Beberapa blogger pernah berkeluh kesah bahwa mengikuti lomba blog itu harus kuat mental. Karena dalam lomba blog berbagai macam level intelektual bisa turut berpartisipasi. Tidak ada batasan standar pendidikan tertentu untuk mengikuti jenis lomba ini. Semua bisa ikut kecuali jika memang ada SK khusus semisal pelajar atau mahasiswa. 

Seorang blogger lulusan SMP dengan kemampuan seadanya bisa saja harus bertarung melawan blogger professional dengan kemampuan tinggi. Tapi ada pepatah jawa mengatakan “wong pinter kalah nang wong sregep”. Maksudnya orang pinter kalah sama orang rajin. Dan itu sudah banyak terbukti.

Dan tentu pula, cara penyampaian dan ide mereka masing-masing pun berbeda. Mereka yang memiliki wawasan luas akan lebih mudah mendeskripsikan sesuatu dan memiliki lebih banyak ide daripada mereka yang wawasanya lebih sedikit. Namun tentunya semua bisa di pelajari karena kita punya kesempatan yang sama. Yang membedakan hanyalah mau mengeksekusinya atau tidak ? 

Baca juga : Info Lomba Blog Bulan ini dan Bulan-bulan depan

Lomba blog berbeda dengan lomba seo. Lomba blog hampir selalu mengutamakan kualitas dan bobot tulisan sebagai kriteria penilaian. Sedangkan lomba seo kriteria utama penilaianya berdasarkan rangking pencarian di google. Mereka yang berada di urutan teratas akan menjadi pemenangnya, kemudian biasanya baru kualitasnya sebagai penilaiannya. 

Saya pernah mendapati seorang teman blogger yang mengaku menyerah di lomba blog karena merasa tak mampu bersaing. Dan disini sebagai manusia yang lemah memang harus sadar akan kemampuan masing-masing. Masih banyak jalan menuju roma. 

Dalam lomba blog, seorang blogger di tuntut memiliki kreativitas tingkat tinggi karena persaingan semakin ketat. Artikel menarik saja tidak cukup. Tapi  kelengkapan lain seperti infografis, video, kualitas foto, bahkan desain web dan efek animasi juga semakin mewarnai dunia lomba blog. 

Aliasnya skill lain selain menulis sangat di butuhkan. Dan kebanyakan blogger mengaku masih belum terlalu menguasai. Ilmu grafis saja banyak yang mengaku sulit, apalagi edit video. Sedangkan web design, biasanya para blogger menyiapkan template khusus agar tampilan blog terlihat beda. Jadi selain menulis, seorang blogger di tuntut memiliki keahlian pendukung, dan terkadang modal juga harus di keluarkan 

Sementara dalam lomba seo, yang di kejar adalah posisi search engine. Mereka yang mampu menempati urutan pertama hasil pencarian bisa di pastikan akan menjadi pemenangnya. Kalau saya lihat tulisan para blogger seo, mereka lebih banyak mengandalkan tulisan dan sedikit gambar. Bahkan hanya gambar biasa yang di ambil dari website penyelenggara. 

Tapi tentu saja semua ada tantanganya masing-masing yang tentunya butuh perjuangan. Kalau kata Mas Nodi Harahap (Adhi Nugroho), rumus menggapai segala cita-cita sebenarnya sederhana. Kalau ingin jadi yang terbaik, berikanlah yang terbaik. Nah, itulah yang jadi masalah, karena seringkali dalam melakukan suatu hal, kita hanya melakukanya setengah-setengah atau bahkan asal-asalan. “Ah sudahlah, begini saja juga sudah bagus”.  Namun anehnya seorang blogger terkadang berekpektasi lebih dari apa sudah di lakukannya. 

Nah, bersama ini saya ingin berbagi tips menang lomba blog dari 23 blogger terbaik yang sering menang lomba blog. Dan kabar gembiranya karena disini ada Nodi Harahap. Khusus untuk tips dari Nodi Harahap saya tulis ulang kembali. Sedangkan dari blogger lainnya sudah ada linknya di bawah. 

Tips Menang Lomba Blog dari Nodi Harahap.

1] Mencoba dan terus mencoba

Pantang menyerah dalam sebuah lomba itu harus. Kalau kata Mas Nodi sendiri, bagi seorang pecundang, kalah akan di jadikan alasan untuk menyerah. Namun bagi seorang pemenang, kalah akan di jadikan pengalaman untuk terus bangkit. Dari 38 kali lomba yang pernah ia ikuti, ia harus gigit jari sebanyak 18 kali. Bahkan ia pernah tertipu lomba menulis abal-abal.  

Ia menekankan bahwa jangan pernah takut untuk mencoba di kesempatan berikutnya. Jadikan kekalahan sebagai pengalaman untuk tidak pernah berputus asa di kesempatan berikutnya. Bisa jadi, di kesempatan berikutnya kalian akan mendapatkan kemenangan, namun karena sekarang Anda menyerah, kemenangan tersebut pun tidak akan pernah ada. 

2] Originalitas tulisan dan kritis pada diri sendiri

Jujur dalam hal ini yaitu sadar akan kemampuan diri sendiri. Jangan pernah mencontek apalagi sampai copy paste tulisan orang lain karena itu sebuah pelanggaran. Pernah  ada salah seorang pemenang yang di diskualifikasi lantaran copy paste. Jika sudah begini nama baik pun akan tercoreng. Level branding kita pun akan turun karena kecurangan yang kita lakukan. Artinya, buatlah tulisan asli dari diri kita sendiri. Jangan berbuat curang dengan menjiplak karya orang lain. 

Sedangkan kritis dalam hal ini yaitu menemukan kelemahan dari tulisan yang kita buat. Semisal dengan mememerika apakah kalimat sudah efektif atau belum, salah tik atau typo, terlalu bertele-tele, dan lain sebagainya. Jangan malas untuk menyuntingnya sampai benar-benar mendapatkan tuliskan yang padat dan berbobot. 

Kalian bisa meminta bantuan seorang teman untuk memeriksa apakah tulisan masih ada typo dan layak tayang atau belum sebelum di submit. Dengan begitu kalian akan mendapatkan tulisan yang maksimal. 

3] Jangan malu untuk belajar

Jangan pernah malu untuk belajar. 2016 lalu adalah awal ia mengikuti lomba. Namun karena artikel yang ia buat asal-asalan, hasilnya pun tidak seperti yang di harapkan. Nah, maka dari itu, jangan pernah malu untuk belajar. Kalian bisa mempelajari artikel-artikel pemenang lomba sebelumnya atau lomba sejenis agar bisa tahu “oh ternyata begini to artikelnya, pantes saja menang”. Sehingga kalian bisa menemukan benang merah mengapa suatu artikel layak di menangkan. 

Untuk poin 4, 5, dan 6 ini berdasarkan penilaian saya sendiri

4] Awal paragraph yang nendang abis

Salah satu rahasia mengapa tulisannya sering menang (bahkan di posisi pertama) adalah karena ia memberikan sentuhan konflik di awal paragraph yang cukup nendang abis. Sehingga membuat pembaca semakin penasaran untuk membaca paragraph berikutnya. Memang tidak mudah untuk melakukannya. Namun ia rela menghabiskan banyak waktu untuk hal tersebut. Jika awalannya sudah bagus, juri dan pembaca pun penasaran untuk membaca kelanjutannya. 

5] Estetika tulisan 

Estetika itu apa ya ? mungkin luwes dan apik kali ya ? Ya ! Jika Anda lihat, tulisan Mas Nodi ini cukup luwes apik. Tidak bertele-tele dan dengan penyampaian yang ringkas namun syarat makna dan mudah di mengerti. Ibarat seorang Koki, ia bisa memasak telur dadar dengan rasa lebih nikmat di bandingkan telur dadar yang di masak orang biasa, namun dengan bumbu yang sama. 

6] Membubuhkan infografis, namun bukan sekedar infografis biasa

Selain tulisan yang apik dan luwes, ternyata ia juga mahir infografis. Kalian tau gak software yang ia gunakan ? corel draw, illustrator, atau software grafis canggih lainnya ? Bukan, ia hanya memaksimalkan power point saja bawaan Microsoft. Aliasnya pakailah sumber daya yang ada. Gak harus beli atau bayar mahal, yang ada aja di pake. Hasilnya, bisa Anda lihat sendiri. 

Oiya, infografis yang ia bubuhkan juga cukup luwes layaknya seorang desainer grafis. Terlihat halus layaknya karya para desainer. Konten dari grafisnya pun berbobot dan sepertinya tidak dimaksudkan untuk hiasan belaka walaupun akhirnya pembaca jadi tidak bosan. Komposisi warnanya juga pas. Kalau saya lihat, ia seringkali menggunakan perpaduan warna dari brand yang ia ulas. Misal logo brand berwarna merah dan kuning, maka ia pun menyesuaikannya.

7] Share foto dan gambar berkualitas di IG dalam jumlah maksimal

Saat ini profesi influencer semakin banyak di bermunculan. Dan instagram adalah sosial media paling favorit dibanding lainnya. Konten marketing di instagram tentu sangat berpengaruh terhadap branding suatu produk atau jasa. 

Nah, kalau saya lihat, Mas Nodi ini selalu share konten gambar di IG dalam jumlah maksimal. Bahkan sampai 10 gambar. Namun seperti diatas saya tulis, gambar atau foto yang ia upload merupakan gambar yang cukup estetis, berkualitas, luwes, apik, dan menjual. Dan mungkin inilah yang membuat juri memberikan penilaian lebih kepada tulisannya.  Secara, kebanyakan blogge hanya mengupload 1 atau 2 gambar, dan bahkan itu hanya screenshoot artikel dengan caption seadanya. 

Dan untuk poin ini pun saya praktekan. Sebelumnya saya memang hanya posting di gambar asal-asalan saja. Sekarang sudah mulai di perbaiki. Hasilnya, kemaren saya dapat juara 3 bersama dengan Mas Nodi dan Mas Bambang Purnomo. 

Kalau Anda mengira, Mas Nodi ini kan analis ekonomi, mungkin kayak peneliti gitu, jadi pantes aja. Ah jangan membanding-bandingkan. Jika ia bisa, kamu pun bisa. Ini kan barang katon (nyata). Karena seperti yang ia katakan diawal, bahwa rumus mengggapai segala cita-cita sebenarnya sederhana. Jika ingin yang terbaik, berikan juga yang terbaik. Nah, untuk tips selengkapnya bisa baca link ini sebagai urutan pertama dari 30 blogger yang ada. Klik https://www.betykristianto.com/jurus-menang-lomba-blog-ala-nodi-harahap/ 

Dan berikutnya adalah tips menang lomba blog dari para blogger terbaik tanah air. Diantaranya seperti :

  1. Langit Amaravati 
  2. Deddy Huang 
  3. Murtiyarini. Ada 3 Tips. Tips 1 – Tips 2Tips 3
  4. Evrina Budiastuti Tips 1 dan Tips 2 
  5. Yuni Andriyani 
  6.  Kang Masroer 
  7. Ira Guslina
  8. Andri Mastiyanto pada bloggernya di kompasiana. Ada 2 Tips. Tips 1Tips 2.
  9. Joe Candra
  10. Didno 76
  11. Muhammad Irfan
  12. Shintaries Nijerinda, berbagi tips menang lomba blog ala Murtiyarini, Evrina Budiastuti, Langit Amaravati, dan Handiko Rahman Pebrianto. Klik link ini https://shintaries.com/cara-menang-lomba-blog/
  13. Arifah Wulansari. Ada 3 Tips. Tips 1Tips 2 dan Tips 3
  14. Yuniari Nukti
  15. Haya Aliya Zaki. Ada 2 blogger yang nulis. Blogger 1Blogger 2
  16. Triani Retno
  17. Rudi G. Aswan
  18. Nurulloh CEO Kompasiana
  19. C2live
  20. Desi Namora
  21. Grace Melia
  22. Windi Teguh
  23. Nuno Orange
  24. Hanni Handayani 
  25. Rindhuhati 
  26. Tya 
  27. Echaimutenan
  28. Yusran Darmawan
  29. Bunda Sugi

Dan yang terakhir adalah tips menang lomba blog ala Kang Amir alias saya sendiri. Saya tidak memasukannya kedalam daftar karena saya hanya blogger jelata dengan kemampuan seadanya.

Akhirnya, itulah ke 30 tips menang lomba blog dari yang bisa kalian pelajari satu persatu. Buat blogger pemula yang baru terjun ke dunia lomba, bisa tuh pelajari tipsnya biar ketularan hokinya. Buat para mastah, saya tunggu tips menang lomba blog dari kalian dan akan saya taruh di artikel ini biar semua bisa belajar.

Share This