Melansir berita dari tekno.tempo.co [1], gara-gara berita hoax, ratusan warga desa di pesisir selatan Pantai Sine, Tulungagung, Jawa Timur, panik dan berhamburan setelah mendengar kabar bahwa di daerahnya akan terjadi badai tsunami.

Mereka yang saat itu sedang menyaksikan pertunjukan kesenian jaranan di tempat pelelangan ikan pada Jumat malam (19 Juli 2019), meyelamatkan diri dengan berlari ke gunung-gunung dan tempat yang lebih tinggi untuk menghindari bencana.

Situasi pun sempat mencekam selama beberapa jam hingga dini hari. Seorang warga Sine yang dikonfirmasi mengatakan, warga mulai panik karena ada yang berteriak akan datangnya tsunami.

Dalam video hoax yang beredar, seolah-olah ada ikan yang terdampar dan laut surut. Padahal video tersebut adalah video lama yang terjadi di daerah lain.

Kondisi mulai reda saat petugas dan perangkat desa datang untuk menjelaskan bahwasanya berita tersebut adalah hoax alias berita palsu.

Ya ! 

Berita hoax memang sangat meresahkan, bahkan bisa memecah belah umat. Bagi mereka yang suka berbagi tapi malas membaca, biasanya senang membagikan informasi, namun kurang teliti apakah informasi tersebut benar (hoax) atau tidak? Tujuannya agar mendapat simpati dari masyarakat ataupun agar terlihat paling update. 

Berkaitan dengan hal tersebut, berikut adalah infografis tentang jenis hoax yang sering diterima masyarakat beserta dampaknya. 

Berita hoax bukan hanya tersebar melalui media sosial semisal facebook ataupun instagram. Tapi website penyebar hoax pun banyak sekali bermunculan. Tujuannya pun bermacam-macam. Misal karena kebencian, pengalihan isu, unsur politik, uang, dan lain sebagainya.

Menurut Kominfo [2], saat ini terdapat 800.000 situs penyebar hoax. Jenis situs tersebut termasuk situs dewasa, peniupan, perjudian, dan banyak lagi yang lainnya. Ratusan situs tersebut banyak menyebarkan berita hoax seperti dalam bidang politik, kesehatan, dan banyak lagi yang lainnya.  Jumlah yang sangat fantastis sekali, bukan?

Dan itu artinya, ada banyak sekali website hoax bertebaran di dunia maya. Mereka yang kurang teliti dan minim baca, bisa dengan mudah termakan hoax, kemudian menyebarkannya lewat sosial media ataupun aplikasi chatting semisal grup whatsapp.

Masih menurut Kominfo [3] di laman yang berbeda, bahwa pihaknya juga telah menghapus 22 situs radikal setelah adanya laporan dari BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme). Awalnya hanya 3 situs, namun kemudian BNPT melaporkan kembali 19 situs dan meghapus seluruhnya. 

Fenomena hoax terindikasi semakin meningkat setiap waktunya. Dan melalui artikel ini, saya menghimbau agar kita semua harus hati-hati dan jangan langsung percaya begitu saja dengan informasi yang yang tersebar di dunia maya. Terutama untuk berita dengan judul yang sensasional dan provokatif.

Kita teliti dulu keaslian dan kebenarannya. Karena jika kita sampai menyebarkan hoax, orang bisa terpengaruh dan hukum pun berlaku.

Menurut sumbernya di tekno kompas [4], cara mengetahui apakah sebuah informasi hoax atau bukan, bisa dilihat  lima berbagai faktor, berikut infografisnya. 

Nah, berkaitan dengan hal tersebut, saya ingin memperkenalkan sebuah website yang beralamatkan di www.indozone.id. Indozone.id adalah website yang menampilkan berita dan informasi terpercaya untuk para Millenial dan Gen-Z yang bisa dijamin keasliannya dan anti hoax. Semua berita yang ada di sini adalah asli dan memang benar adanya serta dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. 

Sudah baca kan infografis di atas ? Nah, untuk alamat redaksi dan tim yang bekerja, bisa dilihat pada menu tentang kami di bagian footer. Namun pada gambar di bawah juga saya tuliskan tim redaksi dari Indozone.id.

Dari gambar di atas, sudah cukup bukti bahwa website Indozone.id memang benar-benar terpercaya dan anti hoax

Selain itu, artikel di Indozone.id juga seringkali menyematkan quote dan kesaksian langsung dari narasumber layaknya tulisan feature. Sehingga semakin membuktikan bahwa berita yang disampaikan adalah asli dan memang benar adanya. Kemudian tak lupa juga menyematkan siapa penulis beserta fotonya. 

Salah satu quote dari narasumber yang terdapat pada banyak artikel di Indozone, membuktikan bahwa artikel di Indozone memang asli dan dapat dipercaya.

Kemudian, keberadaan channel lainnya seperti akun instagram, youtube, facebook, twitter, line, yang dimilikinya, juga menjadi bukti bahwa indozone memang situs berita terpercaya yang dapat di pertanggung jawabkan keasliannya (akan dibahas nanti). Nah, selain anti hoax, Indozone.id juga memiliki kelebihan, diantaranya sebagai berikut.

1. Kategorinya lengkap dan antimainstream

Menu di website Indozone dan cukup menarik dan antimanstream.

Website Indozone.id memiliki kategori yang sangat lengkap. Di antaranya seperti game, tekhnologi, food, soccer, beauty, otomotif, olahraga, wisata, dsb. Kemudian terdapat juga menu antimainstream untuk kamu para Millenial dan Gen-Z yang bikin kita semua penasaran, di antaranya seperti :

1. Fakta dan Mitos : Di menu ini kita akan mendapatkan informasi seputar fakta dan juga mitos. Misalnya seperti fakta menarik tentang pelangi. Atau mitos pada artikel tentang kejatuhan cicak bisa jadi pertanda sial.

Mitos atau fakta

Contoh artikel dengan kategori fakta dan mitos

2. FYI : FYI atau for your info adalah informasi penting untuk diketahui para Millenia dan Gen-Z yang suka dengan info-info menarik. Di indozone, FYI disini terlihat berbeda karena dilengkapi dengan gambar kreatif dan menarik. Mirip seperti infografis, namun dibuat dalam bentuk slide layaknya instagram. Sehingga lebih menarik dan lebih mudah dipahami. 

FYI Indozone

Contoh konten FYI di Indozone.id dengan penyajian yang unik dan menarik.

3. Infografik : Infografik adalah penyajian informasi secara visual yang terdiri dari teks dan gambar ilustrasi. Di Indozone.id, Anda bisa menemukan banyak infografis menarik tentang suatu hal. Misalnya seperti inforgrafis tipe-tipe pelamar kerja, manfaat ikan salmon, geliat industri fashion muslim, dsb. Jika misal Anda lebih senang membaca tulisan dalam bentuk gambar, maka infografik ini bisa di download untuk dibaca di lain waktu.

infigrafik dan videografik

Contoh konten infografik dan videografik di Indozone.id

2. Videografik : Selain infografik, videografik juga semakin membuat channel Indozone.id ini semakin menarik dan kreatif. Pasalnya dengan video tanpa suara manusia ini, kita bisa melihat tayangan-tayangan menarik yang disajikan dalam bentuk video dengan backsound beserta keterangannya. Sehingga lebih mudah dan lebih menarik untuk dipahami. Modelnya seperti infografik namun dalam bentuk video. 

2. Beritanya singkat, padat, jelas, tidak bertele-tele, dan dapat dipercaya.

Millenial dan Gen-Z itu sukanya yang cepat, praktis, santai, fun. Nah, pembahasan di website Indozone.id langsung mengena dan pesannya cepat tersampaikan. Singkat, tidak bertele-tele, dapat dipercaya, serta dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Hal itu bisa berlihat dari quote-quote atau ucapan kesaksian narasumber yang dituliskan di artikelnya. Sehingga kebenarannya pun lebih dipercaya. Untuk judulnya pun sesuai dengan topiknya. Oiya, saya pun tidak pernah menjumpai clickbait atau judul yang menjebak di website ini.

Kemudian jika kita ingin melihat artikel sejenis lainnya, kita juga bisa menemuinya di kolom “baca juga” atau artikel terkait lainnya yang berada di bawah artikel.

Lalu jika ingin membagikannya ke sosial media, ada banyak tombol share yang terletak di bawah judul dan sisi kiri artikel. Saya paling suka tombol whatsapp. Secara whatsapp adalah instant messenger paling favorit digunakan banyak orang.

Screenshoot bagian-bagian dari artike di Indozone.id yang cukup menarik. 

3. Berita teraktual di tampilkan di halaman atas

Berita terkini dan terhangan ditampilkan di header

Pas saya buka website Indozone.id, adalah saat dimana sedang ramai-ramainya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden. Maka pada halaman atas pun terdapat berita terhangat saat itu. 

Pada gambar diatas untuk kolom #KAMUHARUSTAHU, terdapat artikel tentang mentri baru Kemenkopolhukam yaitu Mahfud MD yang menggantikan pendahulunya yaitu Wiranto.

Sedangkan pada sorotan HIGHLIGHT terdapat artikel tentang Nadiem Makarim (CEO Go-Jek) yang menjabat jadi Mendikbud setelah resmi keluar dari GO-Jek. 

Dengan ditampilkannya berita terhangat setiap harinya, pengunjung bisa mendapatkan info segar tiap hari dengan mudah di website ini.

4. Menampilkan banyak artikel, namun dengan tata letak template yang teratur

Indozone.id memiliki banyak sekali artikel menarik yang terangkum dalam berbagai kategori. Dalam satu halaman home, terdapat puluhan artikel yang bisa kalian baca. Namun kalian tak perlu bingung pilih yang mana, karena tata letak atau templatenya cukup rapi sesuai kategorinya.

Bisa kalian lihat sendiri jarak pada kategori berita terkini dengan insight (slide 2), yang cukup renggang. Kemudian di bawahnya terdapat susunan kategori mulai dari infografik, videografik, dan FYI yang tertata rapi (slide 3). Dengan susunan rapi seperti ini, pembaca jadi lebih mudah memilah-milah artikel. 

Website Indozone.id menampikan banyak artikel namun dengan tata letak yang rapi sehingga memudahkan pembaca memilih artikel.

5. Bisa berlangganan artikel lewat pop up notification

Tombol pop up berisi kotak dialog agar pembaca bisa berlangganan artikel

Saat kita membuka website Indozone.id, kita akan dihadapkan pada tombol pop up notification yang berisi kotak dialog di bagian atas halaman. Nah, jika kita ingin berlangganan artikel, kita bisa klik tombol YA. Dan klik TIDAK jika tidak. Dan hal itu pun berlaku untuk versi mobile.

6. Dukungan media sosial yang Millenial dan Gen-Z abis

Indozone.id memiliki channel instagram yang lumayan banyak dan sangat menarik. Di Channel ini, Millenial dan Gen-Z bukan hanya mendapatkan hiburan, tapi informasi yang bermanfaat. Misalnya seperti informasi seputar kesehatan, kecantikan, kuliner, kreativitas, otomotif, tekhnologi, film, pelajaran hidup, dan banyak lagi yang lainnya.

Untuk jumlah akun yang saya temukan yaitu baru 12 akun. Karena kayaknya ada banyak akun milik Indozone.id lainnya yang lebih keren.  Berikut deretan akunnya dan klik ikuti untuk menjadi followernya. 

@indozone.id

Berisi informasi menarik yang kamu harus tahu

@indozonebeauty.id

Berisi informasi menarik seputar kecantikan

@indozonehealth

Berisi informasi tentang kesehatan

@indozonefood

Berisi tips tentang makanan atau kuliner

@indozonetravel

Berisi informasi menarik tentang perjalanan

@idozonevideo

Berisi informasi menarik dalam sebuah video

@indozoneoto

Semua tentang otomotif ada disini

@indozonetech

Berisi informasi menarik tentang tekhnologi

@indozonelife

Berisi informasi menarik tentang kehidupan

@idozonemovie

Berisi informasi menarik tentang film

@indozonesoccer

Berisi informasi menarik untuk penggemar bola

@indozoneviral

Berisi informasi menarik yang sedang viral saat ini

Selain instagram, channel lain yang tak kalah keren yaitu Youtube. Untuk sebuah tutorial, banyak orang memilih mempelajarinya lewat video karena lebih mudah. Dan beruntungnya Indozone.id juga memiliki channel youtube dengan berbagai konten menarik, yang hingga saat ini sudah memiliki 158 ribu subscriber.

Disini, kita bisa tahu hal-hal unik dari seluruh dunia. Misalnya seperti video tentang keunikan amazon, eksperimen tentang minuman coca cola yang dicampur berbagai macam permen, atau video tentang Pulau Boneka. Udah gitu update video ini hampir setiap hari pula.

Channel youtube Indozone dengan subscriber 158 ribu

Video menarik tentang pulau Boneka 

Video experimen minuman bersoda dicampur berbagai macam permen

Klik tombol di bawah ini untuk, suscribe,  follow dan like sosial medianya.

7. Mobile friendly di berbagai browser smartphone

Website Indozone.id sangat mobile friendly di berbagai browser smartphone. Dari empat (4) browser yang saya gunakan, yaitu Opera mini, UC Browser, Chrome Andorid, dan Mozilla Firefox for Android, tampilan website ini cukup mobile friendly disemua browser tersebut. Oiya, bahkan untuk browser bawaan smartphone xiaomi juga sama. Dengan begitu, semua pembaca akan merasa nyaman karena begitu bersahabat dengan smartphonenya.

Tampilan di Bowser opera mini

Tampilan di UC Browser

Tampilan di Browser Mozilla

Tampilan di Browser Chrome. Mirip dengan Mozilla

8. Indozoze merupakan situs yang aman

Ya, indozone.id adalah situs yang aman. Hal itu terlihat dari icon gembok yang berada didekat URL web. Dengan begitu, data data yang kita masukan seperti sandi, alamat, foto, dan lain sebagainya, akan aman terlindungi. 

Icon https dan gembok yang menandakan jika website ini aman.

Ya, itulah kelebihan dari website Indozone.id. Namun di balik semua kelebihannya, setelah saya kroscek, ternyata ada sedikit kekurangan. Dan berikut penjelasannya.

1. Jumlah kata dalam artikel, rata-rata terlalu sedikit 

Jika boleh jujur, artikel di website indozone memang cukup menarik karena to the point dan pesannya langsung tersampaikan. Namun setelah berulangkali membacanya, saya merasa seperti ada yang kurang. 

Yaitu karena kebanyakan informasi yang disampaikan cukup sedikit, hanya berkisar antara 120 – 200 kata. Ada pun yang 500-an kata, namun jarang. Sehingga kesannya jadi seperti kurang niat, seperti mengambang, kurang menyelesaikan masalah, dan kurang klimaks gitu. 

Karena jumlah kata yang sedikit, pembaca jadi relfek bilang “lah kok cuma segini, dikit banget padahal ini penting banget” Dan rasanya jadi kurang puas gitu saat masih penasaran akan sebuah informasi menarik yang sedang dibacanya. 

Menurut saya, sedikit boleh sih, tapi mungkin ada baiknya jika pembaca sampai puas mendapatkan informasi dan merasa lega hati. 500 kata mungkin pas kali yah, tidak terlalu pendek dan tentu tidak terlalu panjang. Sehingga pembaca merasa lega dan puas akan informasi yang didapat. 

2. Artikel berjalan tidak berhenti ketika kursor di arahkan

Artikel yang berjalan pada header, tidak berhenti ketikan kursor di arahkan. Jadi jika pembaca ingin membaca judulnya dengan seksama, jadi agak sulit, terutama yang terganggu dengan penglihatannya.

Menu berjalan yang tak berhenti saat kursor diarahkan.

4. Iklan parallax dalam banner terlalu sering tampil

Iklan banner parallax yang terdapat di hampir di semua artikel, menurut saya agak kurang nyaman dilihat karena artikelnya saja cukup pendek, sementara scroll banner paralaxnya cukup panjang. Terlebih karena diatas baner parallax ini juga sudah terdapat opsi artikel rekomendasi “baca juga” yang berisi tiga artikel. Mungkin ada baiknya jika ditaruh di sidebar agar tak terlalu banyak jeda saat sedang membaca.

Banner parallax di bawah opsi baca juga yang terlalu panjang.

5. Menu Videografik dan FYI-nya melebihi ukuran layar 

Saya suka dengan videografik dan FYI di Indozone.id ini. Namun pas dibuka, saya tak bisa melihat dengan tampilan penuh. Saya musti mengecilkan ukuran browser (zoom in) agar tampilan terlihat seluruhnya. Dalam kasus ini, saya menggunakan laptop 13 inch dan browser chrome. [geser untuk gambar lain]

Tampilan infografik dan videografik yang terpotong, sehingga harus scroll atas bawah untuk bisa melihat seluruh kontennya.

Skor kecepatan web Indozone.id di cek dengan developer google versi mobile dan dekstop

6. Page speed belum maksimal

Setelah saya cek kecepatan websitenya baik itu versi desktop ataupun mobile melalui developer google, ternyata baru mencapai skor 33% untuk versi mobile, dan 71% untuk versi desktop. Perhitungannya,  0-49 = lambat, 50-89 = sedang, 90-100 = cepat.

Artinya, semakin tinggi skornya, semakin baik di mata mesin pencari. Sebaliknya, jika skornya rendah, reputasinya pencari pun kurang. 

Namun begitu, menurut saya website Indozone.id lumayan cepat saat dibuka. Gak terlalu lama loadingnya dan tanpa lag yang berarti walaupun internet gak cepet-cepet amat.  

7. Kurang millenial

Sesuai tagline yang saya baca di bagian footer yaitu The Most Engaging Media For Millenials and Gen-Z, Indozone.id ditujukan untuk generasi tersebut. Namun setelah saya baca berulang kali, menurut saya, karakter artikel di Indozone.id kurang bergaya millenial karena terkesan kaku dan datar layaknya portal berita pada umumnya. Padahal millenial dan Gen-Z adalah generasi yang kepo, kreatif, fun, dan suka sesuatu instan. Dikit-dikit share, upload, posting, agar terlihat paling update. 

Kalau untuk judulnya sudah agak-agak millenial, cuma isinya kurang. Kontennya juga agak kurang gaul. Artikel millenial biasanya banyak menggunakan kata familiar anak muda seperti; guys, gengs, kamu, dsb.

Kemudian kurangnya gambar sebagai ciri khas artikel yang disukai Millenial dan Gen-Z, juga belum saya temukan disini. Selain itu format listicle (cerita dalam poin-poin) dengan judul tebal dan besar juga masih jarang ditemui. Padahal itu adalah artikel yang disukai millenial karena mereka suka yang cepat dan praktis. 

8. Akan lebih menarik jika disematkan menu untuk penggemar KPOP

Entah apa ya merasukinya, bahwa banyak sekali Millenial dan Gen-Z yang suka sekali dengan budaya Korea, terutama drama Korea, iya enggak ? Mereka itu rela lembur demi bisa nonton Korea.  Nah, dengan di sematkannya pojok Korea dalam sebuah menu, tentu akan semakin digemari kalangan milenial dan Gen-Z.  

—————————-

Akhirnya, itulah review website Indozone.id sebagai website Millenial dan Gen-Z yang anti hoax beserta kekurangan dan kelebihannya. 

Untuk berita hoax, berita hoax memang sangat meresahkan. Dan paling berbahaya adalah berita hoax kesehatan karena dapat menghilangkan nyawa seseorang. Namun apapun bentuknya, baik yang tersebar melalui media sosial atau website, juga tak kalah merugikan karena dapat memecah belah umat. 

Maka dari itu, buat kita terutama yang masih awam atau baru mengenal internet, saring dulu sebelum sharing agar berita yang kita sebarkan memang benar-benar bermanfaat dan dapat di pertanggungjawabkan kebenarannya. Dan di website indozone.id, kita dapat menemukan informasi terpercaya dan anti hoax karena bisa dijamin keaslian dan kebenarannya. 

Untuk kekurangan dan kelebihannya, semoga dapat menjadi masukan untuk percepatan perkembangan website Indozone.id. Terima kasih. 

Sumber referensi artikel : 

1. Tekno.tempo.co = Gara-Gara Hoax Tsunami, Warga Tulungagung Tinggalkan Pantai

https://tekno.tempo.co/read/1226773/gara-gara-hoax-tsunami-warga-tulungagung-tinggalkan-pantai/full&view=ok%C2%A0

2. Kominfo = Ada 800.000 Situs Penyebar Hoax di Indonesia
https://kominfo.go.id/content/detail/12008/ada-800000-situs-penyebar-hoax-di-indonesia/0/sorotan_media

3. Kominfo = BNPT Minta Kominfo Blokir 22 Situs Radikal https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/4627/BNPT+Minta+Kominfo+Blokir+22+Situs+Radikal/0/berita_satker

4. tekno kompas = Begini Cara Mengidentifikasi Berita “Hoax” di Internet https://tekno.kompas.com/read/2017/01/09/12430037/begini.cara.mengidentifikasi.berita.hoax.di.internet?page=all

 

Share This