dengan blogger Mas Jovie Chandra (blogger asal Jember) saat kita kopdar, bahwa membuat stock foto sangat penting manfaatnya untuk keperluan menulis di waktu yang akan datang.

Karena hal itulah, saya membutuhkan smartphone dengan penyimpanan super besar biar bisa menampung foto dalam jumlah banyak. 128 GB itu banyak sekali. Bisa menampung ratusan bahkan ribuan foto dan juga video untuk keperluan blog.

5] Di bekali GPU Turbo untuk Kemampuan Gaming

GPU Turbo adalah tekhnologi pemrosesan grafis yang dapat meningkatkan kemampuan smartphone dalam memproses sebuah aplikasi yang memiliki grafis intensif, seperti game misalnya. Dan pada saat yang sama, juga bisa menghemat daya.

Dengan GPU Turbo ini, pengguna bisa menikmati performa game yang telah di tingkatkan tanpa perlu mengupgrade smartphone mereka.

Seberapa besar peningkatan performa gaming pada sebuah smartphone ketika GPU Turbo ini berjalan ? Huawei menyebut bahwa efisiensi pemrosesan grafis dapat di tingkatkan sampai 60%. Sedangkan konsumsi daya chipset secara keseluruhan bisa hemat sampai 30%.

GPU Turbo ini akan  berjalan dengan sendirinya ketika game mulai dijalankan, sehingga pengguna tak perlu mengatur tentang bagaimana cara mengaktifkanya sebelum aplikasi di gunakan.

GPU Turbo untuk kemampuan gaming yang lebih baik

Untuk saat ini, GPU Turbo sendiri baru bisa di rasakan perbedaanya ketika pengguna memakai aplikasi PUBG dan Mobile Legend. Untuk judul judul game lainya akan menyusul kedepanya.

Pada percobaan permainan game Mobile Legend yang dilakukan oleh beberapa media dalam acara CES ASIA 2018 di Shanghai, Tiongkok, para pemain mengaku bahwa game terasa lancar ketika mulai bertanding. Dari hal ini, terbukti kalau Huawei Nova 3i lancar buat main game Mobile Legend.

Apa yang bisa saya lakukan dengan Huawei Nova 3i ini ?

Untuk main game kelas berat saja kuat, apalagi cuma game biasa, pasti lebih kuat lagi dong. Saya ini bukan gamer, namun sesekali saya saya juga bermain game. Seperti air strike, 1945, dll. Jika game Mobile Legend saja kuat, apalagi game biasa.

Oiya, saya ini juga kadang ngevlog. Di smartphone saya juga terdapat aplikasi edit video untuk keperluan blog. Nah, dengan Huawei Nova 3i ini, ngedit video pasti jadi lebih lancar dong. Intinya, dengan performa kuat dari Huawei Nova 3i ini, ngeblog pun jadi lebih lancar.

Kesimpulanya, untuk menjadi produktif ngeblog itu bisa di lakukan dengan banyak hal, salah satunya dengan menulis lewat smartphone. Yang penting ada niat, pasti ada jalan, seperti 2 blogger inspiratif di atas. Walaupun pake smartphone, tapi tetep bisa nulis dan gak kalah dengan blogger yang punya peralatan mendukung.

Nah, dengan hadirnya Huawei Nova 3i yang layarnya lebar, desain iris Purple nya keren, 4 kamera canggih dengan kecerdasan buatan, GPU Turbo untuk hiburan gaming, dan juga penyimpanan 128 GB nya, pasti akan sangat mendukung seorang blogger seperti saya untuk lebih produktif menghasilkan karya karya tulisan. Dengan harga Rp 4.1 juta saja (harga dapat berubah sewaktu waktu) perangkat ini sangat layak untuk di miliki. Dan berikut adalah spesifikasi dari Huawei Nova 3i ini.  Terimakasih 😀

[ Amir Mahmud ]

Kebumen, 30 September 2018

Huawei Nova 3i Blog Competition by Koh Huang

Referensi artikel : http://gadget.jagatreview.com/2018/09/update-baru-huawei-gpu-turbo-akselerasi-performa-gaming-di-smartphone/

Referensi video : 6 Hal yang wajib kamu ketahu dari Huawei Nova 3i. Alamat tautan https://www.youtube.com/watch?v=lFhvShBlP3s