Sumber foto : https://www.tabloidwisata.com

Semenjak terjun menjadi blogger, saya seringkali bepergian menuju tempat wisata. Tujuannya selain untuk menyenangkan diri, juga sekaligus berwisata menghilangkan penat di kepala.

Temen-temen blogger dari kategori travel blogger seringkali memamerkan foto tempat-tempat wisata menarik di feed instagramnya. Salah satu foto yang membuat saya terbius dan bikin saya penasaran adalah air terjun Coban Rondo yang berada di Kota Batu, Malang, Jawa Timur.

Saat mendengar kata Coban Rondo, maka saya akan menyoroti kata “rondo” yang artinya janda. Rondo atau randa dalam bahasa jawa artinya janda.

Air terjun ini berada di ketinggian 1.135 meter diatas permukaan laut dan memiliki udara yang sangat sejuk.

Pesona indah yang di tawarkan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung. Terlebih dengan tinggi air terjunya yang mencapai 85 meter, tentunya membuat pesona wisata ini sangat mengesankan. 

Baca juga : Curug Silangit, Surga Tersembunyi di Belakang Rumahku

Air terjun yang resmi di kelola pemerintah pada tahun 1980 ini memiliki sumber mata air yang berasal dari sisi lereng gunung kawi, yaitu mata air cemoro mudo.

Lokasi Air terjun ini berada di Jalan Coban Rondo, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Lokasi tempuh dari Kota Batu Malang yaitu sekitar 12 km dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua selama kurang lebih 30 menit. Sedangkan dari pusat Kota Malang itu sendiri berjarak sekitar 20 km dan dapat di tempuh dalam waktu 1 jam.

Untuk menuju lokasi ini bisa menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi.

Bagi yang menggunakan kendaraan umum, dari Terminal Arjosari Malang bisa naik Bus menuju Landungsari. Setibanya di Landungsari kemudian berganti jalur dengan mengambil bus jurusan Pujon (arah Kota Kediri). Sesampainya di Pujon bisa turun di dekat patung sapi. Dari situ wisatawan bisa naik ojek menuju lokasi.

Untuk yang menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan bisa langsung menuju Pujon. Setelah sampai puncak bukit, akan terlihat papan penunjuk ke arah wisata air terjun tersebut. Atau bagi yang bingung bisa buka google maps.

Perjalanan mungkin melelahkan. Namun semua akan terbayar lunas dengan keindahan wisata Air Terjun Coban Rondo. 

Sumber foto : wikimedia.com

Oiya, untuk di ketahui nih ya. Bahwa wisata Air Terjun Coba Rondo bukan hanya menawarkan pesona air terjun saja. Namun terdapat beberapa wahana wisata menarik di sekitarnya. Seperti :

Fun Tubing

Fun Tubing adalah wisata mengelilingi sungai menggunakan ban pelampung secara beramai-ramai. Setiap peserta akan mengenakan pakaian berupa ban dan baju pelampung. Namun wahana ini hanya beroperasi saat musim kemarau. Karena saat musim hujan akan berbahaya di karenakan debit air yang deras. 

Baca juga : Tempat Wisata di Magelang Versi Lengkap

Paint Ball

Paint Ball adalah permainan tembak-tembakan yang terbagi dalam setiap kelompok menggunakan peluru karet. Setiap peserta mengenakan rompi khusus sebagai kostum dan sekaligus pelindung diri.

Labirin

Dari kesemua wahana yang ada, labirin adalah wahana wisata yang tak kalah favorit bagi pengunjung. Labirin adalah rumput tebal dan tinggi yang di potong membentuk lorong kotak-kotak. Pengunjung bisa menikmati serunya menelusuri labirin ini sambil mencari jalan keluar.

Sumber foto : https://radarmalang.id

Koleksi satwa

Disini para pengunjung bisa melihat satwa yang hidup bebas. Seperti kera, lutung, rusa, dan primata lainnya.

Outbound

Disini juga ada outbound. Pilihan paketnya pun beragam. Yaitu outbond kids/care, outbond pelajar, outbond 3 hari, sahabat peternak, dan petik apel. Untuk petik apel kayaknya seru sekali nih ya. Secara, ke Malang belum lengkap jika belum petik apel.

Berkemah

Ya, disini kamu juga dapat berkemah dan bermalam karena pengelola sudah menyediakan tempatnya tersendiri. Untuk peralatan juga bisa di sewa disini.

Selain itu masih ada wahana lainnya, seperti berkuda, dan paralayang tandem. Dan tidak menutup kemungkinan akan bertambah lagi wahana wisata lainnya.

Untuk tiketnya masuknya terbagi ke dalam beberapa kategori, berikut perinciannya.

Jam buka Curug Coban Rondo – Senin s/d Minggu

Tiket Masuk (update Juli 2019)

Wisatawan Lokal

Senin-Jum’at Rp 15.000,-

Sabtu, Minggu, Libur Nasional, Rp 18.000,-

Wisatawan Asing

Senin – Jum’at Rp 25.000

Sabtu, Minggu, Libur Nasional Rp 30.000,-

Untuk di ketahui, pengelola juga menyediakan paket khusus untuk kalian yang datang beramai-ramai bersama rombongan. Nantinya kalian bisa menikmati beragam wisata dalam sebuah paket. Semisal petik apel, fun tubing, outbound, dan lain sebagainya. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp 25.000,- sampai Rp 1.000.000,- per orang

Sementara fasilitas pendukung lainya yaitu seperti toilet, kamar mandi, mushola, tempat parkir, dan warung makan pun banyak tersedia disini.

Oiya, harap berhati-hati ya karena disini banyak kera berkeliaran. Jangan memperlihatkan makanan karena dapat membuatnya agresif. Mereka bisa saja merebutnya jika menjumpai orang membawa makanan.

Setelah puas berwisata, pengunjung bisa membawa pulang oleh-oleh yang banyak di jual di toko-toko sekitar tempat wisata. Seperti gelang, kalung, baju, dan lain sebagainya.

Berkunjung ke Air Terjun Coban Rondo tentu akan lebih puas jika menginap. Karena disini bukan hanya menawarkan wisata air terjun saja, tapi banyak wahana wisata lainnya yang tidak akan cukup jika di eskplore dalam sehari. 

Baca juga : Pengalaman Berkunjung ke 8 Tempat Wisata di Kebumen – Panduan Akurat untuk Anda yang akan Berwisata ke Kebumen

Untuk soal penginapan tentu saja banyak. Karena ini termasuk wisata keluarga, wisata beramai-ramai tentu lebih menyenangkan. Karena jika hanya berkunjung sehari saja tentu kurang puas. Dan menginap adalah pilihan tepat.

Untuk soal penginapan, sewa villa merupakan pilihan tepat. Karena seperti kita tahu bahwa villa merupakan sebuah rumah dan muat banyak orang. Sehingga seluruh anggota keluarga yang ikut bisa kumpul dalam satu ruangan.

Villa Unique Batu 4BR near Museum Angkut at Kusuma Estate Kav 6. Alamat di Jalan abdul gani Kusuma estate batu Kav 6 Kel Ngaglik Kec Batu, Batu, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65311. Foto : oleh traveloka

Tarif permalam untuk sebuah villa ini pun beragam, mulai dari 100 ribu sampai yang super premium pun ada, tergantung fasilitas yang di sediakan. Kamu bisa kunjungi tautan https://www.traveloka.com/accommodation/villa/indonesia/area/batu-103245 untuk cek villa di Batu Malang.

Nah, dan si sesi terakhir ini saya akan sedikit bercerita tentang Air Terjun Coban Rondo.

Coban Rondo berasal dari kata Coban yang artinya air terjun. Sedangkan Rondo berasal dari kata dasar randa (dalam bahasa Jawa) yang artinya janda. Jadi Coban Rondo ini memiliki arti air terjun janda.

Di kisahkan pada jaman dahulu, ada sepasang kekasih bernama Dewi Anjarwati yang berasal dari Gunung Kawi, dan Raden Baron Kusuma yang berasal dari Gunung Anjasmoro.

Suatu ketika keduanya ingin berkunjung ke rumah mertua Raden Baron Kusuma di Gunung Anjasmoro. Namun oleh oleh orang tua Dewi Anjarwati dilarang karena usia pernikahan mereka belum genap 40 hari.

Namun begitu mereka tetap memaksa untuk berangkat. Mungkin karena khawatir sesuatu akan terjadi padanya, orang tua Dewi Anjarwati pun melarangnya untuk pergi.

Dan benar saja, di tengah jalan mereka di hadang oleh seorang pemuda bernama Joko Lelono yang terpikat dengan kecantikan Dewi Anjarwati dan berusaha merebutnya. Hingga terjadilah pertempuran antar keduanya. Yaitu Joko Lelono dan Raden Baron Kusuma.

Kemudian Raden Baron Kusuma menyuruh istrinya untuk menyelematkan diri di sebuah air terjun bersama dengan pembantunya. Setelah pertempuran tersebut, Dewi Anjarwati tetap setia menunggu suaminya di tempat tersebut.

Namun setelah hari demi hari hingga sekian waktu lamanya suaminya tak kunjung datang menghampiri. Hingga akhirnya Dewi Anjarwati menyandang status janda. Dan itulah yang melatar belakangi kisah dari Air Terjun Coban Rondo ini.

Dan akhirnya, itulah ulasan lengkap mengenai Air Terjun Coban Rondo. Selamat berwisata untuk semuanya. Jangan lupa untuk menginap agar liburan terasa puas.

Sumber referensi artikel 
https://www.tabloidwisata.com/air-terjun-coban-rondo-malang-asal-usul/
https://tempatwisata.co/harga-tiket-masuk-coban-rondo/
Share This