Panduan Jual Beli Properti via 99.co Indonesia

(foto: 99.co Indonesia)

Di tengah era modern ini, kemudahan proses jual beli diusung sedemikian rupa oleh kemajuan teknologi. Mungkin tidak asing lagi bagi kita untuk berbelanja dan berjualan secara online dengan kehadiran e-commerce.

Produk-produk yang paling lazim diperjualbelikan disini adalah produk fashion, elektronik, furniture, kosmetik, kerajianan, dan lain-lain. Kabar baiknya, bahkan saat ini produk properti sudah dapat masuk ke deretan hal yang bisa anda jual atau beli secara online.

99.co Indonesia adalah website yang memungkinkan anda melakukan jual beli properti secara mudah, cepat, dan aman. Nah, lalu bagaimana, sih, caranya? Simak panduan jual beli properti via 99.co Indonesia ini, ya!

Langkah Mudah Jual Properti Lewat 99.co Indonesia

Langkah Mudah Jual Properti Lewat 99.co Indonesia

(foto: Pixabay)

Untuk menjual properti via 99.co Indonesia, anda hanya perlu ikuti 3 langkah dalam panduan ini. Dijamin mudah alias gak pakai ribet, deh!

#1 Buat Akun Penjual Properti di 99.co Indonesia

Hal pertama yang perlu anda lakukan tentu saja membuat akun di website 99.co Indonesia untuk mulai memasang iklan properti. Anda dapat mendaftar sebagai agen properti ataupun sebagai agen perseorangan jika anda adalah pemilik langsung properti yang hendak anda jual.

#2 Siapkan Semua Informasi dan Foto Properti

Setelah selesai membuat akun, anda perlu menyiapkan semua konten iklan yang dibutuhkan. Semua informasi termasuk foto-foto properti dan spesifikasinya sudah harus anda kantongi. Untuk selanjutnya dimasukkan ke dalam iklan atau listing yang anda buat.

#3 Buat Iklan Properti di 99.co Indonesia

Langkah terakhir adalah membuat listing atau iklan properti anda. Perlu anda ketahui, semua ini tidak dipungut biaya alias gratis. Jadi anda hanya tinggal memanfaatkan pembuatan iklan ini dengan sebaik mungkin.

Sertakan deskripsi yang jelas mengenai spesifikasi properti, kondisi lingkungan, aksesbilitas, kestrategisan lokasi, dan lain-lain. Jangan lupa untuk menyertakan foto yang layak. Calon pembeli cenderung melihat ketersediaan foto paling pertama.

Sehingga, jika anda menggunakan foto properti yang asal-asalan, kemungkinan iklan anda dibaca hingga selesai menjadi kecil sekali. Jangan lupa juga untuk sertakan kontak yang dengan mudah dapat dihubungi oleh calon pembeli.

Langkah-langkah Beli Properti via 99.co Indonesia

 Langkah langkah Beli Properti via 99.co Indonesia

(foto: Google Images)

Sedangkan untuk anda para pencari properti, inilah langkah-langkah yang perlu anda lakukan untuk membeli properti via 99.co Indonesia. Simak, ya!

#1 Buat Akun Pencari Properti di 99.co Indonesia

Langkah pertama, anda harus mendaftar terlebih dahulu untuk melakukan transaksi di situs 99.co Indonesia. Anda dapat mendaftar dengan menggunakan email ataupun akun facebook apabila ingin lebih cepat. Pendaftaran ini sifatnya GRATIS alias tidak dipungut biaya. Menarik, kan?

#2 Cari Properti di 99.co Indonesia

Setelah membuat akun di www.99.co/id, anda akan dapat mengakses ribuan listing atau iklan properti langsung dari komputer atau ponsel pintar anda. Listing-listing ini dapat dengan mudah disaring sesuai kebutuhan. Misalnya, anda hanya ingin menemukan listing dangan rentan harga tertentu, maka lisitng dengan harga di luar kriteria anda tidak akan muncul di layar.

Anda bisa melakukan hal yang sama berdasar aspek yang lain, seperti lokasi, luas bangunan, keadaan rumah, jangka waktu sewa, dan lain-lain. Perlu anda ketahui, anda tidak hanya akan menemukan rumah yang dijual di 99.co Indonesia, melainkan juga rumah yang disewakan.

Listing yang muncul akan memuat informasi mengenai properti yang ditawarkan. Di antaranya, anda akan menemukan sejumlah foto rumah, spesifikasi rumah, deskripsi mengenai lokasi dan aksesbilitas, dan lain-lain.

Selain itu, agar pencarian lebih spesifik, anda bisa masukkan kata kunci yang diinginkan. Misalnya, anda bisa tuliskan “bebas banjir” ke dalam kolom kata kunci, sehingga listing yang muncul hanyalah listing-listing yang memuat informasi bebas banjir saja.

Belum lagi, jika anda mencari properti di 99.co Indonesia, anda dapat memanfaatkan fitur ‘carikan saya properti’. Seperti namanya, fitur ini akan mencarikan properti yang cocok untuk anda. Caranya? Anda hanya perlu mendeskripsikan properti seperti apa yang anda mau.

Selanjutnya, para penyedia properti yang merasa propertinya masuk ke dalam kriteria akan mengirimkan anda penawarannya. Dengan begini, anda dapat lebih menghemat waktu dalam mecari properti yang anda mau.

#3 Pertimbangkan Kurang-lebihnya Properti Yang Anda Temukan di 99.co Indonesia

Dihadapkan dengan kemudahan mencari iklan-iklan properti, maka itu berarti anda harus lebih selektif dalam menentukan manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan anda. Cermati dan cek listingnya secara mendetail, serta bandingkan satu persatu dengan kandidat properti yang lain.

Mulai dari aksesbilitas, fasilitas, kondisi lingkungan sekitar, kestrategisan lokasi, dan hal-hal lain yang menjadi pertimbangan personal anda seperti ketersediaan dana hingga kenyamanan bangunan.

#4 Hubungi Penjual atau Pemilik Properti di 99.co Indonesia

Setelah melalui pencarian dan akhirnya menemukan properti mana yang anda inginkan, langkah selanjutnya anda dapat menghubungi penjual atau pemilik properti di 99.co Indonesia.

Perlu anda ketahui, pemasang iklan di 99.co Indonesia bisa jadi agen properti atau perseorangan. Jika perseorangan, maka anda akan langsung berhubungan dengan pemilik properti.

#5 Tidak Cukup Hanya Melihat di 99.co Indonesia, Lakukan Survey Lapangan Juga

Meski anda sudah mendapatkan semua informasi lewat listing di 99.co Indonesia, anda juga perlu mendatangi lokasinya lansung. Hal ini penting untuk mengecek kesesuaian informasi yang tercantum di listing dengan keadaan sebenarnya.

Jangan sampai anda sudah melakukan jual beli tanpa terlebih dahulu datang untuk mengecek langsung propertinya. Jika seperti ini, bisa-bisa anda seperti beli kucing dalam karung.

#6 Lakukan Negosiasi dengan Penjual atau Pemilik Properti

Setelah mantap dengan pilihan properti anda di 99.co Indonesia, anda bisa lanjutkan dengan negosiasi dengan pihak penjual. Meski dari awal anda sudah mencari properti yang sesuai budget, hal ini tidak menutup kemungkinan anda mendapatkan harga yang lebih murah dari hasil negosiasi.

Selain itu, anda dapat juga nego mengenai uang muka, waktu pelunasan, dan sebagainya. Jangan lupakan juga booking fee untuk menjamin keseriusan kedua belah pihak.
Agar tidak salah paham, perlu dipastikan apakah booking fee ini sudah termasuk dari total yang harus dibayar atau tidak. Hal ini juga penting meski nominal booking fee terbilang kecil.

#7 Pilih Cara Pembayaran

Pembayaran tunai memang paling sederhana dan tidak ribet, tapi tentu saja ini mengharuskan Anda mengantongi dulu semua uang yang dibutuhkan. Banyak sekali orang yang memilih pembayaran kredit untuk mengatasi masalah ini.

Anda dapat mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pada bank. Di sini, anda harus memenuhi beberapa kriteria dan melengkapi beberapa dokumen agar pengajuan kreditnya diterima.

#8 Buat Akad Jual Beli

Proses final adalah pembuatan akad jual beli. Ini merupakan proses peralihan hak hukum atas tanah dan bangunan dari penjual ke pembeli secara resmi dengan harga yang sudah disepakati sebelumnya. Kedua belah pihak menandatangani Akta Jual Beli (AJB) di hadapan notaris untuk perlindungan hukum semua pihak.

Nah, itu dia panduan jual beli properti via 99.co Indonesia. Bagaimana? Jual beli properti tidak pernah semudah ini, kan? Mari ucapkan selamat tinggal pada pencarian iklan-iklan di koran atau lelahnya berkeliling kota mencari properti mana yang dijual.

Share This