Moment harbolnas adalah moment yang paling ditunggu-tunggu semua orang. Di moment tersebut, ada banyak sekali marketplace yang memberikan promo besar-besaran. Dari mulai gratis ongkir hingga diskon fantastis. 

Namun tentu saja kita perlu cermat dan jeli saat belanja di harbolnas. Karena alih-alih ingin mendapatkan barang impian, yang ada malah kita kecewa karena asal klik buy aja.  Nah, maka dari itu, berikut saya rangkumkan 16 Tips Belanja Online saat Harbolnas agar kita tak kecewa memanfaatkan event tahunan ini. 

1. Jangan terburu-buru dan tergesa-gesa

Pertama, yang pasti jangan terburu-buru menghadapi harbolnas ini. Karena jika kita tergesa-gesa, bisa jadi kita asal klik buy saja mentang-mentang harganya murah dan diskonnya gede. Persiapkan segala sesuatunya dengan baik, misal koneksi internet lancar, mood oke, baterai gadget terisi penuh, pemilihan marketplace, dan lain sebagainya. Jika langkah awal ini sudah diterapkan, niscaya aktivitas berburu diskon harbolnas pun jadi lebih maksimal.  

Baca juga : 14 Strategi Marketing  Berjualan hadapi Harbolnas 

2. Tetapkan anggaran belanja 

Harbolnas akan memberikan promo dan diskon yang sangat menarik. Namun begitu kita tidak boleh kalap mata agar anggaran belanja tidak jebol. Karena tentu saja walaupun mungkin dana kita lebih dari cukup, mengatur keuangan adalah hal bijak untuk dilakukan karena kebutuhan hidup bermacam-macam. Maka dari itu, menetapkan anggaran belanja saat harbolnas penting dilakukan. 

Misal bulan ini Anda ada pengeluaran sebanyak 2 juta. Anda bisa menyisihkan 500 ribu untuk belanja harbolnas. Sedangkan sisanya untuk kebutuhan lainnya. Selain itu jangan ceroboh untuk belanja keperluan lainya, kecuali memang sangat dibutuhkan. 

3. Tetapkan daftar belanja dan prioritas barang – jangan membeli karena keinginan, tapi kebutuhan

Sebelum berburu diskon, baiknya catat dulu barang apa yang harusnya dibeli. Jangan sampai karena tergiru diskon besar, kalian asal klik buy. Begitu sampai dirumah, ternyata barang tersebut tidak terpakai. Mubazir, kan ? 

Jadi, menetapkan daftar belanjaan penting untuk dilakukan. Semisal kalian adalah seorang blogger yang sedang butuh alat dokumentasi. Barang-barang prioritas dan penting yang bisa dipilih bisa seperti kamera, tripod, gorillapod, lensa kamera, tas kamera, tongsis, lazypod, dan lain sebagainya. 

Tulislah daftar barang tersebut dalam sebuah kertas dan taruh dekat meja kerja, atau jadikan wallpaper di smartphone, sehingga akan selalu terlihat dan mudah di ingat. 

4. Subscribe untuk dapatkan newsletter mengenai promo terbaru

Agar promo dari sebuah marketplace bisa kita ketahui dengan mudah, ada baiknya kita subscribe atau berlangganan newsletter di website bersangkutan dengan memasukan email kita. Dengan begitu saat ada promo, kita bisa mendapat notifikasi dari marketplace terkait. 

5. Pantengin media sosial sebuah marketplace 

Media sosial terutama instagram, adalah media promosi yang cukup ampuh untuk menjaring pembeli, dan selalu dilakukan oleh banyak marketplace sebagai strategi marketing. Maka dari itu, pantengin terus media sosial marketplace terkait untuk mendapatkan informasi menarik terkait promo saat harbolnas.

6. Lakukan penyortian untuk dapat harga terbaik

Melakukan perbandingan harga juga sangat penting dilakukan untuk mendapatkan harga terbaik. Misal di marketplace A harga sebuah kamera canon SX 430 IS di banderol 2,85 juta dengan bonus aksesoris gorilla pod dan sudah termasuk ongkir. 

Sementara  di marketplace B harganya 2,79 juta namun belum termasuk ongkir dan tanpa bonus aksesoris. Maka memilih marketplace A adalah pilihan terbaik karena dapat bonus dan gratis ongkir

Jadi harga terbaik itu tak melulu yang termurah ya ? Dengan begitu kita akan merasa lebih puas saat berbelanja suatu produk saat harbolnas.  

Oiya, manfaatkan juga website penyortir harga yang banyak tersebar di dunia maya. Agar biaya yang kita keluarkan bisa ditekan seminimalisir mungkin. Misal priceb**k atau yang lainnya. 

7. Tips belanja online saat harbolnas yang mungkin paling sering dilakukan banyak orang – diskon menjebak 

Nah, pada tips ini, bisa jadi membuat banyak orang tertipu dengan diskon yang menjebak. Agar kita tak mengalaminya, kita  bisa cari tahu harga normal dari sebuah barang. 

Misal kita akan membeli smartwatch merk Mi Band 3 dengan harga normal yaitu 250 ribu. Sementara ada sebuah marketplace menjual dengan harga 280 ribu namun dengan label diskon 50%. Itu berarti, seller di marketplace tersebut telah menaikan harga sebelum di diskon. Dan ini namanya menjebak. 

Mending kita pilih seller yang menjual dengan harga yang murahan dikit gak apa-apa, misal 240 ribu, namun tanpa diskon. Atau 240 ribu sudah dipotong diskon. 

8. Membuat whislit barang pilihan, biasanya di ikon love

Sebelum berbelanja, baiknya kita cari dulu produk mana yang akan kita pilih. Caranya kita membuat whislist produk dalam sebuah marketplace melalui icon love yang biasanya ada dalam sebuah marketplace. Nah, kita lovein dulu tuh produk tersebut, nanti pas harbolnas bisa kita buka untuk kemudian kita beli. 

9. Pahami betul akan promo yang diberlakukan

Setiap promo semisal diskon atau free ongkir dalam sebuah marketplace biasanya menetapkan aturan tertentu. Misal cashback 100 ribu untuk minimal belanja 1 juta. Atau free ongkir hanya untuk Pulau Jawa. 

Nah, hal itu perlu diperhatikan. Baca dan pahami semua syarat dan ketentuannya agar kita bisa memanfaatkan promo dengan baik. Jangan sampai terjadi, hanya karena tidak membaca SK dengan baik, begitu udah dibayar, ternyata tidak dapat cashback karena dikiran tanpa minimum belanja. 

10. Belanja di toko resmi atau premium seller dan sudah banyak rating bintangnya 

Saat ini saya juga memiliki akun jualan di sebuah marketplace. Dan entah apa sebabnya, produk saya di cloning dan di duplikat oleh seller lain. Namun beruntunglah karena lapak saya sudah terverifikasi premium dan terdapat beberapa rating bintangnya. Dan saya pun lega karena badge premium sudah saya miliki. Itu artinya, calon pembeli akan lebih percaya kepada lapak atau seller premium dalam sebuah marketplace. 

Dan sebagai pembeli, saya juga selalu mengusahakan untuk berbelanja di seller yang sudah memiliki banyak rating bintang walaupun harganya agak mahalan dikit dari harga rata-rata. Karena beda 5 atau 10 ribu, tentu tidak masalah asalkan puas. 

11. Cari promo dari pihak ketiga, misal website kupon untuk dapat harga termurah

Jika semisal saat harbolnas, Anda tidak mendapatkan diskon yang di inginkan, Anda bisa memfaatkan website penyedia kupon diskon. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan potongan harga. Di internet, ada banyak website seperti ini. Tinggal pilih mana yang cocok. Misal seperti lakup*n atau flip*t.

12. Jangan sampai kartu kredit di Anda kecolongan data, jangan gunakan WiFi gratis

Jika kalian bertransaksi menggunakan kartu kredit, baiknya gunakan jaringan internet pribadi  dan jangan gunakan WiFi apalagi free WiFi tanpa password. Karena rentan terhadap tindakan kejahatan dunia maya. Hacker bisa saja membobol password atau PIN kartu kredit jika bertransaksi lewat WiFi gratis. 

13. Manfaatkan situs pemberi cashback 

Kalau kalian emang suka belanja online terutama saat harbolnas, jangan lupa untuk manfaatkan situs pemberi cashback. Misal kayak shopba*k. Lumayan kan ya. Terlebih jika nominal pembelanjaannya cukup besar atau sering belanja, tentu cashbcaknya lumayan besar juga. Nantinya cashback bisa ditarik ke ATM. Asik, kan ? 

14. Manfaatkan point reward

Jika Anda punya point reward dalam sebuah marketplace, jangan lupa gunakan untuk berbelanja. Dengan point reward tersebut, Anda bisa dapat potongan harga atau diskon ongkir. Lumayan banget, kan ? 

15. Jangan terlalu percaya gambar. Lihat testimoni dalam bentuk gambar

Beberapa waktu lalu saya membeli tas online untuk istri di sebuah marketplace. Harganya 99 ribu. Foto produknya sih bagus dan terlihat tebal. Tapi begitu sampai, ternyata tidak sesuai gambar. Bahannya pirat-pirut dan gampang membekas jika tertekuk. Beda sekali dengan gambar yang terlihat premium. 

Sebelum memutuskan untuk membeli, baiknya lihat rating bintang sebuah seller dan juga kiriman gambar para pembeli yang aslinya itu kayak apa sih? Jika memang nyatanya bagus, bisa beli. Jika tidak sesaui expektasi, baiknya cari yang lain. 

Oiya, kita juga mesti tau bahwa ada harga ada rupa. Biarpun barang tersebut murah dan terlihat bagus, bisa jadi itu adalah trik penjualan. Namanya juga jualan online, foto bening itu nomor satu agar konsumen tertarik. 

16. Gunakan fitur diskusi

Sebelum membeli, baiknya tanya dulu menggunakan fitur diskusi yang biasanya ada pada sebuah marketplace. Jangan asal klik beli aja, nanti jika ternyata barangnya kosong, kan kita sendiri yang repot. Dengan fitur ini, kalian bisa tanya stock produk, warna, ukuran, dan lain sebagainya.  

Sumber referensi artikel : 
1. https://tirto.id/harbolnas-1010-tips-berburu-promo-hemat-di-pesta-belanja-online-ejsp
2. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20171211222302-282-261694/7-tips-buat-belanja-hemat-di-harbolnas
Share This