Melansir berita dari viva.co.id, seorang pria berusia 58 tahun meninggal setelah menelan mentah-mentah berita kesehatan palsu alias hoax. Pria bernama Zhou Xin asal Harbin China ini mengalami nasib yang sungguh naas. Pasalnya ia percaya dengan cuplikan informasi kesehatan palsu yang mengatakan bahwa di kota kelahirannya akan terjadi 3 hari cuaca yang sangat panas dan menyebabkan obat-obatan khususnya jantung tidak dapat bereaksi dengan baik, tapi justru dapat menimbulkan dampak buruk. Melansir berita dari viva.co.id, seorang pria berusia 58 tahun meninggal setelah menelan mentah-mentah berita kesehatan palsu alias hoax.

Pria bernama Zhou Xin asal Harbin China ini mengalami nasib yang sungguh naas. Pasalnya ia percaya dengan cuplikan informasi kesehatan palsu yang mengatakan bahwa di kota kelahirannya akan terjadi 3 hari cuaca yang sangat panas dan menyebabkan obat-obatan khususnya jantung tidak dapat bereaksi dengan baik, tapi justru dapat menimbulkan dampak buruk. 

Karena percaya dengan berita tersebut, ia yang saat itu menderita sakit jantung kronis pun pun berhenti minum obat selama 3 hari, di mulai pada 17 Juli 2018 dan menjalani hidup layaknya orang pada umumnya. 

Kondisi cuaca seperti yang di ramalkan memang benar terjadi. Namun ada beberapa yang tidak terjadi. Tapi sayangnya ia sudah terlanjur melanggar aturan dokter dengan tidak minum obat. Akibatnya, ia jatuh pingsan setelah sakit dada dirasakannya. Ia pun sempat di larikan ke rumah sakit, namun nyawanya tak tertolong. Dan kematiannya pun dikaitkan dengan serangan jantung. 

Dan ternyata bukan hanya dia saja, tapi ada 3 kasus serupa dari hoax berita kesehatan tersebut. 

Nah, tuh kan ? jika berita hoax politik dapat memecah belah bangsa. Maka berita kesehatan hoax dapat menghilangkan nyawa seseorang. Maka dari itu, mentang-mentang sekarang jamannya digital yang apa-apa tinggal ketik di google, kita juga tak boleh secara mentah-mentah menelan informasi yang tersebar di internet, terutama informasi kesehatan. 

Seringkali berita kesehatan yang terlihat meragukan juga membuat kita bertanya-tanya. “apa iya sih ?” . Hoax berita kesehatan juga dapat membuat seseorang jadi takut konsultasi ke dokter. Jadi jangan asal percaya dengan berita kesehatan yang kurang jelas asal-usulnya.

Berbicara soal kesehatan, saya sendiri juga selalu menerapkan gaya hidup sehat mulai dari yang terkecil dari saya yang seorang fulltimer blogger. Buat kalian yang berprofesi sebagai blogger tentu sudah tau bahwa aktivitas blogger erat kaitannya dengan perilaku sedentary, dalam hal ini duduk berlama-lama di depan Komputer. Bukan hanya satu atau dua jam, tapi hingga 18 jam per hari (buat mereka yang fulltimer blogger). Dan saya adalah salah satunya. 

Mengetahui jika hal itu tidak sehat, maka saya pun berusaha mencegah agar efek negative dari perilaku ini dapat di tekan. Dan berikut beberapa aktivitas sehat yang semoga bisa di tiru para keluarga sehat Indonesia.  

1. Beranjak dari tempat duduk setiap satu jam sekali

Saking asiknya dengan aktivitas menulis, terutama pas ide sedang mengalir, seringkali membuat saya lupa untuk melakukan peregangan otot. Padahal duduk terlalu lama tentu tidak baik untuk kesehatan. Otot kaku tentu dapat membuat peredaran darah tidak lancar. 

Namun karena saya sadar bahwa sehat itu penting, terutama bagi saya yang kesehariannya duduk, saya selalu melakukan peregangan otot di setiap waktunya. Seperti meregangkan tangan, memutar-mutar kepala, lari-lari kecil, dan beberapa gerakan sehat lainya. Efeknya, tubuh pun jadi lebih rileks. 

2. Tidak langsung duduk setelah makan

Saya ini memiliki perut yang cukup buncit. Hal itu di karenakan saya terlalu sering duduk. Kalau kata istri saya, langsung duduk berlama-lama sehabis makan juga dapat membuat perut buncit. Entah benar atau tidak, tapi saya merasa lemak di perut semakin berlipat-lipat.  

3. Olahraga seminggu 3 kali

Pekerjaan dengan minim aktivitas fisik menuntut seseorang untuk harus banyak bergerak agar peredaran lancar. Untuk saya pribadi, dalam seminggu bisa 3 kali olaraga jika dirasa dalam kurun waktu tersebut jarang melakukan aktivitas fisik. Biasanya saya lakukan dengan jogging di sekitar rumah. Tidak perlu berlama-lama, 30-60 menit saja sudah cukup mengeluarkan keringat. 

4. Melakukan aktivitas luar ruangan

Ada banyak aktivitas luar ruangan yang membuat kita lebih sehat. Daripada naik motor mending jalan kaki biar lebih sehat. Atau jika kalian suka berkebun, aktivitas ini juga cukup mengeluarkan keringat. Berkebun biasanya saya lakukan 2 kali dalam seminggu saat pagi atau sore hari.

5. Banyak minum air putih 

Agar tubuh lebih sehat dan peredaran darah lebih lancar, saya juga selalu mengusahakan untuk minum cukup air putih cukup. Kekurangan air putih dalam tubuh dapat membuat konsentrasi berkurang.  Menyediakan air putih di meja kerja membuat kita tidak lupa untuk selalu konsumsi air putih. 

6. Aktif bergerak 

Olahraga memang penting, tapi yang paling utama adalah bergerak. Saya sendiri pun selalu menanamkan mindset untuk aktif bergerak. Daripada naik motor, mending jalan kaki jika memang jarak cukup dekat. Misal saat akan membeli sesuatu, kerja di wifi corner, pergi juma’atan, dan lain sebagainya. 

7. Menghindari lembur

Satu hal yang paling saya hindari dari agar tubuh tetap sehat adalah lembur. Karena angin malam sangat tidak baik untuk kesehatan. Tubuh yang lelah jika dipaksa untuk terus bekerja juga tentu tidak baik. Pekerjaan pun jadi tidak maksimal. Tips yang saya lakukan agar tidak lembur adalah dengan produktif di siang hari tanpa distraksi saat bekerja, sehingga saat malam bisa beristirahat.  

8. Hanya percaya pada situs kesehatan yang di gawangi oleh dokter

Untuk masalah kesehatan, saya lebih percaya kepada situs yang mendedikasikan dirinya dalam hal kesehatan. Biasanya saya menandainya jika website tersebut di gawangi oleh dokter maka informasi yang disampaikan lebih dipercaya dan dipertanggungjawabkan kebenaranya daripada berita kesehatan biasa yang biasanya ditulis hanya berdasarkan referensi dari artikel lain yang menurut saya meragukan. Salah satunya di sehatQ.com karena memberikan informasi kesehatan terpercaya, dimana setiap artikelnya sudah di tinjau oleh dokter.

Nah, kedepalan hal itulah yang saya lakukan agar bisa selalu hidup sehat selama-lamanya. Dan tentu saja saya harus konsisten melakukannya. Karena dengan tubuh yang sehat, quote semua akan indah pada waktunya akan lebih nikmat dirasakan. Untuk update info seputar kesehatan terbaru, kunjungi kami di sosial media pada tombol dibawah ini 

Sumber referensi artikel
https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/1060045-nahas-pria-ini-tewas-setelah-mengikuti-berita-kesehatan-hoax 

Share This