Ilustrasi : GetDoku 

Setelah lulus SMA, umumnya sebagian besar dari siswa akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi yakni kuliah di perguruan tinggi. Namun, ada pula mahasiswa yang juga sambil bekerja sembari menyelesaikan masa kuliahnya. Ternyata, terdapat beberapa hal yang menjadi manfaat kuliah sambil bekerja yang baik untuk karir di masa depan.

Kuliah Sambil Bekerja Makin Difasilitasi

Kuliah sambil bekerja kini sudah menjadi hal yang umum dilakukan banyak orang. Baik yang berkuliah tingkat D1, D2, D3, D4, S1, S2, hingga S3. Hal ini disebabkan karena semakin maraknya perguruan tinggi yang membuka kelas karyawan dan kelas online (distance learning).

Untuk kelas karyawan, mahasiswa dimungkinkan untuk berkuliah selama 3 hingga 4 hari saja dalam seminggu dengan porsi belajar yang lebih sedikit dibandingkan kelas kuliah biasa pada umumnya. Sedangkan untuk kelas online, kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online dengan koneksi internet, sehingga mahasiswa tak perlu datang ke kampus untuk kelas tatap muka. Keduanya menjadi manfaat kuliah sambil bekerja dan memudahkan para mahasiswa. Pekerjaan untuk mencari uang pun bisa dilakukan meskipun sembari menuntut ilmu.

Baca juga: Ini Dia 5 Tips Mengatur Bujet Untuk Kuliah

Manfaat Kuliah Sambil Bekerja

Ada beberapa manfaat kuliah sambil bekerja yang bisa didapatkan. Jika anda memaksimalkan dua kesempatan ini, maka anda bisa menjadi orang yang memiliki kemampuan lebih. Hal ini tentu saja meningkatkan kualitas diri anda, sehingga berpotensi diincar oleh perusahaan-perusahaan besar jika sudah menyelesaikan studi. Beberapa manfaat kuliah sambil bekerja itu di antaranya:

1. Lebih pintar mengatur waktu

Anda menjadi lebih disiplin mengatur waktu dan menggunakannya dengan sebaik-baiknya, sehingga selalu produktif dan terbiasa untuk tepat waktu.

2. Punya jaringan yang luas

Dengan menjalani kegiatan di dua tempat (kantor dan kampus) sekaligus membuat anda mudah bergaul dengan banyak orang. Tak heran jika anda memiliki jumlah relasi dan jaringan yang luas.

Baca juga 

  1. Apa Sih yang di Pelajari di Jurusan Tekhnologi Pangan dan Prospek Kerjanya ?
  2. Inilah Bukti Jika Perpustakaan Unsyiah Begitu Memotivasi dan Menginspirasi

3. Kemampuan lebih beragam

Anda terbiasa mengikuti berbagai jenis kegiatan, sehingga kemampuan anda lebih beragam. Seperti kemampuan public speaking dan presentasi, kemampuan bidang profesi yang digeluti, manajemen tim, dan lain sebagainya. Hal ini belum tentu bisa dikuasai bagi mereka yang hanya fokus berkuliah saja dan belum merasakan dunia kerja.

4. Mengaplikasikan ilmu kuliah langsung ke lingkungan kerja

Untuk anda yang melanjutkan studi dari D3 menuju S1, lalu, S1 ke S2, dan seterusnya, ilmu yang didapatkan di bangku kuliah secara otomatis bisa diaplikasikan langsung ke dunia kerja. Jadi, anda pun akan lebih mengerti dan maksimal mempelajarinya.

5. Siap Diincar Perusahaan Besar

Karir setiap orang tentu bersifat dinamis alias berpindah-pindah mengikuti pengalaman yang peningkatan kemampuan yang ada. Oleh karenanya, salah satu manfaat kuliah sambil bekerja yang satu ini bisa membuat anda berpotensi diincar perusahaan besar. Sebab, selain memiliki syarat lulus kuliah (memiliki gelar), perusahaan-perusahaan besar juga mengharapkan kandidat atau calon pekerja sudah memiliki pengalaman di bidang kerja yang dilamar. Sehingga jika anda berniat untuk pindah kerja namun di bidang yang sama sekaligus sambil bekerja, maka anda akan lebih berpotensi diterima kerja di berbagai perusahaan setelah lulus kuliah nanti. Hal ini bisa anda jadikan sebagai nilai jual kualitas anda, agar mendapatkan penawaran gaji yang tinggi.

Selain pembahasab diatas, ada pula sederet manfaat kuliah sambil bekerja lainnya yang bisa anda baca di link artikel berikut ini:

https://www.cekaja.com/info/5-manfaat-bila-kamu-kuliah-sambil-bekerja/

 

Share This