Sayur dan Buah

Berkualitas Tinggi

untuk Hidup Lebih Sehat

Kita semua pasti setuju jika semua hal yang berkualitas pasti akan menghasilkan sesuatu yang berkualitas pula, iya enggak ? Semisal kita mengkonsumsi sayuran atau buah berkualitas, tubuh pun jadi lebih sehat karena buah dan sayuran tersebut lebih bernutrisi. Dan tentunya dari soal rasa juga sudah pasti lebih segar dan nikmat. Buah pepaya yang tumbuh dari benih unggul pasti lebih segar dan nikmat dibanding buah pepaya yang tumbuh dari benih biasa, setuju ?

Sebagai contoh saja ya, tapi bukan dalam jenis buah atau sayur sayuran, melainkan padi yang merupakan makanan pokok sehari hari. Jadi saya ini selalu menanam padi setiap tahunya karena saya hidup dari keluarga petani. Setiap kali menanam benih padi, saya memilih benih padi unggul yang saya beli di toko pertanian. Benih padi unggul merupakan benih padi pilihan yang telah melalui serangkaian proses ketat agar hasil panen melimpah.

Dari benih unggul ini, padi yang tumbuh pun lebih berkualitas. Batang pohonya lebih kuat, pertumbuhanya lebih cepat, lebih tahan hama, dan rasa nasinya pun lebih enak. Tapi begitu saya menanam padi dari benih biasa, hasilnya pun tidak lebih baik dari benih padi unggul. Kalau saya mat matin sih begitu. Karena pastinya, semua jenis benih atau bibit unggul berkualitas, hasilnya juga pasti berkualitas. Dan tentunya di barengi perawatan tanaman yang baik agar hasilnya maksimal.

Sama halnya dalam jenis sayur sayuran atau buah buahan. Bibit unggul dapat menghasilkan buah atau sayur yang berkualitas pula. Lalu, seperti apa sih ciri ciri buah dan sayur berkualitas tinggi. Oke, berikut adalah ciri ciri buah atau sayur berkualitas. Dalam hal ini saya menggunakan 4 contoh buah dan sayur.

1] Tomat

Untuk buah tomat, menurut sepengetahuan saya, tomat berkualitas adalah tomat yang tidak gampang lembek atau penyok. Jadi jika di pegang buah tomatnya lebih keras walaupun warna merahnya terkesan lembek dan gampang penyok, tapi enggak. Tidak heran jika buah tomat jenis ini banyak di sukai pembeli karena lebih tahan lama. Para pedagang pun sama karena tomat ini lebih awet, sehingga bisa bertahan berhari hari untuk di jual.

Buah tomat jenis ini rasanya lebih segar, dan ukurannya pun cenderung lebih besar serta bentuknya juga cenderung bulat dan menarik. Walaupun harganya lebih mahal, tapi kualitas juga tak mengecewakan. Berbeda dengan buah tomat biasa yang gampang lembek dan mudah busuk. Sehingga kurang bisa bertahan lebih lama. Buah tomat ini berasal dari benih unggul, sehingga kualitas buahnya pun lebih bagus.

Tomat kualitas tinggi. Dokpri

Tomat kualitas biasa. Dokpri

Kangkung darat. Dok. http://urbanina.com

Kangkung darat banyak digunakan di rumah makan atau restoran untuk membuat masakan seperti cah kangkung, kangkung cumi, dan lain sebagainya, karena rasanya memang lebih enak. Kangkung darat tumbuh dari benih unggul yang memang sengaja dibuat.

Sedangkan kangkung air tumbuhnya di rawa rawa atau persawahan. Kangkung air ini memiliki batang yang lebih besar, lebih keras dan rasanya tidak lebih enak dari kangkung darat.

Kangkung air menurut sepengetahuan saya, tidak di tanam dari bibit khusus seperti kangkung darat. Melainkan dari lanjaran kangkung yang di tancap begitu saja di tanah gembur kemudian di beri pupuk, lalu tumbuh kemudian pas masanya tiba bisa di panen.  Saya sendiri lebih memilih kangkung darat karena kualitasnya lebih baik dan rasanya lebih enak. 

2] Kangkung

Sepengetahuan saya, ada 2 jenis kangkung yang sering saya bikin sayur di rumah. Yaitu kangkung darat dan juga kangkung air.

Kangkung darat adalah kangkung yang batang dan daunnya berukuran kecil, teksturnya lebih lentur dan dagingnya lebih empuk, serta rasanya pun lebih enak di banding kangkung air. Dari pangkal hijau ujung hampir terpakai semua. 

Kangkung darat tumbuh di daratan. Saat akan di masak, kangkung darat lebih cepat matang sehingga tak banyak memakan gas atau api.

Kangkung Air. Dokpri

3] Durian

Tetangga saya banyak yang menanam durian. Mereka menanam dengan mengambil bibit yang berbeda beda. Ada yang menanam dari bibit yang awalnya merupakan biji durian yang sengaja di tanam, ada juga yang menanam dengan membeli bibit unggul di penjual bibit tanaman.

Perbedaan dari keduanya adalah bahwa durian yang berasal dari bibit yang sengaja di tanam (bukan bibit unggul), berbuahnya sangat lama. Ada 1 pohon durian milik tetangga saya yang baru berbuah setelah sekian puluh tahun. Buahnya kecil dan rasanya mungkin kalah jika di banding buah durian bibit unggul.

Durian biasa yang tumbuh bukan dari benih/bibit unggul. Dokpri

Durian unggul yang tumbuh dari benih/bibit unggul. Dokpri

Sedangkan tetangga saya yang lainya menanam buah durian dari bibit unggul. Dan hanya menunggu sekitar 3 tahun saja sudah berbuah banyak dan ukurannya sangat besar, bahkan hampir sebesar buah nangka. Padahal umumnya durian tidak sampai sebesar itu.

Udah gitu katanya rasanya juga lebih enak, belum pernah coba sih. Yang lebih menarik lagi, karena usianya yang baru 2 tahunan, otomatis ukuran pohonya belum terlalu tinggi, hanya sekitar 5 meteran, tapi sudah berbuah lebat. Berbeda dengan bibit biasa, karena usia berbuahnya yang sangat lama, rasanya juga beda, tinggi pohonya pun sampai puluhan meter baru berbuah.

4] Jagung

Dulu saya sering sekali menanam jagung. Namun benih jagung yang di tanam bukanlah benih unggul karena berasal dari jagung yang dipetik kemudian di diamkan lalu ditanam. Hasilnya, bonggol jagungnya kecil dan bijinya juga sedikit. Sudah gitu batang pohonya tidak kokoh dan mudah roboh. Jika kena angin atau hujan gampang sekali roboh.

Beda sekali dengan pohon jagung yang di tanam dari benih unggul. Karena ukuran batangnya tinggi dan kekar, buahnya pun besar dan jumlah bonggolnya dalam 1 pohon pun lebih banyak. Dan otomatis hasli panennya juga lebih banyak.

Jagung berkualitas tinggi. Dokpri

Jagung tidak biasa/rendah. Dok. Jawa Pos Radar Kediri

Dari penjelasan diatas, kita sudah tau bahwasanya buah dan sayur berkualitas tumbuh dari benih berkualitas, yaitu bibit unggul pilihan. Dan sesuai dengan judulnya, kita akan membahas manfaat buah dan sayur untuk tubuh kita. Dalam penjelasanya saya juga menggunakan ke 4 jenis buah dan sayur di atas.

MANFAAT BUAH

DAN SAYUR

UNTUK KESEHATAN

1] Tomat 

Menurut kalian, tomat itu buah atau sayur ? pasti pada bingung nih hehehe. Menurut website alodokter, tomat termasuk dalam buah buahan, namun sering di sangka sayuran. Manfaat tomat itu sendiri ada banyak sekali, di antaranya

a] Menurunkan berat badan

Tomat merupakan buah yang rendah kalori, rendah karbohidrat, dan juga rendah lemak. Biarpun begitu, tomat kaya akan nutrisi penting untuk menjaga berat badan. Artinya, buah tomat sanga baik bagi Anda yang sedang diet untuk menurunkan berat badan Anda

b] Memelihara kesehatan mata

Tomat banyak sekali mengandung vitamin A, dimana seperti kita tahu, vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Manfaat lain dari tomat yaitu karena dapat menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga kesehatan kulit, mencegah sembelit, baik untuk penderita diabetes, dan lain sebagainya.

c] Mencegah kanker

Di dalam buah tomat banyak terdapat antikoksidan seperti likopen, karotenoid, polifenol, yang dapat mencegah rusaknya DNA didalam sel akibat pengaruh radikal bebas penyebab penyakit kanker. Karena dapat mencegah penyakit kanker, tomat juga di duga dapat mencegah jenis kanker lainya, seperti kanker prostat dan kanker kolorektal.

Namun dugaan tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, karena berbagai penelitian yang sampai saat ini di lakukan masih belum memberikan data yang konsisten. Intinya mengkonsumsi tomat baik untuk kesehatan

“Singkatnya, tomat tomat bermanfaat untuk menurunkan berat badan, memelihara kesehatan mata, dan mencegah kanker”

2] Kangkung

Kangkung yang kita makan sehari hari ternyata banyak sekali manfaatnya. Selain kaya akan vitamin A seperti tomat di atas, kangkung juga memiliki khasiat antiradang yang sangat ampuh. Gejala peradangan biasanya di tandai rasa nyeri dan bengkak pada bagian tubuh. Hal ini sudah di buktikan melalui sebuah penelitian dalam Research Journal of Pharmaceutical, Biological and Chemical Sciences tahun 2010.

Dalam penelitian tersebut, kangkung diketahui ampuh untuk melawan peradangan yang diakibatkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus dan Bacillus subtilis. Bakteri tersebut dapat menyebabkan penyakit MRSA, bintitan serta keracunan makanan.

3] Durian

Durian yang terkenal akan bau dan durinya, ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Di antaranya karena mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan itu sendiri merupakan zat yang dapat melindungi kita dari serangan radikal bebas penyebab penyebab penyakit kanker dan jantung.

Dalam 1 ons buah durian, mengandung sekitar 4 gram serat, 1,5 gram protein, 5 gram lemak, kemudian ada vitamin A sebanyak 44 IU, vitamin C sekitar 20 mg, magnesium 30 mg, fosfor 39 mg, dan mineral mineral lainnya. Oiya, durian juga kaya akan karbohidrat yang merupakan sumber energI bagi tubuh. Dengan kandungan tersebut, di percaya memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh kita.

4] Jagung

Seperti layaknya durian, ternyata jagung juga kaya akan antioksidan. Selain dapat melawan radikan bebas penyebab penyakit kanker, manfaat lain dari kandungan antioksidan dari jagung yaitu untuk kesehatan kulit sekaligus dapat melindungi kulit dari efek negative radikal bebas. Selain itu, jagung yang di rebus juga dapat menurukan kadar asam urat dalam tubuh sekaligus membuat persendian tulang lebih bersih dari Kristal asam urat.

Nah, itulah manfaat buah dan sayur untuk kesehatan tubuh kita. Sebenernya ada banyak sekali manfaat buah dan sayur yang sehari hari kita konsumsi, tapi saya tidak mungkin menuliskan semuanya. Karena 500 lembar halaman word pun tidak akan cukup.

Oiya, diatas tadi saya banyak membahas benih unggul untuk menghasilkan sayuran dan buah yang lebih berkualitas. Dan bersama ini saya juga akan memperkenalkan kepada kalian produsen bibit unggul ternama dari PT. East West Seed Indonesia atau disingkat Ewindo.

Ewindo adalah perusahaan benih sayuran terpadu di Indonesia yang memproduksi dan menghasilkan benih atau bibit unggulan melalui kegiatan pemuliaan tanaman. Visi dari Ewindo adalah Ewindo percaya bahwa benih sayuran berkualitas akan berujung pada kualitas hidup yang lebih baik. Seperti di atas saya terangkan. 

“Benih sayuran berkualitas akan berujung pada kualitas hidup yang lebih baik”

Dalam pengembanganya, Ewindo memiliki tenaga ahli proffesional yang sudah berpengalaman di bidang pemuliaan tanaman dan perbenihan. Hasil penelitian dan pengembangan ini, diproduksi, diproses, dikemas dan dipasarkan ke petani Indonesiadengan merk dagang CAP PANAH MERAH.

Sudah 2 dekade lebih Ewindo selalu setia menyediakan benih sehat berkualitas dengan kemurnian genetika tinggi dan memiliki daya kecambah yang baik sesuai dengan permintaan konsumen, demi hasil panen berkualitas untuk para petani.

Ada banyak sekali benih sayuran yang bisa kalian temukan di Ewindo seperti bayam, wortel, kembang kol, seledri, caisim, jagung, ketimun, terong, buncis, kangkung, selada, melon, cabe, labu, tomat, semangka, kacang panjang, dan lain sebagainya.

Berbagai macam benih sayur dan buah di Ewindo. Dokpri

Seperti beberapa waktu yang lalu, Ewindo baru saja berhasil meluncurkan benih kacang hijau berkualitas varietas VIMA 1. Benih kacang hijau ini merupakan hasil seleksi dari BALITKABI (Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi).

Benih ini memiliki keunggulan yaitu umur genjah, panenya serempak, dan potensi hasil panennya juga tinggi. Selain itu, benih jenis ini juga tahan terhadap hama embun tepung yang umumnya menjadi hama kacang hijau.

Peluncuran Benih Kacang Hijau varietas VIMA 1

Di harapkan jika produktivitas kacang hijau mengalami peningkatan dan memiliki kualitas tinggi, maka akan berdampak positif bagi pada peningkatan konsumsi nasional dan juga membantu dan mendukung dalam pemenuhan gizi masyarakat yang sejalan dengan program pemerintah.

Kesimpulan

Sayuran dan buah buahan itu sangat sangat penting untuk di konsumsi karena memberikan banyak manfaat baik bagi tubuh. Namun pastinya sayuran dan buah buahan dengan kualitas tinggi memiliki kandungan nurtrisi terbaik untuk tubuh kita. sehingga tubuh lebih sehat dan kualitas hidup pun jadi lebih baik, karena memang itulah misi Ewindo. Sehat itu murah, kalau sudah sakit baru mahal karena harus membayar obat, betul ? Terakhir, follow sosmed Ewindo pada tombol di bawah ini untuk update info terbaru darinya, terima kasih. 

Sumber referensi artikel

1] https://www.alodokter.com/9-manfaat-tomat-buah-yang-disangka-sayur.html
2] https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-kangkung-buat-kesehatan/
3] https://www.alodokter.com/ini-manfaat-durian-bagi-kesehatan-tubuh
4] https://doktersehat.com/manfaat-jagung-bagi-penderita-asam-urat/
5] https://doktersehat.com/jagung-manis-untuk-kesehatan-kulit/

Share This