Pilih Laman

Review Website Travelblog.id via PC dan Smartphone

Beberapa waktu yang lalu saya menemukan sebuah website travelling yang menurut saya menarik sekali dibaca. Website tersebut memiliki navigasi yang cukup sederhana dan tidak ribet karena tidak terdapat iklan iklan di dalamnya. Pembagian menu dan kategorinya pun cukup teratur, sehingga membuat pengunjung lebih mudah menemukan artikel favoritnya.

Webiste tersebut lebih fokus kepada pembaca, selain karena tampilanya yang sederhana dan tidak adanya iklan didalamnya, tata letak artikel yang teratur disertai gambar thumbnail yang besar juga membuat saya semakin penasaran untuk mengklik sana sini. Nah, bersama ini saya ingin mereview website tersebut. Dimana alamat website tersebut berada di www.travelblog.id. Untuk pertama tama saya ingin mereviewnya via PC.

Review website travelblog.id via PC

Barisan menu 

Di barisan menu ini kita bisa melihat deretan kategori tersusun dalam bentuk menu dropdown yang jika klik akan menampilkan artikel sesuai kategori. Jika kita ingin melihat lebih banyak artikel lainya, kita juga bisa mengklik tombol (<>). Dengan cara ini, website terlihat lebih ringkas namun sebenarnya kaya konten.

Di deretan ini terdapat icon travelblog.id sebagai pengganti tombol Home, kemudian kategori “Jalan-jalan”, “Kuliner”, “Tips & Info”, “Seni & Budaya”, “Lainya”, “Panduan”, “Sign In” serta tombol pencarian. 

Cara peletakan kategori ini menurut saya cukup ideal layaknya sebuah website pada umumnya. Namun yang membedakan disini adalah karena kategori yang di tampilkan tidak banyak dan juga menggunakan huruf kapital, sehingga lebih mudah terlihat dan tidak ribet.

Selain itu dengan paduan warna biru dan putihnya, merupakan paduan warna yang pas dan enak dilihat. Terlebih warna ini lebih disukai google, sehingga lebih seo friendly. Untuk tombol home nya, ini lebih terlihat professional karena menggunakan sebuah icon, bukan sebuah kata semisal “Home” atau “Beranda”.

Tampilan barisan menu yang berisi kategori 

Untuk menu “Lainya”, kita bisa melihat artikel yang berisi tentang berita dan infografis. Untuk berita yang sedang tayang yaitu mengenai info lomba blog dari travelblog.id dengan hadiah yang sangat menarik. 

Sedangkan untuk menu infografis juga sangat bermanfaat karena kita bisa mendapatkan informasi tips dalam bentuk infografis. Seperti kalender cuti dan libur nasional agar traveller bisa merencanakan liburan. 

Selain itu ada juga infografis tentang peralatan yang akan dibawa sebelum travelling, persiapan camping, bahaya membuang sampah, dan beberapa yang lainya.

Dengan di sematkannya kategori ini tentunya bermanfaat bagi traveller yang sedang merencanakan liburan, terutama bagi mereka yang masih pemula. Dan tentunya infografis ini bisa di download.

Submenu berita dan infografis

Sedangkan di “Panduan” kita bisa melihat tentang informasi seputar panduan tentang website ini. Seperti panduan membuat artikel, panduan tentang point, terms of service, privacy policy, serta disclaimer.

Sementara untuk menu “Sign In” kita bisa login saat kita akan menulis artikel disini. Tombol sign in ini diletakan di dua tempat, yaitu di menu dan di atas sidebar. Saat kita menscroll ke bawah, tombol sign in di menu akan tertutup, dan jika ingin login, kita bisa menggunakan tombol sign in yang ada di sidebar, sehingga lebih mudah.

Tombol sign ada ada di dua tempat sehingga memudahkan saat akan login

Dan untuk icon search, kita bisa mencari artikel travelling yang berada di website ini. Peletakan ke 4 menu ini  ( “Lainya”, “Panduan”, “Sign In” dan icon search) menurut saya sangat pas karena berada di belakang setelah menu utama. Dan untuk poin ini saya kasih nilai 8 dari 10.

Header

Saat pertama kali membuka websitenya via laptop dengan akses internet yang tidak cepat, website ini masih bisa terbuka tanpa terlalu lama walaupun di headernya memiliki file gambar dengan layer slider. 

Ko tau sih kalo itu layer slider ? iya, kalo gak salah sih begitu, karena blog saya pun memiliki plugin premium tersebut dan saya sering juga memakainya. File layer slider bukan hanya meload gambarnya saja, tapi efek transisinya juga. Jadi membutuhkan speed internet yang paling tidak standar lah, agar bisa meload dengan sempurna. Dan di website travelblog.id bisa dengan mudah melakukanya walaupun hanya dengan speed lambat. Jika di rating 1 sampai 10, saya kasih nilai 8.

Header travelblog.id

Artikel pilihan

Di bawah header, terdapat artikel pilihan dari berbagai macam kategori. Asumsi saya, artikel pilihan ini maksudkan agar pembaca bisa mengetahui berbagai macam artikel dari berbagai kategori di website ini. Dan menurut saya ini ide yang bagus. 

Saat saya mengaksesnya pada pukul 11.57 tanggal 18 Februari, kanal ini sedang menampilkan 1 kategori saja yaitu “Jalan-jalan” dan akan berubah setiap waktunya. Yang menarik di kanal ini adalah karena gambar thumbnail yang di tampilkan lumayan besar, sehingga menggungah pengunjung untuk mengklik dan membaca. Dan untuk point ini saya kasih rating 7 dari 10.

Artikel pilihan dari berbagai kategori

Menu Kategori

Jika diatas saya sudah menerangkan soal kategori yang tersusun dalam baris menu dropdown, maka kali ini adalah kategori yang berisi detail artikelnya. Kategori yang di tampilkan yaitu “Jalan-jalan”, “Kuliner”, “Tips & Info” dan “Seni & Budaya”.

Saat pertama kali ingin membaca artikel disini, saya langsung tertuju dengan menu kategori ini. Karena pembagian artikel yang tertata lewat kategori ini begitu rapi. Ditambah gambar thumbnail yang besar dan judul yang jelas, membuat pengunjung lebih tertarik untuk mengklik dan membacanya.

Kemudian jika kita ingin membaca artikel terkait lainya, kita juga bisa mengklik tombol panah kanan atau kiri (<>). Dan ternyata ada banyak sekali artikel sesuai kategori.

Tombol navigasi untuk melihat lebih banyak artikel terkait

Kita juga bisa melihat siapa penulis artikel tersebut, tanggal dibuatnya artikel, dan juga jumlah komentarnya. Semakin banyak jumlah komentar, bisa ditebak jika artikel tersebut merupakan artikel populer. Dan sekarang kita akan membahas membahas kategori kategorinya, dimulai dari paling atas, yaitu “Jalan-jalan”.

1] Jalan-jalan

Di kategori ini terdapat 6 artikel yang di tampilkan lengkap dengan thumbnail gambar yang besar dan judul yang jelas. Di kategori ini berisi konten tentang jalan jalan. Jumlah kata dalam setiap artikel berkisar dari 500 – 800 kata.

Namun disini saya menemukan artikel pendek yang hanya 160an kata di URL ini https://www.travelblog.id/pangandaran-bulak-laut/, padahal bukan artikel untuk video.  Sehingga saya merasa kurang puas karena setiap artikel merupakan artikel feature asli dari traveller, maka saya kepingin sekali membaca artikel yang lebih panjang dan detail, dengan begitu saya bisa mendapatkan banyak informasi lebih dari sebuah tempat wisata. Untuk gaya penulisanya, menurut saya informatif dan tidak kaku dalam bahasa sehari hari, dan pastinya berbeda beda setiap traveller.

Buka/tutup

2] Kuliner 

Di kategori kuliner, kita bisa membaca artikel tentang kuliner. Ada banyak sekali rekomendasi kuliner disini, dari mulai menu tradisional seperti serabi sampai yang paling modern seperti restoran Belanda. 

Agar menghemat ruang, artikel yang di tampilkan hanya 3 buah. Menurut saya 3 buah sudah cukup mengingat ada tombol navigasi ini (<>) yang bisa diklik agar artikel sejenis bisa tampil. Namun artikel ditulis rata rata hanya singkat saja, sehingga membuat saya masih penasaran ingin mengetahui info lebih banyak lagi. Terlebih karena ini soal kuliner alias makanan gitu hehehehe.

Kategori kuliner di travelblogid

3] Tips & Info 

Di kategori ini kita bisa mendapatkan tips tips saat akan berwisata. Seperti tips pertama kali saat travelling biar tak kelihatan norak, kemudian info bahwa kita bisa bayar angkutan Jakarta Bandung cuma 14 ribu, tips wisata ke Bromo, tips tips tarvelling low budget, tips jalan jalan gratis, dan lain sebagainya.

Menu ini terdiri dari 3 artikel yang ditampilkan dengan gambar thumbnail yang menarik. Menurut saya dengan adanya kategori ini, traveller jadi banyak tau akan suatu tips sebelum berwisata. Seperti saya nih yang jarang tarvelling, dengan adanya tips ini, saya jadi bisa tahu persiapan apa saja yang musti dilakukan. Misal seperti belajar bahasa setempat biarpun sedikit, ijin memotret, berpikiran terbuka, riset desinasi, dan lain sebagainya.  

Yang menarik adalah karena penulisnya ada banyak, sehingga ide dan tips tipsnya pun banyak dan berbeda beda, dengan begitu masukan buat pembaca pun lebih banyak. Ide yang bagus karena travelblog.id membubuhkan kategori ini.

Kategori tips dan info

4] Seni & Budaya

Di kategori seni dan budaya ini, kita bisa mengetahui informasi tentang seni dan budaya Indonesia. Seperti informasi tentang candi candi, permainan tradisional, tari tradisional, dan lain sebagainya.

Menurut saya dengan di sematkannya kategori ini, bisa mengingatkan kita untuk selalu menjaga kesenian dan kebudayaan kita yang merupakan aset bangsa, selain menjadi referensi bagi mereka yang ingin travelling wisata seni dan budaya.

Nah, untuk ke 4 kategori ini saya kasih nilai 8 dari 10. Alasanya, karena artikel yang di tampilkan begitu jelas dalam sebuah kategori. Gambar thumbnailnya besar dan judulnya juga jelas, sehingga menarik pembaca untuk mengklik dan membaca artikelnya. Terus pertahankan ya…

Menu seni dan budaya di travelblog.id

Footer

Kalau untuk footer, menurut saya tata letaknya juga sudah pas dan ideal, layaknya sebuah website pada umumnya. Di kiri bawah ada logo travelblog.id, kemudian di sebelah kananya secara berurutan ada “About Us”, email kontak, tombol sosmed, news letter, dan dibagian bawah terdapat keterangan tentang travelblog.id. Untuk newsletter, kalian bisa memasukan email agar kalian bisa mendapatkan info terbaru darinya setiap kali ada update.

Tampilan footer yang menarik dan cukup proffesional

Footer ini diletakan dalam background berwarna kalem namun terlihat jelas bahwa ini adalah kolom footer. Layaknya tubuh manusia dari kepala sampai kaki, website juga memiliki kaki atau footer yang berfungsi sebagai penutup sehingga lebih lengkap, lebih klimaks, dan lebih professional. Untuk tata letak dan gaya footer ini menurut saya cukup bagus dan menarik. Untuk footer ini, saya kasih nilai 8 dari 10.

Sidebar 

Untuk sidebar, terdapat sebuah banner tentang ajakan menulis di travelblog.id. Banner yang diletakan juga cuma satu buah sehingga tidak mengganggu konsentrasi pembaca saat menulis, terlebih karena ini banner internal, bukan mengarah ke website lain. Namun sayangnya tidak disematkan link ke sebuah halaman yang dituju di banner tersebut.

Tampilan sidebar di travelblog.id

 

Kemudian di bawahnya terdapat deretan kontributor travelblog.id, sehingga pengunjung bisa tau informasi siapa saja yang menjadi penulis atau kontributor di website ini, dari rating paling bawah sampai yang tertinggi. Untuk sidebar ini saya kasih nilai 8.

Artikel 

Nah, dari kesemuanya, artikel lah yang paling berperan. Artikel di travelblog.id menurut saya sangat bermanfaat biarpun kurang panjang. Yang menarik adalah karena ditulis oleh banyak orang, sehingga sudut pandangnya pun berbeda beda. Dengan begitu kita bisa mendapatkan informasi dan wawasan baru dari berbagai sudut pandang setiap kontributor. Gambar yang di sematkan pun rata rata lebih dari satu dan merupakan gambar asli, sehingga sangat meyakinkan pembaca akan informasi tersebut. Untuk artikel ini saya kasih rating 8 dari 10.

Artikel di travelblog.id

Diatas tadi saya sudah membahas fitur fitur travelblog.id secara keseluruhan. dan sekarang saya akan membahas poin poin lainya, seperti : 

Fitur user Travelblog.id yang meliputi post artikel, video dan rewards poin 

Dashboard untuk menulis

Nah, buat kalian yang suka jalan jalan dan suka nulis tapi ingin dapet reward, dengan menulis di travelblogid maka kalian bisa mendapatkan berbagai macam hadiah dimana hadiah tersebut masih ada kaitanya dengan dunia travelling. Seperti tenda, tas camping, powerbank, ransel camping, jam tangan, tripod, kamera, speaker, kacamata, botol air minum, hingga smartphone.

Hadiah hadiah dari penukarang poin

Jika kita berhasil mempublikasikan artikel, maka kita akan mendapatkan 50 poin dengan minimum kata 500 kata. Dan untuk video akan mendapat 40 poin dengan minimum kata 300 kata. Minimal poin yang bisa ditukar yaitu 80 poin. Artinya jika kita bisa mempublikasikan satu artikel dan satu video, maka kita bisa mendapatkan botol minuman secara gratis hehehe.

Poin ini berlaku satu tahun. Di awal tahun poin akan mulai kembali dari nol. Maka dari itu, begitu poin cukup, segera tukarkan agar bisa terus dapat hadiah. Semakin banyak nulis semakin banyak pula hadiah yang bisa kalian dapatkan.

Poin akan berkurang -50 jika artikel yang ditampilkan ditarik kembali oleh admin dikarenakan suatu pelanggaran, dan -40 untuk video. Untuk cara menukarkan point silahkan ikuti langkah berikut ini. Klik gambar untuk memperbesar.

1] Login ke travelblog.id atau daftar jika belum mendaftar

2] Masuk ke dashboard dan tulis artikel atau video kemudian kirimkan

3] Cek dan pastikan artikelmu sudah tayang

4] Poin akan terlihat jika artikelmu sudah tayang

5] Buka https://store.travelblog.id 

6] Kemudian masuk ke dashboard, pilih menu reedem dan tukarkan poin 

Kelebihan Travelblog.id untuk public

Seperti saya singgung diatas, kelebihan travelblog.id untuk publik tentunya memberikan informasi wisata kepada publik namun dalam sudut pandang yang berbeda. Karena jika umumnya kita mendapatkan informasi wisata dari sebuah website dimana penulisnya hanya satu orang, maka disini kita mendapatkan informasi wisata dari banyak kontributor (penulis) dengan gaya dan cara penulisan yang berbeda beda. Sehingga informasi yang kita dapatkan pun berbeda beda.

Selain itu, travelblog.id menurut saya beda dengan website sejenisnya, karena tampilannya yang sederhana dan lebih fokus ke konten. Hal itu dibuktikan dengan tidak adanya iklan didalamnya dan gambar thumbnail yang besar dan jelas. Diatas sudah saya terangkan ya.

Oiya, hampir setiap artikel juga membubuhkan lokasi melalui sebuah peta dan juga jam operasional, sehingga pembaca jadi tahu kapan waktu yang pas untuk berkunjung ke tempat tersebut suatu saat. Di tambah template yang mobile friendly, pastinya jadi lebih mudah saat diakses lewat smartphone.

Manfaat Travelblog.id untuk public

Seperti yang tertulis di tarvelblogid, website ini memiliki banyak manfaat untuk masyarakat Indonesia karena memberikan banyak informasi wisata, baik itu wisata alam, seni dan budaya, kuliner, dan banyak lagi yang lainya.

Efek dari tersebarnya informasi ini berdampak pada peningkatan taraf hidup masyarakat, baik itu pemilik tempat wisata, masyarakat sekitar tempat wisata, ataupun masyarakat umum karena pastinya traveller mengeluarkan biaya perjalanan, seperti angkutan umum, warung warung, dan tempat usaha lainya. Sehingga mereka terkena dampaknya. Dengan begitu pendapatan mereka pun meningkat dan berujung pada kesejahteraan orang banyak.

Review website travelblog.id via smartphone

Diatas adalah review via website. Sedangkan via smartphone, setelah saya cek ricek melalui browser opera mini di smartphone saya, tampilan website tarvelblogid juga mobile friendly. Biarpun menggunakan layer slider, namun tetap bisa tampil. Saya menggunakan android 5.0 dan browser operamini terbaru ukuran 32 mb.

Saat saya membuka halaman home nya (operamini), gambar layer slidernya juga terbuka sempurna. Untuk kategori kategorinya pun tertata rapi. Tata letaknya juga tertata rapi.  Sehingga lebih enak dilihat dan dibaca.

Kemudian saya coba membuka artikelnya, dan ternyata mobile friendly juga. Oiya, berikut adalah tampilan website travelblog.id di smartphone saya menggunakan 4 browser. Yaitu opera mini, google chrome, baidu browser, dan juga mozilla firefox. Pada gambar di bawah, ada 3 tampilan yang bisa digeser geser, yaitu tampilan home, susunan kategori, dan juga halaman artikelnya, silahkan di cek.  

Tampilan di opera mini browser smartphone

Tampilan di google chrome browser smartphone

Tampilan di baidu browser smartphone

Tampilan di mozilla fiirefox browser smartphone

Kalau untuk komentar, saya mencoba berkomentar baik lewat PC atau smartphone. Dan komentarnya di moderasi untuk menghindari spam. Sedangkan jika double komentar, maka ada notifikasi yang muncul yang memberitahukan jika kita melakukan double comment. Dan berikut tampilan dengan 4 browser tadi. 

Nah, itu dia review saya untuk ravelblogid. Namun namanya buatan manusia tidak ada yang sempurna. Begitu juga dengan travelblog.id. Maka dari itu, selain banyak keunggulan yang saya jabarkan diatas, tarvelblogid juga memiliki kekurangan yang semoga saja bisa menjadi masukan buat tim travelblog.id.

Pertama, menurut saya artikel pendek sekitar 500 kata itu kurang puas sekali untuk dibaca. Mengapa ? karena informasi yang kita dapatkan hanya sedikit. Terlebih semua artikel disini merupakan artikel asli dari para traveller yang habis melakukan perjalanan. Salah satu contoh artikel yang masih bikin saya penasaran adalah artikel tentang kuliner Belanda di URL  https://www.travelblog.id/braga-permai-sarapan-zaman-belanda/ jumlah katanya hanya 580an, dan saya masih penasaran sekali akan informasi yang lebih banyak lagi.

Karena informasi disini akurat dan terpercaya, maka ada baiknya jika artikel ditulis lebih panjang lagi, sehingga pengunjung lebih puas karena informasi yang didapat lebih banyak. Dengan pertimbangan, poin juga akan bertambah karena menulis dalam jumlah kata lebih banyak. Karena bisa saja, artikel tersebut akan menjadi referensi para traveller sebelum mengunjungi suatu tempat di artikel tersebut. 

Kedua, mungkin ada baiknya jika tombol share sosmed tidak dibuat double karena berada di atas judul artikel dan juga bawah artikel. Mungkin jika ditaruh dibawah artikel saja sudah cukup.

Mengapa di bawah artikel ? karena biasanya sambil membaca, pengunjung mengarahkan kursornya sampai akhir artikel, sehingga jika pembaca suka, potensi artikel untuk dishare lebih besar karena posisis kursor sudah dekat dengan tombol share sosmednya.

Kemudian tombol subscribe juga bisa di taruh di bawah artikel layaknya template blog seo friendly. Karena biasanya jenis template tersebut menerapkan konsep tersebut. Sehingga potensi bertambahnya subscriber baru lebih besar. Karena pastinya berbeda jika ditaruh di footer, karena letak kolom isianya jauh sehingga lebih sulit di jangkau pembaca.

Letak tombol share

Ketiga, pada halaman tokonya di https://store.travelblog.id/about/ isi artikelnya sepertinya tidak sesuai dengan judulnya, karena justru membahas tentang travelblog secara umum, bukan tentang tokonya, mungkin bisa di perbaiki lagi. Selain itu pada panduan cara tukar point juga ada kalimat yang duplikat dan juga gambar yang duplikat. Yaitu kalimat di point 1 dan 3 sama, juga gambar 4 dan gambar 6 juga sama. Harusnya beda.

Penampakan duplikat kalimat dan gambar

Keempat, saat kita membuka artikel, di pojok kanan atas terdapat kolom search lagi, padahal di barisan menu sudah ada. Mungkin baiknya dibikin satu saja biar bisa menghemat ruang.

Kolom pencarian ada 2 buah

Akhir kata, itulah review saya untuk website tarvelblog.id. Semoga apa yang saya tulis ini bermanfaat untuk travelblog.id itu sendiri maupun orang lain. Terakhir, follow juga sosmed travelblog.id pada tombol dibawah ini, terimakasih.