Pilih Laman
Oppo-A37-Vs-Samsung-J5

Dok. Bukalapak

Jika berbicara mengenai smartphone yang banyak beredar di Indonesia pastinya tidak bisa jauh dengan nama vendor besar seperti Oppo dan juga Samsung. Keduanya mempunyai track record yang cukup baik dalam dunia elektronik Indonesia, khususnya smartphone.

Masing-masing selalu mempunyai produk andalan yang tidak ingin kalah dari yang lainnya, artinya persaingan diantara merek tersebut sangat sengit sekali. Bahkan setiap kali salah satu vendor mengeluarkan produk dengan teknologi terbaru pasti akan diikuti dengan vendor satunya lagi. Itulah yang menyebabkan semakin ramainya persaingan dalam dunia ponsel pintar saat ini.

Dari kedua vendor yang telah dibicarakan diatas, ada dua produk yang menjadi persaingan dari keduanya yaitu antara Oppo a37 vs Samsung j5 dipasaran. Tidak dipungkiri memang keduanya mempunyai banyak kelebihan masing-masing, tetapi jika Anda amati baik-baik, ada sesuatu yang menjadikan ponsel tersebut hampir sama. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas seperti apa saja yang menjadi perbedaan ataupun persamaan dari keduanya melalui beberapa hal yaitu:

1] Spesifikasi hardware
Yang pertama dimulai dari hardware keduanya, untuk Oppo A37 sudah dibekali dengan Qualcomm Snapdragon Quad-core 1,2 GHz dan RAM 2 GB serta ditambah penyimpanan sampai dengan 16 GB. Sebaliknya untuk jenis Samsung j5 mempunyai prosesor Exynos 7570 Quad Core berkecepatan 1,4 GHz, RAM 2 GB dan penyimpanan internal sama dengan versi Oppo. Bisa dikatakan harga dan spesifikasi Samsung j5 cukup seimbang.

2] Layar
Kedua mengenai layar yang digunakan dari keduanya, dimulai dari Oppo A37 yang mempunyai layar 5 inci beresolusi HD. Untuk Oppo sudah tentu disertai dengan anti gores Corning Gorilla Glass 4 dan IPS LCD. Begitu pula untuk Samsung J5 yang dilindungi dengan Corning Gorilla Glass berteknologi PLS TFT. Untuk layar Oppo a37 vs Samsung j5 memang tidak berbeda jauh, hanya teknologi yang digunakan saja yang berbeda.

3] Kamera
Berlanjut pada bagian kamera pada kedua ponsel tersebut, ini merupakan bagian yang cukup penting dari sebuah ponsel karena memang memberikan pengaruh pada masyarakat apalagi jaman modern seperti ini. Untuk Samsung galaxy J5 mempunyai kamera yang cukup baik pada bagian belakang yaitu 13 MP dengan autofocus. Ditambah bagian depan 5 MP lalu pelengkap fitur LED flash. Untuk Oppo pada bagian belakang diberi kamera 8 MP dengan bagian depan 5 MP.

4] Baterai
Kemudian dari baterai keduanya yang tentu cukup berbeda, untuk ponsel Oppo sudah diberi kapasitas sebesar 2,630 mAh dan Samsung 2,400 mAh. Untuk bagian ini memang Oppo terlihat lebih unggul. Selain itu ada beberapa fitur lainnya juga yang dapat Anda jadikan pertimbangan antara keduanya. Mulai dari port USB. radio, bluetooth, wifi sampai dengan kelebihan pada bagian teknologi fingerprint. Semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangan yang hampir sama, jadi itu bisa disesuaikan lagi dengan kebutuhan Anda.

Setelah Anda melihat perbedaan dua produk dari vendor yang berbeda diatas, secara otomatis sudah mengetahui pula spesifikasi dari masing-masing ponsel. Selanjutnya Anda bisa melihat dari harga yang ditawarkan keduanya juga cukup berbeda. Untuk Oppo A37 dipasaran dibandrol dengan harga kurang dari 2 juta rupiah. Tetapi untuk versi Samsung J5 harga mencapai pada angka 2,5 juta rupiah, cukup berbeda jauh bukan? Jika memang informasi diatas dirasa masih kurang, Anda bisa langsung cek disini secara langsung.