Hai teman, sebelum mulai bercerita, saya ingin tanya satu hal.

Kapan terakhir kalian selfie ?

Apa, bulan lalu ? ah bohong ah, palingan semenit yang lalu hihihi…

Yup, selfie memang sangat di gemari karena hampir semua orang memiliki smartphone. Menurut sepengamatan saya, selfie banyak dilakukan oleh anak muda terutama remaja perempuan. Ada berbagai alasan mengapa orang suka selfie, entah itu narsis, sedang berkunjung ke tempat menarik, sedang berada di moment istimewa semisal bukber atau idul idul fitri, ataupun karena emang hobi berselfie. Karena saking sukanya selfie, bahkan memorinya smartphonenya sampe penuh. Begitu juga instagramnya, banyak di isi foto selfie.

Selfie sudah menjadi trend dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya kaum hawa saja, dari anak-anak sampai orang dewasa pun banyak yang menyukai selfie. Selfie juga semakin banyak di gemari semenjak boomingnya kamera berfitur AI atau kecerdasan karena dapat menghasilkan efek foto yang sangat menarik. Fitur AI dapat membuat wajah lebih halus, mata lebih besar, menghilangkan jerawat, menambahkan background unik, dan banyak efek menarik lainya.

Foto : freepik.com

Bagi seorang perempuan yang hobi berdandan, memiliki smartphone dengan kamera depan yang bagus tentu akan lebih menyenangkan karena dapat menghasilkan foto yang lebih menarik. Namun begitu, kita juga tidak boleh menyalahgunakan efek selfie karena dapat merugikan orang lain.

Kalian mungkin pernah baca berita di instagram tentang seorang perempuan yang di tolak seketika saat ketemuan karena ternyata wajah aslinya tidak seperti pada foto. Atau seperti yang kemarin terjadi di tempat saya, seorang remaja perempuan meninggal tertabrak kereta karena selfie dekat rel.

Selfie boleh-boleh saja, namun harus tetap hati-hati dan jangan berlebihan. Karena semua yang berlebihan itu tidak baik. Malah bisa-bisa akan membahayakan diri sendiri, contohnya seperti kejadian diatas tadi.

Nah, di moment ramadhan ini adalah moment yang sangat istimewa. Buat yang sedang mudik, mereka sudah tak sabar bertemu sanak saudara dan orang orang terkasih yang mungkin sudah lama tak berjumpa.

Untuk merayakan hari kemenangan ini, tentunya tak lengkap jika tak berfoto bersama untuk kenang-kenangan, caranya dengan berfoto bersama ataupun berselfie.

Ramadhan kali ini juga merupakan moment yang sangat istimewa bagi saya, benar benar istimewa. Karena apa ? Karena sekarang saya sudah tak sendiri lagi. Sudah tak ada yang menanyakan “kapan nikah?” karena saya sudah beristri hehehe. Buat kalian yang sedang berjuang, saya do’a kan semoga dapet yang terbaik, amin. 

Jadi pas lebaran nanti, saya akan berkumpul dengan keluarga baruku. Di tambah lagi dari keluarga saya, jumlahnya akan semakin banyak, dan tentunya semakin meriah. Dan istri saya pun sudah berpesan bahwa besok harus berfoto bersama buat kenang-kenangan.

Istri saya juga bilang bahwa tradisi ini sudah di lakukan sejak lama di keluarganya, dengan tujuan agar silaturahmi tetap terjaga.

Saya pun tak menyangka jika ramadhanku seistimewa ini.

Buka puasa bersama dalam satu meja yang sebelumnya tidak pernah saya lakukan. Taraweh bersama, sholat bersama, sahur bersama, dan tentunya karena sekarang saya sudah beristri, saya tak lagi nyuci baju sendiri, bersihin kamar sendiri, karena semuanya sudah ada yang mengerjakan. Dan nanti saya akan berkumpul bersama keluarga besar di H+3 lebaran. Istri bilang bahwa rumah sampai gak muat karena saking banyaknya. Ah ramadhanku kali ini benar-benar istimewa.

Nah, untuk mengabadikan moment istimewa ini, menggunakan 3 smartphone selfie keren dari Honor pasti lebih seru karena memiliki selfie terbaik. Secara, moment kebersamaan sangat identik dengan berfoto, iya enggak ? Akan sangat di sayangkan jika moment penting seperti ini tidak abadikan. Makanya kudu punya kamera selfie keren agar hasilnya lebih memuaskan.

Dan berikut adalah rekomendasi 3 smartphone selfie dari Honor agar ramadhan kali ini lebih menyenangkan.

1. Honor 10 Lite. Smartphone dengan kamera 24 mp dan 16 mp + 2 mp yang di lengkapi fitur AI (Artificial Intellegence)

Honor 10 Lite ini memiliki kamera selfie atau kamera depan berresolusi 24 mp yang sudah di lengkapi fitur AI atau artificial intelegent (kecerdasan buatan). Honor sengaja menaruh konsep ini mengingat fenomena selfie saat ini seperti sudah menjadi kebutuhan.

Saat kumpul bareng teman selfie, saat kebetulan lewat di tempat keren selfie, saat jalan sama orang terkasih selfie, saat mau makan selfie, bahkan saat jalan sendirian pun selfie. Ah, pokonya hidup kayak gak lengkap deh kalau gak selfie hehehe. Dari Honor 10 Lite ini, tentunya hasil selfienya akan lebih menarik. Kita bisa membuat foto bokeh atau blur lewat mode potraitnya.

Pada kamera 24 mp di bagian depannya, Honor 10 Lite dapat mengenali 8 skenario selfie bahkan mampu mengoptimalkan background foto agar selalu menonjol. Seperti skenario salju, bangunan, pantai, dan bunga.

Kamera depan Honor 10 Lite

Hasil selfie juga akan semakin menarik karena Honor 10 Lite ini memiliki efek beauty berdasarkan usia, jenis kelamin, warna kulit. Seperti efek kulit mulus, efek warna kulit, menghapus jerawat, wajah ramping, efek cahaya bayangan, hapus kilat minyak di wajah, mata besar, hapus kantung mata, mata cerah, dan gigi putih.

Efek beauty Honor 10 Lite

Kemudian ada juga efek penerangan seperti efek penerangan kupu-kupu, penerangan lembut, penerangan panggung dan penerangan terbagi untuk hasil selfie seperti di studio foto.

Efek beauty pada honor 10 Lite

Lalu pada kamera ganda 13 mp + 2 mp di bagian belakangnnya, Honor 10 Lite juga memiliki bukaan lensa f/1.8 yang dapat menambah pencahayaan. Di lengkapi juga 22 skenario seperti skenario binatang, tumbuhan, makanan, bunga, manusia, dimana kamera dapat mengenalinya untuk kemudian memprosesnya untuk hasil yang terbaik.

Kamera belakang Honor 10 Lite

Ada juga efek 4 in 1 light vision agar hasil selfie selalu terang baik di siang ataupun malam hari. Intinya sih bisa bikin wajah kita selalu terang di berbagai kondisi cahaya. Buat yang suka lucu-lucuan semisal menambahkan aksesori binatang, bisa juga pakai fitur AR lensnya . Untuk foto malam hari, Honor 10 Lite dibekali fitur nigt mode sehingga hasil foto nya jadi lebih detail dan terang.

Oiya, kalian juga tak perlu khawatir kehabisan ruang foto karena smartphone ini memilki kapasitas RAM 4GB dan ROM 64GB serta prosesor kirin 710 untuk performa yang lebih halus. Di pinjam dari situs gsmarena.com, berikut hasil foto kamera depan dari Honor 10 Lite ini :

Normal selfie dengan pengaturan kamera f/2.0, ISO 50, 1/131s. Dok. gsmarena.com

AI selfie dengan pengaturan kamera f/2.0, ISO 50, 1/122s (terlihat lebih terang). Dok. gsmarena.com

Untuk yang di bawah ini hasil foto kamera belakangnya. 

Foto normal dengan pengaturan f/1.8, ISO 640, 1/17s. Dok. Gsmarena.com

Foto AI dengan bukaan f/1.8, ISO 640, 1/14s (terlihat lebih terang) Dok. Gsmarena.com

Dan berikut spesifikasi Honor 10 Lite. 

SPESIFIKASI HONOR 10 Lite

Desain

Ukuran : 154.8 x 73.6 mm
Tebal : 8 mm
Berat : 162 Gram
Platform : Unibody

Layar

Jenis : IPS LCS kapasitive touchscreen, 16 juta warna
Bentang : 6.21 inch
Resolusi : 1080 x 2340 pixels (FHD+)
Rasio tampilan : 19.5 : 9
Rasio ke body : 91.1%

Kamera

Belakang : Dual 13 mp, f/1.8, 26mm (wide) PDAF + 2 MP Depth Sensor
Depan : 24 mp, f/2.0, 26mm (wide), 0,9µm
Video : 1080 @30 fps
Flash light : LED Flash

Multimedia

Music player : MP3/eAAC+/WAV/Flac player
Video player : MP4/H.264 player
FM Radio : Yes
Browser : HTML5

Baterai

Jenis : Lithium Ion
Kapasitas : 3.400 mAh
Type : Non removeable
Charging : Fast battery charging 5V/2A 10W

Konektivitas

WiFi : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, 2.4G/5G, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth : BT 4.2 + BLE
SIM card : Hybrid dual nano sim card
USB : MicroUSB 2.0, USB On-The-Go

Pemindai sidik jari : yes

 

Prosesor

OS : Android pie + EMUI 9
CPU : Octa-core (4×2.2 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53)
GPU : Mali-G51 MP4
Chipset : Hisilicon Kirin 710 (12 nm)
RAM : 4 GB
ROM : 64 GB
External Memori : MicroSD hingga 400 GB

Warna

Biru langit, hitam malam

Harga

Rp 3.299.000

2. Honor 8X dengan kamera belakang 20 mp + 2 mp dan 16 mp pada kamera depan, plus AI

Honor 8X sudah di lengkapi kamera depan 16 mp dengan aperture f/2.0 dan kamera belakang 20 mp dengan aperture f/1.8  plus 2 mp sebagai depth sensor. Dimana kedua kamera ini juga sudah di bekali fitur AI, sama seperti Honor 10 Lite diatas. Fitur AI dari smartphone ini dapat mengenali 500 skenario dari 22 kategori.

Hasil kamera belakang Honor 8X

Kamera Honor 8X. Dok. gsmarena.com

Dari berbagai fitur yang ada, ada fitur menarik bernama Super Night Shot yang berfungsi untuk untuk mengurangi efek tangan bergetar saat memotret pada foto long exposure, dan juga sudah mendukung stabilization multi-frame. Sehingga hasil fotonya minim blur. Menurut pengujian yang di lakukan oleh situs yangcanggih.com hasilnya memang tidak blur.

Sedangkan pengujian yang di lakukan pada ruangan gelap namun tidak terlalu ekstrem, foto yang di hasilkan masih bisa terlihat tajam, terang, dan warnanya juga masih akurat. Namun saat di ruangan yang lebih gelap, foto terlihat terang tapi detailnya menurun. Dan berikut hasil foto dari Honor 8X. 

 

Hasil Foto Honor 8X

Hasil foto kamera belakang Honor 8X. Sumber foto : yangcanggih.com

Untuk yang di bawah ini adalah hasil foto selfi kamera depannya

 Hasil foto kamera depan Honor 8X tanpa efek bokeh dengan pengaturan kamera selfie biasa  f/2.0, ISO 50, 1/124s. Dok. gsmarena.com

 Hasil foto kamera depan Honor 8X dengan efek bokeh menggunakan pengaturan kamera potrait selfie  f/4.0, ISO 50, 1/131s. Dok. gsmarena.com

Untuk foto bokeh, terdapat fitur mode potret seperti gambar diatas. Dan kalau untuk merubah latar belakangnya, ada fitur AR lens seperti pada Honor 10 Lite. Sementara untuk perekaman video, ada juga fitur slow motion untuk membuat video gerak lambat. Oiya, fitur AI Sport Shotnya juga dapat menangkap moment bergerak dengan lebih baik.

Dan agar aktivitas memotret semakin seru karena Honor 8X di bekali RAM 4GB dan memori internal 128GB yang bisa di upgrade sampai 400GB, yang tentunya sangat luas untuk menampung berbagai macam foto dan video. Desain kaca yang keren, layar IPS 6.5 inch full HD serta di lapisi kaca corning gorilla glass 3.0, pastinya akan menambah kesan mewah tersendiri saat di gunakan.  Dan berikut adalah spesifikasi dari Honor 8X.

SPESIFIKASI HONOR 8X

Desain

Dimensi : 160.4 mm x 76.6 mm x 7.8
Ketebalan : 7.8 mm
Berat : 175 gram
Jenis body : Unibody

Layar

Type  : IPS 6.5 inch full HD, 16 juta warna
Bentang  : 6.5 inches, 103.7 cm2
Resolusi : 1080 x 2340 px
Rasio layar : 19.5 : 9
Perbandingan layar ke Body : 91.1%

Pelindung : corning gorilla glass 3.0

Kamera

Belakang : Dual 20 MP, f/1.8, PDAF + 2 Mpix Depth Sensor, HDR
Depan : Dual 16 MP, f/2.0, HDR
Flash Light : LED Flash
Perekaman Video : 1080 px @30 fps

Multimedia

Music Player : MP3/eAAC+/WAV/Flac player
Video Player : MP4/H.264 player
FM Radio : Support
Browser : HTML5

Baterai

Jenis baterai : Lithium Ion
Size : 3.750 mAh
Tipe : Non-removable

Konektivitas

Jaringan : 2G/3G/4G
WiFI: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth : Bluetooth BT4.2 + BLE
SIM : Dual nano simcard
USB : MicroUSB 2.0, USB OTG

Prosesor

OS : Android 8.1 Oreo + EMUI 8.2
CPU : Octa-core (4×2.2 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53)
GPU : Mali-G51 MP4
Chipset : Hisilicon Kirin 710 (12 nm)
RAM : 4 GB
ROM : 128 GB
Memori tambahan  : Micro SD hingga 400 GB

Warna

Merah, Biru,  Hitam

Harga

Rp. 3.999.000 

3. Honor 8A dengan kamera 13 dan 8 mp. Cukup bagus untuk berselfie biarpun belum memilki fitur AI. 

Untuk smartphone yang satu ini memang belum di bekali fitur AI karena harganya memang jauh lebih murah dibanding Honor 10 Lite dan Honor 8X. Menurut sumbernya di website kumparan.com Honor 8A di banderol dengan harga hanya 1.7 jutaan saja. Jadi wajar saja jika belum memiliki fitur AI.

Smartphone ini menyematkan kamera belakang 13 mp dengan aperture f/1.8, dan 8 mp untuk kamera depannya dengan aperture f/2.0. Namun begitu, resolusi tersebut tentunya cukup lumayan untuk memotret. Karena Honor 8A ini di bekali fitur PDAF atau Phase Detection Auto Fokus yang berfungsi untuk mengambil fokus secara otomatis.

Menurut review yang di lakukan oleh channel youtube tekhnologue, Honor 8A ini fokus kameranya cepet, shutter speednya juga cepet, dan hasilnya juga gak pucet,. Beliau juga menambahkan bahwa biasanya hape murah kadang hasilnya suka pucet, tapi Honor 8A enggak. Itu untuk kamera belakangnya.

Dan untuk kamera depannya,  fitur screen flash pada layarnya yang berfungsi untuk memotret dalam kondisi cahaya minim, hasil fotonya pun jadi lebih terang

Kalau menurut ulasan yang saya baca di daily.oktagon.co.id keunggulan dari kamera depan pada Honor 8A ini adalah karena di bekali fitur semantic image segmentation dan HDR dimana kedua fiur ini mampu meningkatkan kualitas gambar secara dramatis dengan menggabungkan beberapa frame menjadi satu untuk memperterang wajah. Dengan begitu, wajah akan terlihat lebih jelas biarpun minim cahaya ataupun banyak cahaya.

Dan dengan RAM 3GB dan ROM 32GB di sertai prosesor Helio 35 nya, berselfie atau berfoto dengan Honor 8A ini tentunya menjadi lebih nyaman tanpa terlalu khawatir kehabisan ruang.

Oiya, nila tambah juga di sematkan karena Honor 8A ini sudah mengadopsi waterdrop pada layarnya layaknya ponsel kelas menengah seperti Honor 10 Lite dan Honor 8X. Jadi tidak heran jika ada yang menyebaut bahwa Honor Smartpone Murah. Dan berikut hasil kamera dari Honor 8A di ambil dari sumbernya di website kumparan.com 

Hasil kamera depan Honor 8A. Sumber foto : Muhamamd Fikrie/kumparan

Hasil kamera belakang Honor 8A di siang hari. Sumber foto : Muhamamd Fikrie/kumparan

Hasil kamera belakang Honor 8A pada malam hari . Sumber foto : Muhamamd Fikrie/kumparan

Cukup lumayan kan untuk berselfie dan memotret ? Dan berikut spesifikasi dari Honor 8A. 

SPESIFIKASI HONOR 8A

Desain

Ukuran : 156.3 x 73.5 x 8 mm
Berat : 150 gram
Platform : Unibody

Layar

Dewdrop display, 6,09 inci, aspek rasio 19.5:9

Kamera

Belakang : 13MP f/1.8

Depan: 8MP f/2.0 

With PDAF

Multimedia

Video Record :

– 1080p@30fps (Rear)
– 1080p@30fps (Front)

FM Radio : Wirelles FM Radio

Baterai

Baterai : 3.020 mAh Non removeable

Konektivitas

Bluetooth : yes,

USB : USB 2.0

Sim Card : Dual SIM Card + MicroSD

WiFi : Wi-Fi 2.4GHz: 802.11 b/g/n Wi-Fi 5GHz: 802.11 a/n/ac

Bluetooth : BT4.2

Keamanan : face unlock

 

Prosesor

MediaTek Helio P35 octa-core 2,3 GHz

RAM: 3GB

ROM: 32GB

Slot MicroSD : hingga 512GB

OS : Android 9 Pie; EMUI 9

Nirkabel

4G LTE TDD: B38/B40/B41(110M)

4G LTE FDD: B1/B3/B5/B7/B8/B20

3G WCDMA:B1/B2/B5/B8

2G GSM: B2(roaming)/B3/B5/B8

Warna

Hitam dan Biru

Harga

Rp. 1.700.000 

Bagaimana, menarik sekali, bukan ? Menikmati moment ramadhan pasti lebih menyenangkan dengan kamera dari ketiga smartphone Honor diatas. Fitur AI nya akan membuat wajah kalian terlihat lebih menarik. Wajah akan terlihat lebih putih, lebih halus dan lebih menarik.

Dengan fitur efek bokehnya, hasil foto akan terlihat seperti menggunakan kamera digital. Dengan Night Super Shotnya pada Honor 10 Lite nya, mampu mengurangi efek getaran pada tangan, sehingga hasil fotonya nya jadi lebih fokus. Dengan smartphone Honor, berfoto bersama keluarga, buka bersama, sahur bersama, tentunya akan lebih menyenangkan.

Oiya, Honor juga memiliki fans club bernama HONOR Club. Forum ini berisi informasi seputar smartphone honor, membahas tentang tekhnologi, tanya jawab seputar gadget honor dengan penggunan Honor lainya, dan tentunya sering bagi-bagi hadiah. Iya bagi-bagi hadiah, baik itu berupa smartphone honor, akesesorisnya, dan berbagai macam hadiah lainya. Jadi, ayo gabung sekarang juga agar tak ketinggalan info terbaru darinya.

Honor Club tempatnya sharing bagi pecinta honor gadget

Honor Club,  tempatnya sharing bagi pecinta gadget honor. SS dari websitehttps://club.hihonor.com/id/keyword/2/forums.htm 

Terakhir, folow juga media sosial honor pada tombol di bawah ini untuk update info terbaru darinya. Terima kasih dan sampai jumpa.