Dikutip dari https://intisari.grid.id, seorang penumpang sebuah maskapai penerbangan harus meninggalkan oleh-olehnya karena harus membayar bagasi senilaj 2,5 juta. Mengetahui hal tersebut, ia pun menelpon saudaranya untuk membawa pulang kembali oleh-olehnya. Ia tidak tahu jika ternyata ada peraturan baru untuk maskapai penerbangan yang ia pilih. Karena hal tersebut, perjalannya pun menjadi terganggu.

Bukan hanya itu, dilansir dari situs https://lampung.tribunnews.com, seorang pemuda juga gagal menghadiri acara wisudanya di Bandung. Masalahnya karena ia harus membayar bagasi sebanyak 600 ribu lebih untuk 11 kg barang bawaanya. Wah sayang sekali ya karena harus banyak keluar biaya diluar biaya tiket. 

Nah, buat kamu yang suka bepergian dengan pesawat, ada baiknya cek berat barang bawaan dan timbang terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Karena saat kita tidak tahu mengenai aturan terbaru tentang bagasi dari sebuah jasa transportasi, dimana dalam hal ini yaitu pesawat, bisa jadi perjalanan kita akan terhambat.

Berkaitan dengan hal tersebut, memiliki laptop ringkas namun powerfull memang sangat membantu. Terutama bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi dan harus berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Karena kelebihan muatan 1 ons saja, bisa jadi kita akan kena charge atau ransel tidak muat.

Berkaitan dengan hal tersebut pula, berikut adalah 9 pekerjaan yang akan semakin kreatif dan produktif dengan dukungan laptop ringkas nan powerfull dari ASUS VivoBook Ultra A412DA.

Travel blogger dan travel vlogger adalah pekerjaan dengan mobilitas tinggi yang mengharuskan dirinya untuk bergerak aktif menjelajah dari satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya saat mengambil konten. Bukan hanya dalam kota saja, tapi sampai luar pulau bahkan seluruh dunia.

Nantinya travel blogger akan mengulas suatu tempat wisata dalam tulisan di blognya. Sedangkankan travel vlogger akan membuat video yang akan diupload di sosial media, seperti youtube ataupun instagram.

Dan tentunya laptop adalah barang bawaan yang seringkali harus dibawa agar konten yang sudah di ambil bisa segera dikerjakan. Jika untuk bobot laptop saja berat, tentu saja barang bawaan akan semakin berat. Maka dari itu, laptop ringan dan tipis merupakan pilihan cocok untuk kedua profesi tersebut. Dengan berat laptop yang ringan, tentu lebih mudah dibawa kemana-mana tanpa terlalu membebani pundak.

Jika umumnya travel vlogger hanya mengulas suatu tempat wisata, maka youtuber bisa berbagai macam hal. Misalnya seperti kejadian sehari-hari, hal-hal unik, prank, dan lain sebagainya. Umumnya youtuber juga dituntut gerak aktif untuk setiap kontennya layaknya travel vlogger. Dan tak jarang seorang youtuber juga membawa laptop dalam tasnya. Jika laptop yang di bawa cukup berat, tentu akan berpengaruh pada produktivitas.

Dan seperti kita semua ketahui, bahwa youtuber juga harus mengedit mengedit video. Jika spesifikasi laptopnya kurang powerfull, tentu akan memakan waktu, terutama saat merender video. Maka dari itu, laptop dengan bobot ringan namun powerfull merupakan pilihan tepat agar pekerjaan lebih cepat selesai.

Selain youtuber, ada juga fotografer. Fotografer juga termasuk pekerjaan yang mengharuskan dirinya untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainya. Saat ada moment atau event tertentu, fotografer juga diharuskan membawa laptop untuk mengedit kontennya. Misal dalam sebuah lomba foto on the spot.

Ada sedikit cerita nih terkait profesi ini. Sewaktu saya menghadiri acara promosi wisata di Pekalongan Jawa Tengah. Saya banyak bertemu dengan fotografer dari berbagai kota di Pulau Jawa. Dalam acara tersebut juga sekaligus diadakan lomba foto.

Dari semua peserta lomba foto, mereka semua membawa laptop masing-masing. Bahkan ada yang membawa laptop yang guedenya minta ampun. Kalau saya tebak mungkin ada 3 kg kali yah. Dan tentu saja itu berat karena mereka juga membawa perlengkapan lain di ransel mereka, seperti baju ganti dan peralatan mandi. Nah, dengan laptop ringan dan tipis, tentu barang bawaan jadi lebih ringan.

Selain profesi diatas tadi, blogger biasa juga tak kalah memiliki mobilitas tinggi. Contohnya seperti saya ini yang termasuk lifestyle blogger yang tinggal di daerah. Di saat-saat terntentu, saya harus berpindah dari satu-tempat ke tempat lainya dengan menggendong laptop. Biasaya saat koneksi internet sedang lambat atau saat dirumah sedang mati listrik. Maka saya akan bekerja di wifi corner untuk melanjutkan pekerjaan. Dan itu seringkali saya lakukan karena listrik di daerah saya seringkali padam dan juga koneksi internet sering bermasalah.

Bukan hanya itu. Saat mengunjungi suatu tempat terkadang saya juga membawa laptop untuk menggarap kerjaan. Untuk blogger-blogger di kota besar, mereka juga seringkali membawa laptop agar bisa menyelesaikan pekerjaan yang memang on the spot. Misal saat menghadiri pelatihan agar bisa mempraktekan langsung ilmu yang didapat,  saat bekerja di café, lomba nulis on the spot, dan banyak lagi yang lainnya. Dan tentu saja laptop ringan dan powerfull merupakan perangkat yang cocok untuk profesi blogger seperti ini.

Jurnalis adalah profesi pemburu berita yang sangat erat kaitannya dengan bepergian kesana kemari untuk mencari berita yang faktual dan terpercaya. Baik itu masih dalam kota, bahkan sampai ke luar negeri.

Mereka para jurnalis sangat aktif bergerak saat mencari berita. Tentu kita sudah sering melihat saat para jurnalis di tayangan televisi, dimana mereka seringkali berlarian saat mencari berita sambil membawa mikrofon ataupun alat pencatat lainya.

Perlengkapan yang dibawa oleh jurnalis pun lumayan bikin rempong. Misalnya seperti kamera untuk memotret, alat perekam, buku catatan, smartphone, powerbank, USB, air minum, charger hp dan kamera, flashdisk, dan tentunya tas ransel yang berisi laptop karena jurnalis juga erat kaitanya dengan deadline.

Saat berita didapat, jurnalis harus secepat mungkin mengirimkan berita ke kantornya yang ditulis di laptopnya. Nah, jika laptopnya berat, tentu akan membuatnya cepat lelah karena barang bawaan di tasnya sudah banyak.

Banyak yang bilang jika editor video itu mengerikan dan berat. Ya, mungkin ada benarnya karena saya sendiri seringkali mengedit video. Mungkin masalah utama yang seringkali dialami saat mengedit video adalah karena proses rendernya yang lama. Terlebih saat deadline sudah menjelang. Ya, hal itu seringkali dikarenakan spesifikasi komputer yang mungkin kurang memadai sehingga proses renderingnya menjadi lambat.

Saya sendiri pun seringkali geregetan saat merender atau mempreview video namun leletnya minta ampun. Bahkan saya pernah merender video 20 menit sampai seharian dari pagi sampai sore. Rasanya pengen ngabisin aqua segalon saat itu juga (wkwkwk emang kuat ?)

Namun hal itu tidak akan terjadi jika laptop yang kita pakai memiliki spesifikasi yang memadai. Paling tidak sudah menggunakan SSD untuk menjalankan perangkat lunaknya. Sehingga proses rendering video menjadi lebih lancar dan menyingkat waktu.

Saat ini sudah semakin banyak masyarakat yang sadar akan kewajiban pajaknya. Namun karena mereka lebih berfokus pada bisnis dan usahanya, mereka memilih konsultan pajak karena memang sudah spesialisnya untuk mengurusi pajaknya.

Tugas dari konsultan pajak yaitu mempersiapkan laporan, menghitung pajak yang akan dikeluarkan, kemudian melaporkan kembali jumlah pajak yang sudah di bayarkan oleh klien.

Pekerjaan sebagai konsultan pajak juga menuntut aktivitas luar yang tinggi. Terutama jika seorang konsultan pajak cukup memiliki banyak klien. Seorang konsultan pajak bisa jadi akan lebih banyak bekerja ditempat klien ketimbang di kantornya sendiri. Dan itu artinya ia harus siap untuk selalu berada di jalan.

Nah, pekerjaan dengan mobilitasi tinggi seperti ini tentunya akan semakin produktif dengan dukungan laptop ringkas dan powerfull karena tidak terlalu membebani saat dibawa.

Arsitek adalah pekerjaan erat kaitannya denga desain rancang bangun dan membutuhkan laptop dengan spesifikasi level medium-high.

Arsitek akan banyak melakukan pekerjaan seperti menggambar, merancang bangunan, ataupun desain 3D menggunakan software seperti ArchiCAD, AutoCAD Architecture, SketchUp, 3D StudioMax, Blender, dan banyak lagi yang lainnya. Dimana semua software tersebut membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang paling tidak memiliki RAM 4GB atau akan lebih baik jika sudah SSD agar dapat menjalankan software dengan baik.

Oiya, saat mereka harus bekerja secara mobil, tentunya laptop ringin namun powerfull merupakan pilihan cocok untuk menunjang produktivitas.

Menjadi pemandu wisata menuntut seseorang untuk berpindah dari satu wisata ke tempat lainya. Tugas seorang pemandu wisata selain mendampingi para wisatawan berkunjung ke suatu tempat, mereka juga akan mendampingi saat makan di restoran, menuju hotel, dan banyak yang lainya. Untuk profesi seperti ini, tentu akan lebih cocok jika gadget yang mereka miliki merupakan gadget praktis dan ringan (dalam hal ini laptop) untuk mencatat berbagai aktivitas atau agenda kerja yang akan dilakukanya. Sehingga tak terlalu membebani pundak.

Pramugari adalah pekerjaan yang mengharuskan dirinya untuk selalu berpindah dari satu kota ke kota lainya. Seperti travel blogger ataupun travel vlogger. Untuk perjalanan yang memakan waktu, tentunya mereka harus menginap dan membawa barang bawaan. Termasuk laptop untuk mencatat agenda kerja mereka. Nah, dengan laptop ringan dan tipis, tentu barang bawaan akan lebih ringan.

Nah, itulah 9 pekerjaan yang bisa dipastikan akan semakin maksimal kreativitas dan produktivitasnya dengan dukungan laptop ringan, tipis, namun powerfull. Dan kriteria laptop tersebut ada pada ASUS VivoBook Ultra A412DA. Notebook Berwarna 14 inci Terkecil di Dunia. Dan berikut adalah fitur unggulan dari ASUS VivoBook Ultra A412DA ini. 

1. Ringkas dan tipis

ASUS VivoBook Ultra A412DA ini memiliki desain yang ringkas dikelasnya. Beratnya hanya 1.5 kg, sehingga mudah dibawa kemana-mana tanpa terlalu membebani pundak serta lebih sedikit memakan space.

Kemudian fitur yang tak kalah menarik yaitu karena bezel tipis 5.7mm serta perbandingan antara layar dan bodi sebesar 87%, membuat laptop 14 inchi ini terlihat mungil.

Untuk dimensinya pun cukup minim, yaitu dengan panjang 32 cm, lebar 21 cm, dan tebal 19.5 mm. Dengan begitu akan mudah masuk kedalam tas tanpa terlalu menuh-menuhin isi tas.

2. Powerfulll

Walaupun laptop ini cukup ringkas namun performanya cukup powerfull. Karena dalam systemnya sudah tertanam SSD sebagai ruang instalan untuk perangkat lunaknya. Jadi nginstalnya bukan di HDD atau hardisknya, tapi di SSD nya. Hasilnya, menjalankan berbagai macam aplikasi seperti software pun jadi lebih cepat.

Kapasitas SSD nya sendiri juga bisa memilih antara 128GB, 256GB, ataupun 512 GB. Sedangkan untuk HDD nya, pengguna juga bisa pilih antara 500GB ataupun 1TB. Sementara untuk RAM nya bisa memilih antara 4GB ataupun 8GB.

Untuk prosesornya, laptop ini sudah dibekali prosesor AMD Ryzen 3000 series. Baik itu Ryzen 3 ataupun Ryzen 5. Dimana prosesor ini dikenal memiliki performa yang cukup kencang namun hemat tenaga. Sementara untuk kartu grafisnya, laptop ini sudah mendukung radeon vega graphics.

3. Sudah Preinstall Windows 10 Asli

Buat calon pembeli mereka juga akan di untungkan dengan hadirnya windows 10 asli dan orisinil dari ASUS VivoBook Ultra A412DA ini. Sehingga tak perlu menginstal windows kembali apalagi windows bajakan yang melanggar hak cipta. Dan tentunya ada banyak keunggulan dari windows asli bawaanya. Seperti tidak perlu khawatir akan windows update. Lisensi bisa pindah perangkat. Dukungan penuh dari microsoft. Dan yang terpenting yaitu faktor keamanan. 

4. Dibekali fitur keamanan

ASUS VivoBook Ultra A412DA Sudah menyediakan sensor fingerprint pada touchpadnya untuk keamanan hanya dengan menyentuhkan jari. Fitur Windows Hellonya juga dapat digunakan untuk login cepat ke sistem operasi. Aliasnya membuka laptop ini jadi sangat mudah dan lebih aman karena hanya dapat dibuka dengan satu sidik jari. Aliasnya tidak ada orang  lain yang dapat membuka laptop selain pemilik sidik jari yang terdaftar. 

5. Full color

ASUS VivoBook Ultra A412DA ini memiliki 4 varian warna. Yaitu Transparent Silver, Slate Grey, Peacock Blue, dan Coral Rush. Tentunya dengan pilihan warna yang ada akan semakin menarik untuk dimiliki dan dapat menyesuaikan gaya masing-masing.

6. Desain ergolift

Desain ergolift dari ASUS VivoBook Ultra A412DA akan mengangkat bodi laptop sebanyak 2 derajat. Sehingga posisi keyboard menjadi lebih nyaman digunakan. Karena bodi terangkat, maka akan memberikan sirkulasi udara di bawah mesin. Sehingga laptop dapat bekerja lebih optimal.

7. Keyboard yang nyaman

Keyboard laptop ini memiliki jarak yang cukup renggang, yaitu 1.3 mm antara tuts keyboardnya. Sehingga mengetik pun jadi lebih nyaman. Selain itu, fitur backlit pada keyboardnya yang dapat menyala dalam gelap juga akan memudahkan saat mengetik di kondisi minim cahaya. Dan yang terpenting adalah karena keyboard ini sudah teruji 10.000 ketukan, sehingga tidak perlu khawatir soal daya tahan.

8. Konektivitas lengkap 

ASUS VivoBook Ultra A412DA memiliki konektivitas yang cukup Lengkap. Untuk keperluan transfer data super cepat, laptop ini juga dibekali USB Type C. Sedangkan untuk akses internet super cepat, ia juga sudah mendukung WiFi 5 802.11 ac yang mendukung akses internet hingga 867 Mbps. Untuk konektivitas lainnya yaitu ada USB3.1, USB 2.0, Port HDMI, Security Slot, dan Micro SD Car reader

9. Kualitas baterai yang baik

ASUS VivoBook Ultra A412DA sudah dibekali fitur fast charging untuk pengisian baterai super cepat. Untuk mengisi daya hingga 60% hanya membutuhkan waktu 49 menit. Selain itu dengan tekhnologi pengisian baterai yang eksklusif juga dapat melindungi baterai laptop ini dari pengisian yang berlebihan. Sehingga akan membuatnya lebih awet dalam masa pemakaiannya

Nah, itulah 9 fitur menarik dari ASUS VivoBook Ultra A412DA ini. Dengan fitur terbaik diatas, tentunya menjalani rutinitas dengan mobilitas tinggi menjadi lebih nyaman, kreatif dan produktif.

Mereka bisa menyelesaikan pekerjaan mereka dimanapun mereka berada. Baik dirumah, di café, hotel, dan banyak tempat lainnya.

Untuk travel blogger atau travel vlogger, mereka bisa menyelesaikan kerjaan dihotel setelah liputan. Untuk jurnalis pun demikian sebelum deadline berakhir.

Untuk youtuber, editor video, ataupun arsitek, proses editing video pun menjadi lebih lancar karena dengan fitur SSD pada ASUS VivoBook Ultra A412DA tentu mampu merender video dengan lebih cepat.

Nah, dari sini bisa diambil kesimpulan bahwa dengan ASUS VivoBook Ultra A412DA, mereka dapat bekerja dengan lebih kreatif dan produktif.

Dan terakhir, berikut adalah spesifikasi dari ASUS VivoBook Ultra A412DA

Prosesor

  • AMD® Ryzen™ 5 3500U Processor
  • AMD® Ryzen™ 3 3200U Processor

Sistem Operasi

Windows 10 Home – ASUS recommends Windows 10 Pro

Memori

  • 4 GB DDR4 2400MHz SDRAM Onboard memory, 1 x SO-DIMM socket for expansion, up to 12 GB SDRAM
  • 8 GB Onboard memory, 1 x SO-DIMM socket for expansion, up to 12 GB SDRAM

Display

14.0″ (16:9) LED-backlit FHD (1920x1080) Anti-Glare 60Hz Panel with 45% NTSC

Storage

Hard drive:
1TB 5400 rpm SATA HDD

Keyboard

Chiclet keyboard
Illuminated chiclet keyboard

Networking

  • Wi-Fi
  • Integrated Wi-Fi 5 (802.11 ac (2x2))
  • Bluetooth® 4.2

Interface

  • 1 x COMBO audio jack
  • 1 x Type-A USB2.0
  • 1 x USB 3.1 Type C port(s)
  • 1 x Type-A USB 3.1 (Gen 1)
    1 x HDMI

Baterai

2 -Cell 37 Wh Battery

Adaptor Daya

Plug type :ø4 (mm)
Output :
19 V DC, 2.37 A, 45 W
Input :
100 -240 V AC, 50/60 Hz universal

Dimensi

322 x 212 x 19.5 mm (WxDxH)

Berat

1.5 kg with battery

Sumber referensi artikel :

1.https://intisari.grid.id/read/031613876/pria-ini-tinggalkan-oleh-oleh-gara-gara-tarif-bagasi-25-juta-ini-4-tips-hindari-biaya-berlebih-di-bandara?page=all

2. https://lampung.tribunnews.com/2019/01/23/gara-gara-bagasi-berbayar-penumpang-wings-air-ngamuk-tenteng-senjata-tajam-lihat-videonya?page=2

3. https://handataulan.wordpress.com/2015/06/01/soal-alat-liputan-3-alat-alat-pendukung/

4. https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/berikut-ini-daftar-profesi-dengan-mobilitas-kerja-tinggi

Share This