Pilih Laman

8 Alasan Kenapa Harus Kuliah di Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Banyak orang beranggapan bahwa jika seseorang sekolah atau kuliah di lembaga pendidikan negeri maka sukses akan lebih mudah didapat, dan peluang mendapatkan pekerjaan pun lebih mudah. Sementara jika di swasta sebaliknya. Orang beranggapan bahwa sekolah negeri itu lebih unggul. Padahal itu tidak sepenuhnya benar.

Banyak ko orang orang diluaran sana yang sekolah atau kuliah di swasta tapi berhasil menjadi orang sukses. Karena sekarang banyak juga kampus swasta yang memiliki kualitas bagus, sehingga banyak menjadi pilihan para mahasiswanya sebagai tempat menimba ilmu.

Kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Dok. UMP

Kuliah di negeri atau luar negeri pun kalau kitanya males malesan ya sama saja. Semua kembali ke masing masing tergantung bagaimana usaha kita agar mendapatkan yang terbaik, salah satunya dengan rajin belajar. Karena sukses dan berhasilnya seseorang tidak ditentukan darimana ia menuntut ilmu, tapi dari ketekunan, kegigihan, keuletan, aliasnya dari apa yang ia usahakan.

Nah, bersama ini saya ingin merekomendasikan sebuah lembaga pendidikan tinggi swasta ternama di Purwokerto Jawa Tengah, yaitu UMP atau Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Walaupun merupakan Universitas Swasta, namun kampus ini tak bisa dipandang sebelah mata karena kualitas yang dimilikinya. Oke langsung saja, berikut 8 alasan kenapa kamu harus kuliah di Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

1] Kampus ternama dan terakreditasi B oleh BAN PT

Universitas Muhammadiyah Purwokerto merupakan perguruan tinggi unggulan dan terbesar di Jawa Tengah bagian barat. UMP menempati peringkat 2 Perguruan Tinggi Muhammadiyah se Jawa Tengah dan peringkat 6 se Indonesia. Pada tahun 2018, UMP memiliki sebanyak 12.000 mahasiswa.

Universitas Muhammadiyah purwokerto B. Dok. UMP

UMP memiliki 2 kampus dengan lokasi stragetis dan dekat dengan fasilitas umum, seperti stasiun kereta, terminal bus, wisata sejarah dan budaya, dan lain sebagainya. Lokasi tepatnya untuk kampus satu berada di Jl. Raya Dukuhwaluh Purwokerto. Dan kampus kedua berada di Jl. Letjen. Soepardjo Roestam Km. 7 Purwokerto.

UMP secara aktif telah mengembangkan kerjasama dengan 45 Perguruan Tinggi di dunia dalam bidang riset dan peningkatan kualitas SDM. Selain itu UMP juga memperkuat kerjasama dalam negeri dengan 82 mitra strategis, seperti dari Instansi Pemerintahan Daerah, Rumah Sakit, dan industri industri terkemuka di seluruh Indonesia.

Para Dosen di UMP merupakan tenaga tenaga pengajar dengan kualifikasi S2 dan S3. Selain itu, UMP juga di dukung oleh pegawai proffesonal, perpustakaan terakreditasi A, pusat tekhnologi informasi, pusat bahasa dengan standar Internasional, dan laboratorium pusat unggulan penelitan modern.

UMP adalah kampus Unggul, Modern, dan Islami. Unggul karena kampus ini kompetitif dan komparatif dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dan manajemen. Modern karena mengikuti perkembangan jaman dan tekhnologi. Dan tentunya islami karena penyelenggaraanya yang berlandaskan Al-Qur’an dan Al-Sunnah.

Dan yang tak kalah penting adah karena UMP sudah terakreditasi B (Baik) oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Akreditasi menunjukan seberapa baik kualitas sebuah Perguruan Tinggi. Akreditasi juga berpengaruh saat seorang lulusan mendaftar kerja. Dan beruntunglah karena UMP memiliki akreditasi B, yaitu baik.

2] Memiliki 11 Fakultas dan 38 Program Studi

Mengacu pada sumbernya di video di sebelah kanan ini, UMP telah memiliki 11 Fakultas dan 38 program studi. Dengan banyaknya fakultas dan program studi tersebut, kalian bisa memilih mana yang paling cocok. Mau ambil prodi manajemen ada, tekhnik sipil ada, pertanian ada, hukum ada, psikologi ada, keperawatan ada, PGSD ada, pendidikan ada, sastra ada, dan banyak lagi yang lainya. Oiya, program pascasarjana dan program profesi pun ada. Supaya lebih jelas, berikut dibawah adalah program studinya. 

Berbagai macam prodi di UM. Dok. UMP

3] Memiliki banyak beasiswa

Agar semua kalangan bisa berkesempatan belajar di UMP, maka UMP juga memberikan banyak beasiswa buat calon mahasiswanya. Beasiswa disini ada banyak, seperti beasiswa PA DIKTI KOPERTIS VI, beasiswa BIDIKMISI DIKTI, beasiswa PPA & BEM UMP, beasiswa Hafidz Al Quran, beasiswa Berpestasi, beasiswa Kader Muhammadiyah, serta beasiswa Fakir Miskin dan Yatim. Namun disini saya hanya akan membahas 3 saja.

Pertama beasiswa untuk penghapal Al-Qur’an, adalah beasiswa bagi calon mahasiswa yang telah menghapal Al-Qur’an 30 juz. ”Seluruh biaya kuliah, sudah digratiskan. Bahkan tiap bulan juga mendapat bantuan biaya hidup dari UMP,” tutur Muhammad Afif Muizzuddin (21 tahun), mahasiswa Tekhnik Informatika asal Purbalingga ini. *3

Jadi Muhammad Afif Muizzuddin ini adalah alumni salah satu SMA pondok pesantren sewaktu ia jadi santri di Kota Salatiga. Semenjak SMP ia sudah mulai menghapal Al-Qur’an. Dan hingga tamat SMA di ponpesnya, ia sudah hapal. Ia pun merasa senang karena orang tuanya tidak terbebani dengan biaya kuliahnya karena sudah ditanggung semua oleh UMP.

Kedua yaitu beasiswa untuk mahasiswa kurang mampu, yaitu beasiswa bagi mereka yang berasal dari keluarga yatim dan fakir miskin, namun tersebut memiliki potensi yang baik. Dengan begitu mereka yang memiliki keterbatasan biaya bisa tetap menikmati pendidikan tinggi. Ketiga yaitu beasiswa prestasi. Yaitu beasiswa untuk mahasiswa yang memiliki prestasi bagus di sekolah.

4] Di dukung fasilitas fasilitas menarik, seperti :

Masjid. Namanya orang islam, kemana mana yang dicari pasti masjid untuk melaksanakan kewajiban sholat 5 waktu. Di UMP juga terdapat masjid kebanggaan mahasiswa untuk melaksakan kewajibanya masing masing. Arsitektur masjid ini terlihat cantik dan megah dengan kubah kubahnya. Saat malam hari, suasana akan semakin indah dengan pancaran air mancur yang menyala. Dengan dinding bernuansa timur tengah menjadikan ibadah di Masjid K.H. Ahmad Dahlan ini semakin nyaman dan khusuk. 

 

Masjid UMP Purwokerto. Dok. http://bts-ump.blogspot.com

Gazebo UMP. Dok. UMP

Gazebo. Nah, ini nih yang membuat UMP ini beda. Karena disini terdapat fasilitas gazebo yang bisa digunakan oleh para mahasiswa. Mereka bisa berdiskusi disini atau mengerjakan tugas dengan nyaman karena lokasinya sejuk dalam sebuah taman taman hijau. Dan yang terpenting disini ada colokanya buat ngecas laptop atau hp biar gak mati gaya. Gazebo berukuran sekitar 6 meter ini berlokasi dekat gedung Fakultas Farmasi dan taman air mancur. Gak heran jika tempat ini sering penuh bahkan sampai malam hari.

 

WiFi Kencang. Mengerjakan tugas, mencari beasiswa, atau mencari referensi kini semakin mudah karena di kampus UMP ini memiliki fasilitas WiFi yang lumayan cepat. WiFi ini terintegrasi dengan system informasi yang ada di kampus, jadi jika kalian terdaftar sebagai mahasiswa aktif disini, kalian bisa memanfaakan WiFi gratis ini dengan menggunakan ID mahasiswa kalian.

WiFi Kampus UMP. Dok. UMP

Taman kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Dok. UMP

Taman kampus. UMP MemilikI taman kampus yang indah dan nyaman. Penat dengan aktivitas belajar bisa di rehatkan sebentar di taman kampus ini. Di taman ini banyak terdapat bunga berwarna warni yang di tata sedemikian rupa, sehingga terlihat indah dan cocok sekali untuk menenangkan pikiran dan juga berswa foto. Taman yang merupakan satu satunya taman di kampus ini terletak persis didepan gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis  dekat kantin.

Referensi : joecandra *2

5] Memiliki Perpustakaan Keren Terakreditasi A

Pada tahun 2016 perpustakaan UMP berhasil mendapatkan akreditasi A dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional karena quantitas literature dan kualitas pustakawanya. Setiap harinya ada sekitar 300 pengunjung yang datang ke perpustakaan ini.

Koleksi bukunya juga lengkap dan didapatkan secara mandiri dengan membelinya di penerbit dan hibah dari mitra UMP. Terlebih perpustakaan ini juga pernah mendapatkan hibah dari Asia Foundation yang jumlahnya cukup banyak dalam bentuk literature berbahasa Inggris. Sehingga referensi informasinya pun jadi makin bertambah.

Perpustakaan UMP. Dok. UMP

Selain pustawakan dan tenaga administrasi yang kompeten, agar akreditasi dapat naik juga perlukan kerjasama dengan mitra. Kabar baiknya karena perpustakaan UMP telah bekerjasa dengan Forum Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiah (FPTMA), sehingga perpustakaan ini memiliki target untuk berkompetensi dengan forum tersebut.

Dengan perpustakaan berkualitas dan koleksi bukunya yang lengkap, belajar pun menjadi lebih meyenangkan. Mengerjakan tugas atau belajar kelompok pun jadi lebih seru.

6] Di lengkapi unit kegiatan mahasiswa

Unit Kegiatan Mahasiswa atau UKM ini kalau di SMA seperti ekstrakurikuler, yaitu seperti olahraga, pramuka, taekwondo, dan lain sebagainya. Sehingga para mahasiswa bisa mengembangkan bakat yang di milikinya.

UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa UMP. Dok. UMP

7] UMP Makin Mendunia

UMP Makin Mendunia, hal ini di buktikan dengan sejumlah mahasiswa asing yang belajar di UMP. Seperti dari Thailand, Korea Selatan, Sudan, Hungaria, Turki, dan Slovernia. Mereka kuliah disini melalui berbagai program kerjasama, baik itu program kerjasama pemerintah atau program kerjasama Universitas.

”Kabanyakan mahasiswa asing itu menempuh kuliah di Prodi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Teknik Informatika. Ada juga yang mengikuti kuliah di Prodi Psikologi, Keperawatan, dan PBSI (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia),” Tutur staf Kantor Urusan Internasional (KUI) UMP, Hanifah Al Shofianthi, Sabtu (27/10). *1

Mahasiswa asing sedang mengajar di salah satu sekolah di Purwokerto. Dok. UMP

Mereka belajar di UMP karena mendapatkan beasiswa penuh dari Kemitraan Negara Berkembang (KBN) dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Sebelum kuliah disini, mereka mendapatkan pendidikan Bahasa Indonesia selama 1 bulan. Di lanjutkan 3 bulan setelah di UMP. UMP juga dibekali sarana dan prasarana berbasis tekhnologi modern. Hal ini tentunya mendukung UMP untuk menjadi Wordl Class University.

8] Mahasiswa dibekali softskill akademik dan non akademik

Guna menunjang softskill akademik dan non akademik, mahasiswa disini juga di bekali pelatihan keahlian, yaitu Becoming Excellent Student Training (BEST), Softskill Management and Resolution Training (SMART), dan Spiritual Up and Career Competencies Empowering by Softskills (SUCCESS).

3 Pelatihan akademik dan non akademik bagi mahasiswa UMP. Dok. UMP

Nah, itulah ke 8 alasan kenapa harus memilih UMP Purwokerto sebagai tujuan kuliah. Dari uraian diatas bisa dibuktikan walaupun UMP hanya kampus swasta, tapi merupakan kampus unggulan karena kualitasnya yang cukup baik.

Sukses itu bukan ditentukan dari bagus atau tidaknya tempat kita menimba ilmu, tapi dari usaha dan kerja keras masing masing. Bahkan kata temen saya, mereka yang kuliah di luar negeri pun tidak selalu pinter pinter amat, karena semua tergantung kerja keras dan usaha masing masing. Jika kita rajin belajar dan bekerja niscaya apa yang kita usahakan akan cepat berhasil. Start Here Go Anywhere, UMP Pilihanku.

Sumber referensi artikel

1] https://www.msn.com/id-id/berita/nasional/47-mahasiswa-asing-belajar-di-ump/ar-BBP3Dr8
2] https://joecandra.com/5-fasilitas-keren-di-universitas-muhammadiyah-purwokerto-yang-harus-kamu-tahu/
3] https://www.republika.co.id/berita/nasional/sang-pencerah/18/06/01/p9n7ef399-belasan-hafiz-quran-di-ump-mendapat-beasiswa