Pilih Laman

Selain Tahan Air, Inilah 4 Alasan Kenapa Harus Ganti Smartphonemu ke Honor 8X

Dok. Channel Youtube CNTechRoom

Highlight

Honor 8X tetap normal biarpun direndam air selama 2 menit

Layar honor 8X tetap normal biarpun terbakar api

Honor 8X terbukti memiliki performa grafis maksimal saat main game game popular seperti Mobile Legend dan PUBG Mobile

Honor 8X memiliki kamera 20 mp +2 mp dengan kecerdasan buatan

Honor 8X memiliki performa tangguh berkat Chipset terbaru HiSilicon Kirin 710 dan GPU Turbo

Honor 8X memiliki RAM 4GB dan memori internal 128GB plus slot micro SD

Masih teringat jelas waktu itu pas hp (baca : smartphone) saya basah dan gak bisa hidup karena kehujanan. Rasanya tuh jadi emosi sendiri. Bagaimana tidak, di hp tersebut banyak tersimpan dokumen penting seperti catatan dan foto foto yang jumlahnya banyak terkait pekerjaan saya.

Dengan terburu buru, saya pun segera membongkar dan menaruhnya diatas magic com agar komponen dalam hpnya kering. Saya tak berani menyalakanya karena katanya jika smartphone basah tapi di nyalakan, malah bisa berakibat fatal yang beresiko hp mati total.

Saya menaruhnya dari pagi sampe siang sekitar 4 jam-an sampai benar benar kering. Dan Alhamdulillah, hp tersebut hidup lagi, horeeeeeeee.

Jadi ceritanya, saat itu saya sedang mengantarkan Ibu kepasar dan hari itu sedang hujan. saya kira jas hujan yang saya pakai tidak tembus air, dan hp pun saya masukan saja ke saku jas hujan tersebut tanpa rasa khawatir. Dalam perjalanan pulang pergi, mungkin ada sekitar 30 menitan hp saya kebasahan.

Tapi tanpa sepengetahuan saya, ternyata jas hujan tersebut tembus air. Begitu tau hp saya kebasahan, saya pun langsung geger. Huh, menyesal sekali pokonya.

“Kenapa pake acara bawa hp segala sih” pikir saya waktu itu.

Karena biasanya pas musim hujan, hp sering saya tinggal dirumah. Kalaupun di bawa, seringkali saya kantongin plastik biar gak kena air, tapi kebetulan saat itu enggak.

Dan karena kebasahan, kalo gak salah waktu itu saya harus merestart ulang hp tersebut dari awal, dan otomatis data hilang semua. Akun akun sosmed juga log out semua. Mungkin jika hp saya benar benar basah sampai kerendam air secara menyeluruh, hp saya bisa mati total.

Dan sekarang lagi musim hujan, saya gak mau hal itu terulang lagi. Bisa geger lagi entar. Hp kan mahal ! 

Berkaitan dengan hal ini, saya ada gembira nih karena sekarang sudah ada hp (smartphone) canggih yang tahan kerendem air, merknya Honor 8X.

“Ah yang bener?”

Ya bener dong. Jadi smartphone ini sudah di test dan di masukan kedalam air selama 2 menit oleh seorang youtuber luar di channel DURABILITY MARK dan hasilnya tetap normal dan tidak terjadi apa apa. Gak rusak dan gak mempan kena air. Layar sentuhnya masih normal seperti sebelum kena air.

Setelah di angkat, kemudian di pakai untuk memutar musik, dan tetap normal, suara speakernya tetap keras seperti sebelum kena air.

Oiya, untuk pengetesan ekstrem lainya, layarnya juga sengaja di bakar dengan api dan gak ngapa ngapa Sob.  Gak lumer dan touchscreenya tetap normal saja. Udah gitu di baret baret dengan pisau cutter juga tetep kuat. Ah keren banget dah Honor 8X ini.

1] Testing di rendam air selama 2 menit

2] Setelah di angkat layar sentuhnya masih normal

3] Untuk memutar musik juga masih normal

1] Testing layar di bakar dengan api

2] Hasilnya juga masih normal

1] Testing penggoresan layar dengan pisau

2] Hasilnya tidak menunjukan kerusakan berarti karena layar kacanya sangat kuat

Foto : channel Youtube DURABILITY MARK

Hp ini juga semakin kepengin sekali saya miliki, setelah ada pengguna dari Indonesia yang memberikan testimoninya soal testing water dan ketahanan baterainya di youtube. Waow semakin meyakinkan kalau tagline Lampaui Batas dengan Honor 8X yang ada di website Jalantikus memang terbukti benar. 

Testimoni pengguna Honor 8X. Bahkan ada pengguna yang hp nya masuk air selama 10 detik dan tidak apa apa. Sumber testimoni ada di gambar

Dan kalian pasti akan merasakan hal yang sama dengan saya jika hp kalian kecemplung air, iya enggak ? secara, sekarang orang mending ketinggalan dompet daripada hp (smartphone). Karena sekarang hp dianggap jauh lebih penting karena banyak di manfaatkan untuk bekerja.

Nah, dengan fitur next level tersebut, kita gak perlu khawatir lagi jika smartphone kita kebasahan. Dan buat kalian yang setiap hari motoran terutama di musim hujan seperti sekarang ini, Honor 8X ini penting banget untuk di miliki. Dan, selain keunggulan diatas, masih ada 4 alasan kenapa harus memilih Honor 8X.

4 Alasan Kenapa Harus

Ganti Smartphonemu

ke Honor 8X

#Honor8XLampauiBatas

Honor 8X memiliki desain kaca kokoh dan sangat keren. Pada bodinya memiliki detail detail yang membuatnya semakin terlihat mahal padahal cuma 3 jutaan saja. Honor 8X memiliki 2 kilauan warna yang berbeda sehingga membuatnya semakin beda dengan smartphone lain di kelasnya.

“Eh Bro, btw bezel layarnya bisa tipis banget gitu dah ?”

Iya, layarnya merupakan fullview display dengan ukuran 6.5 inch serta memiliki bezel tipis dengan rasio bodi ke layar mencapai 91%, terutama pada bagian dagunya. Dengan begitu, menikmati konten seperti bermain game atau nonton video pun jadi semakin puas.

Udah gitu, ia juga memiliki frame melengkung dan finishing doff sehingga saat di pegang pun lebih mudah dan terasa mantap. Gak bakal kesulitan memegang dengan satu tangan biarpun bodinya besar. Layar Honor 8X ini juga sudah di bekali fitur IPS full HD+ sehingga jika di lihat dari berbagai sudut tetap jelas dan terang.

Desain keren dengan layar fullfiew pada Honor 8X. Dok. https://www.hihonor.com

Pada bagian belakangnya terdapat 2 buah kamera AI, lampu flash, dan fingerprint sensor. Dan untuk logo honornya dibuat menyamping. Untuk fingerprint sensornya posisinya dibuat pas dengan ukuran jari sehingga lebih mudah di jangkau.

Eh Bro, katanya finger printnya banyak manfaatnya ya ?

Iya, finger print ini bisa di pakai untuk membuka notification bar. Caranya hanya dengan menggeser ke atas dan kebawah dengan jari. Jadi gak usah mengusap layar ke atas dan kebawah dari depan seperti smartphone pada umumnya.

Oiya, responya juga cepet lho, dan bisa juga di pakai buat unlock serta mengunci aplikasi atau file rahasia gitu. Untuk membuka layar saat mati juga bisa. Dengan begitu, aktivitas yang erat kaitanya dengan smartphone pun jadi lebih lancar.

Untuk tombol volume dan power ada disini kanan, sementara di sisi kiri atas terdapat slot 2 sim card beserta kartu memori.

Jadi bagi yang kurang puas dengan 128 GB memori internalnya, bisa di tambahin dengan memori eksternalnya. Kurang apa coba ?

Di bagian depan ada lubang kamera 16 mp. Oiya, layarnya juga berponi lho, dan ini unik banget. Tapi jika kurang suka bisa juga di hidden. Sementara Untuk port earphone, charger, dan speaker ada di bagian bawah.

Yang paling keren adalah karena adanya face unlock yang bisa mendeteksi wajah kita di ruang gelap, tapi gak gelap banget yah. Ada juga fitur wake up yang kalau smartphone di angkat dia bisa nyala sendiri. 

Untuk kenyamanan mata, Honor 8X juga memiliki fitur Eye Comfort, sehingga mata tidak cepat lelah saat menikmati konten berlama lama. 

Lalu ada fitur mode malam agar layar lebih mudah terlihat pada kondisi gelap. Kemudian ada tekhnologi layar terang agar layar terang biarpun di bawah cahaya terang seperti di siang hari, yang kesemuanya sudah tersertivikasi TUV Rheinland.

 

Tersertivikasi

TUV Rhendland

Eye Comfort

Mode malam

Untuk melihat di kondisi gelap

Teknologi Layar Terang

Agar lebih jelas

di cahaya terang

Agar mata tak lelah

Berbagai macam keunggulan layar di Honor 8X. Dok. https://www.hihonor.com

Satu lagi nih, Honor 8X bisa menjadi 2 layar. Misal kita sedang main game sambil chat WA, layarnya bisa di bagi 2, seperti ini nih. Keren banget kan ? Berikut penampakanya. 

Honor 8X bisa layar split. Misal satu main game satu chating. Dok. Channel Youtube Droidlime

Honor 8X juga cocok untuk bermain gaming kelas berat. Dok. www.hihonor.com

Honor 8X di bekali Chipset terbaru yaitu HiSilicon Kirin 710. Ada banyak keunggulan yang bisa kalian temukan di Prosesor Kirin 710 ini. Di antaranya yaitu Kirin 710 di bekali kemampuan 4G LTE cat 12 dan cat 13, dimana kedua kategori ini sangat mendukung kecepatan download sampai 600MB/s dan juga mampu tersambung dengan 3 jaringan sekaligus atau 3 Carrier Aggregation.

Kirin 710 juga di klaim bahwa Image Signal Prosesor (ISP) dan juga Digital Signal Prosesor (DSP) yang di milikinya telah di tingkatkan, sehingga mampu menambah kinerja kamera saat kondisi minim cahaya.

Untuk grafisnya, GPU yang di tanamkan pada prosesor ini juga diklaim 1,3 kali lebih kencang dari versi sebelumnya. GPU Turbo adalah sebuah fitur yang berfungsi untuk mempercepat pemrosesan grafis dari intergrasi software-hardware. Tekhnologi ini di klaim dapat meningkatkan efisiensi pemrosesan grafis game sebesar 60% dan mengurangi pemakaian energi Soc (System on Chip ) sebesar 30%. Dengan GPU Turbo, kinerja smartphone pun menjadi lebih halus dan cepat. 

Menurut sebuah pengujian yang di lakukan oleh channel Youtube droidlime dan juga pizza gadget, Honor 8X juga berjalan mulus saat menjalankan game Mobile Legends dan PUBG Mobile karena sudah support high frame rate. Dan pilihanya grafisnya juga HD. Dan saat di gas pun performanya terasa lancar. Ini di karenakan GPU Turbo yang bisa ngebooster kualitas grafis, sehingga performa game pun semakin lancar.

Oiya, saat main game, Honor 8X juga memiliki fitur game acceleration dan don’t disturb untuk menonaktifkan notifikasi yang masuk, sehingga bermain game pun jadi gak keganggu. Dan dengan RAM 4GB dan penyimpanan 128 GB plus memori eksternalnya seperti diatas saya tuliskan, performa Honor 8X pun semakin banter dan ngebut.

Honor 8X cocok sekali untuk bermain kelas berat karena di bekali GPU Turbo. Dok. Channel Youtube Droidlime

Untuk OS nya, Honor 8X sudah dibekali Android Oreo 8.1 dengan EMUI 8.2. OS ini  membuat pengalaman menggunakan Honor 8X jadi lebih cepat dan menyenangkan. Fitur keren lain dari OS ini yaitu seperti perbaikan pada fitur WiFi. Yaitu karena kita bisa menemukan jaringan wifi tercepat di sekitar kita. Selain itu, ada banyak perbaikan yang di lakukan pada OS ini, seperti perbaikan pada informasi baterai, sensitivitas layar sentuh, peningkatan audio saat perekaman, dan banyak lagi yang lainya.

Honor 8X juga di bekali kamera AI (artificial intelegent) atau kecerdasan buatan dengan resolusi 20 mp + dengan aperture 1.8 dan 2 mp dengan depth sensor yang di tempatkan pada bagian belakangnya. Dengan fitur AI ini, bisa mengenali 22 kategori dan 500 skenario agar foto semakin optimal.

Kamera AI pada Honor 8X. Dok. https://www.hihonor.com

Yang paling menarik adalah karena kamera Honor 8X ini memiliki Night Mode yang akan membuat hasil foto lebih terang saat malam. Fitur ini mampu memperbaiki kualitas foto yang kurang baik menjadi jauh lebih baik karena mampu menaikan detail foto di area gelap serta mampu mengangkat kecerahan dan warna gambarnya, sehingga hasil fotonya lebih enak untuk lihat. 

Sementara bagian depanya dilengkapi kamera 16 Mp. Kamera ini di sematkan fitur peningkatan ISO dan juga perpaduan pencahayaan four in one (4 in 1). Di tambah fitur pengolahan foto multi frame, sehingga foto yang di tampilkan lebih menarik dan mempesona dengan efek bokeh. 

Kamera selfie 16 MP pada Honor 8X. Dok. https://www.hihonor.com

Ada juga fitur Super Night Shot yang berfungsi mengurangi efek getaran tangan pada foto long exsposure serta mendukung system stabilisasi multi frame. Selain itu, efek blur (bokeh) juga bisa di atur, baik sebelum memotret ataupun setelah objek di potret. 

Fitur Super Night Shot pada Honor 8X. Dok. https://www.hihonor.com

Untuk hasil foto foto nya bisa di lihat pada gambar bawah ini :

Hasil foto menggunakan Honor 8X mode AI. Dok. Jalantikus

Fitur fitur lainya yaitu ada AI Sport Shot untuk menangkap objek bergerak dengan lebih baik. Sedangkan untuk kualitas video, Honor 8X bisa merekam dengan resolusi hingga 60 fps. Ada juga fitur video slow motionya untuk membuat video video dramatis gerak lambat dengan frame rate dari 120 – 480 fps. Udah gitu fokus gerakannya juga bisa di pilih, baik itu auto ataupun manual.

Fitur Slow Motion untuk membuat video gerak lambat

AI Sport Shot untuk menangkap objek bergerak dengan lebih baik

Fitur slow motion pada Honor 8X. Dok. https://www.hihonor.com

Honor 8X memiliki baterai yang cukup besar yaitu 3750 mAh yang bisa kuat seharian. Lama pengecasan hingga full memakan waktu 2 jam 30 menit mulai dari 10%.

Kalau menurut pengujian yang di lakukan oleh youtuber Wisnu Kumoro, pemakaian berat seperti bermain game dan edit video secara nonstop bisa tahan sampai 13 jam dengan sisa baterai 20%. Wah awet juga ya ? Dan mungkin jika pemakaianya santai, bisa tahan sampai satu setengah hari. Dan berikut spesifikasinya.

Spesifikasi Honor 8X

Layar Fullview 6.5 Inch

Biru, Merah, Hitam

gsm/cdma/hspa/LTE

Prosesor Kirin 710

20 MP AI + 16 MP Selfie

RAM 4GB - 128 GB + Mc. SD

3750 mAh

Android Oreo 8.1

Bodi kaca mengkilat & kuat

GPU Turbo

Kesimpulanya, dengan segudang fitur yang bisa melampaui batas pada Honor 8X, smartphone ini sangat layak untuk di miliki. Terutama buat kalian yang sering motoran di musim hujan seperti sekarang ini karena Honor 8X tahan air.

Apalagi di tambah dengan prosesor Kirin 710 & GPU Turbo plus RAM 4GB serta memori internal 128 + slot micro SD nya, membuatnya semakin tangguh dan kuat. Jadi, tunggu apalagi, yuk miliki Honor 8X sekarang. 

Artikel ini di ikutsertakan dalam kompetisi blog Honor 8X vs Jalantikus. Klik disini untuk info selengkapnya

Referensi penulisan

Video :

1] TeknoLoGue > https://www.youtube.com/watch?v=cZRLo6CVl5c
2] DURABILITY MARK > https://www.youtube.com/watch?v=3Ve8hU_3I9E
3] CNTechRoom > https://www.youtube.com/watch?v=4xqHjMHMKUQ
4] DroidLime > https://www.youtube.com/watch?v=cZRLo6CVl5c
5] PizzaGadget > https://www.youtube.com/watch?v=TEpMCf6yc8k
6] TechSuma > https://www.youtube.com/watch?v=vD0NPQ2ybos

Artikel :

1] https://yangcanggih.com/2018/07/19/huawei-perkenalkan-kirin-710-soc-12nm-untuk-smartphone-kelas-menengah/

2] https://club.hihonor.com/id/thread.3600

3] https://inet.detik.com/consumer/d-4118878/gpu-turbo-diklaim-bikin-ponsel-honor-jadi-ngebut

4] https://www.indo-blogger.com/2017/12/fitur-baru-android-81-oreo-menarik.html

5] https://kopas.id/fitur-android-8-1-yang-harus-anda-ketahui/

Grafis
1] Freepik