Kereta Api Argo Parahyangan sedang melintas di jembatan. Foto pertama : https://www.instagram.com/keretaapikita/

Banyak orang memilih kereta api saat akan bepergian. Selain karena lebih cepat sampai, kereta api juga lebih nyaman. Terlebih semenjak larangan berdagang di kereta diturunkan. Menjadikan perjalanan dengan kereta jadi lebih menyenangkan. Hal yang paling saya suka saat naik kereta api yaitu karena bisa menikmati pemandangan alam yang beda dari biasanya. Seperti sawah, hutan, dan pegunungan. Makanya saya pun lebih memilih duduk di kursi paling pinggir daripada di tengah saat naik kereta. Pemandangan paling mengesankan yang pernah saya lewati yaitu saat melintasi terowongan Ijo di daerah Kebumen barat. Jadi, terowongan tersebut dibuat dengan menjebol gunung untuk dibuat rel kereta. Saat melintasinya, semua terlihat gelap seketika. Dan tentu saja menimbulkan kesan unik tersendiri. 

Nah, bicara soal kereta api, saat ini tiket kereta lebih mudah didapatkan. Kamu bisa lihat daftar harga tiket kereta api baik secara online ataupun datang langsung ke stasiun terdekat. Dan berkaitan dengan hal tersebut, saya ingin berbagi info terkait jalur kereta terindah agar perjalanan tidak membosankan. Baik itu hutan, gunung, pemandangan alam, danau, laut, dan banyak lagi yang lainnya. 

1. Jalur Kereta Api Bima dengan landscape Gunung Arjuno

Kereta Api Bima sedang melintas dengan background Gungun Arjuno. Foto : https://www.instagram.com/p/BQoly46hLDw/

Kereta Api Bima adalah Kereta Api eksekutif dengan rute Jakarta – Malang dengan jadwal dua kali perjalanan dalam sehari, dengan jarak tempuh 907 km dengan kecepatan antara 60 sampai 120 km perjam. Dan ditempuh dalam waktu sekitar 15,5 jam.

Saat KA Bima melewati daerah Purwosari Pasuruan, penumpang dapat melihat indahnya pemandangan Gunung Arjuno dengan ketinggial 3.339 dpl dari dalam kereta. Dan di bulan-bulan tertentu, penumpang juga dapat melihat pemandangan hamparan perkebunan buah mangga yang dibudidayakan oleh warga pasuruan.

2. Jalur KA Argo Bromo Anggrek pagi sajikan pemandangan laut

Kereta Argo Anggrek pagi sedang melintas di tepi laut. Foto : flickr.com/ardhinata

Menikmati pemandangan laut dari dalam kereta tentu lebih mengasikan. Dan hal itu bisa dilakukan jika Anda naik kereta Argo Bromo Anggrek pagi dengan rute Jakarta – Surabaya ini. Kereta ini beroperasi dua kali sehari yaitu pagi dan malam. Namun jika kamu ingin menikmati indahnya pemandangan laut, sebaiknya memilih jadwal keberangkatan pagi agar view lautnya lebih jelas terlihat.

Di kereta ini, kamu bisa melihat indahnya pemandangan sawah, kebun, dan juga pemandangan laut sepanjang perjalanan. Spot terbaik adalah di sekitaran Plabuhan, Batang. Karena disebelah relnya dekat dengan karang laut, sehingga bisa menikmati debur ombaknya dari dalam kereta.

3. Jalur Kereta Api Lodaya dengan pemandangan bukit dan perkebunan 

Kereta Api Lodaya sedang melintas dengan background pegunungan dan perkebunan. Foto : https://www.instagram.com/bayuslankers02/

Jalur KA Lodaya adalah salah satu jalur kereta terindah yang berada di perbatasan Bandung dan Garut. Saking menariknya, banyak wisatawan sengaja berkunjung untuk mengabadikan kereta dengan background bukit dan perkebunan yang menyejukan mata.

Jalur yang berkelok-kelok dan berada di ketinggian 818+ diatas permukaan lautnya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Selain itu, KA Lodaya juga akan melewati stasiun Nagrek yang merupakan jalur kereta tertinggi di Indonesia. Sehingga kamu bisa merasakan sensasi menanjak menggunakan kereta. Seru sekali, bukan ?

4. Jalur kereta wisata melewati pemandangan indah di Danau Singkarak

Jalur kereta api yang membentang di tepi Danau Singkarak. https://www.instagram.com/genpisumbar/

Selain jalur kereta wisata di Ambarawa Jawa Tengah, ternyata di Sumatera Barat juga ada lho. Yaitu jalur kereta yang melewati Danau Singkarak. Salah satu danau terbesar selain danau Toba di Sumatera Utara. Danau ini memiliki pemandangan yang cukup menakjubkan. Tidak heran jika event olahraga internasional bernama Tour de Singkarak pun dilangsungkan disini.

Jalur kereta ini melewati Kota Solok – Sawahlunto – Batutaba dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam yang akan mengangkut penumpang setiap akhir pekan. Nah, buat kamu yang berencana akan berkunjung ke Danau Singkarak, jangan lupa untuk mencoba transportasi ini. Sepanjang perjalanan, kalian akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat menarik.

Baca juga : 13 Tempat Wisata di Padang dan Sekitarnya yang Akan Membuat Liburanmu Semakin Berkesan

5. View pemandangan alam dari jembatan jalur Kereta Api Argo Parahyangan

Kereta Api Argo Parahyangan sedang melintas di jembatan. Foto pertama : https://www.instagram.com/keretaapikita/

Jika Anda bepergian menuju Jakarta – Bandung atau sebaliknya menggunakan KA Argo Parahyanagn, Anda bisa melihat indahnya pemandangan alam bumi Parahyangan dari dalam kereta. Melewati jembatan kereta yang lumayan tinggi seperti pada gambar diatas tentu merupakan pengalaman mengesankan. Dari Atas kita bisa melihat Indahnya ladscape alam ciptaan Tuhan yang patut kita syukuri.

Kereta Api Argo Parahyangan sedang melintas di jembatan. Foto kedua : https://www.instagram.com/sonyarifin/

6. Jalur Kereta Api Mutiara Selatan dengan view pegunungan

Kereta Api Mutiara Selatan sedang melintas diatas jembatan dengan background pegungungan. Foto : https://instagram.com/p/BdaOoqcna94/

Kalau kalian pernah menonton Film Harry Potter, mungkin kalian akan melihat betapa menariknya jalur kereta Hogwarts Expressnya. Nah, di Indonesia juga ada lho. Jika kalian naik kereta api mutiara selatan jurusan Surabaya – Bandung via kota Malang, kalian akan disuguhi pemandangan indah sepanjang perjalanan. Pemandangan berupa bukit, pegunungan, dan pedesaan, bisa kalian nikmati selama perjalanan.

7. Jalur Kereta Api wisata Ambarawa melewati indahnya Danau Rawa Pening

Kereta Api Ambara sedang melintas. Foto : Dzulfiqar Adefa

Nah, ini nih yang tadi saya katakana diatas. Jalur kereta ini merupakan jalur kereta wisata yang ada di Ambarawa Jawa Tengah. Aliasnya ini bukan kereta komersial layaknya kereta api Indonesia ya ? Karena panjang relnya hanya beberapa kilometer saja. Dan kereta wisata ini hanya beroperasi di hari-hari libur. Seperti weekend atupun hari libur nasional.

Hal menarik yang bisa kalian nikmati saat naik kereta wisata ini yaitu, karena kalian bisa melihat biji-biji kopi yang di jemur disekitaran rel, ataupun para petani yang sedang beraktivitas di sawah mereka.

Bukan hanya itu, pemandangan gunung merbabu dan gunung telomoyo juga bisa kalian lihat saat naik kereta wisata ini. Dan jika kamu menoleh ke belakang, kamu juga bisa melihat betapa megahnya gunung ungaran. Dan tentunya menikmati senja di sore hari akan semakin seru jika kamu berkunjung kesini.

Oiya, jalur rel kereta ini juga melewati Rawa Pening. Rawa dengan luas 2670 hektar banyak menjadi tempat mencari nafkah penduduk sekitar. Seperti mencari ikan misalnya. Jadi kamu bisa melihat aktivitas mereka dengan perahu-perahunya saat melewati rawa pening ini dengan kereta.

Kereta Api wisata sedang melintas di tengah Danau Rawa Pening Ambarawa. Foto : jejakpiknik.com

Satu lagi, jangan lupa mampir ke warung-warung yang berdiri di sekitara danau. Bersantap sambil menikmati indahnya danau tentu akan lebih seru saat berkunjung ke Ambarawa ini.

8. Jalur Kereta Api Malabar melewati indahnya pemandangan Cibatu dari ketinggian

Kereta Api Malabar sedang melintas dengan background di daerah Cibatu Jawa Barat. Foto : https://gagaswidodo.wordpress.com

Buat kamu yang akan ke Malang menuju Bandung, bisa naik kereta api Malabar melewati Solo dan Jogja. Di sepanjang perjalanan, kamu akan menikmati indahnya pemandangan berupa persawahan, perkampungan penduduk dari kejauhan, dan juga pegunungan. Saat kamu daerah Cibatu, kamu bisa melihat indahnya pemandangan pemukiman penduduk, persawahan dari kejauhan, dan juga pegunungan.

Nah, itu dia kedelapan jalur kereta api terindah di Indonesia.

Kesimpulannya

Transportasi darat via rel ini memang banyak menjadi pilihan masyarakat saat ini. Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, penumpang rela merogoh kocek lebih dalam karena layanan yang diberikan sesuai dengan harga yang harus dibayarkan.

Referensi artikel

1. https://www.brilio.net/life/tak-disangka-naik-10-kereta-ini-disuguhi-panorama-alam-terindah-1512118.html

2. https://www.tripzilla.id/jalur-kereta-api-indah-indonesia/14512

3. https://www.tokopedia.com/blog/travel-jalur-kereta-api-terindah/

4. https://www.wowkeren.com/berita/tampil/00243142.html

5. https://www.idntimes.com/travel/journal/shani-ramadhan-rasyid/6-sensasi-saat-menyusuri-rel-dari-ambarawa-ke-tuntang-c1c2/full

6.https://gagaswidodo.wordpress.com/2016/01/26/traveling-by-train-jalur-indah-kereta-api-malabar-malang-solo-jogja-bandung/

Share This