Pilih Laman

11 KRITERIA APARTEMEN IDEAL ala SAYA

Beberapa waktu yang lalu saya menonton vlognya Youtuber Kevin Hendrawan tentang house tour di apartemenya. Ada hal menarik yang saya dapat dari apartemen miliknya, yaitu tempat tidur lipat multi fungsi.

Jadi tempat tidur tersebut bisa di lipat sehingga mengurangi space dalam ruangan. Udah gitu setelah di lipat, tempat tidur tersebut juga bisa di jadikan tempat menaruh benda benda.

Bukan hanya itu, Kevin juga memiliki meja yang bisa di lipat multi fungsi karena bisa di jadikan meja makan saat makan, dan bisa di jadikan meja tamu saat ada tamu.

Jenis apartemen seperti ini bener bener apartemen ideal banget buat saya. Juga bagi kaum millenial yang punya jadwal padat dan selalu ingin kepraktisan.

Dan bersama ini, seandaianya saya di beri kesempatan tinggal di apartemen, saya juga ingin memiliki apartemen yang ideal sesuai keinginan saya, berikut 10 kriterianya.

Bagi orang orang tertentu, memilih apartemen mungkin adalah hal besar karena akan mengeluarkan budget lebih untuk membayar sewanya. Maka dari itu, memilih kualitas bangunan juga menjadi hal penting agar tidak menyesal nantinya. Misal gedung apartemenya masih baru dan masih terlihat kokoh (bukan gedung tua), catnya masih bagus, dan lain sebagainya.

Kalau di lihat dari cara bodohnya, gedung bangunan yang tipis mungkin terlihat lebih ringkih daripada gedung yang terlihat tebal, karena gedung yang tebal terlihat lebih kokoh dan lebih kuat. Walaupun sebenarnya keduanya memiliki konstruksi yang sama sama kuat.

Bagi orang orang tertentu yang suka khawatiran, memilih gedung dengan kualitas dan konstruksi yang baik merupakan suatu keharusan agar hati tenang jika suatu saat tinggal di apartemen. Walaupun hanya menggunakan cara bodoh diatas.

Untuk keadaan apartemen, kita juga bisa mencari apartemen yang memiliki manajemen atau pengelolaan yang baik. Mengenai hal ini, kita bisa cari tahu lewat testimoni testimoni para pengguna apartemen dalam sebuah website, contohnya di website sewa apartemen jendela360.

Kantor

Sekolah

Supermarket

Tempat Hiburan

Fasilitas Kesehatan

Tempat Makan

Bandara

Pusat Kebugaran

ATM

Transportasi

Apartemen Ideal saya harus dekat dengan : Jendela360 - cari apartemen mudah, cepat dan transparan

Point ini wajib. Secara tinggal di kota besar yang umumnya macet, kemana mana jadi lama. Contohnya Jakarta. Banyak orang bilang hidup di Jakarta bisa tua di jalan karena macetnya.

Dulu saat saya masih di Jakarta, pun seringkali terjebak macet. Perjalanan dari Blok M sampai ke Senen saja bisa memakan waktu 2 jam lebih. Kepala sampai pusing sekali. Gak heran deh jika ojek online semakin banyak karena bisa ambil jalan tikus melewati gang gang.

Apartemen dengan lokasi strategis adalah apartemen ideal saya. Mau ketempat kerja dekat dengan kantor, mau belanja dekat dengan mall, jika misal sakit ada rumah sakit terdekat, mau bepergian dekat dengan toll atau bandara, dan berbagai fasilitas penunjang lainya, sehingga lebih praktis dan hemat waktu.

Bagi millenial seperti saya, suasana dan ketenangan dalam bekerja adalah wajib. Saya termasuk type orang yang tidak bisa konsentrasi bekerja jika suasana ramai dan ruangan berantakan.

Maka dari itu, apartemen ideal bagi saya adalah apartemen yang memiliki view yang indah ke luar. Misal jika melihat keluar akan terlihat pemandangan kolam renang, atau luasnya kota. Apartemen ini bisa di lantai 20-30.

Selain itu, kenyamanan ruangan dalam hal ini desain interior juga sangat mempengaruhi mood kerja. Cat dinding yang kusam dan tidak beraturan bisa mengganggu suasana kerja.

Peletakan furniture yang kurang sesuai juga bisa membuat ruangan terlihat sempit karena memakan space. Gak heran jika saat ini, saya pun memiliki kamar tersendiri untuk bekerja, dan rencananya saya akan mendesain kamar khusus agar bekerja semakin nyaman.

Rencana, saya ingin mendesain kamar dimana temboknya menggunakan wallpaper dinding. Saya  pernah melihat di internet ada tembok kamar dengan wallpaper bergambar hutan bambu, pantai, dan pemandangan pemandangan indah lainya. Dengan begitu, menempati sebuah hunian pun jadi lebih nyaman dan betah.

Poin ini sangat penting agar hati selalu tenang saat kita meninggalkan apartemen. Selain fasilitas keamanan dengan akses kartu, petugas keamanan 24 jam untuk berjaga jaga, kamera CCTV, fasilitas telpon atau jendela pengintai tamu di luar juga penting. Jadi misal ada tamu, bisa di telfon siapa yang datang dan juga di lihat lewat lubang pengintai. Seperti apartemen milik Sarah Diba di Jerman. Karena kan ada tuh aparteman yang tidak memiliki fasilitas tersebut. Jadi misal ada tamu, gak ketahuan siapa yang datang. Secara kan apartemen sifatnya lebih private. Lihat gambar di bawah.

Seperti apartemen milik Kevin, saya juga menginginkan apartemen dengan 2 kamar tidur. Kalo 3 kamar mungkin kebanyakan kali ya karena masih sendiri. Dengan memiliki 2 kamar, saat orang tua atau kerabat datang berkunjung dan menginap, mereka bisa menggunakan kamar kosong yang ada untuk beristirahat. Untuk apartemem milik Kevin, ia memilih 2 kamar karena orang tuanya sering datang berkunjung.

Untuk poin ini di atas saya sudah terangkan, tapi gak apa apa ya saya terangkan lagi biar lebih jelas. Tempat tidur lipat menjadi pilihan yang sangat menarik karena bisa menghemat space ruangan.

Seperti apartemen milik Kevin dimana tempat tidurnya bisa di lipat dan bisa di jadikan tempat menaruh barang. Untuk mejanya juga multi fungsi, karena bisa di jadikan meja makan dan juga meja tamu. Sehingga ruangan pun jadi lebih plong dan lega.

Selain itu, saya juga pernah melihat ada meja yang bisa di ubah jadi tempat tidur, kemudian ada lemari susun yang bisa di jadikan printilan menjadi kursi kecil. Untuk aksen furniturenya, saya lebih suka dengan furniture dengan aksen kayu, sehingga terlihat lebih alami, seperti milik Kevin.

Oiya, saya juga suka dengan sofa yang sekaligus berfungsi sebagai tempat tidur. Dan karena tinggal di apartemen, kompor listrik akan lebih praktis daripada kompor gas.

Umumnya mereka para penghuni apartemen tertarik untuk menyewa atau membeli apartemen karena beberapa hal, seperti type yang di tawarkan, harga yang menarik, fasilitas terjamin, aksesnya mudah, dan lain sebagainya. Jarang dari mereka yang memperhatikan soal lahan parkir untuk kendaraanya, padahal ini sangat penting.

Bayangin deh, Anda sudah tinggal di apartemen tapi mencari lahan parkir saja kesulitan. Begitu dapat, eh masih harus ngantri. Jalanan saja sudah macet di tambah parkir apartemen juga harus macet, kan menjengkelkan.

Dan masalah seperti ini bukan masalah baru dalam sebuah apartemen. Maka dari itu, pilihlah apartemen yang memiliki lahan parkir yang luas dan lapang.

Menurut aturan dari Dinas Pemerintah DKI, idealnya setiap unit apartemen menyediakan lot parkir 1:1. Artinya, setiap 1 unit apartemen memiliki 1 unit parkir mobil. Namun akan lebih baik jika lahan parkirnya lebih luas. Selain itu, biaya parkir juga perlu di perhatikan karena ini menyangkut pengeluaran harian Anda. Oiya, pintu masuk juga harus banyak untuk menghindari kemacetan

Sertifikat kepemilikan itu penting agar status kepemilikanya jelas. Sudah beli apartemen ko belum dapet sertifikat ? kan ga tenang dong rasa hati ini. Untuk di ketahui : menurut UU 20 tahun 2011 sertifikat baru akan di terbitkan setelah adanya pertelaan.

Pertelaan dapat di sahkan setelah pembangunan seluruh satuan unit rumah susun dalam kawasan telah selesai di bangun. Mengenai hal ini, juga sering di sosialisasikan oleh dinas perumahan rakyat dan pemukiman DKI. Jadi pastikan sebelum membeli apartemen, perhatikan juga soal mudahnya mendapatkan sertifikat kepemilikan.

Apartemen syariah adalah apartemen yang dalam transaksinya menggunakan akad akad yang sesuai syariah. Pada properti (apartemen) syariah, konsumen dapat membeli properti langsung kepada developer tanpa adanya pihak ketiga, sehingga transaksi yang terjadi adalah murni transaki jual beli baik itu secara kredit ataupun tunai.

Bagi kaum muslim, apartemen syariah sudah jelas akan menghindarkan riba, jadi memilih apartemen syariah merupakan pilihan yang tepat. Apartemen syariah itu tanpa bank, tanpa BI checking, tanpa denda, tanpa suku bunga dan tanpa akad bathil. Dengan begitu, hati senang dan keluarga pun tenang.

Nah, ini nih yang paling saya suka. Karena saya suka memelihara kucing, saya menginginkan jika aparteman saya di ijinkan membawa binatang peliharaan ini. Seperti apartemen milik Sarah Diba yang di perbolehkan membawa kucing.

Atau atau apartemen miliki Edho Zell yang di perbolehkan membawa anjing kecil. Menurut website jendela360, apartemen yang memungkinkan membawa hewan peliharan apartemen yang ada di daerah Kuningan Jakarta Selatan.

Nah, ini nih yang perlu di pertimbangkan karena urusanya dengan budget. Ada banyak sekali apartemen yang tersebar Jakarta dan sekitarnya, yang masing masing bersaing untuk mendapatkan konsumenya, baik untuk di jual ataupun di sewa. Sebagai blogger pemula, tentunya saya ingin property yang harganya terjangkau, dan cara pembayaranya mudah. Bisa kredit atau cicil per bulan.

Oiya, untuk biaya IPL atau iuran pemeliharaan lingkungan kalo bisa juga kudu sekecil mungkin. IPL di hitung berdasarkan kebutuhan dari seluruh jumlah biaya operasional dan perawatan fasilitas yang gunakan oleh penghuni apartemen. Untungnya, di jendela360, kita bisa menemukan semua informasinya secara transparan dengan cepat dan mudah.

Berbicara soal apartemen, banyak calon penyewa baru menganggap bahwa mencari apartemen itu mudah karena bisa di lakukan lewat internet, kapan pun dimana pun. Mereka bisa dengan mudah memilih apartemen yang bagus sesuai budget, melihat unitnya kemudian menandatangani kontrak.

Benarkah demikian ?

Faktanya, mencari apartemen untuk di sewa tidaklah sedemikian mudahhnya. Karena ada aturan aturan tertentu yang harus di patuhi jika tinggal di apartemen.

Nah, bersama ini, saya ingin memperkenalkan jendela360, yaitu perusahaan start up yang bergerak dalam bidang penyewaan apartemen di Jakarta. Jendela360 hadir sebagai agen properti apartemen yang tepat agar proses pencarian dan penyewaan apartemen jadi lebih cepat dan mudah.

Di jendela360, ada lebih dari 3000 unit tersedia. Kalian bisa pilih apartemen sesuka kalian, mau Sewa Apartemen Menteng Square ada, Sewa Apartemen Taman Rasuna ada, Sewa Apartemen Central Park ada, Sewa Apartemen Menteng Park juga ada, ah banyak banget pokonya.

Jika di banding agen property pada umumnya (tradisional), di website jendela360, semua unit apartemen yang ada merupakan unit yang sudah terverifikasi dan di tampilkan secara transparan tanpa di tutup tutupi. Mulai dari harga sewa, informasi mengenai apartemen secara lengkap, bahkan foto foto unitnya menggunakan foto 360 derajat seperti saat kita melihat jalan di google maps. Dari atas ke bawah, ke kiri ke kanan muter muter terlihat semuanya. Dengan begitu, foto foto unitnya terlihat semuanya.

Jendela360 juga memudahkan calon penyewanya dalam bertransaksi, karena calon penyewa bisa membayar sewa apartemen melalui kartu kredit (Visa/Master Card), sehingga calon penyewa bisa melakukan pembayaran secara bulanan layaknya kost kostan (cicilan 0%), keren sekali, bukan ?

Lalu, bagaimana sih cara menyewa apartemen di jendela360 ? oke, berikut langkah langkahnya.

1] Buka website jendela360 di https://jendela360.com/

2] Misalkan karena saya hobi memelihara kucing, maka saya akan sewa apartemen di Kuningan karena menurut rekomendasi jendela360, kemungkinan apartemen yang bisa terima hewan peliharaan lokasinya di situ.

3] Pencarian di ketemukan. Ada banyak apartemen yang bisa kita sewa sesuai budget yang tersedia dan pilih salah satu. Atau kita juga bisa mempersempit pencarian dengan menggunakan fitur dalam tombol “Cari Apartemen > Tampilkan Semua Fitur” agar pencarian bisa sesuai keinginan kita.

[4] Setelah terpilih, akan muncul hasil pencarian apartemen yang di inginkan beserta rincianya secara jelas. Di bagian samping kanan, ada nomor kontak whatsapp dan harga sewanya juga. Jika serius ingin sewa apartemen, kita juga bisa menjadwalkan kunjungan untuk melihat lihat apartemenya.

Nah, disini nih yang membedakan antara jendela360 dengan yang lainya, karena foto foto unit apartemenya menggunakan foto penuh 360 derajat. Jadi kita bisa melihat unit apartemen dengan angle sampai ke pinggir pinggir, sampe ke atas, sampe ke bawah bawah muter muter terlihat semuanya. Dengan begitu kita bisa puas karena bisa tahu lebih banyak dengan kondisi apartemen yang akan kita sewa.

5] Setelah sepakat dengan jadwal kunjungan, saatnya mengunjungi apartemen yang akan di sewa. Pada kunjungan ini, pastikan kita sudah membuat daftar checklist apa saja yang ingin di tanyakan ke pemilik apartemen. Seperti apa kelengkapan furniturenya, tata letak lantai, lahan parkirnya, keamananya, dan lain sebagainya.

6] Jika deal dengan apartemen pilihanya, proses selanjunya yaitu membuat kesepakatan. Dalam kesepakatan ini, maka calon penyewa membayar DP sebagai tanda jadi menyewa apartemen.

Kesepakatan unit meliputi harga sewa, masa sewa, pajak, kelengkapan furniture dan lain sebagainya. Jika sudah, maka pihak jendela360 akan memberikan kwitansi sebagai bukti pembayaranya.

7] Proses berikutnya yaitu serah terima unit dengan melakukan tanda tangan kontrak. Kontrak atau MOU mencakup perjanjian sewa menyewa, yaitu seperti harga sewa, jangka waktu sewa, jumlah uang deposit, dan ketentuan ketentuan tertentu dari mulai menyewa hingga masa sewanya selesai.

Pada saat MOU ini, perlu juga di lakukan checking terhadap unit apartemenya untuk mengetahui seperti apa kondisi fasilitasnya, seperti furniturenya, cat tembok dindingnya, lantainya, dan lain sebagainya.

8] Selanjutnya, Anda bisa pindah ke apartemen idaman Anda.

Oiya, bagi pemilik unit, kalian juga bisa menyewakan unitnya di jendela360. Tidak perlu repot repot, karena pihak jendela360 akan mengurus semuanya mengenai apartemen Anda secara proffesional, seperti proses fotografi, melistingkan unit, menerima kunjungan calon penyewa, hingga serah terima unit, semua akan di urus oleh jendela360. Ah kemudahanya banyak sekali ya ?

Penting untuk di ketahui juga nih, bahwa biaya beriklan di jendela360 itu gratis ya. Karena jendela360 hanya akan mengambil komisi sebesar 5% jika unit yang di iklankan berhasil di sewa. Ingat, gratis ya hehehe.

Eh tapi mengapa sih harus memilih jendela360, yang lain kan banyak ?

Oke deh itu pertanyaan yang bagus. Sebenarnya keunggulan keunggulan di bawah sudah banyak saya singgung pada artikel diatas, namun untuk merangkum dan mempertegas, berikut 6 keunggulan sewa apartemen di jendela360.

[1] Menggunakan foto 360 derajat

Seperti diatas saya tuliskan, Anda akan mendapatkan apartemen sesuai dengan apa yang ada di foto. Terlebih, jendela360 menggunakan foto 360 derajat agar seluruh bagian apartemen bisa di lihat dengan jelas sampai ke atas atas dan ke pinggir pinggir.

[2] Informasinya transparan tanpa di tutup tutupi

Nah, ini nih yang juga tak kalah menarik. Jadi, informasi yang ada di jendela360 adalah informasi yang apa adanya tanpa di tutup tutupi. Jika foto unit terlihat bagus, emang bener bagus, jika lantainya keramik, ya emang pakai keramik, bukan pakai granit atau lantai kayu. Selain itu unit yang ada di jendela 360 juga sudah terverifikasi semuanya.

[3] Bisa booking online

Di jendela360, Anda bisa menyewa aparteman secara online. Tim jendela360 juga dengan senang hati menemani Anda berkunjung ke unit apartemen yang akan di sewa, tanpa di pungut biaya speserpun. Aliasnya tim jendela360 rela capek capek demi bisa melayani Anda sebagai calon penyewa. Dedikatif dan niat banget, kan ?

[4] Bisa bayar sewa per bulan

Juga seperti diatas saya tuliskan. Biasanya apartemen pada umumnya, penyewa harus membayarkan biaya sewa didepan untuk jangka waktu tertentu, misal 12 bulan. Misal sebulan 5 juta, di kali 12 kan 60 juta dan harus di bayar di depan. Kan berat jika misal dananya belum ada.

Tapi di jendela360 tidak, karena bisa bayar sewa perbulan. Dengan menggunakan kartu kredit (Visa/MasterCard), Anda bisa membayar biaya sewa perbulan (cicilan 0%) layaknya kost kostan. Sehingga beban pun jadi lebih ringan.

[5] Ada review testimoni dari para pengunanya

Ya ! Jadi di Jendela360, memiliki fitur review/rating dari mereka yang telah menggunakanya. Dengan fitur ini, Anda benar benar bisa mendapatkan apartemen ideal yang cocok dengan Anda berdasarkan para pengguna sebelumnya

[6] Tidak perlu login untuk menyewa apartemen di jendela360

Agar calon penyewa bisa fokus mencari apartemen idealnya, jendela 360 juga tetap bisa di gunakan tanpa harus login akun, sehingga pencarian jadi lebih mudah. Keren sekali, bukan ?

Akhirnya, selesai sudah pembahasan kita kali ini tentang apartemen yang ideal dan gue banget versi saya. Intinya dalam mencari apartemen, kita harus menggali informasi sebanyak mungkin agar unit yang kita sewa benar benar sesuai harapan, sehingga tidak menyesal di kemudian hari. Dan dengan jendela360 beserta keunggulan keunggulanya, mencari apartemen jadi lebih cepat dan lebih mudah.

Oiya, saya juga membuat video edukasi sederhana lho tentang jendela360 untuk Anda semua yang semoga saja bermanfaat [ada di samping kanan]. Terakhir, follow juga sosial media jendela360 untuk update info terbaru darinya pada icon disamping kanan ini. Terimakasih 😀

Referensi

1. Perhatikan Lahan Parkir Jika Ingin Tinggal di Apartemen

https://www.viva.co.id/arsip/853813-perhatikan-lahan-parkir-jika-ingin-tinggal-di-apartemen 2.

2. Vlog

Kevin : https://www.youtube.com/watch?v=lsbCoKREdSM

Edo : https://www.youtube.com/watch?v=jaWiARJiBt8

Sarah : https://www.youtube.com/watch?v=oym_Wd_1dIY

Semua video diatas terangkum dalam link https://jendela360.com/info/apartemen-youtuber/

3. Freepik.com