“Foto bening berkualitas tinggi dapat meningkatkan angka penjualan”

“Metode Cash on Delivery (COD) dapat meningkatkan kredibilitas sebuah seller online”

“Gratis ongkir adalah fitur yang terbukti meningkatkan penjualan”

“Banyaknya pilihan agen pengiriman juga merupakan fitur untuk meningkatkan penjualan”

Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan voucher untuk belanja di Blibli.com. Nilai vouchernya tidak besar, hanya 90.000 saja. Dan kebetulan saat itu saya sedang menginginkan sebuah tripod kamera dengan harga yang sama.

Tapiiii…. saya ragu, apa iya hanya dengan voucher tersebut, saya bisa membeli tripod idaman saya. Ongkos kirimnya, bagaimana? Karena penasaran, maka saya pun mencobanya, barangkali emang bisa dipakai.

“Tuk tuk, tuk tuk, tuk tuk” bunyi ketukan jari saat saya mencoba membeli tripod ini lewat aplikasi Blilbi.com di smartphone.

“Loh, ko bisa ya?” celetuk saya keheranan

Kemudian saya mencoba melanjutkan proses belanja. Saya penasaran apakah fitur gratis ongkir juga berlaku walaupuan pakai kode voucher? Dan setelah dicoba, ternyata bisa. Akhirnya, saya pun mendapatkan barang impian saya huhuhu. Berikut penampakannya. 

Bukan hanya itu, waktu itu saya juga mendapatkan voucher belanja Blibli.com yang kalau tidak salah nilainya 35 ribu, dan saya gunakan untuk membeli mouse. Dan ternyata gratis ongkir juga. Seneng deh kalo gratis ongkir mulu kayak gini.

Nah, berkaitan dengan hal tersebut, disini saya ingin berbagi strategi marketing agar toko online kita semakin laris saat berjualan di moment harbolnas bulan depan. Namun sebelumnya, saya ingin kasih tau dulu, apa sih harbolnas itu sendiri?

Harbolnas adalah hari belanja online nasional yang diperingati setiap tanggal 10 Oktober, 11 November, dan 12 Desember disetiap tahunnya. Di moment tersebut, banyak sekali diskon dan promo menarik yang ditawarkan oleh ratusan ecommerce yang bergabung, tak terkecuali Blibli.com itu sendiri.

Saat harbolnas tiba, masyarakat berbondong-bondong membuka toko online untuk melihat banyak penawaran menariknya. Imbasnya, bukan hanya kepada konsumen saja, tapi seller online pun banyak yang kebanjiran order.

Di Blibli.com saja pada moment harbolnas 2018 lalu, transaksi meningkat 35 kali lipat dibanding hari biasa. Kenaikan ini juga menjadikan jumlah pesanan dan Gross Merchandise Value ikut naik masing-masing 11 kali lipat dibanding hari-hari biasa.

Melihat lonjakan tersebut, tentunya merupakan kabar baik bagi para seller online untuk berpartisipasi dalam event harbolnas 2019 besok. Maka dari itu, persiapan jauh-jauh hari, pun penting dilakukan agar transaksi dapat meningkat dan tidak kewalahan melayani pesanan pembeli. 

Dan seperti apa sih strategi marketing yang bisa kita terapkan saat harbolnas besok? Berikut penjelasannya.

1. Foto bening dengan kualitas tinggi  

Saat ini masih banyak orang yang menilai sesuatu dari cover atau sampulnya. Tak terkecuali untuk sebuah produk dengan foto menarik pada suatu toko online.

Foto bening dengan kualitas tinggi serta jelas dilihat dari berbagai sisi, tentu akan sangat menarik minat pembeli hingga akhirnya melakukan pembayaran. Mereka akan dibuat penasaran kemudian klink next next next lalu klik buy.

Untuk mendapatkan foto terbaik tidak harus menggunakan kamera mahal. Karena saat ini kualitas kamera smartphone juga tak kalah keren. Tinggal kitanya yang pinter pinter mengatur bagaimana tekhnik mengambil foto yang baik. Agar foto terlihat jelas, pencahayaan juga penting agar tidak timbul bayangan hitam pada sebuah foto.

Selain foto produk itu sendiri, foto moment juga sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli. Misalnya foto pas lagi nganter barang ke agen pengiriman, foto pas lagi pakcing produk, foto pas ikut bazaar atau event, dan lain sebagainya.

Dengan foto moment tersebut, menunjukan bahwa kita memang serius jualan online, bukan sampingan apalagi main-main. Tapi jangan alay saat mengambil foto ini agar konsumen tidak ilfill. Ambillah foto senatural dan secandid mungkin agar terlihat hidup. Dengan begitu tingkat kepercayaan konsumen pun meningkat.

Oiya, selain foto, buat juga deskripsi produk yang baik dan jelas agar mempermudah calon pembeli untuk mengetahui detail dari produk terkait. Misal kelengkapannya, cara penggunaanya, dan lain sebagainya. Gunakan bahasa popular agar mudah dimengerti, namun tidak alay.

2. Tingkatkan kualitas produk 

Sebelum barang dikirim, pastikan tidak ada cacat atau noda pada sebuah produk. Sortirlah sebaik mungkin dan pilih yang bagus-bagus saja untuk dikirim. Walaupun sampainya agak lama, namun jika produknya berkualitas, tentu konsumen akan puas.

Untuk produk jualan online milik saya sendiri yaitu alat serut layangan (sebuah alat untuk membuat kerangka layang-layang), sebelum saya kirim, saya memeriksa apakah lubangnya halus atau tidak, ukurannya simetris atau tidak, pengelasannya rapi atau tidak, dan lain sebagainya. Setelah dicek mengenai kelayakan, barulah barang saya kirim. Berikut penampakannya. 

3. Perbanyak stock produk

Di moment harbolnas, akan ada banyak toko online mengalami lonjakan pesanan. Maka dari itu, siapkan produk jauh-jauh hari sebelumnya agar pas tiba saatnya nanti, Anda tidak kewalahan melayani pembeli.

Persiapkan stock produk sebaik mungkin. Semisal untuk produk sepatu, siapkan semua ukuran mulai dari yang terkecil sampai terbesar. Begitu juga dengan warna produk. Untuk produk unggulan, bisa juga ditambahkan jumlahnya agar tidak kehabisan saat moment harbolnas tiba.

4. Buat harga agar dapat bersaing dengan produk lain

Sebelum menentukan harga jual, ada baiknya riset dulu harga pasaran atau harga rata-rata dari sebuah produk. Cari tahu juga, berapa harga termurahnya? Dari situ Anda bisa menentukan berapa harga terbaik untuk produk yang akan Anda jual.

Berkaca dari pengalaman sebagai pembeli, saya sering membeli produk yang memiliki rating bintang tertinggi biarpun harganya lebih mahal, ketimbang produk yang sama dengan rating bintang sedikit tapi lebih murah.

Psikologinya begini “ah mahalan dikit aja gapapa lah, daripada yang murah biasanya sampenya lebih lama atau barangnya kurang berkualitas”.

Maksudnya, pertahankan harga produk yang memiliki rating tinggi. Karena rega nggawa rupa (harga berbanding lurus dengan kualitas).

Untuk menentukan harga, Anda juga bisa menggunakan beberapa cara ini.

1. Magic of number 9

Segera ubah harga barang dari misal 100.000 ke Rp 99.000 ribu, atau 98.500, atau di bawahnya. Karena secara psikologis, harga tersebut dipersepsikan lebih murah dari….. (di pikiran pembeli).

2. Untuk produk yang mirip atau serupa, bedakan harganya

Misalkan kita ada dua buah tshirt yaitu tshirt A dan tshirt B yang mirip atau serupa, atau hanya beda coraknya saja, yang akan dijual seharga 100.000. Maka jika kita menaruh harga yang sama, bisa jadi pembeli akan bingung dan kemungkinan besar tidak jadi beli.

Tapi penjualan bisa meningkat jika kita menaruh harga berbeda. Misal tshirt A 98.000 dan tshirt B 102.500. Dengan cara tersebut, calon pembeli tidak terlalu bingung karena harga produk tersebut berbeda. Sehingga lebih mudah memutuskan untuk membeli.

3. Jual harga produk mahal di samping produk termurah

Semisal Anda akan menjual tas backpack seharga 900.000, akan menjadi terkesan murah jika diletakan disamping produk tas backpack lain seharga 200.000.

4. Pelabelan diskon yang tepat

Jika kita amati dalam sebuah toko online atau ecommerce, ada dua buah pelabelan diskon yang sering digunakan pada suatu produk. Yaitu dalam persen ( %) dan juga mata uang, (contoh diskon 30.000)

Menurut pakar pemasaran, Jonah Berger, mengungkapkan, pemilihan pelabelan diskon tersebut ternyata mempengaruhi psikologi calon pembeli saat berbelanja.

Menurut penelitiannya, produk dengan harga murah seperti kaos dan bahan makanan, lebih cocok menggunakan pelabelan diskon dalam bentuk persen (%).

Label diskon 30% pada sebuah kaos seharga 100.000 akan lebih menarik minat pembeli karena jumlahnya terlihatnya besar, ketimbang label diskon 30.000 dari harga kaos yang sama.

Sementara untuk produk dengan harga mahal seperti gadget atau laptop, label diskon dalam bentuk nominal akan terlihat lebih besar walaupun harga produknya lumayan mahal.

Kamera dengan harga 5.000.000 dengan diskon 500.000, akan terlihat lebih besar nilainnya dibanding diskon 20% dari harga produk yang sama.

5. Perbanyak jenis agen pengiriman 

Banyaknya jenis agen pengiriman juga dapat meningkatkan omset penjualan. Hal itu dikarenakan pembeli bisa lebih leluasa memilih agen pengiriman mana yang akan dipilih. 

Sebagai contoh nih ya, saat saldo hanya pas-pasan saja, biasanya saya memilih agen pengiriman dengan tarif termurah. Dengan begitu, saya bisa melunasi pembayaran dengan lebih cepat tanpa harus menomboki kekurangannya, yang biasanya saya lakukan lewat transfer ATM (ATM di tempat saya jauh karena tinggal di daerah). Aliasnya dengan cara seperti ini, akan mempermudah seller untuk sampai ke tahap closing. 

Untuk mereka yang tinggal di kota-kota besar seperti di Jabodetabek, metode pengiriman seperti COD (Cash on Delivery) dengan ojek online seperti Gojek atau Grab, juga akan mempercepat barang sampai ke tangan pembeli.

6. Gratis ongkos kirim

Nah, ini nih fitur yang paling disukai pembeli. Dengan fitur ini, calon pembeli bisa belanja utuh tanpa harus nambahin biaya ongkir yang seringkali jadi tambah mahal. Atau bahkan biaya ongkir lebih mahal ketimbang harga produk itu sendiri.

Untuk moment harbolnas yang hanya beberapa hari, tentu fitur ini dapat menarik calon pembeli sebanyak-banyaknya untuk berbelanja, terutama bagi mereka yang tinggalnya jauh di luar Pulau.

Lalu, apakah fitur gratis ongkir ini tidak rugi ?

Untuk mengatasinya, Anda bisa memberlakukan syarat dan ketentuan tertentu. Semisal jika pembelian diatas 300.000, maka baru dikenakan gratis ongkir. Atau gratis ongkir berlaku untuk produk yang kurang laku dan stocknya masih banyak. Atau bisa juga gratis ongkir hanya berlaku untuk wilayah tertentu, misal jabodetabek atau Pulau Jawa.

Dengan begitu, kerugian dapat ditekan, namun tetap bisa memberikan promo. Intinya, gunakan gratis ongkir, tapi tetap memikirnya bagaimana mendapatkan untung.

7. Packing dengan baik

Seringkali saya menerima belanjaan online dengan paking yang kurang aman. Pernah waktu itu pas saya membeli benda cair botolan, pakingnya hanya menggunakan kardus tipis kecil. Karena paking tidak kuat, maka bungkusnya pun tertekuk-tekuk tidak karuan. Dan saya pun kecewa. Untung saja barang tidak rusak.

Pernah juga pas saya mendapatkan kiriman sebuah laptop, ternyata hanya dipacking menggunakan kardus saja tanpa menggunakan kayu. Padahal gadget sangat rentan terhadap benturan, semisal jatuh atau tertindih dengan barang lain. Oleh kurirnya, paket tersebut pun hanya dijepitkan di jok motor karena tidak tahu jika itu sebuah laptop. Untung saja tidak rusak.

Nah, packing yang baik menandakan kalau sellernya itu hati-hati dan menjaga barang agar tetap utuh sampai tujuan. Packing yang baik juga menandakan keseriusan dalam berjualan. Terlebih karena banyak pembeli sering mengulas soal paking setelah selesai berbelanja. Dan tentu saja, jangan sampai salah kirim ya ? Jadi kudu teliti dan cermat banget.

Oiya, mempersiapkan alat-alat pengemasan juga sangat penting dilakukan. Misalnya seperti lakban, kayu, buble wrap, printer, kwitansi, dan lain sebagainya. Akan menjadi ribet urusannya jika sedang sibuk-sibuknya, pelanggan kecewa hanya gara-gara hal sepele dikarenakan perlengakapan packing habis.

8. Persiapkan tenaga tambahan

Di moment harbolnas, akan ada banyak toko online kebanjiran pesanan. Artinya pemilik toko online akan sangat sibuk melayani pembeli. Maka dari itu, persiapkan tenaga tambahan agar dapat menghandle semua pelanggan dengan baik. Satu atau dua orang, mungkin dapat membantu kita mengatasi lonjakan pesanan.

9. Aktif dalam diskusi produk

Biasanya dalam sebuah lapak di ecommerce, terdapat kolom diskusi terkait produk yang dijual. Kolom tersebut dapat digunakan calon pembeli untuk menanyakan banyak hal terkait produk. Misal seperti ketersediaan produk, warna, ukuran, dan lain sebagainya.

Nah, saat moment harbolnas tiba, sebaiknya seorang seller harus selalu on time untuk menjawab semua pertanyaan dari calon pembeli. Sehinga mereka tidak lari ke toko online lain.

Agar pembeli senang, Anda harus murah senyum. Untuk seorang pedagang, senyum dan ramah itu harus walaupun dalam bentuk tulisan. Intinya kudu di akalin bagaimana caranya agar mereka dengan senang hati “ngasih” uang ke kita.

10. Sematkan diskon 

Harbolnas sangat identik dengan diskon atau potongan harga. Seorang seller dapat memasang promo diskon untuk menarik calon pembeli berbelanja di lapaknya. Jumlahnya tergantung dari seller itu sendiri. Namun tentu saja tetap memperhitungan margin antara harga beli dan harga jual. Sehingga untung pun bisa didapat.

Karena ini moment harbolnas dimana jumlah pembeli dapat membludak, dengan mengambil untung sedikit saja, mungkin dapat meningkatkan penjualan. Kecil sih, tapi jika dikalikan jumlah pembelian yang banyak, hasilnya juga banyak, toh !

Oiya, jangan memberikan diskon setelah harga dinaikan. Karena jika calon pembeli sampai tahu, bisa turun reputasi sebuah lapak online. Misal suatu produk memberi diskon 30%. Tapi di tempat lain malah lebih murah walaupun tanpa diskon. Soalnya banyak kasus seperti ini terjadi.

Selain itu, promo bonus juga bisa diterapkan di moment harbolnas ini. Misal beli 3 gratis 1, beli 2 gratis 1, dan lain sebagainya.

11. Pelajari fitur promosi seller dari ecommerce terkait

Sebelum harbolnas tiba, ada baiknya Anda pelajari fitur-fitur dari sebuah ecommerce tempat Anda berjualan. Hal ini penting dilakukan untuk mengantisipasi jikalau ada sesuatu kendala yang harus diselesaikan saat berjualan. Misal fitur pengembalian barang.

Saat lonjakan pesanan terjadi, sebuah toko online akan sangat sibuk melayani pembeli. Disaat-saat tersebut, bisa jadi ada pembeli yang ingin mengembalikan pesanannya karena suatu hal. Namun apa jadinya jika sang pemilik toko belum paham tata cara pengembaliannya ?

Nah, maka dari itu, mempelajari fitur-fitur jualan pada sebuah ecommerce sebelum harbolnas tiba, pun sangat penting untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan saat hari-H tiba.

Untuk fitur promosi dari Blibli.com sendiri, diantaranya sebagai berikut : 

1. SameDay dan COD

Untuk Anda para seller Blibli.com yang berada di daerah JADETABEK, dapat menggunakan fitur SameDay dari Blibli.com. SameDay adalah layanan yang akan mengantarkan pesanan pembeli, sampai di hari yang sama. Dengan fitur ini, pembeli pun akan merasa puas karena barang yang dibeli cepat sampai tujuan.

Sedangkan COD atau Cash on Delivery adalah layanan pengiriman dengan cara bayar ditempat. Dengan metode ini, pembeli baru akan membayar barang belanjaan setelah barang diterima. Dengan begitu, transaksi pun jadi lebih aman dan terhindar dari penipuan.

2. Fullfillment by Blibli.com

Fullfillment by Blibli.com atau FBB adalah jaringan gudang kepunyaan Blibli.com yang akan menopang pengoperasian supply chain para merchant atau pelaku bisnis, termasuk packing barang ataupun proses pengiriman produk yang diorder secara online.

FBB ini memungkinkan merchant dapat menghemat biaya operasional karena tidak perlu mengalokasikan investasi tambahan terkait biaya gudang.

Dilansir dari channel youtube Blibli.com, Pak Arif selaku pemilik usaha Tecknoplast, fitur ini begitu membantu perkembangan usahanya. Karena Beliau bisa titip barang gratis, packing gratis, pengiriman produk gratis, bahkan produknya dipromosikan.

Pak Arie selaku pengguna FBB dari Blibli.com

3. Merchant Tools Aplication (MTA)

MTA adalah fitur untuk mengoptimalkan penjualan produk di Blibli.com. Fitur ini dapat digunakan untuk mengunggah produk, mengubah harga beserta stock produk, membagikan voucher ke pelanggan yang memiliki potensi belanja yang tinggi, dimanapun dan kapanpun juga. Sehingga lapak jualan bisa terpantau darimanapun dan kapanpun seller berada.

Selain semua fitur diatas, ada juga fitur promo combo, promo grosir, dan promo Blibli.com yang bisa Anda gunakan untuk agar jualan online saat harbolnas makin laris.

Lalu, apa sih keuntungan jualan online di Blibli.com? Oke, berikut infografisnya.

12. Gencar berpromosi di media sosial 

Moment harbolnas hanya beberapa hari saja. Maka dari itu, promosi besar-besaran penting untuk dilakukan. Salah satunya dengan media sosial. 

Bagi pengguna facebook, fanspage facebook bisa jadi pilihan tepat untuk berpromosi. Karena umumnya, mereka yang me-like sebuah fanspage facebook adalah mereka yang memang senang dengan suatu produk atau jasa kita. 

Dan saat kita mengupload sebuah foto produk di fanspage tersebut, para followers kita adalah target potensial kita. Artinya, kita sedang berpromosi kepada orang yang memang membutuhkan produk kita. 

Selain facebook, tentu saja ada instagram yang memang sangat populer untuk jual online suatu produk. Instagram adalah media sosial yang memang hanya bisa mengupload gambar dan video. Seller online bisa mengupload produk-produk mereka ke instagram agar bisa dilihat banya orang. 

Agar promosi lebih luas, mereka bisa mensetting instagram mereka ke profil bisnis untuk menjangkau konsumen lebih luas. 

Selain lewat gambar, seller online juga bisa mempromosikan produk lewat video. Video adalah sarana visual paling mudah dimengerti oleh semua orang. Terlebih jika video tersebut dibuat semenarik dan sebagus mungkin. 

Untuk sebuah produk yang memang harus dipelajari tatacara penggunaannya, pemanfaatan video untuk promosi menjadi sangat penting. Calon pembeli akan lebih paham mengenai bentuk ataupun cara penggunaan suatu produk sebelum membelinya. 

Untuk channel youtube, mereka bisa menaruh link pembelian di kolom deskripsi. Sedangkan untuk instagram, mereka bisa menaruhnya di link bio ataupun langsung di link-kan ke halaman produk langsung dari gambarnya. Dengan begitu, produk akan lebih banyak diketahui banyak orang dan diharapkan pembeli pun semakin banyak.  

13. Percepat kirim barang jika pembeli sudah melakukan pembayaran

Setelah order masuk dan uang sudah dikirim, sesegera mungkin kirimkan pesanan ke pembeli agar barang cepat sampai dan mereka puas berbelanja lapak Anda. Karena tentunya kecepatan pengiriman adalah salah satu bentuk layanan terbaik bagi pembeli.

14. Pastikan koneksi internet lancar

Walaupun Anda menggunakan fasilitas wifi sebagai akses internet utama, tapi jangan lupa untuk isi ulang kuota di smartphone Anda. Hal ini untuk mengantisipasi agar hal-hal yang tidak di inginkan terjadi saat sedang sibuk-sibuknya. Misal karena sambungan internet terganggu, mati listrik, ataupun hal lainnya.  Tips terakhir ini memang sepele. Tapi tidak bisa disepelekan karena bisnis tidak berjalan tanpa internet. 

Saatnya bersiap-siap hadapi lonjakan pesanan saat harbolnas di Blibli.com

Moment harbolnas adalah moment belanja online yang paling ditunggu-tunggu masyarakat setiap tahunnya karena banyak diskon dan penawaran menarik didalamnya. Mereka beramai-ramai mantengin laptop dan smartphone untuk berburu diskon menarik. Dan semakin tahun, jumlahnya semakin meningkat.

Untuk para seller online, tentu ini menjadi kabar baik karena toko online mereka akan kebanjiran order. Nah, dengan semua persiapan diatas, diharapkan sebuah toko online mengalami lonjakan pesanan.

Dan tentunya dengan pemilihan ecommerce yang tepat, dalam hal ini Blibli.com, jualan online saat harbolnas pun akan menjadi semakin maksimal berkat dukungan fitur-fitur menariknya.

Artikel ini di ikut serakan dalam Blibli.com Blog competition edisi September 2019. Semua foto dan vektor diatas adalah asli buatan saya sendiri sebagai penulis. Adapun foto Pak Arif di pinjam dari Channel Youtube Blibli.com. Terimakasih 🙂

Share This