Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0 dari Desa melalui Blog dan Niagahoster

Foto : Dokpri

“Hermansyah, seorang driver ojek online asal Jombang, Jawa Timur, berhasil mewujudkan impianya melanjutkan pendidikan tinggi Universitas dan juga mencicil rumah untuk keluarganya. Ketekunanya dan mengedepankan integritas dalam menjalani profesinya, pun berbuah manis. Dari mengojek, dalam sebulan ia berhasil meraup pendapatan sebesar 9 juta rupiah”

Ya, mencari penghasilan di jaman tekhnologi seperti sekarang ini bisa dibilang mudah. Hanya dengan bemodalkan sepeda motor dan smartphone, seseorang bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan. Contohnya ojek online.

Ojek konvensional yang dulu laris sebelum kemunculan ojek online, kini popularitasnya menurun karena masyarakat lebih banyak mendapatkan kemudahan jika menggunakan ojek online.

Bagaimana tidak ? pada ojek konvensional (di daerah daerah tertentu, misal di pedesaan), kita harus datang ke pangkalan ojek yang mungkin saja jaraknya jauh hingga puluhan kilometer untuk bisa naik ojek. Belum lagi harus tawar menawar harga.

Sedangkan jika menggunakan ojek online, kita tinggal buka aplikasi dan memesannya dari tempat kita bediri, maka ojek online pun siap menjemput. Harganya juga jelas karena sudah tertulis di aplikasinya.

Ojek online. Dok. REUTERS/Garry Lotulung

Beberapa waktu lalu saat saya turun dari bus di sebuah terminal di Jogjakarta untuk menuju Bandara, tiba tiba ada tukang ojek konvensional mendatangi saya dan menawarkan jasanya. Tukang ojeknya masih terbilang muda. Pikir saya waktu itu, “Kenapa Bang Ojek ini tidak gabung ojek online saja ya ? kan hasilnya lebih gede. Sepertinya kalau cuma pakai smartphone sih bisa” Namun saya juga paham bahwa alasan orang pasti berbeda beda. Bisa jadi karena hal lain, sehingga ia tidak gabung ke ojek online. 

Tapi tidak bisa dipungkiri, bahwasanya perkembangan tekhnologi begitu mempengaruhi kehidupan manusia, terutama dalam bidang ekonomi. Dan karena saya ingin mecoba ojek online untuk pertama kalinya, maka sayapun memilih ojek online untuk menuju Bandara.

Pas akan pulang karena acara sudah selesai, saya juga berniat naik ojek online. Namun disaat sedang memesan dan belum sempat klik “bayar”, tukang ojek konvensional mendatangi saya dan menawarkan jasanya.  Karena tukang ojeknya terus membujuk saya, akhirnya sayapun naik dan tentunya tawar menawar harga sudah terjadi sebelumnya. 

Melihat kenyataan diatas, menjadi bukti bahwa berkat perkembangan tekhnologi yang semakin canggih, banyak pekerjaan tergantikan atau bertransformasi karena tekhnologi membawa banyak kemudahan. Salah satunya dari ojek konvensional ke ojek online. Bahkan di Tiongkok sana sudah ada angkutan menggunakan drone. 

Dari kenyataan itu pula, kita dituntut untuk melek tekhnologi mengejar ketertinggalan, entah berapapun usia kita. Tujuanya tidak lain agar selalu bisa beradaptasi dan mengembangkan bidang yang kita geluti.

Angkutan terbang dengan Drone di Tiongkok yang menggambarkan bahwa tekhnologi semakin canggih dari tahun ke tahun. Dok.https://www.popular-world.com/

Ilustrasi industri 4.0. Dok. pixabay.com

Saat ini kita sudah berada di era revolusi industri 4.0. dimana tekhnologi otomatis sudah mulai banyak di terapkan. Tenaga manusia banyak tergantikan oleh robot yang bisa bekerja sendiri. Akan tetapi walaupun tenaga manusia dikurangi, pekerjaan pekerjaan baru juga bermunculan. Namun begitu pekerjaan pekerjaan baru tersebut akan lebih mudah didapat bagi mereka yang sudah mempersiapkan diri dengan sebuah skill dan kemampuan.

Btw, industri 4.0 itu apa sih ?

Menurut Wikipedia, Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala, komputasi awan, dan komputasi kognitif.

Pada pembukaan Industrial Summit di JCC, Rabu, 5 April 2018 lalu, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengatakan, Indonesia harus bersiap menyambut industri 4.0. Beliau juga menegaskan “Kecepatan perubahannya akan 10 kali lebih dan dampaknya 300 kali lebih luas”. Artinya, ada banyak sekali tantangan yang harus kita hadapi di era revolusi industri 4.0 ini.

Terkait soal lapangan pekerjaan, ada 5 pekerjaan yang di prediksikan akan semakin berkurang dan bahkan hilang karena tugasnya telah berganti dengan cara yang lebih baik dan modern. 5 pekerjaan tersebut yaitu :

Agen travel konvensional yang kini banyak di dominasi oleh agen travel online. Dok. https://planethajiumrah.com

1] Agen Travel Konvensional

Saat ini ada banyak sekali agen perjalanan online di Indonesia. Dan pastinya jumlahnya akan terus bertambah setiap waktunya. Lewat agen travel online, membeli tiket pesawat, tiket kereta, booking hotel, tiket bus, tiket wisata, pun menjadi sangat mudah. Untuk tiket pesawat, check in bisa dilakukan secara online untuk mendapatkan boarding pass. Sehingga tidak perlu khawatir loket di Bandara tutup, yang tentunya dapat menghambat perjalanan. Seperti yang kemarin rekan rekan saya lakukan.

Mereka (agen travel online) pun berlomba lomba menawarkan jasa terbaiknya. Promo diskon besar besaran pun rela dilakukan untuk menggaet calon pelangganya. Terutama bagi yang baru diluncurkan. Ditambah akses yang sangat mudah baik lewat PC atau smartphone, agen travel online pun banyak menjadi pilihan masyarakat. Artinya, agen travel konvensional akan terdominasi jika tidak segera upgrade diri. 

2] Pekerjaan di percetakan

Dulu sekitar tahun 2008, saya seringkali membeli koran pulsa untuk mengetahui jenis jenis smartphone keluaran baru. Namun karena internet semakin mudah dan murah, kini sayapun tak pernah lagi menjumpainya. Jika seseorang ingin membeli sebuah smartphone, mereka tinggal buka google atau youtube lewat smartphone ditangan mereka untuk melakukan riset.

Bukan hanya itu, tabloid bola yang melegenda juga sudah tutup. Hal itu dikarenakan semakin mudahnya mendapatkan informasi terkait lewat internet. Ada banyak info tentang sepak bola yang bisa kita dapatkan di dunia maya. Tinggal ketik kata kunci di google maka website tentang bola pun muncul berderetan.

Dan masih ada banyak media cetak lainya yang tutup karena terdampak perkembangan tekhnologi ini. Seperti Fortune, Soccer, Gaul, Hai, dan lain sebagainya. Artinya akan ada banyak pekerjaan di media cetak yang hilang karena tergantikan oleh media digital karena lebih mudah dan murah.

Pekerjaan di percetakan yang semakin berkurang karena media online telah banyak menggantikan perannya. Dok. Net

Profesi penjaga warnet yang semakin lama semakin berkurang. Dok. https://www.kaskus.co.id/thread/58b85aad507410df578b4568/10-jenis-mahkluk-penjaga-warnet-op-warnet/

3] Penjaga warnet

Dulu saya sering sekali ngeblog di warnet. Warnet adalah saksi bisu perjuangan saya menjadi blogger sampai sekarang ini. Sudah tak terhitung uang yang saya keluarkan untuk sewa warnet. Dulu warnet ditempat saya terbilang banyak dan ada disetiap sudut kecamatan. Namun karena internet semakin mudah di dapatkan, warnet di tempat saya kini hanya tinggal beberapa saja yang masih bertahan. Apalagi kini mulai banyak masyarakat yang memiliki komputer pribadi sendiri dirumah. Sehingga warnet menjadi semakin sepi. Mereka yang tadinya bekerja di warnet pun beralih profesi ke bidang lain. 

4] Tellemarketing

Mungkin Anda pernah mendapatkan telfon dari orang tak dikenal dan menawarkan sebuah produk atau jasa tertentu, mereka adalah telemarketing. Sebenarnya tugas seorang telemarketing bukan hanya itu saja. Mereka mengumpulkan data dan mengolahnya untuk keperluan promosi perusahaan.

Namun di jaman serba internet ini, kita bisa dengan mudahnya mendapatkan informasi pribadi seseorang melalui media sosial atau media digital lainya. Data data yang terkumpulkan, nantinya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan promosi sebuah perusahaan. Tidak heran jika saya seringkali mendapatkan penawaran sebuah produk melalui SMS, padahal saya tidak pernah melakukan kontak dengan nomor tersebut.

Dengan semakin mudahnya mendapatkan data diri seseorang melalui jagad maya, profesi yang mengandalkan telfon tersebut lama lama akan tergantikan dengan profesi sejenis namun dengan cara yang lebih mudah lagi.

Profesi Tellemarketing. Profesi yang di prediksi akan semakin berkurang terkena dampak revolusi industri 4.0. Dok. https://voffice.co.id

Profesi Teller Bank. Profesi yang juga di prediksi akan banyak berkurang karena transaksi di era digital semakin mudah tanpa harus datang ke Bank. Dok. http://blog.lowongan.id

5] Teller Bank

Transaksi online kini semakin mudah saja dilakukan. Seperti tarik tunai, cek saldo, cek dana masuk, mutasi rekening, transfer, bayar cicilan, dan lain sebagainya, sekarang bisa dilakukan tanpa melalui teller bank. Terkhusus untuk setor tunai, kini juga bisa dilakukan lewat sebuah mesin setor tunai yang banyak tersedia di cabang kantor sebuah bank, sehingga tidak perlu atau tidak terlalu mengantri saat akan menabung. Bahkan saya sendiri jarang sekali pergi ke teller bank.

Sementara untuk cek saldo, transfer, cek dana masuk, bayar cicilan, mutasi rekening, bisa dilakukan lewat internet banking di PC/laptop ataupun mobile banking di smartphone Anda.

Dengan semakin mudahnya transaksi perbankan secara digital, jasa teller pun lama lama menjadi tidak terlalu dibutuhkan atau bahkan tergantikan dengan cara terbaru dimasa depan yang lebih canggih

Nah, itulah 5 jenis pekerjaan yang di prediksikan akan banyak berkurang bahkan hilang terkena dampak revolusi industri 4.0. Dan bisa jadi, jumlahnya jenisnya akan bertambah. Maka dari itu, mulai sekarang bekali diri dengan sebuah skill dan kemampuan, terutama tentang tekhnologi, agar kita bisa selalu beradaptasi dengan pekerjaan atau bidang yang kita geluti.

Saya sendiri sudah mulai belajar tentang hal ini. Makanya sayapun sudah bersiap dari sekarang dalam menghadapai revolusi industri ke 4.0 ini, walaupun hanya dari Desa.

Dan seperti kita ketahui, kehidupan di Desa itu umumnya masih sederhana. Tingkat pendidikan masyarakatnya pun belum tinggi. Hanya ada beberapa orang saja yang bisa mengenyam pendidikan tinggi karena mereka dari keluarga berada atau usaha lebih. Aliasnya, wawasan umum kebanyakan masyarakatnya pun masih terbatas. 

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, mereka bekerja dengan menjadi buruh, petani, mengandalkan hasil ladang, memelihara hewan peliharaan, dan beberapa yang berdagang dipasar. Aliasnya, tingkat perekonomian di Desa masih terbilang rendah. 

Ditempat saya, selain menekuni pekerjaan diatas, kebanyakan warganya juga merantau. Makanya, Desa pun sepi, kecuali mereka yang memang masih sekolah. Setelah tamat, kebanyakan mereka pun merantau ke Ibukota. Karena ijasah SMA masih sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Kalaupun dapat gajinya juga kalah jauh dengan di Ibukota. 

Menanam tanaman kaya manfaat sebagai sumber mata pencaharian warga Desa saya. Dokpri

Saat musim panen, warga Desa melakukan tardisi Derep dengan imbalan padi sebagai bawon (upah). Dokpri

Tukang ngarit ( tukang ngerumput  pakan ternak) merupakan pekerjaan yang banyak di lakukan oleh warga di Desa saya. Dokpri

Untuk bisa menggapai mimpi dari Desa, seseorang harus berjuang ekstra keras. Karena umumnya apa apa di Desa itu sulit. Jauh dari fasilitas umum. Tingkat pendidikan terbilang masih minim. Dan tentunya lapangan pekerjaan pun demikian. Namun begitu saya tak pantang menyerah. Karena saya berhasil menggapai mimpi menjadi independent worker yang erat kaitanya dengan dunia masa depan, walaupun hanya dari Desa. Tentunya dengan jerih payah dan perjuangan yang saya lakukan sebelumnya. Pekerjaan yang dimaksud yaitu blogger atau blogging. 

Prospek di dunia perbloggingan boleh dibilang tidak akan hilang kedepanya. Karena informasi yang kalian cari di google saja kebanyakan berasal dari blog dengan blogger sebagai pelakunya. 

Sudah 10 tahun saya ngeblog, namun baru 3 tahun fokus menekuni dunia blog. Dan alhamdulillah menghasilkan. Dan kalau kita rajin, hasilnya bisa lebih. Menghasilkan uang dari blog itu mungkin sekali. Ada banyak sekali caranya. Kalau kalian tak percaya, bisa googling sendiri, hasilnya ada banyak sekali. 

Saya sedang ngeblog. Butuh perjuangan ekstra untuk bisa bekerja dari rumah seperti ini. Dokpri. 

Di tempat saya, mungkin baru saya saja yang menekuni blog sebagai profesi. Profesi blogger erat kaitanya dengan tekhnologi, terutama terkhnologi informasi dan masa depan. Makanya saya tak pernah khawatir akan perkembangan tekhnologi yang semakin canggih.

Walapun hidup di Desa, saya tidak kuatir dengan tantangan revolusi industri 4.0 yang nantinya banyak menggantikan suatu jenis pekerjaan. Saya gak kuatir pekerjaanku akan tergantikan oleh robot. Kalaupun itu terjadi, pastinya saya sudah bersiap dari sekarang. 

Karena saya seorang blogger, maka sayapun masih terus mengasah kemampuan menulis agar semakin baik. Seperti bagaimana membuat paragraf yang baik, memisahkan kata “di”, membuat kalimat efektif, belajar nulis blog bergaya feature dan lain sebaganya.  Belajarnya pun cukup mudah yaitu lewat artikel teman teman blogger yang memang lebih berpengalaman di bidangnya.

Untuk kemampuan tekhnis, yang saya pelajari yaitu desain grafis. Desain grafis ini sudah saya pelajari sejak September 2018 dan masih berlanjut. Jadwal belajar nyapun saya buat disiplin, yaitu setiap Senin, Kamis, dan Sabtu, yang masing masing 1 jam. 

Hingga sekarang, saya sudah bisa membuat infografis secara otodidak (infografisnya ada di bawah). Kemampuan grafis ini penting karena blogger itu bukan hanya sekedar menulis, tapi juga tentang menggambar.  

Untuk video editing, saya sudah belajar sejak Januari 2017 sampai akhir 2018. Belajarnya juga lewat video video di youtube. Dan alhamdulillah karena sudah mulai bisa biarpun cuma dasar dasarnya.  

Untuk sekarang saya masih fokus di desain grafis. Namun terkadang saya belajar edit video juga saat lagi kepingin. Rencana tahun 2020, saya akan meneruskan untuk video editing  ini sampai maksimal. Tujuannya tentu agar tak kalah saing dan peluang mendapatkan pekerjaan menjadi lebih besar. Apalagi sekarang trend youtuber sedang marak maraknya. Oiya, saya juga berencana membuat channel youtube dengan konten hobi anak anak. 

Belajar edit video, desain grafis, Bahasa Inggris, dan SEO, agar bidang saya bisa terus berkembang. Dokpri

Selain itu, saya juga sedang belajar Bahasa Inggris sedikit sedikit dari aplikasi di smartphone saya. Karena dengan mengerti bahasa tersebut, saya bisa mengetahui informasi lebih banyak. Kerjasama dengan klien dari luar negeri pun jadi lebih mudah, seperti yang teman teman blogger saya lakukan. Dengan mengerti Bahasa Inggris, maka peluang mendapatkan pekerjaan pun lebih luas. Untuk target ini, saya tentutkan waktunya di tahun 2021. 

Kemudian saya juga mulai belajar SEO agar blog makin teroptimasi. SEO itu penting sekali agar blog saya makin ramai pengunjung. Dengan begitu, peluang mendapatkan job blogger pun semakin besar. Karena semakin tinggi visitor sebuah blog, fee nya pun mengikuti.

Jadi, tahun 2019 saya belajar desain grafis dan SEO, 2020 belajar editing video, 2021 belajar Bahasa Inggris. Dan tahun tahun kedepanya saya akan belajar skill lainya atau memperdalam ilmu sebelumnya, biar saya terus bisa beradaptasi dan mengembangkan bidang yang saya geluti, yaitu blogging.

Nah, untuk blog saya, saya punya dua blog sekaligus. Yaitu blog di blogger.com dengan alamat di www.amir-silangit.com, dan juga blog dari wordpress.org yaitu blog ini. Kedua duanya sudah menggunakan domain pribadi. Namun untuk blog yang wordpress.org, saya juga menggunakan hosting pribadi. 

Memangnya apa sih yang membedakan antara blog di blogger.com (milik google) dan juga blog wordpress.org ?

1] Blog dari blogger.com 

Blog ini sangat di anjurkan bagi mereka yang baru mengenal dunia blog. Karena sangat mudah di gunakan dan gratis tentunya, kecuali kalau pengen custom domain. 

Tools-tools yang ada sangat mudah dipahami karena jumlahnya tidak banyak. Cara membuatnya pun sangat mudah. Jika kalian sudah memiliki akun gmail, maka dengan membuka website di www.blogger.com kemudian ikuti langkah selanjutnya, maka dengan segera blog pun bisa di miliki. 

Kekurangnya dari blog ini yaitu tidak bisa menambahkan plugin layaknya blog wordpress.org. Jadi untuk soal seo pun belum bisa semaksimal blog hosting di wordpress.org. Tampilan blog pun terbatas, kecuali kalau kita mahir coding. 

Blogku yang di buat di paltform blogger.com. Dokpri

2] Blog dari wordpress.org  

Untuk di ketahui, blog saya di alamat www.amir-silangit.com (blog dari blogger.com) dan sudah berumur 4 tahun sejak custom domain, skor DA atau  Domain Authorithynya baru 23. Dan karena kemarin ada penurunan DA secara serentak, DA turun menjadi 14.

Berbeda dengan blog saya di https://kangamir.com ini. Blog ini berumur sekitar 1.5 tahun sejak custom domain. Skor DA nya menang jauh, yaitu 22, padahal isinya masih sedikit. Pas kemarin ada penurunan DA, turunya juga cuma 3 poin, dari 25 ke 22. Sedangkan yang blogger.com turun sampai 9 poin, dari 23 ke 14. Bahkan punya seorang teman ada yang sampai 10 lebih. 

DA blog wordpress berhosting lebih bisa bertahan. Dokpri

DA adalah indikator seberapa bagus blog kita mata search engine. Skornya antara 1-100. Semakin tinggi DA, semakin tinggi pula penghasilan sebuah blog. Dan saya sudah merasakanya, kalau kamu, kapan ? hehehe

Selain itu, template blog wordpress ini juga bisa dibuat bermacam macam, termasuk mengubahnya menjadi blog halaman penuh atau landing page menggunakan website builder. Ko bisa ? Bisa dong, karena template jenis ini merupakan template web design siap pakai, sehingga bisa di bentuk banyak model. 

Kalau kalian pernah melihat blog dengan layar penuh, bisa jadi blog tersebut menggunakan jenis template tersebut, sehingga terlihat lebih menarik. Kebetulan blog saya ini juga menggunakannya.  Dan template ini banyak berpengaruh dengan performa blog saya ini. Dan boleh di bilang blog wordpress.org adalah jenis blog paling hebat untuk saat ini. 

Blog wordpress memang bagus. Blog ini lebih dianjurkan untuk mereka yang sudah paham dengan blogger.com. Namun ternyata pada dasarnya sama saja setelah saya mencobanya. Tools-tools di editor teksnya juga terbilang sama. Cuma ada tambahanya dikit. Dan jika ingin performa lebih, kalian harus melakukan banyak pegaturan atau menambahkan plugin, sehingga belajarnya pun jadi lebih.

Intinya, wordpress.org memang bagus, namun agak rumit bagi pemula karena toolsnya banyak. Sedangkan blogger.com lebih mudah karena toolsnya lebih sedikit dan cocok untuk pemula. Jadi, antara keduanya ada kelebihan dan kekuranganya masing masing.

Dashboard blog wordpress.org dengan banyak tools. Dokpri

Contoh blog landing page yang bisa dibuat dengan website builder jika kalian menggunakan blog berhosting. Gambar merupakan hak milik penulis bawaan dari template.

Menyinggung soal blog berhosting diatas, salah satu layanan Hosting Terbaik adalah milik Niagahoster. Niagahoster menyediakan paket hosting terbaik dengan harga terjangkau namun berkualitas. Ada 7 alasan kenapa harus pilih hosting terbaik dari Niagahoster.

1] Hosting Murah Berkualitas  

Untuk mendapatkan layanan hosting di Niagahoster, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Karena cukup dengan Rp 44.800 perbulan atau Rp 537.600 pertahun, Anda sudah bisa mendapatkan paket hosting unlimited disk space plus domain dan SSL gratis. Unlimited gitu lho, aliasnya gak terbatas. 

Jadi kita bisa upload sebanyak apapun file ke website kita tanpa ada batasan. Dan itu sudah termasuk domain. Murah banget kan ? Sedangkan untuk soal kualitas, akan otomatis di jelaskan pada point point berikutnya.  Oiya, Niagahoster sering banget ngadain diskon. Seperti yang saat ini sedang berlangsung (3/22/2019 ), diskonnya sampai 75%.

2] Menggunakan Green Data Center Tier-4 DCI 

Niagahoster menggunakan data center terbaik berstandar Internasional milik Data Center Indonesia. Tekhnologi ini menjadikan performa uptime website mencapai 99,999%. Lokasi server yang berada di Indonesia, membuat website yang berpengunjung dari Indonesia akan lebih cepat di akses.  

Untuk diktehaui, Data Center ini tidak pernah mengalami downtime sejak pertama kalinya melayani pasar. Tidak heran, karena kinerjanya yang luar biasa, menjadikan Data Center ini sebagai pusat Data Center tier 4 pertama di Asia Tenggara. 

Selain itu, Data Center ini juga menggunakan dua pembangkit listrik yang saling tetap aktif untuk jaminan server aman dari gangguan listrik. Dalam satu tahun, downtime yang terjadi pun sedikit sekali, yaitu hanya 5 menit. Artinya, dengan dukungan dua pembangkit listrik ini, resiko yang di akibatkan terbukti dapat ditekan dan diminimalisir. 

3] Avg. pageload time terbaik

Web Hosting di Niagahoster menggunakan tekhnologi tercanggih yang dapat menjaga kestabilan server. Tekhnologi tersebut bernama supermicro server dengan performa terbaik untuk mendukung website Anda agar tetap online. Dengan uptime hingga 99,98%, Niagahoster berani memberikan garansi respon time yang cepat agar kinerja website menjadi lebih optimal. 

4] Menggunakan fitur hosting terbaik

Web Hosting di Niagahoster menggunakan fitur hosting terbaik karena mendukung keamanan dan kecepatan terbaik serta dapat di andalkan. Dari segi keamanan, ada fitur CloudLinux OS untuk meningkatkan stabilitas dan keamanan server.  Lalu ada WanGuard yang berfungsi untuk mengidentifikasi dan memblokir traffic berbahaya pada sebuah website. Kemudian ada BitNinja untuk mengamankan server Anda dari berbagai serangan, seperti dari botnet dan juga spam. 

Dari segi kecepatan, ada fitur LiteSpeed Web Server untuk menjamin performa website Anda akan tetap berjalan dengan kecepatan akses terbaik tanpa mengganggu load server Anda. Kemudian ada Cloudflare CDN yang membuat website Anda akan lebih cepat diakses darimanapun. Lalu ada HTTP/2 yang merupakan protocol jaringan terbaru yang berfungsi untuk pemuatan website menjadi lebih cepat. Dan masih banyak lagi fitur fitur canggih lainya. 

5] Customer Service 24/7

Sebagai bentuk dedikasi kepada para pelangganya, Niagahoster memberikan layanan support 24 jam 7 hari nonstop bagi pelanggan yang membutuhkan. Jadi semisal ditengah malam Anda membutuhkan bantuan, tim support Niagahoster selalu sedia melayani Anda. 

Hal ini terbukti dengan tingkat kepuasan pelanggan yang mencapai 93% atas layanan yang di berikan, yang di kumpulkan melalui penilaian happiness score. Untuk bisa terhubung dengan layanan customer service, media yang digunakan yaitu telfon, live chat, email, ataupun whatsapp yang lebih mudah. 

6] Banyak testimony dari pelanggan  

Secanggih apapun fitur sebuah hosting, namun kepuasan adalah yang utama. Untuk Web Hosting dari Niagahoster, ternyata ada banyak sekali testimony yang diberikan dari pelanggan. Berikut 4 diantaranya :

Gary Evano Daniel

Niagahoster selama ini sudah memberikan layanan yang reliable dan yang penting adalah fast response serta komunikasi yang baik di setiap keperluannya.

 Head of Operations & Business Development. http://puyodesserts.com

Elbanadha

produk lokal yang berkualitas ya Niagahoster.. Harganya terjangkau , support 24jam nya memudahkan saya sebagai developer.. #Banggaprodukdalamnegri

Web Developer & Photographer. http://elbanadha.com/

Anindito Subagyo

Kami memilih menggunakan Niagahoster karena servicenya oke, harga terjangkau dan kami senang menggunakan produk lokal Indonesia. Bangga dengan produk dalam negeri.

Founder Bisaurus.com. www.bisaurus.com

Diki Dewanto

2017 kemarin saya banyak website yang host di niagahoster, dan mungkin 2018 ini bakal tambah banyak lagi yang akan saya tanam di sini, selama ini ga ada masalah, setiap trouble langsung di atasi dengan cepat.. semoga makin sukses dan sama-sama bikin urusan tambah lancar.. trima kasih niagahoster

FOUNDER CYBERMILKER. https://cybermilker.com

7] Garansi Uang Kembali

Jika Anda tidak puas dengan layanan dari Niagahoster. Niagahoster memberikan jaminan uang kembali di 30 hari pertama sejak layanan di aktifkan. Proses pengembalian memerlukan waktu hingga 10 hari kerja langsung ke rekening Anda. 

Sebenarnya ada banyak sekali alasan kenapa harus memilih Hosting di Niagahoster. Namun demi efektivitas,  saya tidak tidak menuliskan semuanya. 7 saja cukup. Jika kalian ingin tahu lebih, silahkan berkunjung ke websitenya di alamat https://www.niagahoster.co.id.

Nah, itulah ke tujuh alasan kenapa harus memilih Hosting Terbaik di Niagahoster. Kesimpulannya, revolusi industri 4.0 akan banyak melahirkan tekhnologi tekhnologi canggih terbaru yang dapat menggantikan berbagai macam pekerjaan manusia. Jika kita tidak mengikuti perkembanganya, maka bisa jadi kita akan tertinggal jauh. 

Sebagai generasi millenial yang sadar akan kehadiranya, hendaknya bersiap siaplah membekali diri dengan berbagai macam skill dan kemampuan. Tujuanya agar bisa selalu beradaptasi dengan bidang yang kita geluti, sehingga dapat terus berkembang. Saya pun begitu.

Untuk kasus saya pribadi, saya memanfaatkan hobi menulis saya melalui blog premium dengan custom domain dan hosting terbaik untuk mendulang rejeki.    Entah seberapa hasilnya, yang penting saya sudah melakukan yang terbaik dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0 ini, biarpun hanya dari Desa.  Dan saya merekomendasikan Niagahoster sebagai tempat menyewa hosting terbaik bagi usaha dan bidang yang Anda geluti. 

SELESAI 

Artikel ini di ikut sertakan dalam kompetisi blog Niagahoster. Jangan lupa, follow sosial media Niagahoster pada tombol dibawah ini untuk update info terbaru darinya.

Sumber referensi artikel
  1. https://www.niagahoster.co.id
  2. https://blog.gamatechno.com/11-pekerjaan-yang-diperkirakan-akan-hilang-karena-perkembangan-teknologi/
  3. https://jesandy.com/pekerjaan-yang-akan-hilang-di-industri-4-0/
  4. https://www.wartaekonomi.co.id/read205173/apa-itu-revolusi-industri-40.html
  5. https://kumparan.com/@kumparannews/5-media-cetak-yang-dulu-berjaya-kini-tutup-usia-1540536493317044348
  6. http://otomasi.sv.ugm.ac.id/2018/10/09/sejarah-revolusi-industri-1-0-hingga-4-0/
  7. https://www.liputan6.com/bisnis/read/3425688/jokowi-saya-tidak-percaya-robot-bakal-gantikan-manusia