Rumah Gadang Sumatera Barat. Dok. opini.id

Kota Padang adalah kota terbesar dan merupakan Ibukota dari Provinsi Sumatera Barat. Kota Padang juga merupakan pintu gerbang barat dari Samudera Hindia.  Wilayah administratif kota Padang memiliki luas 694,96 km persegi. Berdasarkan data dari BPS ( Badan Pusat Statistik) tahun 2017, Kota Padang memiliki jumlah penduduk sebanyak 927.168 jiwa. Dan Kota Padang merupakan kota inti untuk pengembangan wilayan kota Metropolitan Palapa. Sumber : wikipedia

Membahas kota Padang, maka yang terbesit di benak kita adalah rumah makan Padang yang tersebar di seluruh tanah air. Dimana mana di setiap kota di Indonesia, pasti ada rumah makan Padang, iya enggak ? Masakan Padang memang beda dengan yang lainya, dan merupakan alternative pengganti makanan restoran yang mahal karena harga makanan di warung Padang cukup terjangkau.

Terlepas dari itu semua, wisata di Padang dan sekitarnya jumlahnya lumayan banyak. Di antaranya seperti Pantai Air Manis yang merupakan lokasi dimana terdapatnya patung Malin Kundang yang di kutuk jadi batu. Kemudian masjid ikonik berbentuk rumah gadang, Pantai Padang yang lokasinya berada dekat dengan pusat kota, dan banyak lagi yang lainnya. Dan berikut saya rekomendasikan 13 tempat wisata di Padang dan sekitarnya agar liburanmu makin berkesan.

1] Belum lengkap rasanya berkunjung ke Padang kalau belum berfoto di Jam Gadang di Bukittinggi

Berkunjung ke Sumatera Barat jangan lupa berkunjung ke Jam Gadang. Dok. net via https://hariansinggalang.co.id

Tempat wisata di Padang yang pertama yaitu Jam Gadang. Salah satu icon Sumatera Barat yang cukup terkenal hingga seantero nusantara. Belum lengkap rasanya berkunjung ke Sumbar kalau belum berfoto di bawah Jam Gadang. Jam gadang merupakan bangunan bekas penjajahan jaman Belanda. Jam Gadang jika di artikan ke dalam bahasa Minang artinya Jam Besar (gadang = besar).

Lokasi berdirinya Jam Gadang tepatnya di pusat atau di jantung Kota Bukittinggi, sekitar 95 km dari Kota Padang. Jam ini memiliki ketinggian sekitar 26 meter dengan luas tapak bawah yaitu 13x4 meter. Jika naik keatas, kalian bisa melihat indahnya pemandangan Kota Bukittinggi dan tiga buah gunung sekaligus, yaitu Gunung Sago, Gunung Marapi dan Gunung Singgalang.

Jam Gadang ini memiliki 4 tingkatan, dimana disetiap tingkatnya memiliki ruangan dengan fungsi tersendiri. Yang unik dari Jam Gadang ini adalah karena system yang digunakan bekerja secara mekanik menggunakan dua buah bandul, yang mana akan membuat jam ini bekerja terus menerus tanpa bantuan energy apapun.

Selain itu, pada konstruksinya juga tidak menggunakan besi ataupun semen ataupun batu bata. Karena hanya menggunakan kapur dan pasir putih, dan juga putih telur. Wah hebat ya, bisa kuat gitu biarpun materialnya dar bahan rapuh rapuh.

Baca juga : Pengalaman Berkunjung ke 7 Tempat Wisata di Kebumen – Panduan Akurat untuk Anda yang akan Berwisata ke Kebumen

2] Melihat saksi sejarang Malin Kundang di Pantai Air Manis

Patung Malin Kundang menjadi saksi sejarah legenda Malin Kundang di Pantai Air Manis. Dok. net via https://hariansinggalang.co.id

Tempat wisata di Padang yang kedua yaitu Pantai Air Manis. Jika Anda berkunjung ke Kota Padang, jangan lupa untuk berkunjung ke Pantai Air Manis atau Pantai Aia Manih dalam bahasa Minang. Tempat wisata di Padang ini di percaya sebagai tempat di kutuknya Malin Kundang karena terdapat patung manusia dalam keadaan telungkup di tepi pantai.

Suatu hari Malin Kundang pergi merantau. Setelah sukses ia pun pulang ke kampung halamannya. Namun harta melimpah justru membuatnya menjadi anak durhaka dengan tidak mengakui Ibunya yang janda dan miskin. Karena saking tidak kuatnya, akhirnya sang Ibu mengutuknya menjadi batu beserta harta harta yang di milikinya.

Ini menjadi pelajaran kita semua bahwasanya Ibu adalah orang tua yang melahirkan kita dan kita diharamkan untuk melawan apalagi menyakiti hatinya. Atau malapetaka akan menimpa kita. Karena patung inilah, menjadikan Pantai Air Manis menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang berkunjung ke Padang.

Pantai Air Manis terletak hanya 10 km dari Kota Padang dan berada di pesisir barat Sumatera. Namun bukan hanya legendanya yang menarik, melainkan pesona pantainya pun tak kalah menarik. Lokasi tepatnya berada di Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat. Aksesnya pun sangat mudah karena di lewati angkutan umum. Tiket masuknya hanya 5000 dan mungkin bisa naik sewaktu waktu.

3] Masjid Raya Sumatera Barat yang ikonik berbentuk rumah gadang

Masjid Raya Sumatera Barat memiliki bangunan yang sangat ikonik mengadopsi rumah adat Minangkabau. Dok. Ikhvan/flickr

Tempat wisata di Padang yang ke tiga yaitu Masjida Raya Sumatera Barat. Suatu kali seorang kenalan memposting foto selfienya di Masjid ikonik terbesar di Sumatera Barat ini. Dan sayapun tertarik untuk mengetahui lebih banyak karena arsitektur bangunanya sangat unik layaknya rumah adat Minangkabau.

Masjid ini dibangun dengan mengambil inspirasi dari 3 simbol, yaitu sumber mata air, bulan sabit, dan rumah gadang, hingga terbentuklah masjid dengan bangunan etnis ini. Masjid ini menempati area seluas 40.343 meter persegi dan terletak di perempatan Jalan Sulaiman dan Jalan Ahmad Dahlan. 

Masjid ini memiliki 3 lantai dengan denah bangunan seluas 4.430 meter persegi. Masjid ini di bangun oleh arsitek bernama Rizal Muslimin, pemenang sayembara arsitek yang di ikuti oleh 323 peserta dari berbagai Negara.

Dan bukan hanya tampilan luarnya yang indah, tampilan dalamnya pun sangat menarik. Sehingga berlama lama disini pun pasti cukup betah. Beribadah sambil berwisata religi pastinya lebih seru.

Baca juga : 5 Tempat Wisata Unik dan Tidak Biasa di JogJakarta 

4] Jembatan Siti Nurbaya dengan pemandangan menariknya dimalam hari

Jembatan Siti Nurbaya memiliki nuansa indah tersendiri saat malam hari. Dok. Youtube Bintang Populer

Tempat wisata di Padang yang ke empat yaitu Jembatan Siti Nurbaya. Dinamakan Jembatan Siti Nurbaya, memang di ambil dari novel legendaris yang sudah mendarah daging oleh masyarakat Minangkabau, yaitu novel Siti Nurbaya. Di dekat jembatan tersebut tepatnya di Gunung Padang, terdapat sebuah makam kuno namun tidak memiliki nama siapa yang meninggal. Dan masyarakat percaya bahwa makam tersebut adalah makan Siti Nurbaya.

Jembatan sepanjang 156 meter yang berdiri di atas Sungai Arau, merupakan salah satu ikon wisata Kota Padang. Di Sungai Batang Arau, banyak terdapat perahu bersender. Karena memang sungai ini merupakan lalu lintas air menuju Kepulauan terdekat seperti Kepulauan Menatawai.

Menikmati keindahan Kota Padang akan semakin seru jika kalian berkunjung ke sini pas sore atau malam hari. Saat malam hari, kerlap kerlip lampu yang terlihat akan menambah indah suasana. Tidak ada tiket masuk untuk kesini, melainkan hanya membayar parkir saja.

Di area jembatan ini terdapat banyak warung warung dan pedagang pedagang yang menjajakan kuliner khas Kota Padang, seperti sate padang, soto padang, pisang bakar, dengan rasa yang khas dan unik. Oiya, disini juga terdapat banyak hotel sebagai tempat menginap. Terdapat juga taman dengan nama yang sama, yaitu Taman Siti Nurbaya, lokasinya sekitar 500 meter dari jembatan. Selain itu, Kota Tua Padang juga dekat dengan jembatan ini. 

5] Pulau Pamutusan dengan pasir putih dan airnya yang jernih

Pulau Pamutusan dengan memiliki pasir putih dan air yang jernih. Dok. https://badrilhs.wordpress.com

Tempat wisata di Padang yang ke lima yaitu Pulau Pamutusan. Pulau ini sangat indah, karena saat kita melihat fotonya saja pasti tertarik untuk berkunjung ke Pulau ini. Di Pulau Pamutusan ini ada banyak spot cantik dan mengesankan. Tidak heran jika banyak wisatawan berkunjung ke tempat ini. Selain itu kalian juga bisa snorkeling melihat indahnya trumbu karang dan ikan didalam air.

Pulau Pamutusan terletak di Bungus Teluk Kabung, 38 kilometer dari Kota Padang, dan bisa ditempuh dalam waktu 1 jam. Pulau ini masih tersembunyi karena belum banyak terjamah oleh wisatawan.

Di Pulau seluas 8 hektar ini banyak ditumbuhi pohon kelapa, tanaman mangrove, dan perbukitan yang masih hijau. Di namakan Pamutusan karena terdapat semenannjung yang berubah menjadi pasir putih ketika air laut surut.

Yang menarik disini yaitu karena terdapat villa sebagai tempat menginap. Sehingga menikmati keindahan Pulau ini jadi sangat menyenangkan. Sebagai retribusi juga hanya di kenakan uang 15 ribu saja ko, murah banget pokonya.

Baca juga : Tempat Wisata di Magelang Versi Lengkap

6] Indahnya Langit Langit alami di Goa Batu Kapal, Solok Selatan

Goa Batu Kapal dengan langit langit indahnya. Dok. http://www.kidalnarsis.com

Tempat wisata di Padang yang ke enam yaitu Goa Batu Kapal. Goa Batu Kapal ini terletak di Kecamatan Sangir Balai Janggo dan berjarak 35 km dari kota Padang Aro. Jika di lihat dari depan, goa ini mirip lereng putih dengan ketinggian mencapai 80 meter.

Untuk memasuki gua ini sebaiknya di temani pemandu agar lebih aman karena banyaknya lorong-lorong, baik yang sudah bisa lewati ataupun masih belum bisa di akses karena beresiko. Khawatirnya akan tersesat jika belum paham.

Di dalam goa terdapat banyak stalagtit dan stalagmit yang merupakan proses alami oleh alam dengan berbagai warna. Tips terbaik datang kesini yaitu pagi menjelang siang agar bisa mengabadikan garis garis cantik matahari. Gunakan sepatu boot untuk melindungi kaki, bawa senter, dan siapkan fisik. Tiket masuknya pun murah karena hanya 5 ribu dan parkir motor 5 ribu sementara mobil 10 ribu.

7] Indahnya Danau Biru Sawahlunto

Danau Biru Sawahlunto memiliki air berwarna biru yang menjadi daya tarik tersendiri. Dok. http://www.kidalnarsis.com

Tempat wisata di Padang yang ke tujuh yaitu Danau Sawah Lunto. Danau Sawahlunto adalah danau buatan bekas galian tambang batu bara dan merupakan salah satu wisata menarik di Kota Padang. Daya tarik dari Danau ini adalah karena airnya berwarna biru. Di tambah pepohonan rimbun di sekelilingnya, membuat Danau ini bagaikan oasis di tengah tengah gurun pasir.

Air Danau ini berasal dari air hujan. Warna biru berasal dari pantulan sinar matahari ke dasar danau, sehingga memunculkan warna biru yang menawan. Lokas Danau ini berada di Kabupaten Sawahlunto dan berjarak sekitar 95 kilometer dari Kota Padang.

Baca juga : 6 Alasan Kenapa Travel Blogger Wajib Memiliki Kartu Kredit

8] Wisata Pantai di pusat kota – Pantai Padang

Pantai Padang berlokasi di tepi jalan raya, sehingga mudah di jangkau dan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Dok. https://posmetropadang.co.id

Tempat wisata di Padang yang ke delapan yaitu Pantai Padang. Pantai Padang atau biasa disebut Taplau (dalam bahasa minang, yang artinya tepi laut) merupakan salah satu wisata favorit masyarakat Kota Padang karena lokasinya di tepi jalan raya dan dekat dengan pusat kota. Berlokasi di Kecamatan Padang Barat, Pantai Padang terbilang cukup unik karena tidak banyak wilayah pusat kota di Indonesia memiliki pantai layaknya Pantai Padang.

Selain itu, keunikan lain dari Pantai Padang yaitu karena hanya memiliki sedikit pasir di karenakan di dominasi oleh batu batu besar yang sekaligus sebagai penahan air laut untuk menjaga abrasi yang dapat menghancurkan bangunan bangunan di daratan.

Dulu, Pantai Padang merupakan kawasan yang terkenal kotor dan banyak di salah gunakan. Di dekat pantai banyak berdiri warung remang remang, gubuk gubuk illegal, serta bangunan liar yang banyak dimanfaatkan untuk tindakan asusila.

Namun sekarang semua telah berubah, karena hamparan pasir di sepanjang pantai telah berganti dengan tumpukan batu batu besar penahan abrasi gelombang laut.

Tempat tempat illegal diatas semua juga telah digusur dan telah di ubah dengan sarana dan fasilitas bermanfaat, seperti taman bermain, tugu IOIRA, Monumen Merpati, dan Taman Muaro Lasak yang di resmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada 12 April 2016.

Selain itu, berbagai macam fasilitas dan infrastruktur lainya juga di bangun untuk memanjakan para wisatawan. Dijamin mereka yang berkunjung pasti akan puas dan ingin kembali lagi ke Pantai Padang.

9] Menikmati indahnya Danau terluas kedua di Sumatera – Danau Singkarak

Indahnya Danau Singkarak dilihat dari ketinggian. Dok. Hendrienggix

Tempat wisata di Padang yang ke sembilan yaitu Danau Singkarak. Danau Singkarak merupakan Danau ikonik terbesar kedua se Indonesia setelah Danau Toba di Sumatera Utara. Danau ini memiliki pemandangan yang sangat menarik dengan landscape air yang luas serta perbukitan hijau di sekelilingnya, yang akan membuat liburanmu semakin berkesan.

Yang menarik disini adalah karena Danau ini terletak persis dekat dengan jalan raya, sehingga sangat mudah dijangkau. Danau ini semakin terkenal semenjak diadakan festival tahunan yaitu Tour De Singkarak. Sebuah ajang balap sepeda yang di ikuti oleh atilt dari seluruh dunia yang di adakan setiap tahunya mulai dari 2009 sampai sekarang.

Event ini di selenggarai oleh Amaury Sport Organization, penyelenggara event balap sepeda kelas dunia di Perancis, yang sekaligus merupakan penyelenggara Tour de France.

Aktivitas yang bisa dilakukan disini yaitu seperti memancing, berenang di tepi danau, mengelilingi danau dengan sampan, ataupun duduk duduk santai di tepi danau sambil menikmati kuliner khas setempat. 

Baca juga : Trip Jogja: Cek Daftar Tempat Wisata Seru dan Anti-Mainstream Ini

10] Indahnya Ladscape Hutan Solok dari Puncak Gagoan

Indahnya Landscape hutan dari Puncak Gagoan. Dok. IG @fujiyanti__

Tempat wisata di Padang yang ke sepuluh yaitu Puncak Gagoan. Jika di Kota Bandung ada Tebing Keraton, maka di Desa Paninggahan, Kecamatan Tanjung Junjung Sirih, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat, ada Puncak Gagoan yang pesonanya tak kalah jauh dengan Tebing Keraton di Bandung. Disini kalian bisa berselfie menikmati indahnya landscape Danau Singkarak dari ketinggian.

Hal yang menarik adalah karena disini banyak terdapat bebatuan karang sebagai tempat berselfie atau bersantai. Namun harus tetap berhati hati agar hal hal yang tidak di inginkan tidak terjadi. Jangan lupa melakukan berbagai persiapan, seperti fisik, kamera, sepatu boot, jaket agar tak kedinginan, makanan, dan lain sebagainya.

11] Wisata Nuansa Lama di Kota Tua Padang

Menikmati nuansa kota lama di Kota Tua Padang. Dok. IG  @beyubaystory

Tempat wisata di Padang yang ke sebelas yaitu Wisata Kota Tua Padang. Jika di Jakarta ada Kota Tua Jakarta, di Padang juga ada. Namanya Kota Tua Padang. Disini kalian bisa menikmati wisata bergaya vintage kejaman dahuluan dengan berkeliling menggunakan sepeda ontel. Tidak sedikit bangunan bangunan tua bergaya jaman dahulu yang tersebar di berbagai titik.

Karena keunikanya, Kota Tua ini juga seringkali dijadikan foto prewedding bergaya vintage dan classic. Kota Tua Padang ini juga menjadi salah satu cagar budaya yang terus dijaga kelestarianya. Di dekat sini, juga ada Jembatan Siti Nurbaya yang pesonanya tak kalah menarik.

12] Air terjun ikonik dekat jalan raya – Air Terjun Lambah Anai

Air Terjun Lembah Anai terletak persis di tepi jalan raya, dan menjadi daya tarik tersendiri bagi warga yang lewat. Sumber sudah ada caption di gambar. 

Tempat wisata di Padang yang ke duabelas yaitu Air Terjun Lembah Anai. Air terjun Lembah Anai terletak persis di pinggir jalan raya utama Padang – Bukittinggi. Jadi setiap kali lewat sini, kalian bisa berhenti sejenak untuk melihatnya langsung air terjun dengan ketinggian 35 meter ini. Di dekat air terjunya terdapat rel kereta penginggalan jaman Belanda.

Karena keindahanya, air terjun ini pernah di jadikan foto prewedding artis Laudya Cintya Bella dengan suaminya yang orang Malaysia, Engku Emran. Hasil fotonya juga di upload di media sosial dan mendapatkan lebih dari 800 ribu likes. Dan secara tak langsung merupakan sebuah promosi bagi wisata curug ini.

Lokasi yang sangat strategis, seringkali membuat para pengendara terutama sepeda motor berhenti sejenak untuk menikmati indahnya air terjun ini.

Baca juga : 9 Tips Naik Bus yang Perlu Kalian Perhatikan agar Selamat sampai Tujuan

13] Melihat indahnya air 3 warna di Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan memiliki daya tarik tersendiri karena airnya yang bersih dan jernih. Dok. Barry Kusuma via travel.kompas.com

Tempat wisata di Padang yang ke tigabelas yaitu Pulau Pasumpahan. Pulau Pasumpahan terletak di sebelah barat Pantai Padang. Pulau ini memiliki pasir putih yang bersih dan pemandangan yang sangat menarik. Pemandangan laut lepas air pantai yang jernih pasti akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Disini wisatawan bisa melakukan kegiatan snorkeling untuk melihat trumbu karang dan ikan ikan. Secara kelestarian biota laut di Pulau ini masih terjaga.

Daya tarik lain dari Pulau seluas kurang lebih 5 hektar ini adalah karena pada permukaan lautnya seperti terbagi 3. Yaitu warna bening di pinggir pantai, warna hijau di depanya, dan membiru di bagian tengahnya.

Oiya, buat wisatawan yang ingin menginap, disini juga disediakan penginapan dengan harga relative terjangkau. Menikmati indahnya malam di pinggir pantai, pasti akan sangat menyenangkan.

Untuk menuju ke Pulau ini, cara pertama yaitu wisatawan bisa datang ke Pantai yang ada di Kecamatan Bungus dan melakukan one day trip bersama jasa tour and travel. Biaya perjalanannya pun relative murah, tergantung lama atau tidaknya tour serta fasilitas yang di pilih.

Pulau Pasumpahan terkenal dengan kombinasi warnanya saat matahari mulai tenggelam. Dan fasilitas disini juga lengkap, selain penginapan, ada juga mushola, toilet, lapangan voli, area camping, tempat sampah, gazebo, dan tentu saja bangku bangku pengunjung untuk bersantai santai.

Nah, itulah 13 tempat wisata di Padang dan sekitarnya yang patut Anda kunjungi. Untuk menuju kesana, Anda yang datang dari area Sumatera bisa menggunakan transportasi darat. Namun bagi Anda yang lokasinya lumayan jauh, maka transportasi udara atau pesawat sangat disarankan agar perjalanan lebih cepat. Dan disini saya merekomendasikan Anda untuk memesan tiket pesawat ke Padang di Pegipegi.

Kenapa pegipegi.com ? karena ada banyak promo setiap bulanya. Yaitu dari bulan Mei sampai Desember 2019 ini, ada promo menarik untuk tiket pesawat ke Padang, dan berlanjut sampai April 2020. Dan sebentar lagi lebaran, segera pesan sekarang juga sebelum harga naik. Akhirnya, liburan ke Padang dan sekitarnya akan semakin berkesan bersama Pegipegi, karena pesan tiket pesawata, sekarang menjadi sangat mudah bersama Pegipegi.

Sumber referensi artikel : 

1] https://id.wikipedia.org/wiki/Jam_Gadang
2] http://www.gosumatra.com/pantai-air-manis-dan-batu-malin-kundang/
3] https://www.tripzilla.id/destinasi-wisata-di-padang/9881
4] https://pesona.travel/keajaiban/994/indahnya-arsitektur-minang-di-masjid-raya-sumatera-barat
5] https://bobo.grid.id/read/08674588/cerita-jembatan-siti-nurbaya-di-atas-batang-arau?page=all
6] https://travelingyuk.com/pulau-pamutusan-padang/128007/
7] http://www.kidalnarsis.com/2017/09/goa-batu-kapal-sensasi-menyelinap-di.html
8] https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/tenggelamnya-sang-surya-di-pantai-padang
9] https://www.nativeindonesia.com/danau-singkarak/
10] https://wartawisata.id/2018/11/27/puncak-gagoan-dengan-bukit-batu-yang-curam-nan-mempesona-di-solok-sumatera-barat/
11] https://travelingyuk.com/wisata-kota-tua-padang/96736/
12] https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/lembah-anai-anugerah-sang-maha-agung-di-jalur-padang-bukittinggi
13] https://minangtourism.com/pulau-pasumpahan/

Share This