Kampus Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Kalimantan Selatan. Dok. unlam.ac.id 

Mengutip dari artikel di youthmanual.com, bahwasanya lulusan berkualitas karena faktor asal kampus hanya menyumbang 2% nya saja. Sementara sisanya adalah 21 century skills atau kemampuan di abad 21.

21 century skills adalah soft skill yang harus dimiliki anak muda untuk belajar, berkarya, dan bekerja sesuai dengan perkembangan jaman. Jika dijabarkan, soft skill ini meliputi kemampuan membaca dan menulis dengan efektif, kemampuan berhitung, kepemimpinan, literasi digital, kemampuan beradaptasi, kemampuan bekerjasama, kemampuan berkomunikasi, inisiatif, keingintahuan untuk terus belajar, serta kritis dan kreativitas.

Nah, jika dikaitkan dengan kesuksesan, sukses itu tidak ditentukan darimana kita belajar. Tidak menjamin bahwa mereka yang lulus dari Universitas negeri terbaik atau bahkan luar negeri, kemudian bisa sukses dengan mudahnya. Harus ada perjuangan keras untuk menggapai semua cita-cita.

Sukses adalah cerminan dari apa yang kita usahakan sebelumnya. Tidak sekolah pun kalau kitanya tekun dan ulet, tentu sukses dapat diraih, cepat atau lambat.

Salah satu contoh kisah sukses yang cukup inspiratif adalah Ibu Susi Pudjiastuti. Mentri Kelautan dan Perikanan yang saat ini sudah selesai masa jabatannya. Beliau bukanlah intelektual cerdas yang pernah menimba ilmu di perguruan tinggi. Tapi Beliau hanya bisa lulus sampai kelas 2 SMA.

Namun dengan tekad dan kemampuannya bahwa pendidikan formal bukanlah jalan utama meraih sukses, hingga akhirnya Pak Jokowi mendaulatnya sebagai Mentri. Karena sosoknya yang menginspirasi, ia sampai pernah di undang ke Harvard University untuk mengisi materi. Wah, hebat sekali, bukan ?

Ibu Susi membuktikan bahwa pendidikan formal memang tidak menjamin kesuksesan seseorang. Namun tentu saja, pendidikan adalah modal dasar yang harus dimiliki setiap orang untuk menghadapi masa depan. Perencanaan yang matang dan cerdas tentang pendidikan serta dibarengi usaha dan kerja keras, tentunya akan mendapatkan hasil yang maksimal. Bukankah begitu ?

Bagi kalian yang baru atau akan lulus SMA/SMK, mungkin merasa kebingungan saat akan memilih jurusan atau tempat kuliah. Kampus mana yang cocok untuk mengejar mimpi dan cita-cita?

Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin merekomendasikan sebuah kampus tertua dan ternama di Kalimantan Selatan, apalagi kalau bukan ULM atau Universitas Lambung Mangkurat.

Universitas yang sudah berstatus negeri pada 1 November 1960 lalu, merupakan universitas yang cukup favorit karena peminatnya sangat banyak. Tiap tahunnya ada 60 ribu lebih pendaftar dari 34 Provinsi di Indonesia, namun hanya 10% nya saja yang bisa diterima. Kemudian mahasiswa asing pun ada yang belajar disini.

Untuk itu, saya berikan 12 alasan kenapa kamu harus kuliah di Universitas Lambung Mangkurat.

Universitas Lambung Mangkurat dengan akreditasi A. Dok. Screenshoot video company profile channel youtube ULM.

Untuk diketahui, bahwa ULM telah berhasil meraih akreditasi A dengan skor 365 oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada Selasa, 19 Maret 2019 lalu. Saat ditemui wartawan, Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si, M.Sc bersama tiga wakil rektornya pun mengungkapkan rasa syukurnya atas prestasi yang diraihnya.

Menurutnya, untuk mencapai semua itu, berbagai peningkatan baik dari kualitas SDM ataupun infrastruktur telah dilakukan. Misalnya seperti selesainya pembangunan 12 gedung baru di akhir 2018, bertambahnya jumlah guru besar dan dosen kualifikasi S3, juga menjadi faktor penilaian tersebut.

Pasca mendapat akreditasi A ini, ULM pun masih terus berbenah untuk melakukan peningkatan menuju akreditasi internasional dengan mengirimkan sejumlah dosen ke luar negeri untuk belajar bagaimana mendapatkan akreditasi internasional tersebut.

Dalam meningkatkan kualitas dosen khususnya dalam bidang penelitian di lingkungan basah, ULM menggelontorkan dana sekitar 20 miliar sebagai bentuk dedikasinya untuk menghasilkan tenaga pengajar berkualitas.

Dan ternyata bukan hanya akreditasi institusi saja, namun akreditasi prodi pun banyak juga yang A. Cek selangkapnya disini http://bak.ulm.ac.id/akreditasi-prodi/

Reny Riyanti, mahasiswa kedokteran yang berhasil mendapatkan beasiswa 100 juta dari Gubernur Kalsel. Dok. https://kalsel.prokal.co

Buat kalian yang berprestasi namun ingin kuliah dan terbentur biaya, kampus ULM sendiri juga menyediakan beasiswa. Jenis-jenis beasiswa tersebut misalnya seperti besasiswa bidikmisi atau PPA.

Untuk beasiswa bidikmisi diberikan untuk mahasiswa aktif dari mulai semester I sampai semeseter VIII. Sedangkan untuk beasiswa PPA diberikan kepada mahasiswa aktif dari semester III sampai semester VIII.

Sedangkan untuk beasiswa dari luar, ada beasiswa tubel dari kementrian kesehatan. Secara khusus, kemenkes memang bekerjasama dengan ULM untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswanya. Namun karena dari kemenkes, beasiswa ini diperuntukan untuk mahasiswa bidang kesehatan.

Selain itu, ada juga beasiswa dari Cahaya Pintar, Beasiswa dari PT. Indocement Tunggal Prakasa (Persero), Beasiswa dari PT. Brantas Abipraya (Persero), beasiswa dari Orbit, beasiswa dari Dikti, dan kemungkinan masih ada penyandang beasiswa lainnya. 

Nah, pada gambar diatas adalah salah satu contoh beasiswa yang berikan kepada Reny Riyanti, Mahasiswa baru di Fakultas Kedokteran ULM. Ia tak menduga bahwa dirinya bersama 12 teman dari fakultas lainnya, mendapatkan beasiswa dari Gubernur Kalsel senilai 100 juta. Dari beasiswa yang terimanya, ia pun makin semangat untuk menggapai cita-citanya menjadi dokter bedah dan dokter anak pun semakin lebar. 

Dosen dan tenaga ahli yang kompeten di ULM untuk menambah kapasitas ULM Terkemuka dan Berdaya Saing. Dok. Screenshoot video company profile channel youtube ULM.

Kualitas pengajar (dosen) dalam sebuah institusi pendidikan tinggi, tentu berpengaruh kepada kualitas mahasiswanya. Dan untungnya, hal itu sudah dilakukan ULM sebagai universitas terkemuka dan berdaya saing. Hingga akhir 2018, ULM telah memiliki tenaga pengajar lebih dari 300 Doktor dan 43 guru besar.

Oiya, pada 8 Oktober 2019 lalu, seorang dosen muda ULM bernama Amalia Rezeki juga baru saja berhasil mendapatkan penghargaan Internasional di bidang lingkungan ASEAN Youth Eco Champions (AYECA) Award, di Sokhalay Angkor Phokeethra Golf & Spa Resort, Vithei Charles De Gaulle, Khum Svay Dang Kum, Siem Reap, Cambodia.

Beliau berhasil meraih penghargaan tersebut berkat upayanya dalam penyelamatan bekantan di Kalimantan. Dan tentu saja ini akan membawa nama baik almameter sekaligus membuktikan bahwa ULM merupakan Universitas Terkemuka dan Berdaya Saing.

Bukan hanya itu, ULM juga didukung oleh lebih dari 470 tenaga administratif, laboran, pustakawan, dan lebih dari 1000 tenaga edukatif yang berkompeten dalam bidangnya masing-masing

Beragam fakultas di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Kalimantas Selatan. Screenshoot video company profile channel youtube ULM

Selain menentukan tempat kuliah, jurusan kuliah juga penting diperhatikan. Karena jika salah pilih, bisa jadi seorang mahasiswa akan sulit menerima materi perkuliahan ataupun jika harus bertahan, ia harus berdarah-darah. Nah, di ULM ada banyak jurusan atau program studi yang bisa kalian ambil yang tergabung dalam masing-masing fakultas. Berikut detailnya.

  1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  3. Fakultas Hukum
  4. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  5. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

6. Fakultas Perikanan dan Kelautan
7. Fakultas Kehutana
8. Fakultas Pertanian
9. Fakultas Tekhnik
10. Fakultas Kedoktera
11. Fakultas Kedokteran Gigi

Sedangkan jenjang lainnya yaitu :

  • 3 Program Diploma
  • 63 Program Sarjana
  • 11 Program Profesi dan Spesialis
  • 24 Program Magister
  • 1 programs Studi Doctoral

Beragam fasilitas di ULM Banjarmasin untuk meningkatkan yang mendukung kegiatan belajar mengajar civitas akademik. Dok. Screenshoot video company profile channel youtube ULM.

Untuk fasilitas, ULM memiliki banyak fasilitas representatif guna mendukung proses belajar mengajarnya. Diantaranya seperti ruang kelas yang nyaman, ruang bimbingan, sarana olahraga, internet, perpustakaan, laboratorium, student center, asrama mahasiswa, ruang pertemuan, ruang pertunjukan, open space, klinik, rumah sakit, rumah sakit gigi & mulut, dan apotik. Bukan hanya itu, ULM juga telah memiliki auditorium yang sangat megah dan mampu menampung hingga 4000 orang.

Auditorium megah milik ULM yang mampu menampung hingga 4000 orang. Dok. Screenshoot channel video profil youtube ULM. 

Dan pada akhir 2018 lalu, ULM juga baru saja meresmikan pembangunan 12 gedung baru. Pembangunan tersebut juga menjadi poin penilaian untuk mendapatkan akreditasi A yang telah diraihnya.

Nah, terkhusus untuk fasilitas internet, semua komputer di rektorat dan fakultas juga sudah terhubung dengan jaringan network operation center information and communication tekhnology dengan fiber optik, dan ULM juga meningkatkan bandwidth hingga 1800 mbps. Dengan begitu akan mempermudah semua civitas akademik dalam menjalankan program belajar mengajarnya.

Sedangkan untuk lokasi kampusnya sendiri berada di dua tempat yang berbeda, yaitu di Banjarmasin dan Banjarbaru. Untuk kampus Banjarmasin terletak di Jl. Brigjen Hasan Basri dan JL. Veteran, Kayu Tangi, Banjarmasin.

Sedangkan kampus Banjarbaru beralamatkan di Jl. Ahmad Yani KM. 35 – 36 Simpang Empat, Kota Banjarbaru. Jadi akan mempermudah mahasiswanya memilih mana lokasi kampus terdekat dengan tempat tinggalnya.

Tersedianya UKM di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin untuk mengasah minat dan bakat mahasiswa di bidang non akademik. Dok. Screenshoot video company profile channel youtube ULM.

UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa adalah wadah bagi para mahasiswanya untuk mengembangkan bakat dan minatnya masing-masing. Jika di sekolah, UKM mungkin mirip seperti ektrakurikuler.

Di UKM ini, mahasiswa bisa mengasah ketrampilan di bidang non akademik sekaligus melatih kepemimpinan serta organisasi. Jadi setelah lulus kuliah, mahasiswa bukan hanya mendapatkan ilmu perkuliahan, tapi juga memiliki pengalaman lain sesuai passion masing-masing. Nah, di ULM ini, ada beberapa UKM yang bisa mahasiswa pilih. Di antaranya sebagai berikut.

UKM Bela Diri

Untuk mahasiswa yang memiliki bakat dan minat di seni beladiri, mereka bisa bergabung denga UKM bela diri. Dan jenis seni beladiri disini pun beragam.

Untuk mahasiswa yang tertarik dengan seni beladiri Korea, mereka bisa belajar Taekwondo. Atau jika misal ingin belajar seni beladiri asal Jepang, mereka bisa belajar karate Do-Indonesia yang lebih menitikberatkan pada permainan tangan.

Sedangkan bagi mahasisw yang tertarik dengan seni beladiri Indonesia, mereka bisa belajar beladiri di UKM Merpati Putih atau UKM Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT).

Untuk UKM lainnya yaitu ada Kampung Seni Budaya untuk mahasiswa yang gemar seni dan budaya Indonesia. Disini kamu akan belajar memainkan alat music dan lagu-lagu tradisional asal Indonesia.

Kemudian ada juga UKM Unit Kerohanian Mahasiswa Muslim untuk kamu yang ingin mendalami ilmu agama.

Lalu ada UKM Pusat Informasi Konseling Bina Remaja Mandiri untuk kamu yang tertarik dengan perkembangan dunia remaja.

Berikutnya ada UKM Koperasi Mahasiswa atau Kopma untuk kamu yang tertarik dengan dunia kewirausawahan.

Bagi kamu yang suka dengan pramuka layaknya seperti di sekolah, UKM Pramuka juga ada disini. Dan UKM Resimen Mahasiswa atau Menwa adalah UKM untuk kamu yang suka sesuatu yang berbau militer.

System tata pamong yang baik untuk menambah kapasita ULM terkemuka dan berdaya saing. Dok. Screenshoot video company profile channel youtube ULM.

Untuk memenuhi universitas yang terkemuka dan berdaya saing di era revolusi industry 4.0, ULM juga telah memenuhi sistem tata pamong yang baik dengan memenuhi lima pilar, yaitu kredibel, transaparan, akuntable, tanggung jawab, dan adil. Dan semua itu ditujukan untuk menuju perguruan tinggi dengan tata kelola universitas baik atau good university governance.

Kerjasama dengan China University of Mining and Technology dengan ULM. Dok. ulm.ac.id

Saat ini ULM telah banyak bekerjasama dengan berbagai universitas baik dalam dan luar negeri. Untuk dalam negeri, ULM pernah bekerjasama dengan Universitas Jendral Soedirman, Universitas Pertahanan, dan Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan.

Sedangkan untuk kerjasama luar negeri, ULM pernah bekerjasama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia, Sangji Universtity Korea, Khon Kaen University, Thailand, China University of Mining and Technology, dan banyak lagi lainnya.

Dan tentu saja hingga saat ini, ULM juga masih banyak bekerjasama dengan dengan perguruan tinggi ataupu perusahaan baik dalam dan luar negeri. 

Tujuan dari kerjasama ini tentunya menguntungkan kedua belah pihak. Misal dalam hal pertukaran mahasiswa dan dosen. Mahasiswa Korea bisa belajar tentang manajemen hutan di ULM. Dan Dosen ULM belajar tentang sains di Korea.

Penghargaan yang telah diperoleh ULM. Dok. ulm.ac.id

ULM telah meraih banyak penghargaan. Misalnya untuk tahun 2018 lalu, ULM berhasil menempati 55 ranking univeristas di Indonesia menurut Kemenristekdikti. Untuk kategori Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik (Kategori Perguruan Tinggi), ULM berhasil menempati ranking 10 di tahun 2018. Sedangkan untuk Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik (Kategori Perguruan Tinggi), ULM menempati urutan ke-7. Selengkapnya mengenai hal ini bisa di cek di URL https://ulm.ac.id/id/penghargaan-ulm/

Temu kangen IKA ULM di  aula Hotel G’Sign Km 4,5 Banjarmasin. Dok. banjarmasinpost.co.id/burhani yunus

ULM memiliki ikatan alumni yang tergabung adalam IKA ULM atau Ikatan Keluarga Alumni Universitas Lambung Mangkurat. Ada banyak manfaat yang bisa didapat mahasiswa junior untuk mengantarkannya ke karier yang cemerlang setelah lulus nanti. Karena di IKA ini, mahasiswa bisa mendapatkan berbagai informasi dan pengalaman dari para alumninya.

Setelah lulus nanti, mahasiswa bisa dibantu dalam mendapatkan pekerjaan impian sesuai bidangnya masing-masing. Hal itu membuktikan bahwa alumni ULM memberikan perhatian lebih kepada mahasiswanya untuk dapat berkembang sebaik mungkin.

Bukan hanya itu, IKA ULM juga turut aktif dalam membantu dan mendorong aktivitas kemahasiswaan. Hal itu dibuktikan dengan seringnya IKA ULM dalam menjadi sponsor pada kegiatan atau acara ilmiah yang diadakan ULM. Hal ini tentunya dapat mendorong kapasitas ULM untuk menjadi kampus terbaik rakyat Indonesia.

 

Daftar alumni ULM berpengaruh. Dok. https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_alumni_Universitas_Lambung_Mangkurat

Untuk diketahui, ULM telah melahirkan banyak orang-orang berpengaruh dan tokoh terkemuka di Indonesia. Di antaranya seperti pada gambar diatas. 

Suasana pasar terapung di salah satu sungai Banjarmasin menjadi unik tersendiri buat para pengunjung. Termasuk mahasiswa yang belajar di ULM. Dok. https://medium.com/planologi-2015/banjarmasin-a0d8c9464e8a

Nah, kalau kamu kuliah di ULM Banjarmasin, kamu bisa melihat pemandangan dan aktivitas tradisional yang unik banget. Apalagi kalau bukan pasar terapung. Lihat deh foto di atas.

Dan tentunya ini unik sekali ya ? Dan kayaknya cuma ada di Banjarmasin hehehe. Ada banyak sekali Ibu-ibu pedagan yang menjajakan dagangannya dari atas perahu dayung mereka. Disini, kamu bisa belanja berbagai macam makanan tradisional daerah setempat. Seru sekali pokonya. 

Selain itu, tentunya karena ini adalah Ibukota Kalimantan Selatan, fasilitas pun memadai layaknya kota-kota besar. Kuliah di ULM emang antimainstream banget.

Nah, itulah ke-12 alasan kenapa kamu harus kuliah di ULM atau Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dan dari ke-12 alasan diatas, menjadi bukti bahwa ULM adalah Universitas Terkemuka dan Berdaya Saing.

————-

Kesuksesan memang tidak selalu diukur darimana kita menempuh pendidikan. Tapi dari seberapa keras usaha yang kita lakukan. Namun dengan perencanaan pendidikan yang baik dimana dalam hal ini adalah pemilihan tempat belajar, tentu dapat mendukung proses belajar peserta didik agar mimpi dapat segera terwujud.

Pemilihan kampus yang tepat akan mempermudah peserta didiknya dalam melaksanakan proses belajar. Berbagai dukungan seperti fasilitas dan kualitas tenaga pengajar, tentu berpengaruh dengan kualitas peserta didik. Dan di Universitas Lambung Mangkurat, mahasiswa bisa mendapatkannya semua.

Ayo maju bersama ULM – ULM Kampus Pilihanku.

Sumber referensi artikel :

1. https://ulm.ac.id
2. https://www.jurnal.id/id/blog/2018-hebat-ternyata-9-pebisnis-sukses-ini-tidak-lulus-kuliah/
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_alumni_Universitas_Lambung_Mangkurat
3. https://banjarmasin.tribunnews.com/2016/04/21/hebat-universitas-lambung-mangkurat-raih-prestasi-di-konferensi-internasional
4. https://banjarmasin.tribunnews.com/2019/10/18/amalia-rezeki-raih-penghargaan-internasional-rektor-sutarto-hadi-ucapkan-syukur
5. https://www.quipper.com/id/blog/quipper-campus/campus-life/ini-unit-kegiatan-mahasiswa-yang-ada-di-universitas-lambung-mangkurat/
6. https://www.sinizam.com/2019/02/ump-makin-mendunia.html
7. https://rencanamu.id/post/fun/did-you-know/21st-century-skills-kemampuan-yang-penting-dimiliki-anak-muda-agar-sukses
8. https://kalsel.prokal.co/read/news/11422-belasan-mahasiswa-kedokteran-dihadiahi-beasiswa-100-juta.html

 

Share This