Restoran Waduk Jembangan saat petang hari. Foto dipinjam dari IG @ratamaarga15

Liburan lebaran kemarin saya berkunjung ke sebuah tempat wisata yaitu Waduk Jembangan yang berada di Desa Jembangan, Pejengkolan, Kebumen, Jawa Tengah. Tempat wisata yang satu ini masih terbilang baru karena baru beberapa tahun di buka, namun cukup favorit bagi warga Kebumen itu sendiri.

Saya datang bersama rombongan berjumlah empat orang. Namun karena suatu hal, saya hanya bisa berkunjung sebentar saja, dan masih ingin kembali lagi suatu saat untuk mengeksplor semua areanya.

Waduk Jembangan ini begitu menarik dan layak di kunjungi. Baik untuk kawula muda ataupun keluarga. Saya tak menyangka jika ternyata wisata ini tidak seperti umumnya wisata waduk yang isinya hanya pemandangan waduk yang di kelilingi warung-warung saja.

Tidak !

Tapi Waduk Jembangan benar benar di kelola dengan baik. Sehingga pemandangan dan suasannya pun berbeda dari wisata waduk pada umumnya. Tidak heran jika pengunjungnya pun sangat banyak. Terutama di musim liburan, seperti libur lebaran kemarin.

Untuk wisata keluarga, disini banyak terdapat wahana permainan air. Seperti sepeda air, perahu naga, sampan dayung, kolam renang anak, dan kebun binatang mini.

Wahana permaian air ini menjadi daya tarik tersendiri untuk para keluarga terutama mereka yang membawa anak-anak. Untuk sepeda air, setiap putaran waktunya di kenakan tarif 15 ribu rupiah dan berisi dua orang. Sedangkan untuk perahu naga di kenakan tarif 20 ribu rupiah dan baru berjalan setelah kuota terpenuhi.

Wahan permainan air yang banyak di serbu wisatawan. Foto merupakan koleksi pribadi penulis

Di tepian waduk juga di bangun tempat untuk duduk santai berbentuk gazebo memanjang. Menjadikan bersantai menikmati pemandangan waduk jadi lebih menyenangkan. Namun ada juga gazebo-gazebo kecil lainnya yang letaknya terpisah.

Untuk kebun binatangnya, tempat ini menjadi favorit anak-anak dan terdapat beberapa koleksi binatangnya. Mulai dari kera, monyet hitam, berang-berang, landak, beraneka macam burung, sampai merak dengan bulu khasnya ada disini. 

Kebun binatang mini di waduk jembangan. Foto oleh https://yantobasna.blogspot.com

Untuk kolam renangnya juga tak kalah favorit. Anak-anak bisa bermain air sambil mandi bola disini, lengkap dengan seluncurannya layaknya waterboom. Dan buat kalian yang suka mancing ikan, disini banyak ikan tawes. Sejenis wader namun lebih besar ukurannya. 

Nah, tempat yang tak kalah menarik terutama untuk kawula muda yaitu restoran terapungnya. Tentunya ada rasa dan sensasi tersendiri karena bisa bersantap di atas air. Moment paling indah adalah sore hari disaat matahari sudah surut sehingga tidak panas.

Baca juga : Pengalaman Berkunjung ke 8 Tempat Wisata di Kebumen – Panduan Akurat untuk Anda yang akan Berwisata ke Kebumen 

Restoran ini sangat ramai karena memang tempatnya sangat menarik. Meja dan kursi di tata sedemikian rupa dan terdapat lampu-lampu hias unik yang membuat suasana sekitar semakin romantis, terutama saat hari mulai petang. Siapapun yang berkunjung ke sini dijamin bakal ketagihan.

Oiya, disini juga terdapat spot foto menghadap ke tebing berbentuk love yang di ikat bunga-bunga. Mereka yang berkunjung hampir selalu menyempatkan foto disini.

Restoran ini tidak hanya bertempat terapung di atas air saja, tapi ada juga yang pereng-pereng (bukit), dan juga diatas dekat jalan. Dan yang pasti tempatnya bersih. Oiya, restoran ini juga di kelilingi pepohonan dan berlantaikan rumput hijau, sehingga lebih sejuk dan adem.

Eh terus, kamu makan gak disini ?

Enggak Bro, kami cuma numpang selfie doang wkwkkw.

Jadi konsep restoran ini unik banget karena setiap titiknya sangat menarik untuk berfoto. Baik untuk restoran terapungnya, ataupun untuk deretan kursi yang terletak di tebing-tebing.

Restoran ini juga menjadi icon tersendiri untuk waduk jembangan Kebumen. Kalau liat foto orang lagi makan di resto terapung ini, pasti dia bilang “ini pasti di Jembangan”.

Selain restoran, warung-warung disini juga banyak banget. Beraneka macam makanan ada disini. Sate, bakso, pecel, mendoan, pokonya banyak banget. Namun ada baiknya bawa makanan sendiri dari rumah. Selain lebih sehat, biasanya semua yang dijual di tempat wisata emang mahal.

Ya, Waduk Jembangan memang sangat menarik. Saya belum puas dan masih ingin kembali lagi. Masih banyak yang ingin saya explore lagi agar informasinya bisa saya update kembali di artikel ini untuk di tampilkan ke semua ke pembaca.

Nah, buat yang mau kesini, naik motor tentu bisa dong. Naik mobil pribadi semisal avanza, tentu juga bisa karena banyak mobil pribadi sampai ketepian waduk. Atau semisal sewa bus karena datang bersama rombongan, juga bisa. Tapi kalau bus yang gede banget itu sih kayaknya belum bisa deh, soalnya semakin ke ujung jalannya semakin sempit. 

Bisa sih tapi paling turun di bawah, keatasnya jalan kaki atau naik ojek. Tapi kalau mobil pribadi atau bus elf tanggung gitu masih bisa karena gak terlalu besar.

Oiya, jalan untuk di laluinya tuh udah jos banget yah. Sudah di aspal alus dan lebar pula. Sepanjang perjalanan kalian juga bisa menikmati pemandangan sawah berundak dengan sejuknya pemandangan desa.

Untuk sampai kesini, dari jalan raya propinsi, kalian bisa masuk lewat Jalan Raya Wadaslintang atau lewat Pasar Kutowinangun, dan masuk ke arah utara. Lebih gampangnya kalian bisa cek google maps biar gak kesasar hehehe. Tiket masuknya cuma 4000 rupiah per orang. Parkir motor 2000 rupiah yang dibayar didepan. Murah tapi keren. 

Berbicara soal sewa mobil, sewa mobil secara online kini merupakan alternative tersendiri di samping cara konvensional pada umumnya. Selain hemat waktu dan praktis, ada berbagai kelebihan dari sewa mobil online, dan berikut 7 diantaranya.

1. Mitra atau rental yang sudah terseleksi dengan ketat

Semua mitra kerjasama (rental) sebuah Agent Travel Online sudah terseleksi dengan ketat agar dapat memberikan pengalaman terbaik bagi para pengguna jasanya. Semisal dengan memperkerjakan sopir yang ramah dan berpengalaman, kondisi kendaraan yang prima dan layak jalan, terawat, dan nyaman digunakan. Sehingga dapat menghadirkan pelayanan professional untuk para pelanggannya.

2. Harga sudah jelas seperti tertera di layar

Harga jasa yang di bayarkan sesuai yang tertulis di layar. Jika di layar tertulis 500k per orang, maka yang harus di bayar pun segitu. Sehingga kedua belah pihak sama-sama jelas dan transparan. Tarif tersebut pun sudah dirincikan mengenai apa saja yang akan di dapatkan untuk setiap orangnya.

3. Supir berpengalaman akan kondisi jalan yang di lalui

Sewa mobil online semakin banyak tersebar di dunia maya. Mereka saling berlomba-lomba menggaet konsumen untuk menggunakan jasanya. Pelayanan terbaik pun di maksimalkan untuk perkembangan bisnisnya. Salah satunya dengan pengemudi yang berpengalaman. Bukan hanya yang tahu jalan secara umum saja, tapi mereka paham jalan terobosan atau jala tikus agar lebih cepat sampai tujuan.

4. Pembayaran yang jelas

Dalam sebuah transaksi, umumnya tujuan pembayaran suatu OTA sudah jelas akan di arahkan kemana. Maksudnya nomor rekening tujuan pembayaran sudah tertera di layar monitor sehingga bisa di ketahui oleh pelanggan. Aliasnya tidak menggunakan nomor rekening pribadi yang dapat menimbulkan kesan sembunyi-sembunyi.

5. Dapat mengajukan complain ketika jasa yang digunakan kurang berkompeten

Dalam suatu usaha yang dimana mereka sudah memproffesionalkan diri secara online, umumnya mereka memberikan layanan penuh 24 jam 7 hari agar konsumen semakin puas. Dan hal tersebut pun sudah di lakukan Online Travel Agent, dalam hal ini sewa mobil online. Mereka memberikan layanan customer service yang selalu siap menjawab setiap pertanyaan konsumennya. Dan tentunya pelanggan juga bisa mengajukan complain ketika jasa yang digunakan dirasa kurang berkompeten.

6. Bisa di pesan kapan saja

Namanya usaha online tentunya buka 24 jam. Seseorang bisa memesan jasa kapan saja dimana saja asalkan terkoneksi dengan internet. Dan tentunya ini menguntungkan bagi mereka yang hanya memiliki sedikit waktu luang. Mereka bisa memesan jasa entah itu siang, sore, malam, ataupun pagi hari. Aliasnya sangat fleksibel. Dan bagi OTA yang sudah support mobile apps, calon pelanggan juga semakin di mudahkan karena pemesanan bisa di lakukan dari genggaman tangan.

7. Ada berbagai macam pilihan kendaraan

Kelebihan lain dari sewa mobil online adalah karena umumnya menawarkan jenis kendaraan sesuai kebutuhan pengguna. Jika hanya membawa sedikit penumpang mereka bisa bisa menyewa mobil pribadi. Namun jika jumlah penumpang lumayan banyak, mereka bisa menyewa bus karena memuat lebih banyak. Jenis kendaraan yang di sewakan mulai dari sepeda motor, city car, sedan, sampai bus yang muat banyak pun ada.

Dan bukan hanya itu saja, karena ada juga OTA yang memberikan manfaat lebih berupa asuransi perjalanan agar pengguna jasa selalu merasa aman dan nyaman saat dalam perjalanan. Salah satunya yaitu TRAC dengan websitenya di https://www.trac.astra.co.id.

Nah, itulah 7 manfaat sewa mobil secara online. Selain manfaat tadi, tentunya dengan berbagai kelebihan ini, sewa mobil online mulai banyak di manfaatkan masyarakat saat akan bepergian. Dan tentu saja penggunanya pun akan semakin meningkat mengingat jumlah pengguna internet di Indonesia yang semakin bertambah.

Referensi :
https://nasional.tempo.co/read/1146273/7-alasan-sebaiknya-pesan-rental-mobil-secara-online/full&view=ok

Share This