Cerita Tentang Semangatku Belajar Gitar Bersama Bukalapak

La la la la la la la....

Orang rajin berotak biasa bisa mengalahkan orang pintar dan cerdas. Dok. triwahyudi.com

Banyak orang bilang, orang rajin bisa mengalahkan orang pintar. Orang tekun dengan kemampuan berpikir rendah atau sedang, namun jika ia tekun, giat, ulet, dan pekerja keras, maka ia pun bisa mengalahkan orang pintar dan cerdas berIQ tinggi. Yups, itu benar sekali.

Maaf bukanya lagi sombong. Tapi beruntunglah karena saya termasuk dalam kategori rajin, giat, tekun, ulet, dan pekerja keras.

Tapi dibalik itu, ternyata saya memiliki kekurangan, yaitu karena saya termasuk orang dengan kemampuan berpikir sedang bahkan rendah. Saya ini tidak sepandai teman teman yang mudah paham jika dikasih tahu sesuatu. Saya baru bisa menangkap dan memahami suatu hal setelah di ulang-ulang dan dicoba berkali kali. 

Terkadang saya mengeluh tentang hal ini. “Ya Tuhan, kenapa hal sepele saja saya tidak bisa paham, berarti saya ini bodoh sekali”

Pernah waktu itu pas saya kerja disebuah rumah makan, seorang teman menjelaskan tentang perhitungan sederhana untuk menu gurame yang cara bayarnya dengan takaran per ons. Dan saya tidak bisa memahaminya, padahal itu sangat mudah karena teman teman lain pada paham. 

Karena tidak paham, saya pun bertanya ke teman yang tahu. Tapi karena tidak juga paham, teman saya sampai kesel, dan sampai sekarang saya masih tidak paham.

“Ya Tuhan, kenapa diriku bodoh sekali, barang sepele saja tidak paham”. Gumamku waktu itu.

diriku yang kadang mengeluh karena kelemahanku. Dok. www.pixabay.com

Dan seperti di atas saya tuliskan, dibalik kelemahanku itu ternyata saya memiliki kelebihan yaitu karena saya ini orang yang cukup rajin.  Tahun 2004 lalu sewaktu saya masih sekolah, saya sedang semangat semangatnya belajar gitar. Karena sekolah masuk sore, maka waktu pagi saya manfaatkan untuk belajar bermain gitar.

Setiap pagi sebelum berangkat sekolah, saya selalu rutin berkunjung ke rumah teman untuk belajar bermain gitar karena saya tidak punya gitar sendiri. Karena ingin sekali bisa, saya pun sangat bersungguh sungguh dalam belajar. Biarpun gitar dapat dari meminjam, dan meminjamnya pun harus dirumah teman dan tidak saya bawa pulang, tapi saya niat sekali untuk bisa. Setiap pagi saya rutin berkunjung ke rumah teman untuk belajar gitar. Dan itu saya lakukan secara konsisten dalam waktu yang cukup lama. 

Buku buku lagu yang berisi lirik dan kunci kunci gitar pun saya beli. Bukan hanya satu atau dua, tapi saya punya banyak sekali. Mungkin ada 20 lebih. Belum yang sudah sobek dan terbuang.

Karena saya termasuk orang kreatif, buku buku yang sudah lecek dan usang karena terlalu sering dipakai, saya gabungkan dan saya fotocopy kemudian di jilid. Alhasil saya jadi punya banyak koleksi buku lagu agar belajar bermain gitar semakin semangat.

Grup Band populer saat itu seperti Peterpan dengan judul lagu populernya yaitu “Mimpi yang Sempurna”, “Menunggumu”(Peterpan feat alm. Chrisye), “Topeng”, “2 DSD” dan lain sebagainya. Lagu lagu tersebut sering saya pelajari karena kuncinya mudah.

Waktu itu belum kenal youtube karena saya belum kenal internet. Cara saya mempelajari kunci kuncinya yaitu melalui buku khusus cara bermain gitar. Jadi selain buku lagu, saya juga punya beberapa buku khusus tekhnik bermain gitar tersebut.

Buku lirik lagu beserta kuncinya yang  tenar di tahun 2000 an. Dok. https://www.kaskus.co.id/thread/58beffb5d675d435768b4569/7-kunci-lagu-populer-indonesia-tahun-2000an-buat-belajar-gitar/

Gitar di rumahku yang menjadi saksi waktu belajar dulu, sudah banyak yang njeblag tripleknya. Dokpri

Karena saya termasuk orang dengan kemampuan berpikir sedang, maka dalam belajar pun saya agak mengalami kesulitan. Untuk paham kunci dasar seperti D, Em, atau G saja saya perlu waktu lebih. Belum lagi tekhnik penggenjrenganya yang setelah sekian lama baru bisa saya pahami.

Tapi karena saya rajin belajar, lama lama saya pun bisa. Mungkin jika di hitung, ada sekitar 1 tahun saya rajin dan terus terus terus Belajar Gitar.  Pokonya motivasi saya yaitu biar bisa bermain gitar. Kalau orang lain bisa, saya juga bisa dong. Walaupun hanya dari buku buku saja.

Karena saking semangatnya Belajar Gitar, saya sampai bisa menstem gitar dengan nada yang saya buat sendiri. Untuk jumlah gitar yang terpakai, mungkin sudah habis 4 gitar yang terpakai sampai rusak. Dan disamping adalah gitar terkahir milik Adik saya yang menjadi saksi pas belajar dulu. 

FYI : Stem adalah tekhnik mengurutkan nada dari rendah ke tinggi. Dari senar terkecil paling bawah dengan nada E kecil sampai senar 6 paling atas dengan nada E besar.

Saya pun heran, karena hasil steman gitar dengan cara saya ini tidak jauh berbeda dengan orang lain yang sudah mahir. Karena sudah agak PD an bisa bermain gitar, saya pun jadi sering sewa rental musik dengan teman teman saya. Waktu itu harga perjamnya 10 ribu rupiah.

Nah, karena keuletan dan ketekunan saya dalam belajar bermain gitar, akhirnya saya bisa mengiringi sebuah lagu tanpa melihat kunci di buku. Dan saya pun jadi mulai paham mengenai nada nada dalam bermain gitar. 

Itulah cerita saya saat bermain gitar. Dari sini terbukti bahwa orang dengan kemampuan sedang bahkan rendah, bisa mengalahkan orang cerdas dengan IQ tinggi asalkan ia rajin dan tekun.

Buat kamu yang mungkin seperti saya, yakinlah bahwa dengan niat, usaha, dan kerja keras, sesuatu yang mustahil bisa menjadi mungkin dan sangat mungkin. Apapun itu.

Lain dulu lain sekarang, karena sekarang Belajar Gitar sangat mudah dilakukan. Jika dulu Belajar Gitar menggunakan buku buku lagu, sekarang bisa memanfaatkan youtube atau tutorial lainya yang banyak tersebar di internet. Sehingga mereka yang tidak maksudan seperti saya, jadi sangat terbantu dengan adanya media seperti ini.

Dan sekarang saya akan berbagi sedikit ke kalian bagaimana sih bermain gitar itu ? Oke, sekarang kita akan mulai belajar gitar, berikut adalah kunci dasar bermain gitar yang perlu Anda ketahui.

Sebelum belajar gitar, akan lebih baik jika Anda memiliki gitar sendiri, bukan dari meminjam. Karena dengan memiliki gitar sendiri, Anda bisa bebas bermain kapan saja dimana saja.

Belajar gitar kalau sudah mulai bisa itu menyenangkan. Jika sudah mulai paham, biasanya seseorang akan selalu memainkankanya karena merasa usaha yang dilakukanya mulai membuahkan hasil, seperti yang dulu saya lakukan.

Pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami kunci dasarnya. Menurut pengalaman, kunci Em, Am, C, G dan D paling sering digunakan karena paling mudah. Cobalah untuk menghapal kunci tersebut sampai benar benar paham.

Untuk gitarnya, jika misal jari Anda pendek, bisa pilih gitar seperti punyaku ini, sehingga senar senarnya mudah di jangkau. Jika jari Anda besar dan panjang, bisa pakai gitar besar pada umumnya.

Setelah hapal dan paham dengan kuncinya, barulah belajar perpindahan kuncinya, semisal dari C ke G, lalu D, kemudian ke Em, dan seterusnya. Saya dulu juga begitu. Setelah perpindahan kunci bisa dilakukan dengan lancar, selamat, Anda sudah mulai bisa memainkan sebuah lagu.

Langkah berikutnya yaitu belajar menggenjreng. Menggenjreng yaitu gerakan memukulkan (menggesekan) jari kita ke senar gitar dengan pola tertentu.

Sebagai contoh jika di samakan dengan pukulan drum bisa berbunyi “dug tak dug, dug tak dug dug, tak dug, dug tak dug”. Atau jika Anda pernah mendengar bunyi orang menabuh bedug saat idul fitri, pola seperti itu juga bisa di terapkan saat menggenjreng gitar. Dalam bermain gitar, pola tersebut di namakan nggenjreng.

Setelah itu, Anda bisa belajar memahami nada. Dengan memahami nada, maka Anda tidak perlu lagi melihat atau mencontek kunci gitar di buku atau video. Semisal nada E bunyinya melengking, kemudian nada F agak besaran dikit, nada G lebih gede lagi, dan seterusnya.

Dulu saya juga gitu. Setiap hari saya bermain gitar dengan mencontek kunci. Namun lama kelamaan saya mulai paham dengan nada setiap kunci, jadi tidak perlu atau tidak terlalu sering mencontek kuncinya.

Dan jika Anda sudah paham soal nada, selamat, sampai di titik ini berarti Anda sudah paham dengan konsep dasar bermain gitar. Selanjutnya tinggal menghapal kunci dan memahami setiap nada.

Sebagai latihan saya punya contoh lagu dari koleksinya lagu pop lawas karya grup band Peterpan berjudul “Mimpi yang Sempurna. Berikut di samping kunci gitarnya. 

Oiya, cara membaca kunci gitarnya, setiap kata berhuruf besar balok berwarna biru, itu artinya perpindahan kunci. BIla berarti di BI nya harus di pencet kunci Em. Atau NYA di lirik bertaNYA berarti harus di tekan kunci G, dan seterusnya.

Atau jika kalian merasa kesulitan, saya juga sudah membuat videonya. Dengan video ini kalian mungkin akan lebih mudah belajar gitar, karena dalam videonya saya tampilkan juga kunci dan liriknya. Silahkan di tonton. 

Kunci gitar spesial dari saya agar Anda mudah belajar gitar. Infografis by Amir Mahmud. Gambar pendukung by freepik.com

 

Berbicara soal bermain gitar, saya akan #BukaReview mengenai gitar mini yang saya beli di BukaLapak. Gitar ini beda dari gitar lainya, karena bentuknya kecil, hampir sama dengan gitar ukulele tapi agak besaran dikit, tapi memiliki 6 senar. Sedangkan ukulele hanya terdapat 3 atau 4 senar.

Gitar jenis ini sering di pakai Budi Doremi saat menyanyikan lagu lagu miliknya. Saya dari dulu seringnya main gitar akustik yang besar. Tapi karena sudah bosan, saya ingin mencoba gitar akustik kecil karena sepertinya sangat menarik untuk di coba. 

Saya membeli gitar ini seharga Rp 144.200,- di BukaLapak. Saya beli dari UKM yang memang bergelut di usaha pembuatan gitar.  Gitar ini dikirim dari Magelang, tapi produksinya dari Yogyakarta. 

Sebelum membelinya, saya banyak melakukan riset dengan memilih milih karena yang menjual banyak sekali. Saya pilih dari pelapak ini karena dilihat dari feedbacknya biarpun cuma sedikit tapi bagus. 

Selain barangnya berkualitas, packingnya juga menggunakan kayu, bukan kardus atau busa sterofoam, jadi lebih kuat dan aman saat dalam perjalanan.

 

Dan benar saja, saat packing kayu saya buka, gitar mini dengan warna merah bercampur hitam kemudian saya ambil. Finishingnya cukup bagus. Catnya mengkilat dan halus. Bahanya dari triplek tebal dan sangat kuat. Leher atau peganganya pun kokoh. Bodi belakangnya pun halus dan rapih sekali. Sambunganya ditutup dengan lakban hitam kemudian lapisi semprotan halus, sehingga lakban tidak timbul karena tertutup semprot finishing.

Fretnya juga rapih dan berwarna emas. Kupingan dan gear-gear untuk menstem pun terpasang rapih dan kuat. Senarnya merupakan senar string seperti umumnya senar gitar akustik. Untuk menstemnya pun cukup mudah, sama dengan gitar pada umumnya. Sedangkan untuk suaranya juga cukup bagus. Jika di simpulkan, secara keseluruhan gitar mini ini cukup bagus, berkualitas dan layak jual.

Dan menurut saya harga Rp 144.200 di tambah ongkos kirim Rp 55.000,- ke daerah saya Kebumen Jawa Tengah, di potong kode voucher senilai 15.000,- jadinya Rp 40.000,-, itu sangat murah, mengingat kualitas yang di berikan. Belum lagi paking dari kayu yang membuatnya sangat aman saat dalam perjalanan. Tidak heran karena barang sampai dengan selamat tanpa ada lecet atau tergores suatu apapun.

Kayu papan 1 buah dengan panjang 1.5 meter saja harganya Rp. 15.000,- di tempat saya, itu pun dulu. Sementara kayu yang di gunakan untuk mempacking gitar ini sepertinya membutuhkan lebih dari 1 papan. Belum pakunya. Menurutku harga segini sangat sangat murah, bener. Dan berikut review gitar dari saya. 

1] Paketan sampai dirumah saya dengan waktu cepat dan pakingnya kuat

2] Tebal papan kayunya sekitar 1 cm, jadi lebih aman

3] Penampakan lebih jelasnya, sampai sulit di buka

4] Paking dibuat ngepres dan dikasih bantalan biar gak goyah/kesenggol

5] Tampilanya sangat keren

6] Dari depan juga sangat keren

7] Catnya mengkilat dan halus, finishingnya rapih sekali

8] Bagian sampingnya juga mengkilat dan rapih

9] Pemasangan kupinganya juga rapih dan kuat

10] Kepalaanya juga rapih dan kokoh

11] Pemasangan logam kupinganya juga kuat

12] Menggunakan senar string dan suaranya juga lumayan bagus

Dan karena barang yang saya terima bagus, berkualitas, murah, paking kuat, dan pengiriman juga cepat, maka sayapun memberi rating 5 bintang.

Dan untuk review lainya di tunjukan pada bar counter di bawah ini.

  • Suara 80% 80%
  • Material 80% 80%
  • Finishing 75% 75%
  • Packing 95% 95%
  • Harga 80% 80%

Bagaimana, keren sekali bukan ? Nah, bersama ini saya juga ingin berbagi tips saat membeli gitar online di BukaLapak, Simak baik baik yah. 

3 Tips Belanja Online

Gitar di Bukalapak

1] Tentukan Kebutuhan2] Pilih lapak dengan rating bagus3] Manfaatkan Diskon Ongkir

1] Tentukan Kebutuhan

Saya ini sudah sering sekali memainkan gitar umum dengan bodi besar. Karena ingin sesuatu yang beda, maka saya membeli gitar kecil namun dengan senar 6.

Maka dari itu saya membeli gitar kecil ini karena inilah kebutuhan saya, tapi buka gitar ukulele yang senarnya cuma 3 atau 4.

Sebelum membeli, budayakan membaca deskripsi agar bisa tahu tentang gitar yang akan di beli. Jangan sampai terjadi, karena niatnya ingin beli gitar besar, tapi karena kurang jeli dan tidak membaca deskripsi, yang di beli gitar kecil, ataupun sebaliknya.

Mengapa ini penting ? karena ada beberapa pembeli keliru. Di pikirnya gitar besar, begitu barang sampai, eh ternyata gitar kecil.

Semisal masih bingung setelah membaca deskripsi, bisa chat langsung penjualnya biar jelas. Jangan lupa juga untuk memberikan catatan, misal warna gitar, jenis pengiriman, dan lain lain.

Seperti yang saya lakukan, kemarin saya menyemetkan pesan bahwa saya menginginkan gitar dengan warna hitam merah, dan sampailah gitar dengan warna tersebut.

2] Pilih lapak dengan rating bagus

Rating bagus menunjukan bahwa lapak tersebut merupakan recomended seller. Kemarin pas saya memutuskan untuk membeli gitar ini, saya melihat cuma ada 5 ulasan namun dengan 5 bintang semua. Yang paling berkesan bagi saya adalah karena paking yang digunakan menggunakan kayu dan finishing dari gitarnya begitu rapih, makanya saya yakin untuk membelinya disini.

Dan harga juga membawa kualitas, tapi tidak semua yang murah itu kualitas juga tidak bagus. Untuk punya saya, biarpun murah, tapi kualitasnya sangat bagus. Malah terkesan mahal.

3] Manfaatkan Diskon Ongkir

Kenapa ini penting ? secara gitar itu bentuknya besar. Punya saya saja yang ukuranya kecil, setelah di kurs ternyata total berat 5 kg atau 5000 gram. Kemudian saya manfaatkan jasa kurir yang memiliki fasilitas mobil truk karena lebih murah. Tapi karena ternyata tidak ada jangkauan sampai di tempat saya, saya memilih jasa kurir lainya karena ada diskon ongkirnya. Atau cari pelapak yang memberikan free ongkir biar lebih mudah walaupun harganya mahalan dikit.

Nah, itulah 3 tips yang saya lakukan saat kemarin membeli gitar di BukaLapak. Kesimpulanya, Belajar Gitar itu mudah asalkan niat dan mau berusaha. Karena ini barang nyata dan merupakan keahlian tekhnis yang bisa terlihat dengan mata, sehingga mudah di pelajari.

Sedangkan untuk #BukaReview di BukaLapak mengenai gitar ini, saya sangat puas dengan gitarnya. Di BukaLapak ada banyak sekali penjual gitar di seluruh Indonesia, namun sebagai konsumen yang bijak, kita harus teliti sebelum membeli, contohnya dengan membaca deskripsi terlebih dahulu agar barang yang kita inginkan memang benar benar barang yang kita butuhkan. Sayapun begitu, dan begitu sampai rumah, saya pun puas dengan karena apa yang ada di gambar sama seperti aslinya ketika sudah di kirim. Selamat berbelanja 🙂

Share This