KOMPAS.com/Associated Press/Mosaab Elshamy

Melakukan persiapan untuk suatu hal besar merupakan suatu keharusan agar tujuan yang kita lakukan bisa terlaksana dengan baik. Misalnya umroh. Untuk melakukan ibadah umroh, cara paling mudah yaitu menggunakan jasa layanan umroh sebagai Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU). Semisal kita akan ambil paket umroh desember 2019 nanti, kita masih punya banyak waktu dari sekarang untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Mulai dari biaya, kesehatan, pembimbing umroh, dan lain sebagainya.

Berbicara mengenai umroh, sepertinya kita semua sudah pada tau ya bahwa beberapa waktu lalu beredar berita tentang agen perjalanan umroh yang menipu para calon jemaahnya. Dari banyaknya korban yang ada, salah satunya sampai ada yang meninggal dunia karena tak bisa menerima kenyataan bahwa dirinya sudah tertipu.

Nah, berkaca dari pengalaman tersebut, kita tentunya harus berhati hati dong ! jangan sampai kejadian yang sama terulang kembali pada kita yang akan berangkat ke tanah suci. Karena saat ini ada banyak sekali agen perjalanan umroh yang menawarkan jasanya dengan berbagai tawaran menarik.

Jangan hanya karena biaya umroh yang murah, Anda bisa dengan mudah memutuskan memilih travel umroh begitu saja. Karena umroh itu bukan hal/perkara kecil, jadi harus benar benar di persiapkan dengan matang. Nah, berikut adalah 10 tips memilih travel umroh agar Anda tidak tertipu tavel umroh abal abal.

1. Pilih travel umroh yang terdaftar di kementrian agama

Ya, ini adalah langkah penting yang harus Anda lakukan sebelum memilih agen travel umroh. Yaitu dengan mengecek terlebih dahulu kelegalitasan travel umroh tersebut di kementrian agama. Caranya dengan mengecek melalui websitenya di https://haji.kemenag.go.id/v3/ atau bisa juga dengan mendatangi departemen agama setempat, apakah travel umroh terkait sudah terdaftar atau belum ?

Kelegalitasan adalah syarat mutlak yang harus di miliki oleh Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU). Hal ini sebagai bentuk kredibilitas dan tanggung jawab untuk jemaahnya yang meliputi semua fasilitas umrohnya, seperti keberangkatan, tour guide, penginapan, hingga kepulangan umroh. Oiya, Anda juga bisa menhubungi call center 1500-425 untuk mendapatkan informasi seputar travel umroh resmi secara lengkap.

2. Cek testimony pelanggan terlebih dahulu

Nah, ini juga tak kalah penting. Untuk mengetahui seperti apa layanan dari sebuah PPIU, kalian juga bisa mengeceknya dalam sebuah website karena umumnya agen PPIU banyak memediakan dirinya di dunia maya. Semakin banyak testimony yang ada, tingkat kepercayaan masyarakat akan sebuah PPIU pun semakin besar. Oiya, desain dan cara penyampaian konten websitenya juga mencerminkan layanan dari sebuah PPIU. Desain website yang rapi dan konten yang berkualitas, menunjukan keseriusan dan tanggung dari sebuah PPIU.

3. Hati-hati dengan harga murah

Jangan karena tergiur harga yang murah, Anda bisa dengan mudah memilih suatu jenis agen travel umroh. Karena sejatinya segala sesuatu yang wajar lebih di percaya kebenaranya. Ini penting untuk di ketahui terutama buat yang masih awam dan baru akan pertama kali umroh. Semisal di travel umroh A harga paket umrohnya 20 juta. Sementara di travel umroh B harga paketnya 15 juta untuk layanan yang sama. Nah, Anda patut curiga karena harganya yang murah dan tidak wajar.

4. Cek kantornya apakah benar adanya atau tidak

Saat ini ada banyak travel umroh memiliki website sebagai media promosinya untuk menjangkau konsumen secara lebih luas. Jika lokasi Anda tinggal cukup jauh namun memilih menggunakan travel umroh tersebut, untuk mengetahui kejelasan dari sebuah agen travel umroh, baiknya datangi secara langsung kantornya, apakah memang benar adanya atau tidak ? sehingga tidak muncul keraguan di hati terhadap agen travel umroh yang akan kita gunakan.

5. Periksa fasilitas yang di berikan

Teliti sebelum membeli penting untuk di perhatikan. Jangan karena suatu hal, semisal kesibukan, lalu Anda hanya menyerahkan semua tanggung jawab begitu saja kepada suatu agen travel umroh. Sebagai konsumen yang bijak, teliti sebelum membeli wajib Anda lakukan.

Anda bisa cek mengenai fasilitas apa saja yang akan kita dapatkan dari travel umroh yang kita sewa jasanya. Apakah ada yang harus di bayar sendiri atau tidak ? Hal ini berkaitan dengan uang saku yang akan kita bawa jikalau ternyata ada biaya yang harus kita keluarkan sendiri disana, dan lain sebagainya.

6. Jika ada, cari informasi dari kerabat atau orang terdekat yang pernah umroh di agen tersebut

Jika pada point pertama kita sudah mengecek testimony. Maka mencari informasi dari orang terdekat, misal teman atau saudara yang sudah menggunakan layanannya, juga penting di lakukan. Karena testimony semisal dalam website hanyalah ungkapan kepuasan dalam beberapa kalimat, yang belum di ketahui secara jelas keaslianya karena kita tidak kenal siapa orang yang memberikan testimony tersebut. Nah, dengan menanyakan langsung ke orang yang pernah menggunakannya, kita bisa mengetahui informasi lebih banyak langsung dari sumbernya.

7. Hati hati dengan umroh yang menjanjikan keberangkatan

Tentang perbedaan haji dan umroh, kalau haji itu umumnya harus menunggu waktu yang lama, bahkan sampai puluhan tahun karena banyaknya pendaftar dan dan sudah di kuotakan setiap tahunya. Sedangkan umroh beda lagi karena bisa berangkat kapan saja. Jika ada agen umroh yang menjanjikan keberangkatan satu atau dua tahun atau bahkan lebih, Anda patut curiga karena umroh itu bisa berangkat cepat, tidak seperti haji yang umumnya harus menunggu lama.

8. Tanyakan tentang pembimbing umroh

Bagi saya pribadi yang belum pernah umroh, keberadaan seorang pembimbing umroh sangat penting. Karena pastinya disana kita tidak tahu arah, mata uang, tempat penginapan, bahasa yang digunakan, tata cara umroh, menjalani rukun umroh, dan lain sebagainya, sehingga kita tidak mengalami kesulitan saat beribadah umroh.

9. Hati hati dengan umroh yang menggunakan system MLM

Anda patut berhati hati dengan travel umroh yang menggunakan system MLM. Pada travel umroh ini, seorang Jemaah biasanya di haruskan untuk merekrut orang lain untuk menjadi anggota hingga kuota terpenuhi, kemudian barulah di berangkatkan.

Cara ini sudah diharamkan oleh para ulama karena hanya menguntungkan satu pihak dan merugikan pihak lain. Jika ada agen travel umroh yang tanpa system MLM, kenapa tidak memilihnya ?

10. Cek transparansi transaksi pembayaran

Transparansi dalam suatu jenis usaha kepada konsumennya itu sangat penting. Terlebih jika jumlahnya lumayan besar. Umumnya sebuah agen travel umroh selalu menggunakan nama perusahaannya dalam transaksi perbankannya, bukan menggunakan nama pribadi. Jadi, berhati hatilah jika menemui agen travel umroh yang dalam pembayarannya menggunakan rekening atas nama pribadi.

Nah, itulah ke 10 tips sebelum memilih agen travel umroh yang bisa Anda coba. Kejelasan, transparansi, dan keterbukaan suatu layanan agen travel umroh sangat penting agar konsumen bisa mendapatkan informasi yang jelas sejelasnya.

Untuk mendapatkan biaya umroh yang terjangkau, kalian bisa mencari umroh promo dari suatu jenis layanan umroh. Dan tentu saja ini harga yang normal karena memang sedang mengadakan promo. Itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan terimaksih 😀

Share This