Apabila membahas mengenai persyaratan untuk persyaratan IT, maka data center merupakan hal yang penting. Data center ialah fasilitas yang dipakai untuk penempatan kumpulan beberapa server (sistem komputer) dan storage (sistem penyimpanan data). Perkumpulan itu pun dikondisikan dengan pengaturan-pengaturan lain seperti catudaya, udara, pencegah dari bahaya kebakaran dan biasanya memang dilengkapi memakai sistem pengamanan fisik.

Definisi lain dari data center adalah fasilitas yang terdiri dari penyimpanan dan jaringan komputer yang biasanya dipakai untuk bisnis maupun organisasi lain. Tujuannya untuk mengatur, menyimpan, memproses, juga menyebarluaskan data dengan jumlah yang besar. Fungsinya adalah sebagai principal repositories untuk berbagai macam peralatan IT, yang termasuk di dalamnya server, subsistem penyimpanan, networking switches, router, firewall dan pemasangan kabel juga physical racks yang dipakai untuk mengatur serta menghubungkan pada peralatan IT.

Data center memang sangat penting untuk IT, karena menjadi sumber daya listrik yang tidak terganggu. Ketika ada pemadaman listrik, data center yang mempunyai sistem power supply yang baik akan menyediakan data sampai generator diesel masuk karena juga memiliki battery bank. Lalu untuk security (keamanan) pun menjadi fitur penting yang memang dibutuhkan oleh client. Seluruh akses dapat dikontrol juga identitas yang bisa dikonfirmasikan melalui biometrik serta semua aktivitas merupakan video login.

Dengan adanya prosesor multicore yang baru di pasar sekarang ini, kecepatan proses bisa ditingkatkan hanya dalam hitungan jam. Kamu pun bisa menambahkan penyimpanan disesuaikan dengan kebutuhan. Kamu akan mendapatkan banyak alamat IP provider, keuntungannya untuk kamu adalah internet akan menjadi kecepatan tinggi yang memang penting bagi e-commerce. Mempunyai banyak alamat IP juga menguntungkanmu bisa menjadi bahan pertimbangan jangkauan yang diperlukan oleh bisnis-bisnis online.

Kenapa bisa menguntungkan? Karena ada penghematan modal dengan hanya menyewa koneksi untuk jangka-jangka waktu tertentu jika dibandingkan harus membeli saluran khusus. Saat bisnis online-mu berkembang, kamu membutuhkan bandwith pada bar agar bisa meningkat secara radikal. Contohnya seperti pemasaran yang berbasis website, registrasi untuk produk, iklan video, konferensi audio, serta kolaborasi antara video dan audio. Aplikasi bandwith yang lengkap bisa kamu dapatkan pada data center, salah satunya adalah NEX Datacenter.

Data center pada infrastruktur IP disediakan pada layer 2 dan layer 3. Isu yang harus kamu perhatikan pada layer 2 ialah hubungan yang ada di antara server farms dan perangkat layanan. Ini pun bisa memungkinkan kamu untuk dapat membuat application services network-wide. Fitur yang paling umum dipakai ialah fitur mengenai Quality of Service (QoS), multicast (yang bisa memungkinkan kemampuan sebagai penanganan banyaknya user secara konkuren), policy-based routing dan private LANS.

Itulah ulasan mengenai pengertian dan pentingnya data center untuk infrastruktur IT. Bagi kamu yang memiliki bisnis secara online, kamu harus lebih mencari tahu mengenai data center. Semoga artikel ini bermanfaat.

Share This