Merawat mobil membutuhkan ketelatenan. Tanpa adanya ketelatenan, sulit bagi kita untuk mempertahankan agar mobil tetap terlihat bagus dalam jangka waktu lama. Bagian-bagian yang paling sering kita lupakan dan jarang diberikan perhatian adalah bagian bawah mobil.

Ada beberapa alasan komponen (part) di bagian bawah mobil lebih mudah rusak dibandingkan dengan bagian body yang lainnya. Salah satunya adalah karena, tempat tersebut lebih sulit dijangkau sehingga kita merasa malas untuk membersihkannya dan melakukan perawatan.

Salah satu bagian dari mobil yang sangat penting dan berada di bagian bawah adalah knalpot mobil. Knalpot (exhaust) yang sejatinya adalah sistem pembuangan hasil pembakaran sebenarnya terdiri atas beberapa komponen penting yaitu:

1]  Exhaust manifold atau yang lebih kita kenal dengan istilah header
2] Pipa
3] Resonator
4] Tabung knalpot
5] Catalytic converter

Agar sisa pembakaran pada kendaraan bisa dibuang secara sempurna, maka komponen-komponen di atas harus dijaga dan dirawat. Apabila tidak, tentu akan terjadi masalah pada mobil karena pembuangannya tidak sempurna.

Jika saat ini ada bagian dari exhaust atau knalpot dari mobilmu yang bermasalah dan jika tidak bisa diperbaiki, kamu bisa mencari penggantinya dengan mendatangi toko online seperti Bukalapak yang banyak menyediakan spare part mobil seperti knalpot, shockbreaker, audio mobil, spion, bohlam atau head lamp dan stop lamp, setir, jok dan trim, speedometer, velg dan ban, air filter, ECU hingga radiator. Hampir semua komponen knalpot yang telah disebutkan di atas bisa kamu beli dan temukan di olshop Bukalapak yang link-nya telah saya berikan diatas.

Selain knalpot, tentu saja masih ada banyak komponen lainnya yang bisa kamu temukan di sini dan bisa dibeli dengan harga yang cukup terjangkau. Tidak jarang juga, toko online seperti Bukalapak menawarkan diskon dan cashback serta berbagai penawaran menarik lainnya yang tentu tidak asing lagi bagi mereka yang sering berbelanja online. Pasalnya, toko online seperti ini secara rutin menggelar promo dan memberikan diskon menarik untuk menarik pembeli.

Tidak hanya ketika ada momen promo seperti saat Natal dan Tahun Baru, saat harbolnas, hingga momen promo Black Friday. Kita tetap bisa belanja dengan harga murah di toko online untuk membeli aneka rupa aksesoris mobil maupun spare part (suku cadang) di hari-hari biasa. Karena, online shop seperti Bukalapak juga selalu menyediakan voucher belanja yang dapat kita temukan di halaman (Special) Promo.

Jadi, kalau kamu berbelanja menggunakan aplikasi Bukalapak misalnya, kamu bisa langsung masuk ke halaman promo dengan menekan tombol Special Promo yang ada di halaman utama. Di halaman Promo, kamu akan menemukan banyak sekali pilihan voucher belanja yang dapat kamu gunakan untuk berhemat. Tidak terkecuali saat beli knalpot mobil atau macam-macam spare part dan aksesoris.

Kembali kita ngomongin soal knalpot, menjaganya agar tetap bagus dan tahan lama memang tidak mudah. Karena selain bagian ini jarang kita lihat dan awasi, juga Karena posisinya yang tersembunyi sekaligus komponen di bagian dalamnya yang susah dilihat.

Salah satu bagian dari sistem pembuangan mobil (exhaust) yang paling sering mengalami masalah adalah, bagian tabungnya yang kerap kali berkarat sehingga menjadi keropos dan mudah rusak atau bocor. Efeknya, tarikan mobil jadi kurang greget dan suara mobil ketika di gas pun jadi kurang enak didengar.

Selain kebocoran pada bagian dalam pipa, kerusakan lain pada knalpot mobil yang sering terjadi adalah kebocoran atau patah akibat sering terbentur permukaan jalan yang tidak rata atau menonjol. Untuk masalah yang satu ini, mau tak mau kita harus menggantinya dengan yang baru.

Seperti yang telah saya katakan di atas, jika ingin membeli knalpot mobil atau berbagai macam spare part lainnya yang murah dan banyak diskon, saya merekomendasikan kamu untuk berbelanja di toko online seperti Bukalapak.

Agar dapat harga murah sama kamu wajib berbelanja dengan menggunakan aplikasi. Pasalnya, berbagai penawaran menarik seperti voucher cashback, diskon, ataupun promo lainnya biasanya hanya bisa kita dapatkan jika menggunakan aplikasi dan bukan belanja melalui web browser di PC.

 

Share This