Tampilan OPPO F11 yang begitu berkesan. Dokpri

Bagi seorang blogger, memiliki smartphone dengan performa tangguh boleh dibilang suatu keharusan. Hal itu dikarenakan fulltimer blogger banyak sekali bekerja dengan smartphone. Seperti chat WA di Group komunitas, upload foto di instagram, menulis di smartphone, dan tentunya memotret. Bahkan banyak blogger yang saya kenal mempersenjatai dirinya dengan kamera digital agar gambar yang dihasilkan terlihat menarik. Hal itu menandakan kalau ngeblog itu bukan hanya tentang menulis, tapi foto juga sangat penting.

Kebetulan beberapa waktu lalu saya berkesempatan mencoba smartphone dengan performa tangguh merk OPPO type F11, dimana salah satu fitur andalanya yaitu kamera 48 mega piksel.

Saat pertama kali menggunakan kamera OPPO F11 ini saya dibuat takjub karena foto yang di hasilkan begitu memukau. Dan bersama ini saya ingin menulis review smartphone OPPO F11 tersebut berdasarkan pengalaman pribadi setelah memakainya.

1. Desain 

OPPO F11 dengan desain menawan dalam wallpaper yang selalu berganti ganti. Dokpri

Kesan pertama saat membuka OPPO 11 ini adalah premium. Untuk varian yang saya pakai yaitu Marble Green/Hijau Marmer. Pada body belakangnya memiliki desain dengan gradasi dua warna yaitu hijau pada bagian atasnya dan semakin kebawah semakin hitam. Tentunya ini beda dan membawa kesan premium tersendiri bagi yang memakainya.

Desain Body belakang Oppo F11 dengan gradasi yang menarik. Hijau di bagian atas dan memudar hitam semakin ke bawah.  Dokpri

Pada bodi belakang sebelah atas memiliki dua kamera utama, yaitu 48 mp + 5 mp, led flash, dan juga fingerprint dengan stroke emas yang melingkarinya. Desain emas seperti ini tentunya akan membuatnya terkesan sangat premium.

Menurut saya body OPPO F11 yang melengkung dibagian sudut sudutnya juga terbilang menarik. Di sebelah sisi sisinya memiliki aksen garis garis halus yang jika di pegang lebih krep dan keset ditangan, sehingga meminimalisir hp merosot saat di pegang.

Tombol powernya berada di sebelah kanan dan penempatanya sangat pas dengan jari jempol kanan kita. Sehingga saat akan menonaktifkan atau menghidupkan smartphone juga lebih mudah.

Sementara untuk tombol volume di buat terpisah yang diletakan di sebelah kiri layar. Tombolnya juga empuk dan peletakannya juga pas dengan jari telunjuk kanan kita, sehingga lebih mudah saat digunakan.

Tombol jack audio, usb carger, microphone, ada di bagian bawah. Sementara speakernya ada di bagian atas kamera depan. Untuk slot sim card berada di atas kiri tombol volume dengan konfigurasi 2 nano sim card, atau 1 sim card dan 1 micro sd.

Tombol tombol fisik berada dibagian bawah dan tepi smartphone. Dokpri

2. Kamera

Nah, ini nih yang menjadi fitur Andalan OPPO F11 ini, karena kameranya yang sangat cakap untuk berfoto. Baik foto depan ataupun belakang. Baik foto di siang ataupun malam hari. Untuk hasil yang lebih menarik, ada juga fitur AI atau artificial intelegent. Semakin tinggi nilai AI, semakin mulus juga hasilnya.

Kamera depan 16MP

Saat pertama kali menggunakan fitur kamera depan 16 mega pixel ini saya cukup takjub karena hasilnya cukup memuaskan. Kita bisa memotret dengan efek bokeh atau blur di sekelilingnya. Resolusinya juga cukup besar sampai 4000 pixel.

Untuk memotret di bagian kurang cahaya, hasilnya cukup terang. Seperti yang saya lakukan di kamar saya yang kebetulan ruanganya juga kurang cahaya. Wajah menjadi lebih menarik. Bahkan saya sampai senyum senyum sendiri hehehe. Dan berikut foto-fotonya :

Kamera depan dengan fitur AI default. Dokpri

Hasil foto kamera depan smartphone Oppo F11 tanpa efek AI. Dokpri

Kamera belakang 48MP + 5MP

Untuk kamera belakang lebih lagi, karena mampu menjepret objek dengan hasil yang cukup memuaskan. Saat saya gunakan untuk memotret objek di siang hari, mampu menghasilkan efek bokeh. Sementara untuk malam hari juga terang. Terlebih karena ada fitur flashnya. Untuk fitur AI nya, kita bisa membuat objek foto semakin halus, terutama untuk objek kulit. Berikut foto fotonya :

Hasil foto kamera belakang 48 mp Oppo F11. Dokpri

Hasil foto kamera ultra night mode dari OPPO F11. Dok. Andiyani Achmad

Dan berikut adalah cara menggunakan kamera sesuai fungsinya

1] Cara menggunakan kamera 48 MP

2] Cara menggunakan kamera ultra night mode pada Oppo F11

3] Cara menggunakan kamera fitur AI pada Oppo F11

3] Cara menggunakan kamera fitur watermark pada kamera Oppo F11

3. Layar

Layar full view OPPO F11. Dokpri

OPPO F11 ini memiliki layar berukuran 6.5 inch dilengkapi IPS Display dan FHD Plus dengan kepekaan yang cukup sensitive. Layarnya sendiri juga sudah berbalut kaca Corning Gorilla Glass begitu juga pada body belakangnya, sehingga aman dari goresan. Karena terbuat dari kaca, baik layar depan atau body belakang cukup terang saat dipakai untuk bercermin. Oiya, dalam paket pembeliannya juga terdapat bonus silicon case untuk melindungi smartphone dari goresan atau benturan.

Kelengkapan Oppo F11 saat membeli. Dokpri

Seperti yang sering saya katakan, yang menarik dari smartphone ini adalah karena tampilan layarnya sudah fullview karena tombol navigasinya menyatu dengan layar. Namun tombol navigasi tersebut juga bisa disembunyikan, sehingga privasi pun lebih terjaga. Untuk melakukan screenshoot, caranya pun mudah karena bisa melalui tab di sebalah kanan yang terlihat menonjol, atau dengan mengusap 3 jari kebawah.

Gesture 3 jari untuk screenshoot di Oppo F11. Dokpri

Kemudian ada juga waterdrop atau notch fisik pada bagian atas layarnya. Ini juga semakin menambah kesan premium OPPO F11 ini. Notchnya sendiri juga sebagai tempat kamera depan OPPO F11 ini.

Untuk keyboardnya juga cukup peka. Saat saya gunakan untuk mengetik dengan ditutup mika plastik, tetep respon dan sensitive. Huruf hurufnya tetap kena dan muncul layaknya tanpa mika. Oiya, menyentuh menggunakan sarung tangan pun tetap peka. Hal sudah saya lakukan dengan mengusap layar dengan kain kaos, dan tetap peka.

Layar sensitif dan peka dari Oppo F11 walau tertutup sarung tangan atau mika. Dokpri

4. Memori

OPPO F11 ini memiliki RAM 4GB dan juga memori internal 128 GB. Dengan RAM 4 GB ini, smartphone ini cukup mulus dalam menjalankan aplikasi ataupun game. Saya belum pernah mendapati lag saat pemakaian, baik saat browsing, membuka aplikasi, ataupun bermain game.

Informasi system Oppo F11. Dokpri

Penyimpanan 128 GB juga cukup lega. Jadi bisa lebih leluasa dalam menyimpan foto ataupun video. Saat smartphone aktif pertama kalinya, saya cek memori tersisa 103 GB. Sementara untuk memori eksternalnya bisa memuat sampai 256 GB.

5. Prosesor 

Untuk prosesor, OPPO F11 ini sudah menggunakan chipset Mediatek HelioPro 70, dan Android Pie 9.0. Keunggulan dari chipset ini di klaim lebih bertenaga dan 40% lebih hemat tenaga saat bermain game. Selain itu kecepatan download juga 30% lebih cepat.

Sedangkan Android Pie 9.0 tentunya membawa banyak perubahan, seperti navigasi berbasis gesture, fitur keamanan, dan yang tak kalah menarik adalah fitur editing hasil screenshoot seperti diatas. Untuk bermain game juga cukup lancar tanpa lagi. Grafiknya juga sangat jelas.

Grafis yang lumayan bagus saat bermain game di OPPO F11. Dokpri

6] Baterai

Baterai OPPO F11 ini memiliki kapasitas 4020 mAh. Pemakaian normal dua hari yang saya lakukan seperti chating, nonton youtube, sosial media, pun belum juga habis. Untuk pengecasannya, saya mencoba mencharge dari daya 24% dalam keadaan mati sampai 100%, membutuhkan waktu 57 menit. Kalau menurut klaimnya sih 80 menit full sampai 100%. Pemakaianya juga awet. Saya mencoba pemakaian baterai penuh 100% dan kuat sampai 3 hari.

Oppo F11 mampu mengisi baterai lebih cepat dalam waktu singkat. Dokpri

Chargernya sendiri berukuran cukup besar berwarna putih untuk smartphone yang saya pakai, dan merupakan charger versi 3.0 dengan tekhnologi VOOC flash charger, sehingga lebih cepat dalam pengisian, dan memang lebih cepat penuh setelah saya mencobanya. Kabelnya pun besar dan kuat. Mantap sekali pokonya.

7] Fitur keamanan

Nah, ini nih yang paling saya suka, karena OPPO F11 sudah menggunakan tekhnologi fingerprint atau sidik jari. Dengan fingerprint ini, kita bisa login ke hp kita menggunakan sidik jari kita, sehingga tidak akan ada orang yang bisa membuka hp kita selain kita sendiri.

Fitur senter pada Oppo F11. Dokpri

Namun terdapat juga alternatifnya jikalau karena suatu hal, kita tidak bisa login dengan sidik jari kita, yaitu menggunakan password angka. Dan kepekaan membaca fingerprint ini juga sangat cepat, begitu pel langsung kebuka. Selain itu bisa juga dengan pengenalan wajah. Namun saya belum mencobanya karena menurut saya sidik jari saja sudah sangat aman.

8] Audio

Nah, untuk audio tanpa earphone juga tak kalah menarik. Karena speakernya lumayan ngebas dan suaranya besar. Untuk earphonenya sendiri juga tak kalah menarik, karena suaranya yang ngebas seperti speaker besar.

Earphone dengan desain unik mengerucut sehingga meminimalisir rasa sakit dan earphone lebih bersih. Dokpri

Bentuk speaker ini juga unik karena mengerucut pada bagian ujungnya, serta lubang speaker juga hanya terbuka di bagian ujungnya. Dengan begitu, meminimalisir rasa sakit karena buka copot earphone. Karena bentuknya yang mengerucut, juga dapat meminimalisir rasa sakit di telinga.

9. Konektivitas

Untuk konektivitas atau jaringan, OPPO F11 sudah dibekali 4G LTE dan sudah support 2 nano SIM card. Hybrid, 2 nano sim card atau 1 nano sim card atau 1 micro SD. Bluetooth nya sudah menggunakan versi 4.0. Pantes saja pas buat ngirim file kemarin jadi lebih cepet.

Slot micro sd dan sim card OPPO F11. 2 nano sim card atau 1 nano sim card atau 1 micro SD. Dokpri

10. Harga

Untuk harga menurut saya cukup sesuai dengan semua fitur unggulanya seperti kameranya, layarnya, penyimpanannya, dan lain sebagainya, yang hanya Rp 3.999.000,- . Untuk pre order mulai tanggal 1 April 2019 dan baru akan resmi dijual pada 19 April 2019.

Untuk fitur lainya yaitu ada senter yang bisa dibukan lewat bar. Usap layar ke bawah di bar atas layar dan klik senter. Senter ini tentu saja berguna saat mati lampu atau mencari sesuatu di ruangan gelap. Oiya, untuk penyandingan Bluetooth dengan laptop juga otomatis tanpa harus menyandingkanya secara manual. Jadi kirim kirim gambar juga lebih cepat. 

Untuk spesifikasinya OPPO F11 itu sendiri bisa di lihat pada table di bawah ini :

Spesifikasi Oppo F11

Nah, itulah review smartphone OPPO F11 berdasarkan pengalaman pribadi. Dan saya puas sekali dengan smartphone ini setelah memakainya. Masih penasaran sama OPPO F11 ini, coba cek yuk di link ini https://www.oppo.com/en/smartphone-f11/

Share This