Biaya LASIK mata yang dianggap tinggi sering kali menjadi halangan ketika seseorang hendak memutuskan menjalani operasi LASIK. LASIK alias laser-assisted in situ keratomileusis memang bukan sembarang operasi.

LASIK adalah solusi mutakhir untuk mengatasi gangguan pada mata seperti miopia (rabun jauh), hipermetropia (rabun dekat), dan astigmatisma (silinder). Miopia merupakan gangguan mata berupa buramnya penglihatan ketika melihat dalam jarak jauh.

Adapun hipermetropia kebalikan dari miopia, yakni gangguan penglihatan pada jarak dekat. Sedangkan astigmatisma adalah gangguan mata berupa terjadinya bayangan karena masalah pada bentuk kornea.

Gangguan-gangguan yang disebut kelainan refraksi itu punya solusi yang lazim ditempuh orang kebanyakan: memakai kacamata. Solusi ini lebih terjangkau ketimbang LASIK, tapi hasil yang didapatkan berbeda.

Meski begitu, biaya LASIK mata di Indonesia masih terbilang murah dibandingkan di luar negeri. Di sini, biaya operasi LASIK hanya belasan juta rupiah. Sedangkan di mancanegara bisa tembus puluhan juta hanya untuk satu mata.

Namun biaya LASIK mata tidak hanya soal angka nominal rupiah yang dikeluarkan. Pertanyaannya, sepadankah ongkos itu dengan hasil operasi LASIK mata yang dilakukan?

LASIK adalah solusi permanen untuk mengatasi ketiga kelainan refraksi mata yang disebut di atas. Hasil yang diharapkan tentu mata bisa kembali melihat dengan normal tanpa bantuan alat.

Faktor Biaya LASIK Mata

LASIK telah dikembangkan sejak 1980-an dan diakui efektif antara lain oleh otoritas obat-obatan dan makanan Amerika Serikat (FDA) serta instansi kesehatan nasional Inggris (NICE). Namun efektivitas itu bukan tanpa risiko. Mata adalah organ yang sangat penting sehingga butuh penanganan yang serius.

Itu sebabnya klinik yang menangani LASIK mesti diketahui seluk-beluknya. Tak ada yang mau beli kucing dalam karung alias mengeluarkan duit untuk sesuatu yang tak jelas.

Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi biaya LASIK mata dalam sebuah klinik.

1. Teknologi LASIK

Teknologi terbaru digunakan dalam operasi LASIK mata untuk memastikan pengobatan tepat sasaran. Teknologi untuk operasi LASIK mata berkualitas antara lain menggunakan advanced femtosecond laser.

Bila teknologi yang dipakai betul ampuh, wajar jika biaya operasi lasik terbilang tinggi. Misalnya dengan alat yang sepenuhnya memakai laser tanpa pisau dan berlangsung hanya dalam hitungan detik.

Penggunaan teknologi ini menjadi jaminan bahwa mata akan aman karena laser lebih presisi dan cepat daripada pisau. Yang juga penting adalah tak ada rasa sakit. Operasi memakai pisau lebih murah, tapi risikonya lebih tinggi.

2. Pelayanan LASIK

Pelayanan penyedia jasa LASIK mesti profesional. Klinik LASIK profesional akan memastikan pasien nyaman sejak datang hingga pulang.

Pelayanan ini menyangkut fasilitas di klinik dan kinerja tim medis. Fasilitas tersebut antara lain ruangan yang nyaman hingga koneksi Wi-Fi gratis. Biaya LASIK mata di sini menjadi penebus profesionalitas tim medis serta fasilitas yang diberikan kepada pasien.

3. Kompetensi klinik LASIK

Profesionalitas tim medis klinik LASIK tak lengkap tanpa kompetensi. Salah satu penanda kompetensi tim LASIK antara lain ditunjukkan dengan benderangnya penjelasan yang disampaikan dan fasihnya tim LASIK dalam menjawab pertanyaan pasien.

Selain itu, para dokter mata yang bertugas di klinik semestinya telah berpengalaman dan memiliki sertifikat. Di KMN EyeCare (dulu disebut Klinik Mata Nusantara) contohnya, syarat seorang dokter untuk dapat melakukan LASIK terhadap pasien salah satunya adalah bahwa dokter spesialis mata tersebut harus sudah melakukan minimum 1.000 tindakan bedah terlebih dahulu.

4. Reputasi klinik LASIK

Klinik yang memiliki reputasi baik dan tersohor umumnya menawarkan jasa operasi LASIK mata yang lebih tinggi. Reputasi ini bisa dilihat dari rekam jejaknya dalam melayani pasien.

Salah satunya lewat testimoni orang-orang yang pernah menjadi pasien. Makin banyak pasien yang puas, makin tinggi reputasi klinik LASIK tersebut.

Testimoni bisa dilihat dari situs klinik itu. Biasanya klinik yang memiliki reputasi baik akan memasang testimoni pelanggannya di situs serta media sosial sebagai magnet penarik.

Ada beberapa klinik LASIK di Indonesia. Salah satunya KMN EyeCare yang menawarkan biaya LASIK mata yang sepadan dengan hasilnya.

Sebelum menjalani operasi LASIK, calon pasien dapat berkonsultasi dulu dengan dokter mata di klinik langsung. KMN EyeCare juga aktif di sosial media dan menerima tanya jawab seputar LASIK, termasuk soal biaya LASIK mata.

LASIK masih menjadi pilihan terfavorit untuk menangani masalah penglihatan. Sederet selebritas bahkan menyatakan kepuasannya sesudah menjalani operasi LASIK di KMN EyeCare, seperti Kevin Julio, Yuki Kato, Artika Sari Devi, dan banyak artis lainnya.

KMN EyeCare telah memiliki beberapa klinik di Jakarta, antara lain di Kemayoran, Kebon Jeruk, Pantai Indah Kapuk, dan Jakarta Selatan. Klinik KMN EyeCare lain terdapat di Semarang, Jawa Tengah.

Biaya LASIK mata di KMN EyeCare hanya Rp 14 juta per mata. Saat ada promo LASIK, biaya itu menjadi jauh lebih terjangkau. (Catatan, KMN EyeCare sedang mengadakan promo LASIK Rp 27juta untuk dua mata yang sudah termasuk biaya pemeriksaan.)

KMN EyeCare pun telah memiliki dokter dan peralatan LASIK bersertifikat, di antaranya sertifikat dari FDA Amerika Serikat (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat).

Bagi yang masih melihat biaya LASIK mata sebagai halangan, bisa berkonsultasi dulu dengan klinik terkait untuk mengetahui fitur apa saja yang ditawarkan. Termasuk di KMN EyeCare, yang memberikan solusi atas masalah penglihatan berbagai kalangan.

Share This