Pilih Laman

Hai teman, mungkin salah satu dari kalian ada yang penasaran, bagaimana sih dan berapa biaya untuk membuat blog seperti https://kangamr.com ? Oke, sekarang akan saya jelaskan.

Untuk membuat blog seperti ini, persiapan yang perlu di lakukan adalah :

1] Hosting
2] Domain
3] Template

1] Hosting

Untuk membuat blog seperti saya ini yang bebas untuk di kelola, kalian harus memiliki hosting sebagai tempat menaruh file file Anda. Hosting itu ibarat etalase dagangan kita, tempat menaruh artikel kita untuk kita promosikan.

Untuk hosting saya, saya menyewa hosting id Pro 4 GB dengan biaya sewa Rp 718.800 pertahun. Bagi saya yang tiap bulan paling hanya bikin 4-5 artikel, hosting segitu muat banyak sekali.

Bahkan sampai hari ini (pemakaian 6 bulan) baru habis 24% dari total keseluruhan space. Namun semua itu tergantung sering atau tidaknya Anda mengisi konten blog, semakin banyak nulis semakin banyak pula space digunakan. Untuk wordpressnya, kalian nanti jika sudah membeli hosting, Anda akan masuk ke wordpress.org dan kalian bisa menginstal software di dalamnya.

2] Domain

Untuk domainya, saya menyewa domain .com dengan biaya sewa Rp 119.900 pertahun. Dalam memilih domain, baiknya kudu benar benar udah fix nama domain kalian. Biar gak berubah pikiran saat domain sudah jadi. Kayak saya ini, harusnya saya pilih domain masamir.com karena saya orang Jawa Tengah, tapi malah saya pilih kangamir.com dimana panggilan Kang itu lebih sering di gunakan untuk orang Jawa Barat.

3] Template

Untuk template, bagi kalian yang penasaran, saya menggunakan template divi dari elegant themes. Harga template divi ini yaitu Rp $249 untuk yang life time, namun ada diskon 10%. Diskonya tidak di tampilkan di halaman awalnya, jadi Anda musti nuggu hari hari saat pihak divi memberikan diskon. Untuk itu kalian bisa pentengin terus webnya sampai ia memberikan diskonnya. 

Kalau saya dulu, dulu karena saya berlangganan mailing list dengan mensubmit email, dan kalian juga bisa melakukanya. Nantinya pemberitahuan diskon bisa di kirim lewat email. Atau jika kalian beli pas cyber monday, black friday atau hari belanja online nasional, atau apalah istilahnya yang diadakan setiap tahun sekali, karena pas saat itu diskonya gede banget sampe 50% kalo gak salah. Cyber monday dulu bebarengan sama harbolnas di Indonesia antara November – Desember. 

Kurs dollar saat ini sekitar Rp. 15.000. Dan $89 untuk versi tahunan. Untuk versi tahunan ini, setiap periode berakhir maka Anda tidak mendapatkan update versi terbarunya, dan harus berlangganan lagi untuk bisa mendapatkanya kembali.

Kalau kalian membeli yang life time, kalian akan mendapatkan update versi terbaru selamanya. Template divi itu keren banget karena kita bisa membuat halaman langsung tanpa melalui dashsboard. Jadi kita bisa melihat langsung halaman jadinya seperti apa tanpa harus mempreview seperti di blogger.com. Lihat gambar di bawah ini.

Dengan tema divi ini, kalian bisa membuat halaman langsung secara visual, karena bisa langsung membuatnya di halaman jadinya. Jadi gak lewat dasboard. Seumpama lewat dashboard juga tetep bisa. Karena theme ini powerfull banget.

Template divi juga selalu update dengan fitur fitur terbaru yang akan semakin memperindah tampilan blog kalian. Ada banyak sekali plugin yang bisa kalian gunakan, seperti plugin background, testimony, menu dropdown, dan banyak lagi yang lainya. Untuk menjajal seperti apa tema divi ini, kalian juga bisa mempraktekanya langsung lho karena ada demonya.

Dan jika di jumlahkan, biaya membuat blog saya ini pertahunya yaitu Rp 718.000 + Rp 114.000 yaitu Rp 838.700,- per tahun. Sekarang kalian sudah tahu ya, silahkan di coba.

Note : Pada link diatas, ada link affiliasi divi, jika Anda mengklik dan membeli dari saya, maka saya akan mendapatkan komisi.