Pilih Laman

KALO GAK PERCAYA BOLEH KO DI COBA

Jualan Onlineku Makin Lancar Berkat Promosi di Youtube

Tahun 2015 yang lalu, saya berhasil membuat sebuah karya kecil nan sederhana, yaitu sebuah alat serut bambu yang bisa di pakai untuk membuat mainan berupa layang layang. Alat ini memudahkan para penggunanya yang sedang belajar membuat layang layang, namun kesulitan saat meraut atau membuat kerangkanya. Alat ini tercipta dari sebuah hobi saya bermain layang layang itu sendiri.

Namun disini saya tidak akan membahas tentang alat ini, melainkan cara saya mempromosikannya ke dunia maya secara online. Dan karena saya seorang blogger, saya pun mempromosikannya lewat artikel di blog. Artikel yang saya buat sangatlah detail dan panjaaanggg karena langkah langkah membuat mainan ini lumayan rumit. Bahkan saya sampai membuat artikel bersambung.

Mulai membuat video

Mempelajari sesuatu lewat artikel yang panjang dan detail, akan terasa lebih rumit ketimbang belajar lewat video, apalagi bagi mereka yang masih awam. Sedangkan jika belajar lewat video, seseorang bisa mendapatkan gambaran yang jelas akan suatu cara.

Berangkat dari kesadaran itulah, akhirnya saya pun mempromosikanya lewat sebuah video yang saya buat sendiri menggunakan kamera depan hp 2 mega piksel. Videonya agak buram karena 2 mega piksel itu kurang jelas , terlebih karena saya bikinya di dalam ruangan yang minim cahaya.

Waktu itu kemampuan editing video saya masih sedikit karena baru belajar. Namun tidak mematahkan semangat saya untuk bisa mengonlinekan produk sederhana ini lewat video. 

Setelah proses perekaman selesai, saya pun mentranfernya ke laptop untuk di edit. Waktu itu saya mengeditnya di windows movie maker. Mengeditnya pun masih sangat sederhana, makanya ada adegan adegan yang kurang cocok tidak terpotong dan akhirnya masuk ke dalam video.

Mengupload video ke youtube sebagai strategi marketing

Setelah video selesai dibuat dan fix jadi, saya pun menguploadnya ke youtube dan peminatnya sangat banyak. Kemudian saya bagikan juga di blog dan juga sosmed agar semakin banyak yang tau keberadaan video ini.

Hasilnya, respon pun luar biasa. Di banding promosi lewat artikel, promosi lewat youtube lebih berpengaruh. Banyak sekali yang menanyakan alat ini, baik itu di kolom komentar youtube, facebook, whatsapp, sms, ataupun telfon. Pada gambar sebelah kanan adalah salah satu laman komentar di youtube. 

Saat saya masih berpromosi dengan artikel atau gambar, yang beli masih jarang. Namun begitu saya mengonlinekanya lewat youtube, yang tanya banyak, yang beli juga mengikuti. Bahkan saya sering terpaksa harus menolak pesanan karena barang tidak ready stock.

Hingga saat ini alat ini sudah banyak yang terjual. Mungkin sudah ada 50 an, dan sangat membantu pundi pundi rupiah saya disaat sedang krisis. Pas lagi gak punya pulsa, eh ada yang beli, pas lagi gak punya kuota, eh ada yang beli, kan lumayan.

Mereka membeli alat ini baik itu lewat link toko online yang saya sematkan di deskripsi video youtube, COD, ataupun langsung ke saya karena dalam videonya saya sertakan juga info kontak saya, jadi mereka juga bisa sekalian bertanya tanya jika penasaran. 

Resi pengiriman alat serut bambu. Dokpri

Oiya, bersama ini, saya juga ingin berbagi tentang 4 keuntungan yang bisa didapat dari berpromosi lewat youtube.

1] Mendapatkan informasi secara lebih jelas

Mencari informasi di youtube lebih menarik ketimbang artikel yang umumnya hanya berisi tulisan dan gambar saja. Saya sendiri pun seringkali melakukan saat sedang mencari sesuatu.

Contohnya seperti saat akan membeli kamera beberapa bulan yang lalu. Karena saya belum paham seperti apa penampakan kamera yang akan saya beli, saya pun membuka youtube agar bisa lebih paham seperti apa kamera tersebut secara lebih jelas.

Setelah video di dapat, saya pun menontonya dengan seksama, seperti apa hasil jepretanya, bentuknya, ukuran bodynya, tombol tombolnya, dan lain sebainya.

Dengan video, saya seperti sedang melihat langsung benda tersebut di hadapan saya secara nyata. Dan saya pun bisa mendapatkan informasi yang jelas sejelas jelasnya. Hasilnya, kamera yang saya beli pun sesuai ekspektasi saya. Sama halnya dengan alat serut bambu milik saya. Calon pembeli produk saya banyak yang kurang paham dan kurang jelas tentang bagaimana penggunaan alat ini. Dan setelah video saya upload di youtube, mereka lebih paham dan jelas, imbasnya, penjualan pun semakin meningkat.

2] Mendukung SEO

Tau tidak, jika video video yang Anda upload ke youtube sangat mendukung SEO bisnis Anda di mesin pencari. Itu di karenakan kata kunci dalam deskripsi video youtube juga terdeteksi oleh mesin pencari, sehingga potensi pencarian di urutan teratas google pun lebih mudah di dapatkan. Lihat gambar di samping, untuk kata kunci alat pembuat layangan, menempati urutan 2, sementara untuk blognya ada di nomor 6 (tidak saya tampilkan), aliasnya ada di halaman pertama pencarian, hebat kan promosi lewat youtube ? 

Itulah bukti jika video di youtube sangat mendukung seo. Dan tak jarang, saat saya sedang googling dan muncul hasil pencarian sebuah video youtube, saya pun memilihnya karena informasinya lebih jelas dan lebih mudah di mengerti, terlebih tutorial membuat sesuatu. Dengan promosi lewat video youtube, bisnis Anda akan lebih mudah di kenal banyak orang dan hasil pencarian di google pun semakin naik. Coba saja!

3] Meningkatkan kepercayaan akan suatu bisnis atau usaha

Seringkali orang penasaran dengan sebuah bisnis atau usaha yang di pasarkan secara online. Dan mereka ingin tahu seperti apa kantornya atau tempat usahanya dalam wujud nyata. Bagi yang kurang percaya, kadang ada yang beranggapan “Ini toko online beneran gak sih, ada kantornya gak sih ?” jadi mereka kurang yakin jika belum lihat langsung tokonya dalam wujud aslinya.

Nah, dengan di buatnya video di youtube, orang atau pelanggan akan tau wujud asli dari sebuah usaha. Seperti apa kantornya, para pekerjanya, bentuk bangunanya, proses produksinya, cara pakingnya, cara pengirimanya, dan lain sebagainya. Dengan begitu, orang pun akan lebih percaya akan suatu bisnis atau usaha yang dijalankan. Imbasnya, potensi berkembangnya sebuah bisnis atau usaha itu sendiri pun lebih besar.

4] Terlihat lebih professional

Untuk point ini, saya akan membahasnya dalam sudut pandang saya sebagai blogger. Pada umumnya, blogger hanya memiliki portofolio dalam bentuk halaman artikel ataupun banner desain grafis. Untuk saya sendiri, saya juga baru hanya membuatnya dalam bentuk desain grafis. Dan bahkan masih banyak blogger yang belum memiliki portofolio.

Beberapa waktu yang lalu, saya menonton video portofolio seorang teman blogger yang di upload di youtube. Dan saya pun terkagum kagum dengannya karena portofolionya sangat bagus. Saya kagum karena kebanyakan blogger hanya memiliki portofolio halaman atau banner, tapi blogger ini pake video juga.

Untuk di ketahui, blogger itu harus pandai pandai menampilkan kualitas diri agar banyak brand tertarik kemudian mengajaknya bekerjasama. Dengan adanya portofolio lewat video, seorang blogger bisa selangkah lebih maju. Terlebih lagi, jika video company profile tersebut bagus dan buatan sendiri, akan banyak brand yang mau mengajaknya bekerjasama karena memiliki kemampuan selain menulis, yaitu editing video. 

Tau hal itu, saya pun berencana untuk membuat video seperti itu. Untuk video teman blogger saya yaitu dalam bentuk motion grafis. FYI : Umumnya motion graphics ini di buat melalui software after effects karena software ini memang lebih di khususkan untuk membuat video animasi ini.

Berbicara soal pentingnya promosi dalam bentuk video youtube, DUMET School adalah tempat Kursus Video Editing yang akan mengajarkan Anda bagaimana membuat sebuah video promosi yang bisa Anda upload ke youtube untuk kemajuan bisnis atau usaha Anda. Di DUMET School, Anda akan belajar bagaimana membuat bumper opening video, video promosi untuk iklan di youtube, facebook dan juga Instagram. 

Kebetulan saya sendiri juga sedikit bisa menggunakan software ini, dan ternyata lumayan mudah asalkan kita mau belajar. Biasanya saya gunakan untuk membuat keterangan dalam video, saya menyebutnya denga istilah low third. Kalo kalian pernah lihat berita TV, di bagian bawahnya kan ada tuh keterangan animasinya, dengan software ini kalian bisa dengan mudah membuatnya.  

Anda akan tau seperti apa pembuatan iklan atau berita di TV yang menggunakan animasi animasi dengan software ini. Dengan software ini, kalian para blogger juga bisa dengan mudah membuat portofolio motion grafis agar blog kalian di lirik banyak brand. 

DUMET School adalah lembaga kursus IT ternama yang saat ini sudah meluluskan lebih dari 8000 murid lebih. Mereka yang kursus ini berasal dari berbagai macam latarbelakang, seperti pelajar, mahasiswa, dosen, karyawan, baik dari dalam maupun luar negeri. 

Berikut di bawah adalah contoh motion grafis yang bisa di pelajari di dumet scholl

Alasan mereka memilih dumetschool adalah

}

Jadwal Fleksibel

Yang asik di DUMET School yaitu karena bebas pilih jam kursus

Semi Private

karena 1 murid bisa mulai langsung belajar

N

Sampai Bisa

Periode kursus juga tidak di batasi oleh waktu

Gratis Konsulitasi

Setelah lulus pun, alumni tetap di support seumur hidup

Setelah mendaftar, mereka juga akan mendapatkan fasilitas seperti ini

i

Materi motion grafis dengan software After Effect

Akses belajar di DUMET School sepuasnya sampai bisa dan memiliki hasil karya

Akses ke iLab (sistem pembelajaran yang bisa anda akses dimanapun dan kapanpun)

Bisa mengulang kelas sepuasnya

Mendapatkan support seumur hidup dan gratis konsultasi selamanya

Mendapatkan Sertifikat Motion Grafis dengan nomor izin Diknas

Untuk biaya kursusnya ada pada tabel di bawah ini : 

PRE  > 3,5 juta

Untuk paket ini, materi yang akan Anda dapatkan yaitu : 

Motion Graphic After Effect

Nantinya, kalian akan di ajarkan bagaimana membuat bumper video, media promosi berbasis video yang bisa di tampilkan di sosmed atau youtube, membuat CV Intraktif, dan menggabungkan video serta foto menjadi satu.

*Syaratnya : Harus sudah menguasai Adobe Ilustrator, karena proses belajar akan lebih mudah jika sudah menguasai software tersebut. Antara Ilustrator dan After Effect memang sudah seperti pasanganya dan sangat keterkaitan karena masih keluarga adobe. Secara file AI ini bisa terbaca di After Effect. 

Estimasi atau perkiraan selesai kursus yaitu 2 minggu hingga 1 bulan sesuai dengan jatah waktu kursus yang tidak terbatas (seumur hidup) dan sampai bisa. Untuk cara pembayaran bisa lakukan dengan kartu debet, credit, transfer bank atau cicilan juga bisa.

PRO > 5,9 juta

Untuk yang Pro ini, ada 2 materi, yaitu :

Motion Graphic After Effect

Rincian materinya seperti di samping kiri saya jelaskan. Dan Anda juga akan mendapatkan materi desain grafis dengan software :

Adobe Ilustrator

Adobe Ilustrator ini nantinya bisa di pakai untuk membuat objek grafis yang akan di animasikan di After Effect. Dengan Ilustrator, Anda akan belajar bagaimana membuat logo, brosur, packaging, dan karya grafis lainnya.

Paket ini cocok sekali buat yang mau belajar animasi grafis namun masih bingung dan belum paham sama sekali bagaimana membuatnya.

Estimasi atau perkiraan waktu kursus yaitu 1 hingga 2 bulan dengan jatah waktu kursus yang tidak terbatas (seumur hidup) dan sampai bisa. Pembayaran pun bisa di lakukan dengan kartu debit, credit, transfer bank, dan cicilan.

Kesimpulanya, promosi lewat video youtube juga tak kalah berpengaruh dan sangat berperan banyak dalam perkembangan sebuah bisnis atau usaha. Seperti yang sudah saya lakukan. Bersama DUMET School, kita bisa belajar membuat video dengan mudah untuk mendukung bisnis kita agar semakin berkembang. Dan terakhir, berikut lokasi kursus Dumet School yang ada di 5 tempat. Terimakasih semoga bermanfaat.

Kelapa Gading

Rukan Artha Gading Niaga Blok i – 23, Jalan Boulevard Artha Gading
Kelapa Gading, Jakarta Utara 14240
(Belakang Mall Artha Gading)
Telp: (021) 4585-0387

Grogol

Ruko Jalan Taman Daan Mogot Raya No. 23
Kel. Tanjung Duren Utara Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat 11470
(Belakang Mall Citraland dan Kampus UNTAR II)
Telp: (021) 2941-1188

Tebet

Rukan Crown Palace Blok A no 12, Jl Prof Dr Soepomo no 231 (Samping Universitas Sahid). Kec. Tebet, Kel. Menteng Dalam(± 1 Menit dari Tugu Pancoran) Jakarta Selatan 12870Telp: (021) 2298-3886

Srengseng

Ruko Permata Regensi Blok B – 18, Jalan Haji Kelik
Srengseng, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11630
(Depan Hutan Kota Srengseng)
Telp: (021) 5890-8355

Depok

Ruko Jalan Kartini Raya No. 53
Pancoran Mas, Depok 16436
(± 5 Menit dari Kantor Walikota Depok)
Telp: (021) 7720-7657

KONTAK : 

SMS / WhatsApp / Email
Kelapa Gading: 0851-0055-5666
Grogol: 0819-7555-666
Tebet: 0812-1999-9155
Srengseng: 0812-9933-3913
Depok: 0812-9393-3210
Email : infodumetschool.com