Pilih Laman

DI DAERAH PELOSOK

DENGAN BLOG &

DOMAINESIA

MERDEKA DI ERA DIGITAL

“Biarpun tinggal di pelosok desa, tapi saya bisa merdeka di era digital. Boleh di bilang hanya saya lah satu satunya indepent worker di dusun saya yang bekerja secara digital dengan memanfaatkan koneksi internet”

Masih teringat jelas di benak saya saat Ibu saya tergeletak di kebun perbukitan yang lokasinya jauh dari rumah. Entah apa sebabnya, tiba tiba Beliau tersungkur tak berdaya dan tak ada tenaga. Tubuhnya sangat lemas. Kebetulan saat itu saya lagi dirumah dan sedang tidak membantu Ibu saya di kebun.

Beruntunglah karena ada tetangga yang melihat kemudian memberitahu saya. Dan saya pun bergegas lari menyusul dan menggendong Ibu saya sampai rumah, kemudian saya kasih obat dan akhirnya sembuh. 

 

Bukan hanya itu, pernah waktu itu Ibu saya merintih rintih kesakitan gak karu karuan karena obat yang di beli di apotik ternyata tidak cocok. Jadi Ibu saya merasakan sakit yang luar biasa sakit pada bagian lambungnya. Obat pun saya buang karena membahayakan.

Kemudian saya membawanya ke UGD rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan. Ternyata setelah di cek, lambungnya luka. Yang Beliau rasakan yaitu perutnya sangat panas seperti terbakar. Sampai sampai ibu saya sering meminta kain basah agar perutnya terasa dingin. 

Saking sakitnya, Ibu saya hanya bisa tidur beberapa menit selama 24 jam. Bayangkan coba, pikiran sudah sangat lelah tapi tak bisa mengistirahatkan otak. Rasanya pasti sangat kacau.

Saya yang ada di sampingnya merasa sangat sedih karena tak kuasa melihat orang tercinta menderita sakit. Apalagi Ibu saya merupakan orang tua tunggal. Saking khawatirnya, adik dan kakak saya pulang dari Jakarta karena khawatir terjadi sesuatu denganya.

Peristiwa ini terjadi di awal 2016. Dan bukan hanya sekali, sebelumnya Ibu saya juga masuk rumah sakit, jadi total sudah 2 kali. Dan, apa jadinya jika saya tidak stand by dirumah ? saya tidak mau hal buruk terjadi karena saya tidak ada.

Beruntunglah karena pas saat itu saya baru saja memutuskan diri sebagai blogger lepas yang bisa bekerja dari rumah tanpa harus meninggalkan Sang Ibu tercinta.

Sebelumnya saya hampir saja bekerja di Jakarta. Tapi karena tak kunjung di terima, akhirnya saya pulang dan memutuskan menjadi fulltimer blogger dan bisa bekerja dari rumah, sehingga bisa selalu dekat dengan Ibu saya.

Kemanapun Ibu saya pergi, saya selalu mengantarnya. Dokpri

Karena ngeblog inilah, saya bisa bekerja kapan saja. Entah itu pagi, siang, sore, malam, ataupun dini hari. Dan pastinya karena waktu saya fleksibel, saya jadi bisa selalu menemani rutinitas harian yang Ia lakukan. 

Beliau tidak bisa kemana mana jika tidak di antarkan. Kalau untuk sekedar jalan kaki sih masih bisa. Tapi kalau kecapekan jadi gampang sakit. Ah pokonya hidup di era digital itu sangat menyenangkan. Bisa tetap menghasilkan tanpa meninggalkan orang orang tercinta. 

MERDEKA...

MERDEKA.....

DI ERA DIGITAL

BERSAMA

MERDEKA......

Bisa kerja dari rumahKagak ada yang nyuruh nyuruhTanpa meninggalkan orang tercintaAsik banget pokonya, seruuuuuu banget hihihihi

Untuk di ketahui, saya ini tinggalnya di pelosok desa. Belakang rumah saya merupakan gunung gunung dan perbukitan. Tapi biarpun begitu, saya tetap bisa merdeka di era digital karena koneksi internet di tempat saya cukup mendukung kegiatan ngeblog saya. 

Rumahku di lihat dari atas yang berupa perbukitan. Dokpri

Oiya, ada 2 hal lain yang begitu saya rasakan manfaatnya karena hidup di era digital. 

1] Menambah teman baru

Untuk point ini, saya punya pengalaman dramatis dengan seorang teman blogger, namanya Eko Nurhuda, blogger asal Pemalang Jawa Tengah.

Saya dan Eko kenal karena kita ketemu saat kopdar pada malam penganugerahan hari jadi Kabupaten Banjarnegara ke 186 di 2016 lalu.

Kita berdua terpilih menjadi 3 besar dalam lomba blog pariwisata kota tersebut dan di undang untuk hadir dalam acara tersebut. Dan kita ketemu lagi di acara kopdar blogger di Pekalongan Jawa Tengah di tahun 2017.

Jadi waktu itu saya akan pulang karena kopdar sudah selesai di sore hari. Sementara saya yang mengendarai sepeda motor, tidak tahu jalan pulang karena baru pertama kali.

Lho, memangnya sebelumnya lewat mana ?

 

Sebelumnya saya lewat jalur yang berbeda yaitu tengah hutan, dan saya gak berani melewatinya lagi malam hari, bisa bisa ada hewan buas atau orang jahat mencelakai saya.

Jalan pantura yang besar dan penuh truk truk tronton, membuat saya jadi agak takut pulang, apalagi karena gak tau arah jalan pulang ke rumah saya di Kebumen. Jarak Pekalongan – Kebumen itu jauh banget selebar Pulau Jawa dari utara ke selatan.

Sebenarnya saya bisa cari rutenya lewat google maps, tapi baterai hp saya mulai habis, powerbank juga tidak bawa. Dan uang saya tinggal sedikit. Menakutkan sekali pokonya waktu itu. 

Kemudian di jalan saya bertemu dengan Mas Eko dan temanya, Mas Hengki. Mereka menuntun dan mengarahkan saya ke rute jalan pulang.

Tapi di tengah jalan kita pisah karena dia nyalib lalu ngilang di antara truk truk tronton yang besar. Dan saya pun pasrah saja. Padahal hari sudah petang.

Di jalan pantura yang penuh truk truk tronton seperti ini, saya pernah dalam situasi tak tau jalan pulang. Dok. news.detik.com

Yang bikin saya makin khawatir adalah karena badan sudah capek luar biasa, karena malam sebelumnya saya cuma tidur 1 jam karena di kejar deadline. Rasanya badan ini remuk sekali seperti di gebukin. Apalagi katanya di jalan menuju purbalingga ada rute jalan yang sepi di tengah hutan. Takutnya ada orang jahat berniat mencelakai saya.

“Ya Tuhan, aku harus bagaimana ?” pikir saya dalam hati.

Namun beruntunglah karena akhirnya mereka menjumpai saya di jalan saat saya sedang berhenti karena kebingungan, dan Mas Eko menawari saya untuk menginap di rumahnya.

Alhamdulillah ketakutanku pun hilang karena saya tertolong dan bisa istirahat untuk perjalanan keesokan harinya. Dan itu semua berkat berkah dari dunia blog, dunia digital. Dari yang tadinya saya tidak kenal, jadi kenal dan bisa menolong saya.

Salah satu keseruan hidup di era digital dalam hal blogging adalah karena kita punya banyak sekali teman jauh yang saling mendukung satu sama lain. Iya bener lho, saya ada banyak teman di seluruh Indonesia yang saling mendukung jika sedang menghadapi masalah.

Bukan hanya soal blogging, tapi dalam kehidupan sehari hari juga. Karena kita satu komunitas dan satu hobi, jika ada anggota lain yang membutuhkan bantuan atau sedang tertimpa musibah, maka anggota yang lain pun ikut membantu semampunya.

Dan hal itu sudah umum di lakukan oleh banyak blogger. Pernah waktu itu ada blogger yang sedang dalam perjalanan namun kemalaman di tengah jalan dan gak bisa pulang, di tolong oleh seorang blogger lain yang tinggal di kota tersebut dengan menginap di rumahnya, sehingga bisa pulang keesokan harinya.

Oiya, beberapa waktu lalu saya juga kopi darat dengan blogger asal Situbondo, Mas Jovie Candra. Kebetulan Mas Joe ini sedang menghadiri acara hajatan temanya di Kota saya, dan kita pun ketemu dan banyak bercerita. Saling berbagi ilmu serta pengalaman baru. Ah seru sekali pokonya hidup di era digital.

Kopdar bareng Joe Candra.  Dok. Joe Candra

2] Bisa menikmati pengalaman ngeblog sesungguhnya dengan  CMS wordpress dan theme page builder untuk membuat blog landing page

Semakin berkembangnya tekhnologi digital, dunia blog pun semakin berevolusi dan bertransformasi. Dari yang dulu hanya bisa ngeblog secara sederhana, sekarang semakin canggih saja dengan hadirnya blog page builder.

Page builder adalah pembangun halaman blog dengan menggunakan sekumpulan tools yang bisa di gunakan untuk membuat halaman blog sesuai keinginan kita. Dengan page builder ini, kita bisa membuat halaman sekreatif dan secantik mungkin.

Kita juga bisa membuat artikel blog seperti landing page. Salah satu contoh landing page yaitu seperti halaman hosting murah domainesia.

Dengan blog landing page, artikel akan terasa lebih spesial dan professional. Sehingga pengunjung yang datang pun lebih terpengaruh. Terlebih jika di tambahkan efek efek seperti animasi, kesanya jadi lebih serius dan lebih hidup.

Sebelumnya saya hanya ngeblog dengan platform blogger.com yang masih sederhana dan fiturnya terbatas. Sehingga konten yang di tampilkan pun juga sederhana, masih sebatas teks, gambar dan juga video.

Untuk menambahkan fitur fitur seperti kolom, slider, penghitung waktu, di platform blogger harus menggunakan coding. Namun keuntungan dari platform blogger yaitu mudah sekali digunakan, sebentar saja di pakai, seorang blogger bisa dengan mudah menggunakanya.

Masuk tahun 2017, saya mencoba tekhnologi terbaru ngeblog dengan platform wordpress.org karena memiliki banyak fitur canggih di dalamnya. Dengan platform ini, kita bisa membuat konten yang lebih keren dan lebih futuristic.

Di CMS wordpress ini, kita bisa menambahkan plugin sesuai keinginan kita, misalnya seperti plugin seo, plugin anti spam, plugin untuk mengecek link rusak, plugin testimony, plugin layer slider, plugin social media, banyak lagi yang lainya, hanya dengan drag and drop tanpa perlu paham coding. Mudah banget pokonya.

Theme page builder merupakan pengembangan dari theme wordpress biasa. Di theme page builder ini, kita bisa membuat sebuah artikel halaman penuh satu layar tanpa sidebar. Tetapi kita juga tetap bisa membuat halaman dengan sidebar di artikel lainya. Keren kan ?

Selain itu, kita juga bisa menambahkan beberapa kolom dalam halaman tersebut. Mulai dari 1 sampai 10 kolom pun bisa. Jika kalian pernah lihat gambar atau tulisan berjajar, itulah plugin kolom. Jika di blogspot, hal ini baru bisa di lakukan menggunakan coding.

Tampilan dashboard blog dengan theme page builder. Dokpri

Yang paling keren dari page builder ini yaitu kita bisa mendownload layout sebuah halaman dari blog lain untuk di pasang ke blog kita, sehingga bisa mendapatkan tampilan sesuai keinginan tanpa capek capek membuatnya.

Selain itu, dengan wordpress.org, rangking blog juga cepat naik. Masa, blog saya ini yang baru 1 tahun sudah memiliki DA lebih tinggi di banding blog blogger saya yang sudah 8 tahun.

DA atau domain authorithy adalah indikator seberapa bagus blog kita di mesin pencari. Semakin tinggi DA, tarif endors pun makin meningkat. Terlebih jika menggunakan landing page, bisa 2 kali lipat. Mau coba ? Karena hal tersebut, penghasilan blog saya pun mulai merangkak naik.

Oiya, perlu di ketahui nih, dengan theme page builder, kalian bisa mengedit atau membuat halaman secara langsung dengan tampilan yang sudah jadinya. Bukan di belakang layar. Dengan begitu, jadi tau hasilnya sebelum dan sesudah di publish. Lihat gambar di bawah ini.

 

Contoh page builder. Kita bisa membuat halaman secara visual. Dokpri

Karena menggunakan page builder, saya pun jadi makin semangat ngeblog. Boleh di bilang inilah pengalaman ngeblog yang sesungguhnya. Untuk kalian yang ingin bisa membuat blog seperti ini, caranya gampang, kalian tinggal ketik template page builder di google, dan munculah hasil pencariannya.

Ada banyak page builder yang bias kalian gunakan, seperti avada, elegantthemes, elementor, site origin, dan banyak lagi yang lainya.

Nah, jika kalian ingin memiliki blog landing page, syaratnya adalah Anda harus memiliki hosting dan domain sendiri. Secara blog landing page dengan theme page builder seperti ini hanya bisa dibuat menggunakan CMS atau Content Management System di wordpress.org.  

Memilik blog page builder itu sangat menyenangkan lho sob. Kita bisa leluasa membuat blog sebagus mungkin, sehingga halaman pun terlihat sangat pro dan berkesan.

Namun perlu di ketahui juga nih sob, bahwa blog page builder itu membutuhkan banyak resources dan infrastruktur yang memadai, terutama sekali untuk hostingnya.

Mengapa ? karena ini penting sekali mengingat blog jenis ini memiliki banyak script di dalamnya, sehingga kinerja blog pun jadi kurang cepat jika salah memilih hosting.

Rekomendasi saya yaitu pilihlah hosting terbaik, yang murah saja, namun dengan SSD sehingga loadingnya bisa secepat kilat. SSD adalah tekhnologi terbaru untuk hosting karena menawarkan kecepatan transfer data yang luar biasa cepat. Kekurangan dari hosting ini yaitu harganya yang mahal. 

Eh tapi tunggu dulu. Di DomaiNesia kita bisa mendapatkan hosting SSD dengan harga yang cukup terjangkau. Mulai dari Rp 8.250 dan periode waktu sewanya mulai dari 1 bulan untuk 300MB. Kan murah banget, kan ?

“Di DomaiNesia kita bisa mendapatkan hosting SSD dengan harga yang cukup terjangkau. Mulai dari Rp 8.250 dan periode waktu sewanya mulai dari 1 bulan untuk 300MB”

Paket hosting murah di domainesia. Dokpri

Lalu, bagaimana sih cara membuat blog dengan page builder di DomaiNesia ?

Gampang, caranya menggunakan fitur instant deploy di DomaiNesia. Instant Deploy DomaiNesia adalah fitur dari DomaiNesia yang akan memudahkan Anda dalam membuat blog landing page Anda. Dengan fitur ini, Anda juga tidak perlu membeli hosting dan domain secara terpisah, sehingga lebih praktis. Dan berikut langkah langkahnya.

1] Pertama tama silahkan masuk ke https://www.domainesia.com/ menggunakan user dan password yang sebelumnya sudah di daftarkan. Jika belum punya silahkan pilih sign up.

2] Setelah masuk akun, pilih menu web apps

3] Langkah berikutnya yaitu memilih menu blog kemudian pilih wordpress dan klik activate. Untuk Anda yang masih baru belajar, DomaiNesia juga menyediakan ebook gartis cara membuat blog atau website lho, silahkan download untuk di pelajari. Klik link download panduannya.

4] Langkah ke empat yaitu memilih hosting. Pilih kapasitas hosting, misal karena masih percobaan bisa pilih paket lite 1 bulan 300 Mb yang cuma Rp 8.500. Atau 2 GB juga bisa jika sudah yakin. Nanti jika misal mau lanjut juga bisa di perpanjang. Murah baget kan ?

Untuk lokasi servernya juga bisa pilih, apakah mau di Indonesia, Singapore, Tokyo Jepang, atau Dallas Amerika Serikat.

5] Setelah itu pilih nama domain. Nama domain yaitu nama blog, misal akugangteng.com hihihi

6] Masukan username dan password untuk blog Anda. Nantinya akun ini dipakai untuk login ke blog Anda.

7] Jika sudah, maka akan muncul sejumlah harga yang harus di bayarkan. Klik tombol masukan troli.

8] Setelah itu Anda akan di bawa ke halaman dashboard yang berisi detail pemesanan beserta total harga yang harus di bayar. Klik tombol selesaikan bayar atau klik tambah pesanan jika ingin memesan fitur lain.

9] Setelah itu akan muncul halaman yang berisi invoice pembayaran. Segera cek email dan lakukan pembayaran agar blog Anda bisa segera online.

10] Setelah itu, ketikan di browser alamat blog Anda. Misal nama blog Anda akuganteng.com, maka ketikan akuganteng.com/wp-admin atau akuganteng.com/wp-login. Masukan user dan password yang sebelumnya di daftarkan.

11] Terakhir, blog wordpress yang Anda buat sudah jadi. Langkah selanjutnya yaitu menginstall theme page builder yang sudah di siapkan. Dan bersiap siaplah untuk membuat halaman landing page pertama Anda, huhuy hihihihi. Lihat gambar page builder saya, seperti itulah blog page builder dengan wordpress. Mudah banget kan ? 

Tapi ngomong ngomong, kenapa pilih domainesia sih, yang lain kan banyak ? Oke, selain murah, berikut 12 alasannya :

[1] Bebas pilih lokasi server
Domainesia memiliki lokasi server yang berbeda yang ada di 4 negara dan tanpa adanya perbedaan harga. Seperti di Inonesia (Jakarta), Jepang (Tokyo), US (Dallas) dan SG (Singapore)

[2] Bisa mengetahui status server
Untuk diketahui, Domainesia ternyata berani menampilkan status sever secara real time dan transparan. Sehingga Anda para pelanggan dapat mengetahui kondisi server saat itu melalui alamat https://www.domainesia.com/status/. Denan begitu jika terjadi suatu masalah, misal server down, maka bisa segera di ketahui.

[3] Enterprise-grade SSD
Untuk di ketahui, bahwa salah satu kelebihan dari DomaiNesia adalah karena menggunakan 100% SSD (Enterprise Solid State Drive ) sebagai media penyimpananya. Tekhnologi inilah yang akan membuat performa website Anda bisa melaju dengan cepat. Oiya, agar performa dan efisiensi semakin meningkat, DomaiNesia juga menggunakan tekhnologi CloudLinuxOS di semua server hostingnya.

[4] Memiliki fitur pertahanan website yang kuat

Untuk di ketahui, Domainesia memiliki fitur Anti-virus, Anti-malware, dan BitNinja Security Protection yang berfungsi agar blog atau Website Anda tidak terserang malware atau virus

[5] Garansi 99,9 % uptime

DomaiNesia merupakan layanan hosting dan domain yang menjamin servernya bebas down. Sehingga website atau blog Anda pun tetap lancar jaya. Ini sangat penting untuk di ketahu sebelum memilih hosting. Jangan sampe pelanggan Anda kecewa gara gara server sebuah hosting sering down. Bisa bisa usaha Anda jadi kurang lancar.

[6] CloudFlare & SSL Gratis

Selain SSD, DomaiNesia juga di lengkapi fitur Cloud flare yang berfungsi agar performa website berjalan cepat dan lancar. Di tambah SSL gratis, maka website atau blog Anda akan semakin terpoteksi

[7] Backup harian

Anda juga tak perlu khawatir kehilangan data, karena semua paket hoting dan domain yang ada di DomaiNesia memiliki fitur backup harian ke Cloud

[8] Node.js, Python, Ruby, PHP

DomaiNesia juga mendukung bahasa pemrograman Node.js, Python, Ruby, PHP agar semakin mendukung perkembangan teknologi pada web

[9] Pengelolaan Mudah

Tidak usah khawatir saat pertama kali menggunakan Domainesia, karena DomaiNesia memiliki halaman dasboard yang mudah di mengerti untuk para pemula. Seperti halaman client area yang user friendly, cPanel untuk memudahkan customer, dan lain sebagainya.

[10] Memiliki fitur instant deploy

Instant deploy seperti diatas saya terangkan, akan memudahkan Anda dalam membuat website atau blog. Entah itu wordpress untuk blog pribadi, prestashop untuk toko online, joomla atau drupal untuk website, secara mudah dan isntant tanpa perlu memesan hosting dan domain seara terpisah

[11] Garansi uang kembali

Jika 10 hari pertama Anda tidak puas dengan layanan domainesia, maka Anda bisa menarik uang Anda kembali

[12] Support 24jan 7 hari nonstop

Nah, ini nih yang paling penting. Jika misal Anda bingung dan ada hal yang ingin di tanyakan, bisa langsung chat dengan custumer servicenya yang suport 24/7 hari nonstop. Untuk bisa terhubung, Anda bisa langsung live chat, kirim tiket, kirim email, ataupun telepon langsung.

 Waow banyak banget ya keunggulanya. Jadi, masih ragu untuk sewa hosting dan domain di Dominesia ? 

Oiya, saya juga ada masukan nih buat DomaiNesia. Yaitu ada baiknya jika pas memilih domain baik dengan instan deploy ataupun  tanpa menggunakan fitur instant deploy, di kasih opsi pemilihan domain, misal .com, .net, .id, dan lain sebagainya, jadi pelanggan tidak bingung dalam memilih ekstensi domain pilihanya. Bisa jadi, tadinya mau pilih .com, eh malah pilih .id. 

Kesimpulanya. Hidup di era digital itu memang memudahkan dari segala sisi, walaupun dari daerah pelosok seperti yang saya lakukan. Asalkan koneksi internet lancar, semua tentang digital bisa dengan mudah di pelajari. Untuk saya sendiri, saya jadi bisa bekerja secara mandiri setelah terkekang karena sulitnya mencari kerja, sehingga bisa stand by dirumah untuk menjaga Ibu saya yang sering sakit sakitan.

Selain itu, saya juga jadi punya banyak teman di seluruh Indonesia yang rela membantu ketika sedang ada masalah. Yang tak kalah menarik adalah yaitu karena saya bisa ngeblog dengan page builder. Ah pokonya seru bange deh hidup di era digital. Namun hal itu juga tergantung bagaimana orang memanfaatkanya. Salam.