8 Alasan Mengapa Sebuah Desa Harus Memiliki Website

Kedua kakinya mengecil, tulang punggungnya patah, sum-sumnya tulang belakangnya terputus beserta syaraf-syarafnya. Akibatnya, tubuhnya menjadi lumpuh. Setiap hari ia hanya bisa berbaring dan duduk di kursi roda yang entah sampai kapan akan berakhir.

Untuk berpindah-pindah tempat seperti ke kamar mandi, mengambil benda, dan lain sebagianya, ia harus di bantu karena tak bisa melakukannya sendiri. Tentunya ia sangat menderita dengan kondisi tersebut. Terlebih hal itu terjadi secara tiba tiba yang membuatnya shock berat.

Semua berawal dari kecelakaan sepeda motor beberapa tahun lalu. Motor yang ia tumpangi menyerempet pengendara lain yang membuatnya terjatuh dan harus menjalani beberapa kali operasi.

Pengobatan sudah banyak ia jalani. Namun karena terkendala biaya, kondisinya masih memprihatinkan. Bahkan saat ini di tubuhnya masih tertanam logam pen karena tak ada biaya untuk operasi pengeluaran benda tersebut.

Ya, dia adalah Ulin, tetangga sekaligus teman saya di kampung halaman. Saat ini ia tinggal berdua dengan Ayahnya di Jakarta, di sebuah mess kecil tempat Ayahnya bekerja. Penghasilan yang mungkin belum mencukupi, membuatnya hanya bisa pasrah dengan keadaan.

Namun beruntunglah karena bantuan seorang saudara dan temannya, ia memilki harapan untuk hidup lebih baik dengan menjalani operasi pengeluaran logam pennya dalam waktu dekat. Dimana dana tersebut didapat dari penggalangan dana online dari sebuah website yang hingga kini sudah terkumpul lebih dari 10 juta rupiah.

Saya pribadi sebagai seorang teman dan juga tetangga, turut membantu promosi penggalangan dana tersebut melalui sebuah blog desa yang saya kelola secara mandiri dan sudah di custom domain.

Caranya yaitu dengan menuliskan sebuah artikel yang mengajak para pengunjung terutama warga desa untuk membantu Ulin yang sedang tertimpa musibah. Artikel tersebut saya buat sedemikian rupa. Dengan harapan para warga desa membaca dan bantuan pun lebih banyak didapat. Alamat blognya berada di www.carbalung.com.

Dan ternyata oleh teman-teman dan warga lainnya, artikel tersebut banyak mendapat respon positif. Mereka banyak menshare ke media sosial mereka masing-masing hingga jumlah pembacanya lumayan banyak.

Hasilnya, bagaimana ? 

Kalau saya lihat jumlah bantuan pun semakin bertambah saja. Entah dari link artikel yang saya buat atau bukan, namun paling tidak dapat menjadi media informasi yang bermanfaat untuk orang lain.

 

Artikel  penggalangan dana di blog desa untuk membantu Ulin. Dokpri

Bantuan di dapat saat artikel blog desa di upload awal Mei 2019. Dokpri

Bantuan yang di dapat setelah penggalanan dana berjalan 2 bulan, yaitu Juli 2019. Dokpri

Blog tersebut memang hanya blog biasa dengan tampilan sederhana. Namun karena saya memiliki banyak mimpi untuk mensejahterakan warga desa, saya dengan senang hati mengelolanya.

Blog atau website desa tentunya memiliki banyak manfaat. Selain manfaat sosial kemanusiaan seperti diatas saya tuliskan, ada banyak manfaat lain yang bisa di dapat. Dan berikut adalah 8 Alasan Mengapa Sebuah Desa Harus Memiliki Website versi saya.

8. Melayani banyak jenis pembuatan website

7. Transparansi dana desa dan statistik

kependudukan

8. Pusat Informasi dan Administrasi

Kependudukan

6. Galeri foto

5. Pengenalan IT pada warga

4. Branding diri

3. Menangkal hoax dan berita bohong

2. Publikasi kegiatan desa

1. Promosi potensi desa

8 Alasan Mengapa Sebuah Desa Harus Memiliki Website

Created by Amir Mahmud

Dan berikut penjelasan dari animasi infografis di atas

Kebetulan di desa kami terdapat sebuah objek wisata berupa air terjun yang sangat ramai di kunjungi wisatawan. Wisata ini sangat menarik terutama di musim hujan karena debit air terjunnya cukup deras. Sadar dengan hal tersebut, saya yang sudah terbiasa menulis, pun mempromosikannya melalui tulisan di blog desa. Dengan sedikit tekhnik marketing yang saya pelajari, dalam sekejap tulisan pun di baca banyak warga setelah saya share di media sosial. Baik mereka para warga yang tinggal di desa ataupun di luar daerah.

Dari tulisan tadi, ternyata masih ada warga yang belum tahu jika di desa kami terdapat sebuah objek wisata yang cukup hits dan terkenal. Dan inilah manfaat website desa yang tak di duga-duga, yang tadinya tidak tahu menjadi tahu.

Selain pembaca lokal, tentunya promosi melalui blog seperti ini juga menjangkau seluruh pelosok tanah air karena terindeks di mesin pencari. Artinya, akan semakin banyak wisatawan yang datang dari berbagai daerah ke tempat ini.

 

Artikel blog Desa yang mempromosikan potensi Desa. Dokpri

Artikel publikasi kegiatan desa. Dokpri

Beberapa waktu lalu di desa saya mengadakan kerjabakti pengecoran jalan. Pengecoran jalan ini merupakan kabar gembira bagi warga. Karena setelah sekian lama, akhirnya jalan di desa kami di perbaiki juga. Sehingga lalu lintas menjadi lebih lancar terutama saat musim hujan.

Nah, karena para warga tahu jika saya seorang tukang cerita dan suka bawa-bawah kamera, mereka pun mendaulat saya untuk mendokumentasikan acara kerja bakti di blog desa yang saya kelola. Selain untuk mengabadikan moment istimewa ini, juga sekaligus mengabarkan kepada para warga – khususnya yang berada di luar wilayah, bahwa, ini lho kampung kita yang sekarang. Dan bisa jadi, akan datang donatur dari mereka para warga desa yang tinggal di luar wilayah karena ingin melihat desanya maju.

Melalui informasi dari blog yang ada, mereka jadi tahu akan perubahan kampung halamannya saat itu. Dan ini menjadi keunikan tersendiri. Karena jika saya lihat masih belum banyak desa yang memanfaatkan media blog seperti ini untuk publikasi kegiatan desanya.

Dan sebenarnya ada banyak artikel yang ingin saya buat. Misalnya seperti sejarah dusun, sejarah desa, dan banyak lagi yang lainnya.

 

Beberapa tahun yang lalu di desa saya beredar kabar bahwa kendaraan (sepeda motor) yang tidak membayar pajak akan di sita oleh pihak kepolisian. Mendengar kabar tersebut, banyak warga yang memiliki kendaraan mati pajak berbondong-bondong membawa motor mereka ke bukit-bukit dan pegunungan.

Mereka rela susah payah menggotong motor mereka beramai ramai ke pekarangan yang mana kontur tanahnya berundak-undak karena memang bukan jalan. Bahkan sampai nyebrang sungai segala. Dan tentunya ini sangat menyusahkan karena warga seperti di kerjain.

Banyak warga mengatakan, di desa sebelah banyak kendaraan yang sudah di angkut menggunakan truk. Mereka pun bertanya-tanya “apakah berita itu benar ?” Mengetahui hal itu, saya sendiri juga tidak yakin, “masa iya sih ?”

Dan kebetulan ada salah satu tetangga yang berdinas di kepolisian. Dan Beliau memberitahukan bahwa kabar tersebut tidak benar. Ada yang bilang jika kabar tersebut merupakan pengalihan isu. Karena di saat yang bersamaan sedang terjadi pergolakan politik.

Nah, dengan memanfaatkan website atau blog desa, pengelola bisa menginformasikan mengenai mana kabar yang benar dan mana bohong alias hoax ? Sehingga tidak menimbulkan dampak negatif yang dapat merugikan warga.

 

Ilustrasi : Amir Mahmud

Ilustrasi : Amir Mahmud

Merupakan kebanggaan tersendiri jika sebuah desa, apalagi desa terpelosok, namun memiliki sebuah blog atau website. Terlebih jika website tersebut memiliki tampilan yang cukup professional semisal web landing page dengan konten berkualitas, tentu citra dan image sebuah desa akan terangkat naik.

Mereka yang berkunjung akan dibuat terkesima. Mereka akan bilang “wah ternyata Desa X bisa keren gini yah, pasti wisatanya juga menarik nih”. Adanya website desa juga dapat menjadi indikator kualitas sebuah desa dan juga masyarakatnya.

Di jaman tekhnologi seperti sekarang ini, kita seperti di tuntut untuk melek tekhnologi. Karena hampir semua lini kehidupan terintegrasi dengan tekhnologi. Saat ini, siapa sih yang tak memiliki smartphone. Bahkan tiap orang bisa memiliki lebih dari satu.

Saat akan mencari suatu informasi, mereka lebih suka membuka google atau youtube ketimbang bertanya langsung ke orang lain. Nah, keberadaan website desa berperan penting untuk pengenalan teknologi informasi kepada warga.

Konten-konten dan materi di website desa bisa berisi edukasi tentang tekhnologi yang bisa di pelajari para warga. Sehingga warga bisa mengenal tekhnologi yang bermanfaat untuk kehidupannya.

Ilustrasi : Amir Mahmud

Ilustrasi : Amir Mahmud

Para warga yang mungkin berada di luar kota, baik yang bekerja, merantau, ataupun menetap di luar wilayah, tentu penasaran dengan kondisi kampung halamannya yang mungkin sudah lama tidak berkunjung.

Nah, dengan adanya website desa, mereka bisa melihat kondisi terkini kampung halamannya melalui galeri foto yang ada. Seperti apa perubahannya, perkembangannya, kemajuannya, siapa Lurahnya, dan banyak lagi yang lainya.

Beberapa waktu lalu saat saya berkunjung ke balaidesa, saya melihat spanduk bertuliskan rincian dana desa yang ada. Baik itu pemasukan ataupun pengeluaran. Dana desa tersebut di dapat dari pajak, usaha pariwisata, dan banyak lagi yang lainya.

Nah, ada baiknya jika di taruh di website agar warga bisa melihatnya dengan mudah. Dana desa lainnya mungkin seperti program bedah rumah, program PKH, dan lain-lainya, juga penting untuk di ketahui warga. Karena saya pernah mendapati seorang warga yang begitu penasaran menanyakan hal tersebut kepada Kepala Desa melalui mengenai dana desa tersebut.

Selain itu, website desa dapat menampilkan statistik lengkap data kependudukan. Seperti data penduduk berdasarkan usia dan jenis kelamin, data pendidikan, data agama, data pekerjaan, data pekerjaan, sarana dan prasarana, dan lain sebagainya. Kemudian ada struktur organisasi Desa, Susunan kepengurusan Badan Permusyawaratan Desa, dan data-data lainya.

Dengan begitu, warga jadi tahu seperti apa data kependudukan yang ada di sebuah desa dengan lebih mudah. 

Ilustrasi : Amir Mahmud

Data kependudukan. Dokpri

Seringkali saya merasa bingung saat akan mengurus identitas kependudukan, misal seperti KTP, SKCK, Kartu Keluarga, surat pindah, dan lain sebagainya. Seperti beberapa waktu yang lalu saat akan membuat surat pindah dan surat NK untuk keperluan nikah. #eh, yang belum jangan baper ya hehehe.

Saya belum tahu apa saja syarat yang harus di penuhi untuk membuat surat keterangan tersebut. Kemudian saya harus berlari kesana kemari untuk mencari tahu bagaimana mendapatkannya. Hingga akhirnya saya harus bolak-balik ke tempat salah satu perangkat desa. Untung saja rumahnya dekat, kalau jauh di pelosok tentunya saya akan kerepotan.

Nah, dengan adanya informasi tentang administrasi desa melalui web atau blog, tentunya akan lebih mudah dan hemat waktu, terutama bagi warga yang rumahnya jauh di pelosok.

Dan akhirnya dari 8 poin diatas, website desa bisa menjadi sumber data lengkap untuk desa.

Berbicara mengenai pentingnya sebuah website, saat ini ada banyak jasa pembuatan website di jagat maya. Namun dari banyaknya jasa yang ada, saya merekomendasikan grapiku sebagai jasa pembuatan website berkualitas dan terpercaya di Indonesia.

Memangnya, grapiku itu apaan sih ?

Grapiku adalah agensi pengembang brand dan website yang membantu Anda meningkatkan branding dan pemasaran sebuah produk atau jasa di era digital ini. Layanan yang tersedia yaitu desain branding yang meliputi desain berbagai macam logo, kemudian jasa pembuatan website, dan juga desain ilustrasi. Namun karena sekarang kita sedang berbicara website, maka saya hanya membahas website saja.

Jasa Pembuatan Website Berkualitas Grapiku dot Kom

Hingga saat ini, grapiku sudah banyak menangani klien yang menginginkan sebuah website. Untuk saat ini, website suatu usaha masih mendominasi. Dan ternyata ada juga website Desa, yaitu Desa Mandong yang beralamat di www.mandong.desa.id.  [Geser untuk melihat gambar lainya]   

Tampilan website desa Mandong karya grapiku. Dokpri

Sekilas tentang website desa Mandong

Website ini memiliki tampilan yang cukup menarik, berkarakter, dan begitu merepresentasikan Desanya. Dimana pertanian dan wisata sendang sebagai potensi Desanya.

Menurut penilaian saya pribadi, website ini terlihat begitu elegan dan cukup berkarakter. Pada bagian headernya terdapat sebuah foto aktivitas pertanian yang dibalut warna gradasi hijau dan tosca yang terlihat kalem dan sejuk.

Kemudian di bagian bawahnya terdapat tiga buah icon animasi yang membuat website ini terlihat hidup. Ikon tersebut juga mengandung link yang menuju ke sebuah halaman lainya di websitenya.

Scroll ke bawahnya lagi kita bisa menemukan data statistik animasi mengenai pendidikan desanya. Kemudian ada juga beberapa artikel terkait aktivitas di Desa tersebut. Secara keseluruhan, website Desa Mandong sangat menarik, baik tampilan ataupun kontennya.

 

Nah, berkaitan dengan hal tersebut, saya akan menuliskan 8 alasan memilih grapiku.com sebagai jasa pembuatan website berkualitas.

Slide thumbnail

8. Memiliki banyak jenis pembuatan website

7. Grapiku memiliki tampilan web yang

terpercaya

6. Untuk wilayah Klaten dan sekitarnya, dapat

melakukan meeting point

5. Memiliki tenaga ahli yang kompeten di

bidangnya

4. Keamanan super ketat

3. Bagus di mata mesin pencari

2. Mendesain website dengan tampilan

custom, modern, dan berkarakter

1. Memiliki banyak testimoni dari pelangganya

8 Alasan Memilih Grapiku.com sebagai Jasa Pembuatan Website

Created by Amir Mahmud

Dan berikut penjelasan dari animasi infografis di atas.

Alasan paling umum mengapa seseorang menggunakan suatu jasa atau produk adalah karena kualitas dan layanan yang di berikan. Jika orang lain puas menggunakan suatu jasa atau produk, maka customer lain pun ramai berdatangan. Hal itu juga di miliki oleh grapiku.com sebagai jasa pembuatan website berkualitas. Bisa Anda lihat sendiri betapa banyak portofolio website yang di buat oleh tim grapiku. Dan rata-rata mereka semua puas. Berikut portofolio dan testimoninya.

Portofolio jasa pembuatan website grapiku. Screenshoot dari web grapiku

“Websitenya bagus, dapat merepresentasikan desa kami secara visual dengan baik. Pelayanannya pun juga ramah dan sangat bertanggungjawab!”

Sarwono, S.Pd, Kepala Desa, Pemerintah Desa Mandong

www.mandong.desa.id

“Sangat profesional! Grapiku mampu memahami dan mewujudkan website sesuai arahan. Overall website AAK sangat memuaskan.”

H. Hanif Wahyudi, Direktur Utama, PT Aneka Adhilogam Karya

https://anekaadhilogam.com

“Terima kasih, website Huselda cukup memuaskan. Mulai dari desain dan susunan kontennya sangat baik.“

Husni Falah Wijaya, S.AB, Direktur, Huselda Satya

https://huselda.com

“Pelayanan ramah, hasil website sangat memuaskan.”

Didik Ariyanto, Owner DikArt Konveksi & Sablon

https://jasakonveksidansablon.com

Jika saya lihat dari banyaknya portofolio yang ada, semua website klien memiliki tampilan yang cukup menarik, elegan, professional, berkarakter, dan begitu meyakinkan pembeli. Dan tentunya sesuai keinginan pelanggan. Baik gambar ilustrasi ataupun foto aslinya begitu merepresentasikan suatu produk atau jasa. Perpaduan warna yang seimbang juga membuatnya indah di pandang. Contoh untuk kasus web desa mandong diatas. 

Kemudian di tampilkannya juga galeri foto dan video untuk meyakinkan pengunjung akan suatu produk. Dan di bagian akhir terdapat beberapa artikel terkait sebagai edukasi. (salah satunya untuk web https://grill-manholecover.com)

Sebelum website di buat, tim grapiku mempelajari terlebih dahulu secara mendalam produk-produk suatu perusahaan atau jasa. Grapiku juga menganalisa target market, mengamati budaya kerja perusahaan, hingga kemudian merancang website  sedemikian rupa dengan tampilan yang tak hanya indah di pandang, namun memiliki konten dan tekhnik marketing yang bagus, sehingga mampu mendatangkan penjualan.

Proses desain website grill-manholecover.com. Dok. grapiku.com

Beberapa hari yang lalu saya mencoba mengetes kata kunci suatu produk dari website karya grapiku.com. Dimana dalam gambar screenshootnya, kata kunci tersebut menempati urutan 1 hasil pencarian. Saya penasaran, apakah benar begitu ? Dan setelah saya cek ternyata memang benar. Kata kunci tersebut menempati halaman 1 google di baris ke 2, waow. 

Mengetahui hal itu, saya pun takjub. Dan ini membuktikan bahwa grapiku.com bukan hanya mendesain tampilan depannya saja. Tapi juga memiliki daya saing tinggi dengan banyak website sejenis di jagat maya. Bukan hanya untuk satu website, tapi banyak website klien lainnya.

Sebelum website di buat, grapiku memang sudah mengatur strategi sedemikian rupa agar website mampu bekerja di belakang untuk mendatangkan keuntungan. seperti riset kata kunci mendalam, membuat konten yang menarik, melakukan optimasi, menuliskan kode-kode yang terstruktur sedemikian rupa, dan berbagai upaya lainya. Sehingga tidak heran jika hasilnya memuaskan. Maksudnya, kualitas SEO nya cukup tinggi di mesin pencari. Dan bukankah itu yang di inginkan konsumen, terutama untuk website yang sifatnya menjual.

Website karya grapiku (https://grill-manholecover) menempati urutan 1 dan 2 di halaman 1 pencarian google untuk suatu kata kunci.

Di test pada 14 Juli 2019 sekitar jam 13.00. Dokpri

Website karya grapiku (https://gudanglampuku.com) menempati urutan 1 di halaman 1 pencarian google untuk suatu kata kunci.

Di test pada 14 Juli 2019 sekitar jam 13.00. Dokpri

Website karya grapiku (www.rajapintuair.com) menempati urutan 2 di halaman 1 pencarian google untuk suatu kata kunci.

Di test pada 14 Juli 2019 sekitar jam 13.00. Dokpri

Tampilan web sudah oke, performa di balik layar pun sudah oke. Namun jika celah keamanan mudah di tembus oleh para hacker sehingga mudah di retas, sama saja bohong dong ! Eh, tapi tak usah khawatir, karena website Anda di grapiku.com sudah di bekali system keamanan yang cukup kuat, sehingga aman dari serangan para hacker.

Ilustrasi :  Amir Mahmud

Grapiku meraih IWA Award berkat kompetensi tingkat tinggi para staf nya. Dok. grapiku.com

Untuk di ketahui, para web desainer grapiku memiliki tenaga ahli yang kompeten di bidangnya masing-masing. Hal ini di buktikan dengan penghargaan IWA (Indonesian Website Awards) yang di terimanya pada September 2018 lalu untuk kategori website bulanan terbaik kategori UKM.

Penghargaan di berikan karena tim grapiku mampu menghadirkan website yang memudahkan pelanggan mengakses sebuah website selama 24 jam penuh. Merekalah yang menjadikan sebuah website responsive, seo friendly, dan mudah di akses dari berbagai perangkat.

IWA adalah ajang penghargaan website di Indonesia. Acara serupa juga di adakan di Malaysia dan Singapore oleh Exabytes Network Company selama beberapa tahun berturut-turut. Sedangkan di Indonesia baru yang kedua kalinya setelah 2017 kemarin.

Bagi klien yang tinggal di wilayah Klaten Jawa Tengah dan sekitarnya, bisa melakukan pertemuan langsung dengan mendatangi kantor grapiku atau pada tempat yang sudah di tentukan.

Durasi setiap pertemuan maksimal 4 jam dan sebanyak 3 kali pertemuan. Dan tentunya gratis ya. Namun jika menginginkan layanan lebih, ada charge tersendiri sesuai lokasi, durasi, dan kesepakatan sebelumnya.

Ilustrasi :  Amir Mahmud

Percayalah jika saat ini masih banyak orang yang membeli buku karena covernya yang menarik. Sebagus apapun isinya, jika covernya tidak menarik, maka bisa jadi peminatnya pun berkurang. Begitu juga dengan grapiku. Website grapiku.com memiliki desain web yang cukup menarik sehingga membuat orang penasaran untuk mencoba layanannya, namun tanpa meninggalkan kualitas layanan yang di berikan.

Saat pertama kali mengunjungi website grapiku, saya terkesima dengan desain web berupa landing page dengan background merah yang di lengkapi ilustrasi grafis kualitas tinggi, lengkap dengan efek animasi.

Turun ke bawah, terdapat point-point yang menjabarkan betapa pentingnya memiliki sebuah website di era digital ini. Kali ini menggunakan background putih dengan sedikit aksen bulat berwarna abu muda, yang di lengkapi ilustrasi grafis yang relevan dengan setiap pembahasan.

Peletakan gambar dan tulisan yang bersebrangan, juga menambah kesan unik tersendiri yang membuatnya juga terlihat antimainstream dan beda dari yang lainya.

Kemudian scroll ke bawahnya lagi, berjajar portofolio dari layanan yang di berikan. Dari kesemuanya, efek gulir yang selow dan kalem, juga menambah kesan professional dari website grapiku. Website grapiku juga semakin meyakinkan karena memiliki konten berkualitas.

Dengan tampilan web desain dan konten berkualitas tersebut, tentu berbanding lurus dengan kualitas yang di berikan, dan itu fakta. Sehingga tidak salah jika banyak yang memutuskan menggunakan jasanya.

Tampilan website grapiku begitu meyakinkan calon konsumen. Screenshoot oleh pribadi 

Untuk di ketahui, grapiku melayani banyak jenis pembuatan website custom sesuai keinginan Anda. Tapi secara garis besarnya, beberapa jenis website yang dapat di buat tim grapiku diantaranya seperti :

  1. Website Profile/Brand
  2. Website Toko Online/Katalog
  3. Website Pemerintahan/Desa
  4. Website Organisasi/Komunitas
  5. Website Kuliner/Resto/Cafe

 

6. Website Sekolah/LMS
7. Website Media/Portal/Blog
8. Website Travel/Hotel/Booking
9. Website Kampanye/Event
10. Website Personal/Portfolio

Nah, selain ke 8 alasan diatas, adalagi lho 10 alasan kenapa harus memilih jasa pembuatan website di grapiku.com. Berikut penjelasannya

Editor teks mudah di gunakan

Menggunakan editor teks yang mudah di gunakan, sehingga update konten pun jadi lebih menyenangkan

Desain web responsive

Website yang di buat memiliki desain responsive dari berbagai ukuran layar

Murah dan Fleksibel

Grapiku memberikan harga penawaran kompetitif untuk Anda. Atau harga sesuai dana yang ada.

Pengerjaan cepat

Proses pembuatan website yang tidak memakan waktu (rata-rata antara 10 – 15 hari kerja)

Database teroptimasi

Database teroptimasi dan konfigurasi caching yang baik agar web dapat di muat lebih cepat

Terhubung dengan media sosial

Integrasi media sosial untuk meningkatkan pengunjung web Anda

Panduan pengguna

Grapiku menyediakan panduan pengguna via ebook. Atau bisa ketemu langsung (untuk wilayah Klaten dan sekitarnya)

Monitor website dengan mudah

Di sediakan webmaster tools dan google analytics untuk memonitor website Anda.

Fokus pada kepuasan pelanggan

Memberikan yang terbaik untuk pelanggan. Prinsip kerja grapiku adalah “bisnis kami akan tumbuh jika website klien dapat bekerja sesuai keinginan klien”

Customer service siap tanggap

Layanan 24 jam 7 hari untuk konsultasi atau jika website Anda mengalami kendala (gratis)

Note : seluruh ikon 10 alasan diatas di pinjam dari grapiku.com

Nah, itulah 8+10 alasan mengapa harus memilih grapiku sebagai jasa pembuatan website. Namun sebagai karya seorang manusia, tidak ada satupun yang sempurna, karena semua ada kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Selain kelebihan yang ada, sebagai masukan yang mungkin bermanfaat untuk perkembangan grapiku kedepan, berikut beberapa kekurangan dari website grapiku setelah saya pelajari secara detail. 

1. Loading web masih terbilang lambat, karena untuk versi mobile saja hanya mencapai skor 9 % (lambat) dan 38% (lambat) untuk versi desktop, yang di test menggunakan web meter di https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/.

Dan dalam ilmu SEO, loading website mempengaruhi hasil pencarian. Semakin cepat loadingnya, semakin baik pula hasilnya di mata hasil pencarian. Dan tentunya visitor pun semakin bertambah.

Sebaliknya, jika loading website lambat, maka umumnya pengunjung jadi tak sabar dan berpindah ke website lain. Sehingga visitor pun menurun. 

Loading web versi dektop terbilang masih lambat. Screenshoot pribadi

Loading web versi mobile juga terbilang masih lambat. Screenshoot pribadi

2. Mungkin akan lebih baik di taruh tombol back to top agar mudah saat akan kembali ke atas halaman

3. Mungkin juga akan lebih baik jika di sediakan fitur live chat agar calon konsumen bisa dengan mudah mengkonsultasikan kebutuhannya dengan pengelola secara langsung.

Mengapa penting ? Tentu saja penting, karena website grapiku sudah cukup professional, baik secara tampilan ataupun konten. Jika di tambah fitur live chat, tentu calon pelanggan akan lebih mudah saat akan memutuskan menggunakan jasanya. Oiya, kontak whatsapp juga penting mengingat sekarang hampir semua orang menggunakan whatssapp.

4. Link pada syarat dan ketentuan jasa desain website belum di tuliskan secara benar. Harusnya https://grapiku.com/terms/ namun tertulis https://grapiku/terms/ sehingga halamannya belum bisa terbuka. Lihat gambar di bawah. 

SK pada link jasa desain website linknya masih belum betul. Screenshoot pribadi

Kesimpulannya

Memiliki sebuah website di era digital seperti sekarang ini amatlah penting karena perkembangan tekhnologi terus berjalan kedepan. Banyak hal yang tadinya hanya bisa di lakukan secara konvensional mulai bertransformasi secara digital.

Dusun atau desa merupakan bagian terkecil dalam suatu wilayah di Negara kita. Dimana tingkat kehidupan masyarakatnya biasanya masih belum sebaik mereka yang tinggal di kota-kota.

Namun begitu tak jarang sebuah desa memiliki potensi tinggi, yang jika di kelola dengan baik, justru dapat memberikan dampak luar biasa untuk perkembangan desa, misal dalam hal pariwisata. Anda bisa lihat sendiri betapa banyak desa saat ini yang ramai di kunjungi wisatawan berkat potensi pariwisatanya. Dimana omsetnya mampu meraih ratusan juta rupiah perbulannya.

Nah, maka dari itu, Ayo Go Online Dengan Website. Karena keberadaan website desa menjadi sangat penting untuk perkembangan suatu desa itu sendiri. Dan untuk jasa pembuatan website berkualitas, saya percayakan pada grapiku.com. Terakhir, follow media sosial grapiku pada tombol di bawah untuk update info terbarunya. 

Catatan 

Blog dengan website hampir ada kesamaan. Cuma beda-beda tipis. Blog, biasanya menggunakan subdomain dan custom domain tanpa sewa hosting. Blog biasa semisal di blogger.com atau wordpress.com memiliki banyak keterbatasan, misal karena tidak bisa di install plugin, sehingga kreativitas pun di batasi. Contoh dari plugin yaitu semisal plugin seo, anti spam, layer slider, form, kompress gambar, dan lain sebagainya.

Sedangkan website, umumnya menggunakan custom domain dan hosting pribadi sebagai tempat menaruh file. Website dengan self hosting semisal di wordpress.org dapat di install plugin, sehingga dapat berkreativitas tanpa batas. Website lebih unggul dalam banyak hal, misal tampilan, seo, kinerja, dan banyak lagi yang lainya. Banyak hal yang tidak bisa di lakukan blog, bisa di lakukan oleh website.

Share This