“Itu bikin blog landing page kayak itu gimana sih ? Di blogspot ko gak bisa? Udah gitu dalam satu website, ada artikel blognya juga. Keren banget. Penasaran gue”

Semenjak mengenal wordpress hosting beberapa tahun yang lalu, saya merasakan betapa banyak kemudahan akan performa dari tools-tools di platform wordpress.org. Hal itu membuat saya beralih dari blogspot ke CMS wordpress sebagai tempat ngeblog berikutnya. Dan saya pun merasakan banyak kemudahan yang tidak saya temukan di platform blogspot.

Di blogspot, untuk membuat sebuah halaman landing page, kita harus bisa mengutak-atik kode HTML atau CSS-nya. Atau mungkin jika ada template khususnya, tentu customisasinya tidak semudah yang ada di theme wordpress.org.

Nah, buat kamu para influencer, sebelum memutskan membuat blog, ada baiknya mencoba platform termudah dulu yaitu blogspot. Namun jika ingin pengalaman lebih, wordpress.org dengan hosting dan domain sendiri adalah pilihan tepat.

Baca juga : Berapakah Biaya untuk Membuat Blog Seperti Kangamir.com ?

Dan berikut adalah kelebihan wordpress.org yang perlu kalian ketahui untuk pengalaman ngeblog yang lebih potensial naikkan penghasilanmu sebagai influencer.

1. Dapat membuat halaman landing page dan kolom artikel

Seperti diatas saya tuliskan, dengan platform wordpress.org, kamu bisa membuat halaman landing page untuk mempromosikan produk atau jasamu. Hal itu dikarenakan wordpress.org mendukung template yang tidak biasa dan custom abis. Tidak heran jika harga templatenya pun sampai diatas 3 jutaan lebih. Namun tentu saja sangat powerfull dan tampilannya pun sangat memukau.

Dengan template ini, seorang blogger bisa membuat halaman landing page mirip dengan website-website perusahaan besar, namun ada juga kolom artikelnya. Dan tentu saja ini sangat menarik calon konsumen.

Dengan adanya website utama berupa landing page, dapat meningkatkan kredibilitas suatu usaha. Sedangkan artikel yang ada, menjadi edukasi terkait produk atau jasa yang ditawarkan. Sehingga dapat mendongkrak angka penjualan suatu produk atau jasa.

2. Mendukung banyak Plugin

Yang saya suka semenjak menggunakan wordpress adalah karena pluginnya sangat banyak. Ada ribuan plugin yang bisa kalian temui di wordpress, dari yang gratis sampai berbayar.

Salah satu contohnya yaitu plugin jetpack untuk mengoptimalkan seo. Dengan plugin jetpack ini, kita bisa bisa membuat deskripsi sesuai keinginan dibawah judul artikel saat blog kita ditemukan di google.

Untuk saya sendiri karena saya sering ikut lomba, saya seringkali menggunakan plugin layer slider untuk membuat animasi bergerak dalam artikel. Plugin ini saya beli di codecanyon dengan harga $25 atau sekitar 300 ribuan dalam rupiah.

Dengan plugin SEO, blog kita akan lebih mudah dikenali mesin pencari, sedangkan plugin animasi, tampilan blog kita bisa lebih menarik.

Namun tentu saja jangan sembarang install plugin agar keamanan website tetap kuat. Rekomedasi saya adalah plugin yang tersedia di halaman dashboard ataupun plugin premium karena lebih dipercaya keamanannya.

Baca juga : Perbedaan Website Gratis dengan Website Berbayar

3. Permalink yang bisa di ubah-ubah agar lebih seo friendly

Permalink atau permanen link adalah alamat URL dari artikel yang kita buat. Semisal kita membuat artikel berjudul “wisata paling hits di kebumen di 2019”, biasanya URL-nya pun akan mengikuti judulnya. Yaitu namadomain.com/wisata paling-hits-di-kebumen-di-2019.

Namun jika kita menggunakan wordpress.org, kita bisa memotong-motong kata atau kalimat untuk URL yang kita mau. Misal kata kunci paling mendapat banyak pencarian di google terkait judul artikel tersebut yaitu “wisata menarik di kebumen”, maka kita pun bisa mengubah URL-nya mengikuti kata kunci tersebut, yaitu namadomain.com/wisata-menarik-di-kebumen. Dengan begitu, potensi artikel kita untuk muncul di hasil pencarian pun lebih besar. Di blogspot juga bisa sih, tapi tidak sefleksibel di wordpress.org ini.

4. Menaikan DA lebih cepat

Dulu pas algoritma perhitungan DA berubah, blog saya yang di blogpsot DA-nya turun dari 25 menjadi 15, kemudian turun lagi menjadi 13. Sedangkan blog ini di kangamir.com, DA hanya turun 4 poin, yaitu 21. Artinya apa ? Artinya blog wordpress.org lebih ramah mesin mencari. Terus ? Terus tarif endorsement masih jadi gak anjlok-anjlok amat dong daripada blogspot hihi.

FYI : DA atau Domain Authority adalah indikator seberapa bagus sebuah blog di mata mesin pencari, dari skor 1-100. Semakin tinggi nilainya, rate artikel pun semakin baik.

Baca juga : Pengertian Dan Pentingnya Data Center Untuk Infrastruktur IT

5. Jumlah widgetnya sangat banyak

Di wordpress.org, kita bisa menambahkan widget hanya dengan drag&drop dan jumlahnya sangat banyak. Dari mulai arsip, audio, gambar, video, dan banyak lagi yang lainnya. Untuk blogspot juga bisa, namun menurut saya tidak semenarik di wordpress.org

6. Dilengkapi anti spam

Hal lain yang saya suka dari wordpress.org ini yaitu karena terdapat plugin anti spam. Spam adalah komentar yang biasanya di blast menggunakan software khusus untuk menanamkan backlink mereka ke website kita secara serempak dan biasanya berasal dari website luar negeri dengan bahasa yang seringkali tidak kita mengerti.

Dan tentu saja itu sangat tidak relevan dengan blog kita, apalagi jika ditulis dengan bahasa planet yang aneh-aneh itu. Dengan plugin anti spam semisal akismet, kita bisa menghalau itu semua.

7. Di lengkapi tag selain kategori

Tag adalah komponen yang lebih spesifik dari kategori. Jika semisal di blog kita ada kategori makanan, maka seafood, korean food, dan sejenisnya, disebut tag. Tag ini akan membuat pembaca lebih mudah dalam membaca artikel secara lebih spesifik.

Misalnya gini, jika seorang pengunjung ingin membaca artikel tentang kuliner seafood, maka ia bisa mengklik tag seafood, dan keluarlah artikel yang dituju.

8. Multiple author

Di wordpress.org, seseorang bisa berkontribusi menjadi author. Contohnya adalah website maxmanroe(dot)com. Di website tersebut, ada 3 author yang berkontribusi sebagai penulis, namun tidak dapat mengakses website utama. Artinya jika sebuah website memiliki banyak penulis, tentunya pengunjungnya juga terus bertambah dan penghasilan pun mengikuti.

9. Memodifikasi komentar

Nah, ini nih yang seringkali saya lakukan. Jika ada pengunjung yang mengirimkan komentar namun sepertinya ko’ saya kurang cocok, semisal karena komentarnya spam, bernada negative, memojokan , atau banyak typo di tulisannya, maka saya bisa memodifikasi atau menghapusnya.

10. Dapat memblokir user tertentu

Menurut pengalaman pemilik website maxmanroe(dot)com, ia pernah memblok spam komentar dari seorang pengunjung yang melakukan spam setelah menemukan alamat IP nya. Dengan begitu spamers tersebut tidak dapat mengakses kembali website maxmanroe.

11. Berpeluang mendapatkan penghasilan dari Adsense

Jika di blogspot memang sudah miliknya google, jadi tentu saja bisa pasang adsense untuk penghasilan dari iklan. Sedangkan di wordpress.com tidak bisa. Namun di wordpress.org, kalian bisa pasang adsense sama seperti blogspot.

12. Mendukung toko online

Salah satu kelebihan wordpress adalah karena mendukung toko online. Ada banyak plugin yang bisa digunakan untuk membuat toko online, salah satu yang paling popular yaitu wPecomerce.Plugin ini bisa digunakan untuk berbagai macam jenis toko online, baik itu produk fisik, produk digital, membership atau keanggotaan, dan lain sebagainya.

Pada plugin ini, pengguna bisa memanfaatkan fitur-fitur menarik yang ada, seperti pengaturan layout, beragam pemilihan pembayaran, proses checkout yang lebih efisien, dan banyak lagi yang lainnya.

Sedangkan untuk plugin lainya, yaitu seperti woocomerce, jigoshop, easy digital download, marketpress, dan lain sebagainya.

13. Tidak terlalu sulit menggunakannya

Jika ada yang bilang wordpress itu sulit, sebenarnya tidak kok. Untuk tampilan dashboard seperti pada teks editornya memang agak beda sedikit. Namun setelah beberapa saat kita coba, kita bisa dengan mudah memahaminya.

Untuk saya sendiri, saya tak butuh waktu lama untuk bisa menggunakannya. Kalau kita udah familiar dengan dashboard blog blogspot, disini kita bisa mengikutinya dengan mudah. Yang bikin sulit itu kalo saya sih templatenya, apalagi jika pengantarnya bahasa inggris. (saya pakai divi).

Nah, itulah 13 kelebihan wordpress sebagai tempat ngeblog. Untuk kamu yang berniat jadi influencer, platform wordpress merupakan pilihan tepat untuk branding diri.

Untuk membuat blognya, kalian harus menyewa hosting dan domain terlebih dahulu. Saat ini ada banyak ko hosting murah yang tersebar di dunia maya. Dari yang type space dalam GB (gigabyte) hingga yang unlimited. Dan sejauh ini provider hosting yang memberikan harga hosting yang relatif terjangkau dan masuk di akal adalah www.masterweb.com

Untuk saya sendiri, saya masih menggunakan hosting space, dan kedepan ingin migrasi ke hosting unlimited. Karena dengan hosting unlimited, kita bisa bebas upload konten semau kita tanpa takut kehabisan space.

Saat space kita mau habis, rasanya tuh ketar ketir banget. Khawatirnya artikel yang sudah dibuat gak bisa di publish.

Akhirnya, terimakasih sudah membaca tulisan saya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Sumber referensi artikel
https://www.maxmanroe.com/kelebihan-wordpress-dibanding-platform-lain.html
https://info-menarik.net/kelebihan-wordpress-dibanding-blogspot/
Share This