Menjual barang dengan harga ratusan juta atau bahkan miliaran seperti rumah atau apartemen, memang bukanlah hal mudah karena nilainya sangat besar. Orang juga bakalan riset mendalam sebelum membeli sesuatu dengan nilai yang besar. Contohnya dalam membeli rumah.

Rumah adalah benda mati yang tak bisa di pindah-pindah. Sebelum memilikinya, seorang calon pembeli harus betul betul memikirkan segala sesuatunya. Seperti lokasinya, lingkunganya, harganya, kualitas bangunanya, dan lain sebagainya.

Jangan sampai terjadi, sudah keluar uang banyak, tapi ternyata rumah yang kita beli rawan banjir atau bangunanya sudah rapuh. Ataupun karena lingkungan disekitar rumah kurang mendukung karena sikap emosional masyarakatnya yang bikin kamu gak betah. Nah, maka dari itu, berikut 7 pertimbangan yang mungkin saja bermanfaat sebelum membeli rumah impian kita.

1] Yang pasti, cek harga pasaran rumah di daerahmu untuk mendapatkan harga terbaik

Cek harga rumah sebelum dijual untuk mengetahui harga pasaran. Misal seperti lewat website di rumah.com

Mengecek harga pasaran rumah di sekitarmu sangat penting dilakukan. Ini dilakukan untuk mengetahui berapa sih harga yang pantas untuk rumahmu. Kamu bisa mencari Informasi Rumah Dijual melalui tetangga-tetangga ataupun teman temanmu. Kalau di perkotaan, di pinggir jalan kita bisa melihat banyak brosur ataupun pamflet tentang harga rumah yang bisa kamu cocokan dan bandingkan.

Dan yang pasti karena sekarang kita hidup di era digital, mencari informasi harga jual rumah pun lebih mudah dilakukan. Tinggal ketikan kata kunci di google, maka deretan hasil tentang informasi rumah dijual pun muncul. Setelah semua informasi harga didapat, kamu bisa banding bandingkan, berapa baiknya harga jual yang pas untuk rumahmu ?

2] Lakukan renovasi, agar saat ada yang berkunjung karena berniat membeli, mereka jadi lebih tertarik

Renovasi baiknya dilakukan jika ada kerusakan pada rumah yang akan dijual, agar nilainya tidak turun. Dok. rumah.com

Tentunya ini sangat bermanfaat dan baiknya harus kamu lakukan jika memang ada kerusakan. Pengunjung bisa saja ilfill dan kabur begitu saja setelah melihat rumah yang kamu jual ternyata bangunannya rusak disana sini. Padahal kondisinya masih kokoh karena baru selesai dibangun. Tapi karena mungkin catnya luntur atau lumutan, rumput liar tumbuh dimana mana, tidak terawat, banyak sarang laba laba dilangit langit rumah, calon pembeli akan menganggap bahwa rumahmu jelek dan tidak bagus sehingga kabur begitu saja.

3] Foto sebaik mungkin. Bisa juga menggunakan gambar 360 derajat

Foto 360 derajat untuk promosi lebih baik Dok. tokopedia

Foto mewakili seribu kata. Foto yang bagus dan asli tanpa efek akan membuat rumahmu cepat terjual. Jangan sampai kamu memajang foto jahat ya dengan menambahkan efek sana sini sehingga rumah terlihat lebih bagus namun tidak sesuai dengan aslinya, bisa bisa pembeli kecewa. Kalau perlu sewalah fotografer untuk mendapatkan hasil foto terbaik. Tentunya ini penting dilakukan karena harga rumah itu pasti mahal. Jadi promosi terbaik sangat penting dilakukan. Berkorban sedikit untuk hasil yang besar, hasilnya juga pasti memuaskan.

Agar pembeli semakin puas, bisa juga pasang foto 360 derajat karena bisa melihat kondisi menyeluruh, dari mulai pojokan sampai sudut sudut kamar. Hal ini pun sudah dilakukan oleh salah satu website property di Indonesia, dan hasil penjualannya pun lumayan, dan kamu pun bisa menirunya.

4] Promosi di media sosial, facebook, instagram, dan juga youtube agar semua orang tau

Promosi lewat sosial media juga merupakan cara ampuh dalam menjual properti, semisal rumah

Nah, media sosial adalah tempat berkumpulnya orang orang dari semua level dan kalangan. Dengan berpromosi disana, orang-orang pun akan melihat kalau kita sedang jual rumah. Entah itu di facebook, twitter, instagram, ataupun youtube.

Untuk media sosial instagram, ini lebih favorit karena hanya berisi gambar dan caption. Foto foto diatas bisa kamu upload di instagram agar semua orang bisa tau. Jangan lupa tambahkan hastag yang relevan sebanyak mungkin agar rumahmu lebih mudah di temukan saat kata kunci di ketikan. Misal #jualrumah #rumahdijualdidepok #jualrumahmurah dan lain sebagainya.

Untuk facebook, kamu juga memposting banyak gambar beserta captionya. Dan untuk youtube kamu bisa membuat video. Dan tentunya promosi lewat video akan terlihat sangat nyata, sehingga calon pembeli pun bisa lebih jelas mengetahui seperti apa rumah yang akan kamu jual. 

5] Jika tak punya waktu, manfaatkan agen  property

Memanfaatkan jasa agen properti untuk menjual rumah jika kamu sibuk dan tak punya waktu. Dok. pixabay.com

Kalau kamu tidak mau repot dan pusing dalam menjualkan rumahmu, bisa gunakan jasa broker yang memang sudah ahlinya dalam menjual rumah. Broker juga paham berapa harga yang pantas untuk rumahmu. Namun sebelumnya perlu dilakukan kesepakatan mengenai berapa komisi yang akan didapat olehnya jika rumah terjual. Umumnya sih 2.5 persen dari harga jual rumah. Jangan terlalu banyak atau sedikit ya, kalau terlalu banyak kamu bisa rugi, kalau terlalu sedikit nanti mereka kerjanya malas malasan.

6] Tunggu situasi kondisi politik stabil

Memanfaatkan jasa agen properti untuk menjual rumah jika kamu sibuk dan tak punya waktu. Dok. pixabay.com

Sekarang ini kondisi politik di Indonesia memang sedang tidak stabil karena sebentar lagi ada pemilu 2019. Dan biasanya pada kondisi seperti ini, masyarakat lebih enggan untuk berbelanja. Tunggu sampai kondisi politik stabil sampai pemilu selesai. Baru kalian bisa berpromosi gencar gencaran.

7] Pasang iklan di website khusus property

Memasang iklan di website properti karena lebih relevan. Sehingga potensi terjadinya penjualan pun lebih besar. 

Memasang iklan di website khusus properti memang merupakan cara terjitu di jaman tekhnologi seperti sekarang ini. Karena pastinya website tersebut merupakan tempat berkumpulnya property dijual, entah itu rumah, apartemen, ruko, dan lain sebagainya. Dan mereka yang berkunjung, pastinya merupakan pengunjung potensial. Dari yang baru hanya melihat melihat ataupun yang memang berniat memiliki atau membeli sebuah property.

Biasanya, untuk mendapatkan fasilitas iklan yang lebih, sebuah website menawarkan fitur pro. Nah, manfaatkan fitur iklan pro tersebut agar potensi terjualnya sebuah property lebih besar. Jangan ragu untuk menggunakannya karena pastinya yang kamu inginkan adalah agar rumahmu cepat laku.

Nah, itu dia 7 tips menjual rumah yang bisa kamu terapkan. Kalau menurut saya, nomor 3 dan nomor 4 cukup ampuh di terapkan. Namun nomor satu yang paling penting agar kita bisa mendapatkan harga yang pantas. Tinggal pilih mana yang paling mudah dan paling sesuai di terapkan. 

 

Share This